10 Mall Terbesar di Indonesia, Peringkat Pertama Ternyata Bukan di Jakarta

Mall Terbesar di Indonesia
image by: pakuwon.com

Waktuku.com – Indonesia memiliki deretan mall yang tersebar di berbagai kota besar. Di antara semua mall tersebut, terdapat beberapa yang dapat dinobatkan sebagai mall terbesar di Indonesia.

Kemudahan dalam menemukan mall untuk tempat berbelanja menjadikan Indonesia semakin lama dikenal sebagai surganya wisata belanja.

Tak main-main, deretan mall tersebut bukan hanya ukurannya saja yang besar, namun desain interior dan eksteriornya juga mewah.

Berbagai sarana hiburan pun tersedia dengan lengkap di mall-mall tersebut. Lantas, apa saja mall terbesar di Indonesia? Yuk, langsung cek daftarnya berikut ini!

10 Mall Terbesar di Indonesia

1. Pakuwon Mall Surabaya

Mall Terbesar di Indonesia Pakuwon Mall Surabaya
image by: kompas.com

Jika membahas mall terbesar di Indonesia, sebagian besar orang mungkin berpikir lokasinya ada di Jakarta. Padahal, mall yang terbesar di Tanah Air berlokasi di Surabaya, yakni Pakuwon Mall.

Pakuwon Mall Surabaya mulai beroperasi sejak tahun 2003 silam. Mall ini memiliki total luas keseluruhan yang mencapai 200.000 meter persegi.

Bangunannya terdiri dari 3 lantai basement, 6 lantai utama Pakuwon Mall, serta 1 lantai exhibition hall. Dengan luas yang dapat dibilang fantastis, mall ini memiliki berbagai tenant yang sangat lengkap.

Berbagai brand populer dalam dan luar negeri bisa kamu temukan di sini. Fasilitas hiburan lainnya pun tersedia dengan baik. Di lokasi ini juga sering diadakan acara pameran, promosi, pertemuan, hingga pernikahan.

2. Tunjungan Plaza

Mall Terbesar di Indonesia Tunjungan Plaza
image by: kompas.com

Masih dari kota Surabaya, selanjutnya ada Tunjungan Plaza yang menempati posisi kedua mall terbesar di Indonesia. Mall ini memiliki Net Leasable Area (NLA) yang mencapai ukuran 170.000 meter persegi.

Mall yang biasa disingkat menjadai TP ini didirikan sejak tahun 1986 lalu. Letaknya adalah di Jalan Jenderal Basuki Rahmat dan mengarah hingga ke Jalan Embong Malang.

Terdapat 6 bangunan yang saling berhubungan di mall ini. Meski sudah lama dibangun, mall ini tetap terawat dengan baik. Sama dengan Pakuwon Mall Surabaya, Tunjungan Plaza merupakan tempat favorit untuk liburan keluarga.

3. Summarecon Mall Kelapa Gading

Mall Terbesar di Indonesia Summarecon Mall Kelapa Gading
image by: news.detik.com

Summarecon Mall Kelapa Gading mungkin menjadi salah satu mall tertua di Indonesia. Tempat ini dibangun pada 1975 silam, lebih dahulu daripada Tunjungan Plaza.

Summarecon Mall Kelapa Gading telah mengalami tiga kali renovasi sekaligus perluasan bangunan yakni pada tahun 1990, 2003, hingga 2007. Saat ini, Summarecon Mall Kelapa Gading memiliki luas mencapai 150.000 meter persegi.

Mall ini juga menjadi pusat bisnis di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Beragam fasilitas pun tersedia di sini mulai dari pusat perbelanjaan, Gading Food City, Hotel Harris, hingga La Plaza Lifestyle Center.

4. Grand Indonesia

Mall Terbesar di Indonesia Grand Indonesia
image by: grand-indonesia.com

Siapapun yang pernah mengunjungu Grand Indonesia tentu tak heran mengapa mall ini menjadi mall terbesar di Indonesia. Kawasan Grand Indonesia sendiri sebenarnya tak hanya terdiri dari mall saja, melainkan terdapat pula deretan bangunan lain.

Setidaknya terdapat 6 bangunan yang ada di kawasan ini yaitu Hotel Indonesia Kempinski, Kempinski Private Residence, Menara BCA Tower, West Mall, East Mall, dan Grand Indonesia Mall.

Untuk luas area mallnya sendiri mencapai 140.000 meter persegi dan terdiri dari 7 lantai. Gedung parkirnya juga sangat luas karena mampu menampung 3.000 mobil dan 8.000 motor.

