3 Contoh Teks Prosedur, Lengkap dengan Struktur Hingga Jenisnya

Contoh Teks Prosedur
image by: medium.com

Waktuku.com – Contoh teks prosedur biasanya ditemukan pada bungkus makanan dan minuman, ataupun di belakang wadah pembungkus.

Teks prosedur di dalamnya berisi tentang penjelasan urutan mengenai cara melakukan sesuatu. Jika terdapat pada bungkus makanan atau minuman, maka teks tersebut menjelaskan langkah-langkah konsumsinya.

Secara umum, teks ini memberikan arahan untuk melakukan sesuatu secara singkat dan padat. Untuk membuat teks prosedur yang baik dan mudah dipahami, ada struktur yang perlu diikuti.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini pengertian, struktur, jenis, ciri-ciri, hingga contoh teks prosedur.

Mengenal Teks Prosedur

1. Pengertian Teks Prosedur

Pengertian Teks Prosedur
image by: leiter.co.id

Teks prosedur adalah jenis teks yang berisi langkah-langkah untuk aktivitas atau kegiatan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), prosedur adalah tahapan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Selain itu prosedur juga bisa diartikan sebagai metode dan langkah demi langkah untuk memecahkan suatu masalah.

Teks prosedur memiliki tujuan agar pembacanya dapat menggunakan dan memahami penggunaan suatu objek dengan benar tanpa harus melalui kebingungan terlebih dahulu. Dengan adanya teks ini, pemecahan masalah akan menjadi lebih mudah.

Meski paling marak ditemukan pada bungkus kemasan suatu produk, contoh teks prosedur juga dapat ditemukan di internet, buku, hingga majalah.

Selain menjelaskan mengenai tahapan dan langkah-langkah tertentu, teks ini juga dapat memuat tips atau kiat dalam melakukan suatu aktivitas.

2. Ciri-Ciri Teks Prosedur

Ciri-Ciri Teks Prosedur
image by: readingpartners.org

Sama seperti jenis teks yang lain, teks prosedur juga memiliki ciri-cirinya tersendiri yang menjadi pembeda, di antaranya adalah sebagai berikut:

– Kalimat yang digunakan adalah jenis kalimat pernah

– Ada panduan yang harus dilakukan oleh pembaca

– Menggunakan kata kerja aktif

– Terdapat kata hubung atau konjungsi

– Terdapat aturan mengenai bahan atau kegiatan yang dilakukan

– Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rincian waktu, cara, dan tempat

– Terdapat urutan mengenai kegiatan yang harus dilakukan.

3. Struktur Teks Prosedur

Dalam membuat contoh teks prosedur, terdapat struktur yang perlu diperhatikan agar hasilnya maksimal, yaitu:

– Tujuan : Di awal sebuah teks prosedur, biasanya akan diberi penjelasan mengenai apa tujuan dari teks tersebut.

– Material : Merupakan hal apa saja yang harus disiapkan dan dibutuhkan oleh pembaca dalam melakukan kegiatan yang dimaksud. Bagian ini memberikan informasi tentang alat dan bahan yang dibutuhkan.

– Langkah-Langkah : Bagian ini memberi penjelasan tentang langkah apa saja yang harus dilakukan oleh pembaca agar mendapat hasil yang maksimal. Dalam membuat bagian ini, harus diperhatikan susunan logis dan sistematis.

– Kesimpulan : Merupakan bagian terakhir yang berisi kesimpulan dari sebuah prosedur yang telah dilakukan. Bagian ini sebenarnya bersifat opsional, boleh ada atau tidak ada dalam sebuah teks prosedur.

4. Jenis Teks Prosedur

Ada beberapa jenis dari teks prosedur yang bisa dilihat dari struktur atau tingkat kerumitannya. Contohnya adalah sebagai berikut:

– Teks Prosedur Sederhana : Disebut sederhana karena hanya berisikan dua atau tiga langkah saja. Contoh teks prosedur sederhana adalah prosedur mengoperasikan setrika.

– Teks Prosedur Kompleks : Sesuai dengan namanya, jenis teks prosedur ini terdiri dari banyak langkah dan tahapan sehingga terlihat rumit. Contohnya prosedur pembayaran pajak.

– Teks Prosedur Protokol : Jenis teks prosedur ini langkah-langkahnya bisa dibolak-balik, namun tujuannya akan tetap tercapai. Contohnya adalah cara memasak mi instan.

