3 Contoh Surat Pribadi dan Ciri-Cirinya Lengkap

Contoh Surat Pribadi
image by: areomagazine.com

Waktuku.com – Contoh surat pribadi merupakan jenis surat yang berisi tentang keperluan pribadi si penulis.

Pada umumnya surat pribadi ini ditulis dan ditujukan kepada orang lain yang sifatnya personal.

Penulisan pada surat pribadi ini tidak terlalu baku, jadi bisa menggunakan bahasa non formal.

Berbeda dengan surat resmi, surat pribadi tidak memiliki aturan yang mengikat. Penulis surat dapat dengan bebas menuliskan kata-kata atau kalimat yang akan dituangkan dalam surat tersebut. Meskipun demikian, penting untuk tetap menjaga bahasa dengan sopan dan baik.

Contoh Surat Pribadi

Surat pribadi tidak memiliki pembatas penulisan, serta tidak memiliki aturan baku. Secara umum, surat pribadi merupakan sebuah tulisan atau surat yang dibuat untuk diberikan kepada orang lain dengan bermacam-macam isi surat.

1. Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat
image by: thehansindia.com

Contoh surat pribadi yang pertama adalah sebuah surat yang ditujukan untuk sahabat atau teman.

Karena surat ini bersifat pribadi, maka tidak ada batasan dalam penulisan topik surat maupun kata-kata yang digunakan.

Yogyakarta, 14 Februari 2022

Teruntuk Mirna Sahabatku
Di tempat

Assalamualaikum Wr. Wb

Hai Mirna, apa kabar? Sudah lama ya kita tidak bertemu. Terakhir aku melihatmu sejak lulus SMA, dan setelah itu belum pernah bertemu kembali. Bagaimana kabar Bapak, Ibu, dan keluarga disana? Semoga selalu sehat ya.

Kamu sekarang melanjutkan kuliah dimana? Seru tidak kuliahmu? Sejak aku lulus aku memilih untuk melanjutkan kuliah jurusan tata boga seperti hobiku. Kapan-kapan kalau kamu ada waktu libur, main ke Jogja ya, aku akan membuatkan hidangan istimewa untukmu.

Bagaimana dengan kamu? Pastinya saat ini masih sibuk ya dengan jadwal kuliah. Apalagi sebentar lagi sudah mendekati ujian akhir semester. Tetap semangat ya Mirna, seperti Mirna yang aku kenal dulu. Anak yang selalu ceria dan bersemangat.

Tiba-tiba aku rindu saat kita masih bersama dulu, bermain, bercanda, banyak melakukan hal-hal menyenangkan bersama. Kamu rindu tidak? Semoga kita diberi kesempatan untuk bisa bertemu lagi ya, agar bisa saling melepas rindu.

Sekian dulu ya surat dariku, kamu jaga kesehatan ya. Salam buat keluarga disitu.
Sampai bertemu nanti.

Sahabatmu,

Alyca Rosmania

2. Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua

Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua
image by: sydneycriminallawyers.com.au

Contoh surat pribadi dibawah ini adalah sebuah surat yang ditulis oleh seorang anak kepada orang tua.

Adanya jarak yang mungkin menjadi penghalang untuk bisa selalu bersama dengan ayah, dapat dituangkan dalam surat tersebut.

Solo, 14 Februari 2022

Dear Ayah
Di tempat

Assalamualaikum, Wr. Wb

Ayah, maafkan jika aku tiba-tiba menulis surat ini untuk Ayah. Ada beberapa hal yang ingin aku sampaikan kepada Ayah. Namun sebelumnya, bagaimana kabar Ayah? Ayah sehat kan? Apakah Ayah betah bekerja di tempat baru?

Aku sebenarnya tidak mau jauh-jauh dari Ayah, tapi aku paham bahwa Ayah juga harus bekerja. Ayah, jika nanti ayah kembali, bisakah mencari pekerjaan yang dekat-dekat saja, jangan pergi lagi hingga keluar negeri. Kami dirumah sangat khawatir dengan kondisi Ayah.

Ayah, tahukah jika aku diterima di PTN yang Ayah impikan. Aku lulus tes dengan baik, dan bisa masuk perguruan tinggi favorit. Ayah bangga kan? Ayah pasti senang membaca kabar dariku. Sekarang aku udah dewasa, bukan anak kecil yang manja seperti dulu.

Aku ingin Ayah bisa bangga ketika bercerita tentangku kepada teman-teman Ayah, dan semoga hal ini bisa menjadi semangat untuk Ayah bekerja disana. Aku sangat merindukan Ayah.

