3 Contoh Teks Ceramah Singkat Hingga Panjang yang Penuh Makna

Contoh Teks Ceramah
image by: jatengprov.go.id

Waktuku.com – Contoh teks ceramah akan sangat berguna untuk mereka yang butuh inspirasi untuk menyampaikan ceramah yang bagus dan bermakna.

Setiap orang pasti pernah mendengar ceramah yang biasanya disampaikan di berbagai temmpat seperti sekolah, rumah ibadah, maupun kegiatan resmi lainnya. Namun, tak semua orang bisa membuat teks ceramah yang baik dan benar.

Sebuah teks ceramah sendiri tak bisa dibuat dengan sembarangan, karena di dalamnya sebaiknya mengandung pengetahuan dan wawasan yang bermanfaat bagi pendengarnya.

Oleh karenanya, berikut ini sederet contoh teks ceramah beserta bagaimana membuatnya dengan struktur yang baik.

Struktur Teks Ceramah yang Baik

Struktur Teks Ceramah yang Baik
image by: beritadiy.pikiran-rakyat.com

Untuk membuat sebuah teks ceramah yang baik, tentu harus diperhatikan bagaimana struktur penulisannya. Idealnya, sebuah teks ceramah terdiri dari 3 struktur yakni pendahuluan (tesis), isi (argumen) , dan penutup (penegasan). Untuk lebih detailnya, berikut ini penjelasannya:

1. Pendahuluan (Tesis)

Pedahuluan adalah bagian awal dari suatu teks ceramah yang berfungsi untuk membuka suatu isu, membahas awal masalah, maupun pandangan dari pembicara. Pada bagian pendahuluan inilah topik utama akan disinggung.

Di bagian pendahuluan, seorang penceramah juga dapat menyampaikan ucapan rasa syukur serta penghormatan kepada para hadirin.

2. Isi (Argumen)

Di dalam bagian isi terletak argumen yang menjelaskan lebih lanjut apa yang sudah disebutkan pada pendahuluan. Pada bagian ini pula berisi fakta-fakta yang akan membuat argumen menjadi lebih kuat.

3. Penutup (Penegasan)

Bagian penutup berisi penegasan atau kesimpulan dari argumen yang sebelumnya telah disampaikan kepada pendengar. Pada abgian ini juga dapat dibuat menjadi rangkuman singkat dari keseluruhan topik ceramah.

Deretan Contoh Teks Ceramah

1. Contoh Teks Ceramah Panjang Islami

Contoh Teks Ceramah Panjang Islami
image by: portaljember.pikiran-rakyat.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahi rabbil alamin wabihi nasta’in wa ala umuriddunya waddin wassalatu wassalamu ala asrofil ambiya ‘i wal mursalin waala alihi wasohbihi ajma’in amma ba’du.

Segala puji kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala nikmatnya yang telah diberikan kepada kita semua.

Nikmat sehat, nikmat taufik hidayah inayah dan nikmat paling besar yakni nikman iman dan islam. Shalawat serta salam tak lupa kita sanjungkan kepada Nabi besar Muhammad SAW.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai makna sabar di dalam kehidupan. Sabar berasal dari kata “sobaro-yasbiru” yang artinya menahan.

Menurut istilah, sabar adalah menahan diri dari kesusahan dan menyikapinya sesuai syariat dan akal, menjaga lisan dan celaan, dan menahan anggota badan dari perbuatan dosa.

Sabar adalah pilar kebahagiaan seseorang, karena dengan kesabaran itulah seseorang akan terjaga dari kemaksiatan, konsisten menjalankan ketaatan, dan tabah dalam menghadapi berbagai macam cobaan.

Savar mnjadi salah satu ajaran yang banyak disinggung di dalam Al-Quran maupun hadis, sehingga manusia senantiasa diarahkan untuk selalu bersabar dalam menjalani kehidupannya.

Kesabaran yang sebenarnya adalah kemampuan dalam mengendalikan sikap dan menahan emosi, sehingga bisa dengan ikhlas dan penuh kerelaan hati menerima kondisi yang sedang dihadapi demi mendapat balasan yang baik di akhirat nanti.

Allah SWT berfirman dalam QS Al Baqarah ayat 153:

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Pada ayat tersebut, Allah menjelaskan keada orang-orang yang beriman bahwa Allah akan selalu beserta mereka yang menjadikan sabar dan shalat sebagai penolong.

