5 Contoh Surat Izin Sakit di Berbagai Situasi Berbeda

Contoh Surat Izin Sakit
image by: twosides.info/

Waktuku.com – Contoh surat izin sakit memang akan sangat Anda butuhkan, ketika Anda hendak mengajukan izin kepada atasan, wali kelas, dosen, atau pihak lain yang berkepentingan.

Sebab, surat izin seperti ini tidak boleh dibuat dengan sembarangan, dan harus dibuat dengan menggunakan kalimat yang tepat.

Surat izin sakit itu sendiri adalah sebuah surat yang di dalamnya berisi keterangan bahwa seseorang sedang tidak bisa mengikuti aktivitas seperti biasanya, atau bisa juga karena berhalangan untuk hadir, dan disebabkan oleh seseorang tersebut sedang menderita penyakit tertentu.

5 Contoh Surat Izin Sakit yang Dapat Dibuat dengan Mudah

Jika dulu surat izin sakit hanya bisa dikirimkan secara manual yaitu secara langsung dan ditulis tangan, untuk di era digital yang semakin canggih seperti sekarang ini, Anda bisa mengirimkan surat izin sakit seperti ini melalui pesan instan, sehingga Anda bisa mengetiknya langsung melalui PC atau ponsel.

Dengan memperhatikan contoh surat izin sakit yang baik dan benar, Anda jadi bisa membuatnya sendiri dengan struktur yang tepat. Sehingga, pihak lain yang berkepentingan akan lebih mudah memahami isi dari surat izin tersebut. Untuk itu, disini kami akan membagikan contoh-contohnya, yaitu:

1. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SD

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SD
image by: tosshub.com

Biasanya, pihak orang tua yang akan membuatkan surat izin sakit anaknya yang masih duduk di bangku SD. Sebab, anak yang masih duduk di bangku SD seperti ini masih belum bisa membuat surat izin sakit sendiri, apalagi pada saat itu anak ini juga sedang menderita penyakit tertentu.

Untuk itu, jika Anda memiliki anak yang masih berada di bangku SD, Anda perlu tahu bagaimana contoh surat izin yang tepat itu. Dengan demikian, Anda perlu menyimak contohnya berikut ini:

Bogor, 12 Februari 2022

Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 2-B
SD Negeri 01 Bogor

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Ayu Lestari
Alamat: Jl, Raden Ajeng No. 14, Bogor, Jawa Barat
Orang tua/wali murid dari:
Nama: Bridgia Laudia
Kelas: 2-B

Memberitahukan bahwa siswi tersebut tidak bisa mengikuti proses pembelajaran pada hari Sabtu, 12 Februari 2022, dikarenakan sedang sakit dan harus dirawat di rumah sakit.

Adapun surat keterangan sakit dari dokter akan saya berikan esok hari, setelah anak saya telah sehat walafiat dan dapat beraktivitas dengan semestinya lagi.

Demikian surat ini saya sampaikan dengan hormat, dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya.

Hormat saya,

Ayu Lestari

2. Contoh Surat Izin Sakit Tulisan Tangan

Contoh Surat Izin Sakit Tulisan Tangan
image by: cbc.ca

Jika Anda masih belum terbiasa menulis atau membuat surat dengan mengetiknya langsung dari perangkat komputer atau ponsel pintar, maka Anda bisa membuatnya dengan menulis tangan. Meskipun terkesan konvensional, tapi cara ini masih boleh untuk dilakukan.

Kendati demikian, surat izin seperti ini harus ditulis dengan rapi dan menggunakan tata bahasa yang tepat, supaya pihak penerima surat dapat memahami isi surat dengan baik dan dapat menerima ketulusan Anda dalam surat tersebut. Untuk itu, simak dengan baik contoh surat izin sakit berikut ini:

Jakarta, 25 Januari 2022

Yth.
Bapak/Ibu Wali Kelas X-5
SMAN 1 Jakarta Barat

Dengan hormat,
Kami orang tua/wali murid dari:
Nama: Andi Prakoso
Kelas: X-5
Alamat: Jl. Petamburan No. 15, Jakarta Barat, DKI Jakarta

Memberitahukan bahwa anak saya tidak bisa mengikuti proses pembelajaran hari ini di tanggal 25 Januari 2022, karena sedang menderita penyakit demam berdarah. Oleh karena itu, mohon kiranya bapak/ibu guru wali kelas dapat memberikan izin sakit kepada anak saya.

