4 Contoh Teks Deskripsi Bserta Struktur Membuatnya yang Benar

Contoh Teks Deskripsi
image by: freepik.com/drobotdean

Waktuku.com – Contoh teks deskripsi akan bermanfaat untuk dijadikan rujukan dalam membuat sebuah teks yang isinya menjelaskan mengenai suatu hal.

Teks deskripsi sendiri adalah sebuah tulisan yang isinya menggambarkan dan menjelaskan suatu objek berdasarkan hasil pengamatan, perasaan, dan pengalaman penulisnya.

Penjelasan dalam teks deskripsi biasanya berupa kalimat yang sifatnya memaparkan objek tersebut. Agar dalam bayangan pembaca mereka seolah-olah dapat melihat, mendengar, dan merasakan objek itu sendiri.

Oleh karena itulah dalam membuat teks deskripsi, seorang penulis harus pandai dalam memilih kosakata serta struktur kalimat yang baik agar apa yang dideskripsikan bisa dipahami dengan baik oleh pembaca.

Dalam membuat teks deskripsi pun tak bisa asal buat, karena ada struktur yang sebaiknya dipenuhi. Nah, untuk itu berikut ini contoh teks deskripsi yang baik dan benar.

Contoh Teks Deskripsi dan Struktur Pembuatannya

1. Struktur Teks Deskripsi

Struktur Teks Deskripsi
image by: freepik.com/freepik

Dalam membuat teks deskripsi, berikut ini struktur yang sebaiknya ada agar tulisan yang dibuat menjadi lebih mudah dipahami.

– Judul: Bagian awal dari teks yang menggambarkan apa isi dari teks tersebut.

– Gambaran umum: Dapat berisi nama objek yang dideskripsikan, makna nama objek, lokasi objek, sejarahnya ataupun pernyataan umum lainnya mengenai onjek tersebut.

– Simpulan: Merupakan bagian penutup yang berisi kesimpulan atau kesan terhadap hal yang dideskripsikan.

2. Contoh Teks Deskripsi Tentang Panorama Alam

Contoh Teks Deskripsi Tentang Panorama Alam
image by: freepik.com/mrsiraphol

Parangtritis nan Indah

Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Lokasi tepatnya berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km di arah selatan Yogyakarta.

Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri terlihat tebing yang sangat tinggi. Kemudian di sebelah kanan kita bisa meihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga kita dari gempuran ombak yang datang setiap saat.

Pantainya pun bersih dengan buih-buih puth bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok. Kemolekan pantainya pun terlihat sempurna di sore hari.

Di sore hari tersebut kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat yang sangat istimewa. Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore membuat pemandangan menjadi begitu memukau.

Pemandangan itu memberikan rasa hangat yang berbaur dengan lembutnya angin sore yang melingkupi seluruh tubuh.

3. Contoh Teks Deskripsi Tentang Rumah Adat

Contoh Teks Deskripsi Tentang Rumah Adat
image by: rumah.com

Rumah Tongkonan

Tongkonan adalah warisan rumah adat Sulawesi Selatan. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang bermakna menduduki atau tempat duduk.

Rumah adat yang satu ini disebut sebagai tempat duduk karena dahulu dijadikan tempat untuk para bangsawan Toraja berkumpul dan berdiskusi. Rumah ini juga berfungsi sebagai pusat pemerintahan, kekuasaan adat, dan perkembangan sosial budaya.

Atap Rumah Tongkonan berbentuk melengkung menyerupai perahu atau tanduk kerbau. Atapnya tersusun dari bambu, dan di bagian depan terdapat deretan dekorasi berupa sederet tanduk kerbau yang ditancapkan. Atap tersebut juga ditutupi dengan ijuk hitam.

Bagian bawah rumah biasanya dipakai sebagai kandang kerbau. Lalu pada bagian dalam rumah dijadikan tempat tidur dan dapur.

Ukiran yang ada di sekujur bagian rumah menambah kecantikan desain bangunan ini. Motif dari ukiran tersebut berupa garis lengkung yang harmonis.

Adanya perbedaan jumlah ruangan pada sebuah Rumah Tongkonan mengandung makna sosial dan ekonomi. Semakin banyak ruangan yang dimiliki, semakin tinggi pula Tongkonan tersebut.