Ayah, selamat bekerja kembali ya. Aku doakan selalu agar Ayah diberikan kesehatan dan kemudahan dalam bekerja. Lekas kembali ya Ayah, kami rindu.

Salam sayang dari anak Ayah,

Geandra Wirasati

3. Contoh Surat Pribadi untuk Guru

Contoh Surat Pribadi untuk Guru
image by: virginia.edu

Contoh surat pribadi yang lainnya adalah ditujukan untuk guru. Banyak hal yang bisa disampaikan kepada para guru, terlebih lagi jika sudah lulus atau pindah sekolah.

Anda bisa menulis apa saja dalam surat pribadi ini, namun tetap perhatikan pemilihan kata agar tetap sopan.

Bandung, 14 Februari 2022

Teruntuk Ibu Rahma Sekar Wigati, S.Pd
Di tempat

Ibu Rahma, guruku tersayang. Bagaimana kabar ibu sekarang? Semoga ibu sekeluarga selalu dalam keadaan sehat dan diberikan rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Aamiin.

Mohon maaf sebelumnya ya bu, jika saya tiba-tiba menyampaikan surat ini kepada ibu. Ada kabar baik yang ingin saya bagikan kepada ibu.

Kabar pertama adalah saya berhasil lulus seleksi perguruan tinggi negeri yang saya impikan. Ibu pasti tahu kan dimana universitas tersebut.

Saya senang bisa lulus tes dengan baik, tentu saja semua ini atas bimbingan dan dukungan dari ibu.

Kabar selanjutnya adalah, saya berhasil memperoleh beasiswa Bidik Misi. Saya sangat bersyukur atas anugerah ini.

Diterima di kampus favorit sekaligus mendapatkan beasiswa selama kuliah nanti. Saya bisa mandiri bu, tanpa harus membebani kedua orang tua.

Terima kasih ya bu, telah memberikan saran dan masukan kepada saya mulai dari pendaftaran hingga tahap akhir ini.

Dalam waktu dekat ini, saya berencana untuk datang ke sekolah. Saya berniat untuk bertemu dengan ibu sekaligus bersilaturahmi dengan guru-guru yang lainnya.

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih untuk semua kebaikan ibu kepada saya, mohon maaf saya belum bisa membalas kebaikan ibu.

Akhir kata, saya sampaikan rasa hormat dan terima kasih yang dalam kepada Ibu Rahma khususnya dan para guru sekalian, semoga perjuangan ibu dan para guru lainnya mendapatkan balasan lebih dari Tuhan Yang Maha Esa.

Sekian dari saya bu.

Murid tersayang,

Aulia Hidayati

Ciri-Ciri Surat Pribadi

Setelah mengetahui contoh surat pribadi diatas, tentu sudah bisa melihat apa ciri-ciri yang melekat pada surat pribadi. Beberapa ciri yang mudah dilihat adalah sebagai berikut:

1. Mengandung Banyak Kata Sapaan

Dalam surat pribadi tersebut, terdapat banyak kata sapaan yang digunakan. Misalnya Ayah, Ibu, nama seseorang, dan lainnya. bentuk kata sapaan ini akan sering diulang dalam penulisan surat tersebut.

2. Gaya Bahasa Tidak Resmi

Sesuai dengan namanya, surat pribadi ini menggunakan gaya bahasa yang tidak resmi atau tidak formal. Penulisannya lebih banyak menggunakan bahasa sehari-hari yang cenderung seperti obrolan pada umumnya.

3. Sistem Penulisan Bersifat Bebas

Ciri lainnya dari surat pribadi adalah menggunakan format yang tidak terikat atau bebas. Surat pribadi ini ditulis berdasarkan keinginan atau minat dari penulisnya. Sehingga tidak terikat dengan aturan baku dalam penulisan surat.

4. Memakai Kata Ganti Orang Kedua

Karena bersifat pribadi, surat ini sering menggunakan kata ganti orang kedua. Apabila tidak menggunakan kata ganti, lebih banyak menggunakan kata sapaan.

Tulisan yang tertulis dalam surat, seperti halnya obrolan ketika bertemu langsung. Menuliskan surat kepada seseorang bisa digunakan sebagai media komunikasi yang luwes.

Seperti halnya contoh surat pribadi tersebut, bisa sebagai alternatif untuk memberikan kabar kepada orang lain. Tentunya menuliskan surat ini merupakan cerminan suara hati dalam bentuk tulisan.