Demikian surat yang kami buat, dan kami harap bapak/ibu guru wali kelas dapat memaklumi atas kondisi ini. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya.

Hormat saya,

Habibi

3. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMP

Contoh surat izin Sakit Sekolah SMP
image by: sigarch.org

Untuk murid-murid yang masih duduk di bangku SMP, ada yang sudah membuat surat izin sakit sendiri dan ada juga yang masih dibuatkan oleh orang tuanya.

Tak melihat akan hal itu, pada dasarnya surat izin sakit tetap harus dibuat dengan baik dan benar, siapapun yang membuat surat tersebut.

Untuk itu, penting Anda ketahui bagaimana cara yang tepat dalam membuat surat izin sakit bagi murid SMP, dan contohnya sendiri bisa dilihat di bawah ini:

Surabaya, 4 Januari 2022

Perihal: Izin tidak masuk sekolah

Yth.
Bapak/Ibu guru wali kelas VIII-B
SMPN 2 Surabaya

Dengan hormat,

Saya selaku orang tua dari Fitri Lestari, kelas VIII-B, menyampaikan bahwa siswi tersebut tidak dapat mengikuti proses pembelajaran di sekolah, dan dikarenakan sedang sakit.

Dalam hal ini, saya berharap bapak/ibu guru wali kelas VIII-B bisa memberikan izin kepada Fitri Lestari untuk tidak mengikuti proses pembelajaran di tanggal 4 Januari 2022, dengan alasan tersebut.

Demikian surat permohonan izin ini disampaikan, dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih sedalam-dalamnya.

Hormat saya,

Tia Listia

4. Contoh Surat Izin Sakit lewat WhatsApp yang Formal

Contoh Surat Izin Sakit lewat WhatsApp yang Formal
image by: picdn.net

Di era digital seperti sekarang ini, semua bisa dilakukan dengan mengandalkan jaringan internet dan ponsel pintar (smartphone). Dalam hal ini, surat izin tidak masuk sekolah pun juga bisa dibuat dan dikirimkan melalui internet.

Salah satu aplikasi pesan instan yang selalu digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Whatsapp, sehingga Anda bisa mengirimkan surat izin sakit ini melalui aplikasi Whatsapp, dan untuk contohnya sendiri adalah:

Selamat pagi, Bapak Andre Sudaryono

Perkenalkan, saya salah satu murid di kelas X-2, Tio Mardianto.

Melalui pesan ini, saya mengajukan izin untuk tidak masuk kelas di hari Rabu, 09 Februari 2022, karena saya sedang sakit dan tidak bisa beraktivitas seperti sedia kala.

Adapun untuk surat keterangan dari dokter, sudah saya lampirkan di pesan ini juga.
Demikian yang dapat saya sampaikan, dan atas izin yang sudah Bapak berikan kepada saya, saya ucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya.

5. Contoh Surat Izin Sakit Kerja

Contoh Surat Izin Sakit Kerja
image by: editingbydawn.com

Surat izin sakit sebenarnya tidak hanya berlaku bagi anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah saja, tapi bagi seseorang yang sudah bergelut di dunia kerja juga perlu membuat surat izin sakit seperti ini, untuk mengajukan izin kepada atasannya.

Anda tidak boleh membuat surat izin sakit kerja secara sembarangan, sehingga penting untuk Anda lakukan menyimak contohnya berikut ini:

Jakarta, 21 Januari 2022

Yth.
Kepala HRD PT. Simone
Di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Muhammad Geofani
Alamat: Perumahan Metland Blok Mawar No. 1, Transyogi, kab. Bogor, Jawa Barat
NIP: 124356781
Jabatan: Sales
Divisi: Pemasaran

Dengan ini mengajukan permohonan izin tidak masuk kerja, yang dikarenakan sedang sakit.

Permohonan izin ini saya ajukan dengan melampirkan surat keterangan dokter, yang menyebutkan bahwa saya harus menjalani masa istirahat selama 3 hari penuh.

Demikian permohonan izin yang bisa saya sampaikan, dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Muhammad Geofani

Pada dasarnya, contoh surat izin sakit yang baik dan benar sudah bisa Anda temukan dengan mudah melalui internet.

Mengingat jaringan internet yang semakin luas seperti sekarang ini, tidak mengherankan jika semua informasi saat ini bisa diakses dengan mudah dan praktis.