5. Mall Taman Anggrek

Mall Terbesar di Indonesia Mall Taman Anggrek
image by: liputan6.com

Didirikan pada tahun 1996, Mall Taman Anggrek memiliki total luas bangunan sebesar 130.000 meter persegi. Mall ini memiliki 8 menara dan 7 lantai, serta dapat menampung hingga 500 toko.

Dari luar saja, pengunjung sudah dapat merasakan kemegahan mall yang satu ini. Hal itu berkat keberadaan layar LED Facade berukuran raksasa yang seolah membungkus dan mengelilingi bagian luar Mall Taman Anggrek.

LED Facade tersebut diketahui memiliki luas hingga 8.675 meter persegi dan memang dirancang untuk mengikuti lekuk bangunan mall. Sertifikat Guiness World Records juga didapatkan oleh LED Facade itu.

Tak hanya menjadi salah satu mall terbesar di Indonesia, Mall Taman Anggrek juga menjadi yang pertama kali menyediakan gelanggang es atau Sky Rink untuk bermain ice skating.

6. Central Park

Central Park merupakan mall yang diresmikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada September 2009 silam. Tempat ini diberi nama Central Park karena terinspirasi dari Central Park yang ada di Manhattan, New York City.

Salah satu spot yang terkenal dan ikonik dari Central Park ini adalah Taman Tribeca. Taman tersebut menjadi ruang terbuka favorit yang membuat mall ini semakin banyak dikunjungi.

Selain itu ada juga wahana yang bernama Jakarta Aquarium, sehingga kamu tak hanya dapat menikmati wisata belanja tetapi juga bisa merasakan wisata edukatif.

7. Hartono Mall Yogyakarta

Mall Terbesar di Indonesia Hartono Mall
image by: pakuwonjati.com

Kota Yogyakarta juga ternyata memiliki mall terbesar di Indonesia, lho. Tempat yang dinamakan Hartono Mall ini memiliki luas sekitar 77.266 meter persegi.

Di dalamnya terdapat 6 lantai dan kurang lebih sekitar 279 tenant yang tersebar di dalamnya. Layaknya mall besar lainnya, Hartono Mall hadir menjadi pusat berbelanja, pusat kuliner, pusat gaya hidup, dan pusat rekreasi.

Faktanya, Hartono Mall masih berada di bawah manajemen Pakuwon Jati, yakni manajemen yang sama yang menaungi dua mall terbesar di Tanah Air yaitu Pakuwan Mall dan Tunjungan Plaza.

Lokasinya berada di area Ringroad Utara, Yogyakarta. Terdapat sebuah atrium seluas 900 meter persegi pada mall yang dibuka sejak 2015 ini.

8. Paris Van Java Mall

Bralih ke kota Bandung, Paris Van Java Mall menjadi pusat belanja favorit para warga Bandung. Mall yang resmi beroperasi sejak Juli 2006 ini memiliki luas sekitar 80.000 meter persegi dan mampu menampung sekitar 200 tenant.

Biasa disingkat namanya menjadi PVJ, mall ini hadir dengan konsep gabungan antara indoor dan outdoor. Interiornya pun dibuat menjadi khas gaya Eropa.

Selain menjadi pusat perbelanjaan, kuliner, dan hiburan, PVJ juga memiliki arena bermain ice skating yang digemari oleh banyak pengunjung.

9. Beachwalk Shopping Mall

Mall Terbesar di Indonesia Beachwalk Shopping Mall
image by: kintamani.id

Beachwalk Shopping Mall menjadi destinasi yang jangan sampai dilewatkan jika berkesempatan untuk mengunjungi Bali. Mall ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok dengan mall lainnya.

Perbedaan tersebut terletak pada konsep yang digunakan, yakni memiliki gaya etnik yang unik dan jarang ditemukan di tempat lain.

Mall yang terletak di Jl. Pantai Kuta, Kec. Kuta, Bali ini juga memiliki banyak sekali spot foto yangn estetik.

Beragam fasilitas yang ditawarkan pun tidak jauh berbeda dengan mall lain, yakni pusat fashion, makanan, dan juga gaya hidup.

10. Senayan City

Daftar mall terbesar di Indonesia yang terakhir adalah Senayan City yang terletak di Jakarta Selatan. Mall yang berada di bawah pengelolaan Agung Podomoro Land ini memiliki luas mencapai 68.000 meter persegi dansudah dibuka sejak 2016 lalu.

Di dalam mall ini terdapat sekitar 350 tenant yang beraneka ragam, termasuk tenant milik brand ternama dan premium.

Letaknya yang berada di perbatasan antara Jakarta Selatan dan Jakarta Utara menjadikan mall ini strategis untuk dikunjungi.

Fasilitas lengkap dan beraneka ragam pun akan pengunjung temukan di tempat ini. Sebut saja pusat hiburan, perbelanjaan, makanan, dan gaya hidup.