Sedangkan posisi atau letak anak tangga dan pintu disesuaikan dengan konsep kepercayaan masyarakat Toraja.

Sementara untuk pola hias yang ada pada Tongkonan juga mengandung makna sosial, ekonomi, dan religius yang magis.

Sungguh begitu kaya warisan budaya Indonesia, sehingga membuat bangga akan warisan bernilai artistik yang tinggi dan unik.

4. Contoh Teks Deskripsi Tentang Keluarga

Ayah, Panutanku

Ayahku bernama Abu Salman. Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun, rambutnya putih beruban, dan di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih.

Kulit ayahku kuning langsat. Sementara wajah ayah tipikal suku Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung dan agak besar.

Matanya berwarna hitam dengan alis yang tebal. Jika dilihat sepintas, ayahku seperti orang India. Meski kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar. Ia adalah orang paling sabar yang pernah aku kenal.

Ayah tidak pernah terlihat marah-marah atau membentak dan selalu menunjukkan perasaannya lewat gerakan bermakna di wajahnya. Jika melihat anaknya membandel, ayah hanya menggeleng sambil berkata lirih untuk membujuknya.

Tidak seperti orang Batak yang logatnya agak keras, ayahku sangat pendiam. Beliau termasuk orang yang irit kata, lebih suka memberi contoh langsung kepada anaknya tanpa perlu menggurui. Bagaikan air yang tenang, tetapi juga sangat dalam.

5. Contoh Teks Deskripsi Tari Tradisional

Tari Saman

Tari Saman tercatat di UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia sejak 24 November 2011. Pada awalnya, tari Saman merupakan sebuah media untuk menyampaikan pesan (dakwah) dan ditarikan oleh laki-laki.

Tari Saman berasal dari Aceh yang kemudian dibawa langsung oleh suku Gayo sebagai suku tertua di wilayah Aceh. Sebagian besar suku ini kemudian menempati wilayah Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah.

Tari Saman juga merupakan bagian dari pengembangan dari permainan rakyat, yakni permainan Tepuk Abe yang kian diminati oleh masyarakat setempat saat itu.

Kondisi ini yang kemudian membuat ulama besar bernama Syekh Saman terinspirasi membuat syair-syair yang berisikan pujian kepada Allah SWT.

Tari ini mengandung pendidikan keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan, dan juga kebersamaan. Penari Saman memiliki jumlah yang ganjil. Mereka menyanyikan syiar lagu berbahasa Gayo bercampur bahasa Arab saat menari.

Selain nyanyian, gerakan penari Saman juga diiringi alat musik berupa gendang, suara teriakan penari, tepuk tangan penari, tepuk dada penari, dan juga tepuk paha penari.

Gerakan dalam tari ini disebut guncang, kirep, lingang, dan surang-saring. Semua nama tersebut diambil dari bahasa asli Gayo.

Kostum atau busana khusus yang digunakan dalam Tari Saman terbagi menjadi tiga, yaitu di bagian kepala memakai bulang teleng dan sunting kepies. Pada bagian badan, dipakai baju kantong, celana, dan kain sarung.

Sementara itu pada bagian tangan dipakaikan topong gelang dan sapu tangan. Penggunaan nyanyian, gerakan, hingga kostum penari pada Tari Saman sangat penting.

Semua hal tersebut mengandung milai-nilai yang menunjukkan identitas budaya, kekompakkan, kebijakan, keperkasaan, keberanian, dan keharmonisan dari para pemakainya.

Sebelum Tari Saman ini dimulai, pemuka adat atau syekh akan tampil terlebih dahulu dan mengiringi nyanyian untuk mewakili masyarakat setempat. Syekh tersebut juga akan memberikan nasehat kepada para penari dan juga segenap penonton.

Syair yang disampaikan oleh Syekh tersebut berisikan pesan moral dan ajaran agama Islam yang dapat diresapi oleh para penonton.

Dengan semakin berkembanganya zaman, Tari Saman kini juga sudah marak dilakukan oleh banyak perempuan.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai contoh teks deskripsi beserta strukturnya. Kini saatnya kamu mencoba membuat teks deskripsi sendiri, ya.