Contoh Teks Prosedur

1. Contoh Teks Prosedur Membuat Paspor

Contoh Teks Prosedur Membuat Paspor
image by: money.kompas.com

Paspor merupakan sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari sebuah negara. Di dalamnya termuat identitas pemiliknya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.

Seperti apa cara mengurus paspor? Berikut ini cara mengurus paspor yang benar:

– Pertama, datanglah ke kantor imigrasi. Anda dapat kunjungi kantor imigrasi yang berada di domisii di KTP Anda atau kantor imigrasi terdekat.

– Selanjutnya ambillah formulir permohonan. Formulir permohonan terletak di loket yang sudah tersedia. Silahkan isi dan lengkapi semua data yang diminta di formulir tersebut.

– Lalu silahkan serahkan formulir permohonan yang sudah diisi ke loket pendaftaran.

– Kemudian silahkan berfoto dan ambil sidik jari, dan lakukan tahap wawancara dengan menunjukkan dokumen asli.

– Jika sudah selesai tahap wawancara, Anda harus membayar buku paspor dan menandatangani paspor tersebut. Mintalah jadwal mengenai kapan paspor yang sudah selesai bisa diambil.

– Anda harus datang pada tanggal yang ditentukan untuk mengambil paspor yang telah selesai dibuat. Biasanya paspor akan selesai setelah satu minggu.

2. Contoh Teks Prosedur Membuat SIM

Contoh Teks Prosedur Membuat SIM
image by: kursusmengemudi.id

Untuk membuat Surat Izin Mengemudi (SIM), silahkan datangi kantor kepolisian terdekat. Siapkan juga berkas-berkas yang diperlukan seperti:

– Surat Keterangan Sehat

– Salinan identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan usia minimal 17 tahun.

– Formulir pembuatan SIM yang sudah diisi dengan lengkap.

Jika semua berkas yang dibutuhkan sudah lengkap, silahkan lanjutkan dengan proses sebagai berikut:

– Serahkan semua berkas yang dibutuhkan ke loket pendaftaran dan ambil nomor antrean.

– Lakukan registrasi dengan cara mengisi berkas pendaftaran, mendaftarkan sidik jari, dan juga foto diri untuk mencetak SIM.

– Lakukan sesi ujian teori keselamatan berkendara. Anda akan diuji dengan tes berupa teori peraturan dan perundangan lalu lintas, etika berkendara, dan sebagainya.

– Apabila lolos ujian teori, maka Anda sebagai pemohon dapat lanjut ke tahap berikutnya yaitu melakukan sesi ujian praktik mengemudi. Namun apabila tidak lolos, maka Anda dapat mencoba mengikuti ujian lagi 7 hari setelahnya.

– Saat mengikuti ujian praktik, Anda akan diawasi langsung oleh petugas dan harus melewati berbagai rintangan yang disediakan dengan baik.

– Apabila tidak lolos dalam ujian praktik, pemohon dapat mencoba lagi setelah 14 hari kemudian.

– Jika pemohon lolos ujian teori dan ujian praktik dengan baik, maka silahkan lanjutkan dengan proses pembayaran biaya pembuatan SIM dan pencetakan SIM.

3. Contoh Teks Prosedur Cara Membuat Channel Youtube

Punya hobi membuat video sekaligus ingin menuangkan kreatifitas? Kalau begitu, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuat channel Youtube! Caranya pun tidak sulit, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

– Pastikan sudah memiliki akun Google. Hal ini karena Youtube merupakan platform yang terintegrasi dengan Google.

– Bukalah aplikasi Youtube atau bisa dengan masuk ke situsnya melalui browser dengan mengetikkan alamat Youtube.com.

– Jika sudah masuk ke situs atau aplikasi Youtube, lihatlah ke bagian pojok kanan atas. Akan terlihat pilihan ‘Masuk”. Silahkan klik pilihan tersebut dan masukkan nama pengguna dan kata sandi akun Google kamu.

– Jika sudah berhasil masuk ke dalam akun, di pojok kanan atas silahkan ketuk logo dari akun kamu.

– Langsung klik pada opsi “Buat Channel”, kemudian lengkapi semua informasi yang diminta. Centang di bagian syarat dan ketentuan, lalu klik tombol “Buat”.

– Channel Youtube sudah selesai dibuat. Kamu bisa mengganti beberapa informasi pribadi seperti foto profil channel, deskripsi, dan juga dapat membagikan tautan dari channel kamu ke teman atau media sosial.

– Selesai, sekarang kamu sudah bisa mulai mengupload video dan menggunakan channel tersebut untuk berkreasi.