3 Contoh Teks Eksposisi Singkat dan Padat Beserta Ciri dan Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi
image by: science.org

Waktuku.com – Contoh teks eksposisi dapat menggambarkan mengenai isinya yang terdiri dari informasi singkat, padat, dan akurat kepada pembaca.

Selain itu dapat juga terlihat gambaran umum mengenai struktur dari teks tersebut serta apa tujuan dari pembuatan teks eksposisi.

Dalam sebuah teks eksposisi sendiri, penulis menguraikan sebuah isu atau topik melalui rangkaian argumen. Tak lupa juga biasanya disertakan bahan pendukung untuk membahas isu tersebut.

Salah satu bentuk dari teks eksposisi adalah artikel berita yang termuat di berbagai media. Nah, untuk lebih memahami tentang teks eksposisi, berikut ini contoh teks eksposisi beserta penjelasan strukturnya.

Semua Tentang Teks Eksposisi

1. Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi
image by: liputan6.com

Teks eksposisi adalah sebuah jenis teks nonfiksi yang isinya memuat tentang informasi ataupun pengetahuan.

Umumnya, teks eksposisi dibuat dengan tujuan untuk memberikan penjelasan serta uraian mengenai suatu ide, pokok pikiran, pendapat, informasi, hingga pengetahuan kepada pembaca.

Teks eksposisi hanya bertujuan memberikan informasi saja, tanpa ada unsur mempengaruhi pembaca untuk mempercayai atau melakukan suatu tindakan.

Tulisan dalam teks eksposisi ditulis berdasarkan pada fakta. Informasi yang disajikan juga idealnya sesuai dengan kaidah 5W + 1H yaitu apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana.

Teks eksposisi menyajikan informasi dalam bentuk yang singkat, padat, jelas, dan juga akurat untuk pembaca.

Isu yang dibahas dalam sebuah teks eksposisi biasanya adalah bahasan mengenai fenomena yang ada di masyarakat seperti isu sosial, pendidikan, ekonomi, dan masih banyak lagi.

Dengan membaca informasi yang disajikan teks eksposisi, pembaca akan memiliki sudut pandang yang lebih luas.

2. Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Ciri-ciri Teks Eksposisi
image by: equip-for-equality.org

Teks eksposisi memiliki ciri-cirinya tersendiri yang membedakannya dengan jenis teks yang lain. Ciri-ciri tersebut di antaranya:

– Memberi informasi. Sebagai sebuah teks nonfiksi, teks ini memberikan informasi yang akan menambah wawasan pembacanya.

– Isinya merupakan fakta. Informasi yang disajikan pun berdasarkan fakta, didukung data yang akurat, dan keasliannya bias dipertanggungjawabkan.

– Menggunakan bahasa baku. Teks eksposisi dituis menggunakan tata bahasa yang baik sesuai dengan kaidah PUEBI, dan menggunakan kata-kata yang mengacu pada KBBI.

– Ditulis dengan singkat dan jelas. Teks eksposisi juga memiliki format penulisan yang singkat namun informasi yang disampaikan padat dan jelas bagi pembaca.

– Bersifat objektif. Ciri yang terakhir adalah tulisan yang dimuat dalam teks eksposisi bersifat objektif dan tidak memihak kepada siapapun atau kepentingan apapun.

Struktur Teks Eksposisi

Struktur Teks Eksposisi
image by: seattletimes.com

Nah, setelah membahas tentang pengertian dan ciri-ciri dari teks eksposisi, selanjutnya kamu perlu mengetahui seperti apa struktur dari jenis teks yang satu ini.

Mengetahui struktur pembuatan sebuah teks penting untuk dapat membuat tulisan yang baik. Struktur dari teks eksposisi sendiri adalah sebagai berikut:

1. Tesis

Bagian pertama dalam teks eksposisi disebut dengan tesis. Bagian ini merupakan pembuka dalam teks dan fungnsinya adalah untuk menyajikan pengenalan mengenai isu yang akan dibahas.

Pada bagian ini juga penulis dapat menjelaskan tentang gagasan utama dan pandangan umum terkait isu yang akan dijelaskan lebih lanjut.

Bagian tesis juga bisa disebut sebagai pernyataan pendapat. Pada bagian ini seorang penulis juga bisa menunjukkan ke mana arah tulisan akan dibawa nantinya.