Allah juga menjanjikan kedudukan yang tinggi (di surga) bagi hamba-hambanya yang bersabar. Seperti firman Allah dalam QS Al Furqaan ayat 75:

“Mereka itulah orang yang dibalas dengan kedudukan tinggi (di surga) dengan sebab kesabaran mereka.

Hadirin rahimakumullah

Jadikanlah sifat sabar sebagai identitas keimanan dan keislamanmu. Kesabaran merupakan salah satu sifat sekaligus ciri orang mukmin yang dicintai Allah.

Rasulullah bersabda: “Sungguh menakjubkan perkara orang yang beriman, karena segala perkaranya adalah baik. Jika ia mendapat kenikmatan ia bersyukur karena (mengetahui) bahwa hal tersebut adalah memang baik baginya.

Dan jika ia tertimpa musibah atau kesulitan, ia bersabar karena (mengetahui) bahwa hal tersebut adalah baik baginya” (HR.Muslim).

Demikianlah saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf bila ada kata yang salah. Wabilahi taufik wal hidayah, wa ridho wal inayah.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Contoh Teks Ceramah Singkat

Contoh Teks Ceramah Singkat
image by: istiqlal.or.id

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hadirin yang saya hormati,
Pertama-tama marilah kita panjatkan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan izin Tuhan kita bisa hadir dalam rangka pembukaan pelaksanaan acara perpisahan sekolah ini.

Saya mewakili seluruh siswa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyempatkan hadir dalam acara istimewa ini. Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran para orang tua siswa, guru-guru, kepala sekolah, staf sekolah serta teman-teman semua.

Hadirin yang saya hormati,
Tidak terasa waktu telah berlalu hingga pada hari ini kita sedang menuju gerbang perpisahan dan akan melangkah kepada perjalanan kehidupan yang baru. Segala hal yang kami peroleh selama di sekolah ini sangatlah berarti dan akan terus kami kenang.

Kami mengucapkan terima kasih kepada gur-guru yang telah sabar membimbing kami menimba ilmu. Kami berdoa semoga apa yang telah diberikan menjadi bekal kami untuk menjadi manusia yang berguna.

Di mana ada pertemuan, pasti ada perpisahan. Semoga perpisahan kali ini bukan akhir dari segalanya. Kami yang nantinya akan menjadi alumni sekolah akan tetap menjalin silaturahmi dengan sekolah kami tercinta ini.

Kami pun selaku siswa mungkin telah banyak membuat kesalahan dan merepotkan. Kamu mengucapkan beribu-ribu maaf kepada ibu dan bapak guru semua.

Demikianlah sambutan dari saya selaku perwakilan siswa dalam acara perpisahan sekolah ini. Semoga kelak kita dapat meraih cita-cita dan terus semangat.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

3. Contoh Teks Ceramah Kesehatan

Contoh Teks Ceramah Kesehatan
image by: apdut.com

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa Kita semua dapat berkumpul di kegiatan ini. Di hari yang cerah ini saya hendak menyampaikan sepatah dua patah kata mengenai kebiasaan makan dan kesehatan.

Sejak sekolah dasar kita diajarkan mengenai empat sehat lima sempurna. Kita tahu mengenai pangan sehat serta bagaimana kebiasaan makan yang baik. Namun mengapa semakin kesini semakin sulit tantangan kita untuk memiliki kebiasaan makan yang sehat.

Kini kita disodori berbagai jenis makanan siap saji dengan kadar gula tinggi, atau makanan yang enak namun tidak bergizi.

Kesehatan salah satunya dibangun lewat makanan. Apa yang kita konsumsi akan berpengaruh pada tubuh kita, baik langsung maupun tidak langsung. Daripada mengobati penyakit, lebih baik kita mengatur kebiasaan makan kita sehari-hari.

Jangan konsumsi karbohidrat dan gula berlebih. Konsumsi garam secukupnya dan perbanyak makan buah dan sayur. Imbangi dengan protein dari susu dan daging. Mari jaga kesehatan tubuh dari makanan. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Sekian yang dapat saya sampaikan. Semoga hadirin sekalian selalu sehat. Akhir kata, terima kasih dan sampai jumpa pada pertemuan selanjutnya.