55 Pantun Lucu Dalam Berbagai Jenis, Dijamin Menghibur dan Buat Tertawa

Pantun Lucu
image by: Freepik.com

Waktuku.com Hiburan menjadi salah satu hal yang dibutuhkan setiap individu. Nah, ada banyak cara untuk mendapatkan hiburan, termasuk dengan membaca berbagai pantun lucu.

Pantun sendiri merupakan sejenis puisi lama khas bangsa Melayu yang sudah melegenda dan diwariskan secara turun-temurun.

Hampir semua daerah yang serumpun dengan bangsa Melayu memiliki jenis pantun tersendiri. Sebagai sebuah karya sastra, pantun terikat dengan aturan-aturan tertentu.

Pantun awalnya hanya sebatas ungkapan lisan saja, dimana masyarakat Melayu zaman dahulu sering berbalas pantun secara spontan. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, muncul pula jenis pantun tertulis.

Salah satu ciri yang unik dari pantun adalah sifatnya yang anonim atau tidak diketahui siapa penciptanya. Ini disebabkan oleh sifat awal pantun yang penyebarannya sebatas dari mulut ke mulut.

Pantun pun memiliki beragam jenis, seperti pantun romantis, pantun agama, pantun anak-anak, dan masih banyak lagi. Nah, berikut ini merupakan deretan pantun lucu untuk menghibur sekaligus menghilangkan penat.

Pantun Lucu Betawi

Pantun Lucu Betawi
image by: id.theasianparent.com

1. Kutu ade di kepale Bang Mumu
Katanye gare gare makan duku
Ku tak mau kehilanganmu
Karena kau yang selalu ada di hatiku.

2. Malem-malem makan sekuteng
Makanya di atas bukit
Gue akui muke lu ganteng
Tapi sayang otak dikit.

3. Makan kentang dicampur kangkung
Kangkungnya mirip ketan
Orang bilang gue ganteng
Gantengnya mirip Ariel Peterpan.

4. jalan-jalan ke pinggir kali
Ikan bawal ditumisin
Jimat apa yang abang punye
Siang malam cewek tertangisin.

5. Beli jimat belinya di Slipi
Di Slipi rumahnya Mpok yaya
Malem Jumat ngapa sepi
Sepi pada ke mana ya?

6. Si abang beli getuk
Aki-aki membawa buntelan
mata udah mulai ngantuk
Bikin kupi biar gak ngantuk.

7. Pete dimasak ampe mateng
Enek perut kalo makan sama ikan patin
Ente ente jangan sok kayak orang ganteng
Nenek nenek aja sampe dierbutin.

8. makan buah salak di sore hari
Buah salaknye dikejar ame penjualnye
Siape bilang aye dikejar polisi
Padahal dikejar gara gara pada minta foto aye.

9. Jalan jalan ke kali angke
Di kali ketemu buaye
Jimat kagak aye pake
Tapi itu perempuan demenin aye.

10. Bengkoang naronye di peti
Itu peti banyak laba-labanye
Abang emang siap menanti
Tapi ngeri ame bapaknye.

11. Ke Sudin lewat Jagorawi
Niat ngapel di area perkantoran
Bang udin ngakunya ana betawi
Liat ondel-ondel aja dia gemeteran.