2. Rangkaian Argumen

Setelah menulis bagian tesis, selanjutnya adalah membuat rangkaian argumen. Bagian ini berisi argumen berupa pendapat yang logis dan informasi yang sesuai dengan fakta yang ditemukan.

Beberapa unsur yang dapat ditulis pada bagian ini di antaranya seperti hasil temuan hingga pernyataan para ahli sebagai data yang dapat menguatkan tulisan. Rangkaian argumen menjadi inti dari teks eksposisi.

Di bagian ini juga penulis akan banyak menuangkan pendapatnya dibandingkan dengan bagian tesis yang lebih berisi pembukaan.

3. Penegasan Ulang

Bagian penegasan ulang bisa disebut juga sebagai bagian penutup. Di bagian ini penulis akan memberikan kesimpulan dan saran mengenai keseluruhan isu yang dibahas.

Contoh Teks Eksposisi

1. Contoh Teks Eksposisi Tentang Definisi Matahari

Definisi Matahari

Matahari merupakan bintang yang menjadi pusat tata surya dan memancarkan panas serta cahaya ke Bumi dan planet-planet lainnya.

Unsur dalam matahari sebagian besar adalah hidrogen dan helium. Matahari terletak di sebuah galaksi bernama Bima Sakti. Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, matahari merupakan bintang yang paling dekat dengan bumi.

Diameternya hingga 109 kali lipat dari bumi, yakni 1,4 juta kilometer. Beratnya pun 300.000 kali lebih berat dari bumi.

Sumber energi yang dimiliki matahari berasal dari reaksi fusi yang terjadi di dalam inti matahari. Reaksi fusi ini mengubah serangkaian atom hidrogen menjadi helium, dan menyebabkan energi sangat besar terbentuk.

2. Contoh Teks Eksposisi Tentang Demam Panggung

Demam Panggung

Apakah kamu pernah merasa gugup ketika berbicara di depam banyak orang yang mendengarkan? Jika iya, maka hal itu disebut dengan demam panggung.

Demam panggung dapat dialami oleh seseorang yang tidak terbiasa untuk tampil dan berbicara di depan umum. Orang yang memiliki demam panggung selalu merasa bahwa apa yang disampaikannya adalah salah.

Ia juga takut jika membuat kesalahan maka akan ditertawakan oleh banyak orang. Ketakutan seperti itu dapat muncul ketika seseorang memiliki rasa percaya diri yang rendah.

Demam panggung menimbulkan efek yang membuat tubuh orang yang mengalaminya akan merasa lemas saat melakukan sebuah pertunjukan atau berbicara di depan khalayak ramai.

Selain itu detak jantung akan lebih cepat, dan wajah akan berubah pucat. Konsentrasi pun juga akan menjadi berkurang. Hal ini tentu akan merusak segala persiapan yang sudah dibuat dengan matang.

Cara paling efisien untuk mencegah demam panggung adalah dengan menarik nafas dalam-dalam untuk melancarkan oksigen agar dapat masuk ke otak. Dengan begitu, otak akan lebih tenang dan konsentrasi lebih terjaga.

3. Contoh Teks Eksposisi Berita Cuaca

Prakiraan Cuaca Hari Ini

Cuaca hari ini, langit pagi Jakarta diperkirakan berawan. Hanya Kepulauan Seribu yang cerah berawan, namun akan berbeda di siang hari nanti.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa cuaca hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprediksi akan mengguyur Ibu Kota di siang hari.

Masyarakat juga diminta untuk waspada akan potensi hujan petir yang diperkirakan akan turun di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

“Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jakut, Jakpus, Jaksel, dan Jaktim pada siang hari hingga menjelanng sore hari,” tulis pihak BMKG.

Selain wilayah Ibu Kota, beberapa daerah penyangganya pun tidak jauh berbeda. Di darah Depok, Bekasi, dan Bogor di pagi hari diprediksi akan cerah berawan. Hujan akan turun mulai siang hari hingga malam hari nantinya.

“Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang antara siang hingga malam hari di Kabupaten dan Kota Bogor, Depok, Bekasi, dan Kabupaten Karawang,” tulis BMKG menjelaskan.