12. Celincing pagernye tembok
Pohon melinjo dibikin balok
Si eneng kencing kagak cebok
Laler ijo pada nemplok.

13. Sayur pete pake kelapa
Ban gelinding jalannya miring
Gua kata juga apa
Mending ente cuci piring.

14. Nyolong ikan di rumah janda
Jangan lupa memakan tempe
Eh, ini orang pada kemane
Mengapa pantunnya segini aja?

15. Ada aki-aki lagi batuk
Hisap cerutu lagi senderan
Kalo abang emang lagi ngantuk
Jangan suka bawa kendaraan.

Pantun Lucu 2 Baris

Pantun Lucu 2 Baris
image by: gramedia.com

1. Ada kepompong ada kupu-kupu
Bales dong SMS dari aku.

2. Buah pepaya buah pisang.
Buah-buah ini kaya serat lho.

3. Beli popok di toko negkong
Jadi cowok yang macho dong.

4. Anak tikus kangen ibunya
Sombong nih ceritanya.

5. Melon manis pake air es
Kemana aja lo gak pernah SMS

6. Jambu klutuk makan pake nasi
Lagi ngantuk, gak ada inspirasi.

7. Buah kedondong buah atep
Dulu bencong, sekarang tetep.

8. Ada orang rajin nabung
Boleh dong gua ikutan gabung.

9. Kota bandung kota kembang
Ada orang botak minta dikepang.

10. Beli celana di pasar Minggu
Dadah semua gue mau makan dulu.

11. Buah semangka buah manggis
Nggak nyangka gue manis.

12. Buah kedondong buah rambutan
Ayo dong semuanya pada ikutan.

13. Ke pasar membeli duku
Udah siang aku mau makan dulu.

14. Hujan di Solo, banjir di Semarang
Kasian deh lo, masih sendiri sampai sekarang.

15. Orang kampung semua pada lari
Mungkin anda monyet yang kami cari.

Pantun Lucu 4 Baris

Pantun Lucu 4 Baris
image by: Rumus.co.id

1. Si Joni rambutnya berjambul
Suka nongkrong di atas genteng
Biar aja dibilang kurang gaul
Yang penting ane tetep ganteng.

2. Di sana gunung di sini gunung
Di tengah tengah ada bunga melati
Saya bingung kamu pun bingung
Kenapa ada bunga melati?

3. Ada jeruk ada pepaya
Ada apel ada mangga
Ada rambutan ada nangka
Nah, mau pilih yang mana?

4. Cari ayam di kandang macan
Cari bebek di kolong kursi
Jangan suka bengong sendirian
Mending bantuin nih bikin puisi.

5. Jalan-jalan di pagi hari
Liat banteng lagi kerokan
Emang nasib awak begini
Udah ganteng jadi rebutan.

6. Di jalan dikerjain nyonya-nyonya
Bikin jadi nyasar sibuk bertanya-tanya
Meggy Z bilang teganya-teganya
Tukang sayur bilang taugenya-taugenya.

7. Pergi ke warung membeli gula
Jangan lupa sekalian membeli sikat
Manusia botak di kepala
Monyet botak di pantat.

8. Mancing ikan di kolam tetangga
Manjat bambu di pohon tetangga
Sungguh enak punya tetangga
Main-main ke rumah tetangga.

9. Si Adul kumisnya garang
Punya adik namanya Atun
Gak betul gue ngajak perang
Gue cuma pengen berbalas pantun.

10. Baju sobek jangan dibuang
Ambil kain bisa ditambal
Ngapain capek untuk berperang
Lebih baik rajin beramal.

11. Pergi ke pasar beli mangga
Pulang-pulang bawanya jeruk
Gimana ente bisa berbangga
Bedain mangga sama jeruk aja nggak bisa.

12. Jalan-jalan ke ciamis
Jangan lupa ke rumah zaenal
Eh eneng yang manis
Boleh kagak abang kenal?

13. Anak kucing dalam kapal
Kapal berlayar sampai ke Jakarta
Adik tertawa terpingkal-pingkal
Melihat monyet berkacamata.

14. Orang Jawa pergi ke Banda
Membeli ikan dengan rebung
Orang tua berbini muda
Bagai rasa menang menyambung.

15. Sungguh besar hewan badak
Jika berjalan terseok-seok
Nenek tertawa terbahak-bahak
Melihat si kakek bermain Tiktok.

16. Orang Sasak pergi ke Bali
Membawa pelita semuanya
Berbisik pekak dengan tuli
Tertawa si buta melihatnya.

17. Di sini kosong di sana kosong
Tak kelihatan batang tembakau
Bukan saya yang berkata bohong
Benar ada katak memikul kerbau.

18. Pohon manggis di tepi rawa
Tempat lebah menyimpan madu
Sedang menangis nenek tertawa
Melihat kakek bermain gundu.

19. Kupu-kupu terbang melintang
Hinggap menghisap bunga yang layu
Di dalam hati menaruh bimbang
Melihat ikan membaca buku.

20. Ke pasar membeli gunting
Jangan lupa pulangnya membei pita
Sangat heran si induk kucing
Lihat ada tikus naik kereta.

21. Taruh uang di dalam saku
Sakunya sobek gara-gara kuku
Jangan sampai kau mengkhianatiku
Karena hanya kau yang selalu ada di hatiku.

22. Kalau mau berlayar sampa ke tepian
Hari ini bagus cuacanya berawan
Paling gak enak hidup sendirian
Saran gua cepet deh nikahan.

23. Buah pisang buah tomat
Disimpan di lumbung padi
Pantas aja baunya menyengat
Ternyata kamu belum mandi.

24. Ada tempayan tutupnya miring
Anak perawan kentutnya nyaring
Yang janda kentutnya semriwing
Yang bencong kentutnya nyaring.

25. Lagi kepepet hilang dompet
Pinjam duit pasti dapet
Putih kecil jalannya cepet
Nasi putih nempel di jet.

Nah, seperti itulah sederet pantun lucu yang dapat menjadi inspirasi hiburan. Semoga daftar pantun yang menghibur di atas bisa menghilangkan lelah, ya!