10 Cara Merawat Tanaman yang Benar Agar Tak Mudah Layu

Cara Merawat Tanaman
image by: selasar.com

Waktuku.com – Cara merawat tanaman tergantung pada jenis tanaman apa yang sedang kita tanam, sehingga tidak bisa disamaratakan.

Hal itu karena setiap tanaman memiliki kebutuhan masing-masing. Ada yang butuh banyak cahaya matahari, namun ada pula yang tidak boleh terlalu banyak terkena cahaya.

Ada pula yang butuh untuk sering disiram dengan air, namun ada yang justru akan layu jika terlalu banyak air.

Nah, oleh karena itu merawat tanaman memang tak bisa dikatakan mudah, tetapi bukan berarti merupakan hal yang sulit juga.

Lantas, bagaimana cara merawat tanaman yang tepat agar dapat tumbuh subur dan sehat? Yuk, simak tipsnya berikut ini.

Cara Merawat Tanaman Agar Tumbuh Subur

1. Ketahui Kebutuhan Tanaman

Ketahui Kebutuhan Tanaman
image by: jakarta.suara.com

Sebelum melakukan berbagai cara merawat tanaman yang dapat ditemukan di internet ataupun buku, hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah mengetahui apa kebutuhan tanaman kita.

Agar tanaman dapat tumbuh subur, maka kita perlu mengenali tanaman tersebut dengan baik mulai dari karakteristiknya, hingga kebutuhan nutriennya.

Tiap tanaman memang membutuhkan sinar matahari, air, dan pupuk untuk kelangsungan hidupnya. Namun seperti yang telah disinggung sebelumnya, beda jenis tanaman maka akan berbeda pula intensitas sinar matahari, air dan pupuk yang dibutuhkan.

Dengan mengenali dan mengetahui kebutuhan tanaman, maka akan lebih mudah untuk menentukan hal apa saja yang akan dilakukan selanjutnya untuk merawat tanaman tersebut.

2. Lakukan Teknik Penyiraman yang Tepat

Lakukan Teknik Penyiraman yang Tepat
image by: cnnindonesia.com

Setelah mengetahui kebutuhan tanaman, selanjutnya perlu dilakukan teknik penyiraman yang benar. Sesuaikan dengan kebutuhan tanaman, apakah harus sering disiram atau hanya butuh disiram sesekali saja.

Jangan sampai tanaman terlalu banyak disiram karena akan menyebabkannya menjadi membusuk. Kemudian hindari juga membuat tanaman kekurangan air karena dapat membuatnya kering dan berakhir layu.

Sementara untuk waktu penyiramannya, kamu bisa melakukannya di malam atau pagi hari. Pastikan pula tanaman telah disiram secara merata, dan pastikan tak ada genangan air di tanaman agar jalur oksigen tidak terhambat.

3. Pastikan Kebutuhan SInar Matahari Cukup

Pastikan Kebutuhan SInar Matahari Cukup
image by: republika.co.id

Selain air, sinar matahari juga menjadi komponen penting jika ingin memiliki tanaman yang subur. Sama seperti poin sebelumnya, pastikan sinar matahari yang didapatkan cukup.

Cukup di sini dalam artian tidak berlebihan namun juga tidak terlalu sedikit. Umumnya, tanaman jenis buah dan sayur membutuhkan paparan matahari kurang lebih selama 6 jam.

Sedangkan untuk tanaman hias kebutuhannya lebih sedikit lagi, yakni sekitar 3 jam sampai 4 jam saja. Kemudian untuk tanaman sukulen, kaktus, dan juga pakis, sinar matahari yang dibutuhkan sekitar 2 jam saja.

4. Gunakan Media Tanam yang Tepat

Gunakan Media Tanam yang Tepat
image by: kompas.com

Media tanam juga merupakan faktor penting yang harus diperhatikan sebagai cara merawat tanaman yang tepat. Apabila sudah memahami karakteristik tanaman, cek kembali apakah media tanam yang kamu gunakan sudah tepat dan sesuai.

Kamu bisa memilih menggunakan media tanam yang punya banyak material organik agar dapat mengikat air dengan baik.

Selain itu, media tanam juga termasuk tata letak dan penempatan dari tanaman. Ada tanaman yang harus ditanam di luar rumah, namun ada juga yang lebih baik ditempatkan di dalam ruangan.

5. Memberikan Pupuk dengan Rutin

Memberikan Pupuk dengan Rutin
image by: kompas.com

Cara merawat tanaman yang tak kalah penting adalah kita perlu memberikan pupuk secara rutin kepada tanaman yang sedang dirawat.

Sebuah tanaman juga membutuhkan nutrisi untuk dapat tumbuh dengan subur. Beberapa nutrisi yang biasanya dibutuhkan oleh tanaman di antaranya adalah nitrogen dan juga kalium.

Pupuk sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni pupuk kimia dan pupuk alami. Pupuk kimia banyak ditemukan dan lebih praktis penggunaannya.

Namun, pupuk alami lebih baik untuk tanaman meskipun memang kurang praktis karena harus menyiapkannya sendiri. Untuk pupuk alami, kamu bisa menggunakan sampah dapur tertentu yang didaur ulang.

Meski penting untuk tanaman, namun tidak perlu sampai terlalu sering memberikan pupuk. Cukup berikan dengan intensitas satu minggu sekali saja.

6. Memperhatikan Suhu dan Kelembapan Udara

Suhu dan kelembapan penting untuk diperhatikan jika ingin tanaman tumbuh dengan baik. Suhu penting untuk diperhatikan terutama untuk tanaman yang berada di dalam ruangan. Pastikan suhu yang ada stabil agar tanaman tidak menjadi mudah layu atau kering.

Selain itu kelembapan udara juga penting untuk diketahui. Pastikan karakteristik tanaman tersebut membutuhkan kelembapan udara yang bagaimana, apakah butuh kelembapan tinggi atau rendah.

Hal ini karena setiap tanaman juga bernapas layaknya makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu kelembapan udara di sekitarnya menjadi aspek yang penting untuk dieseuaikan.

7. Memastikan Kebersihan Tanaman

Menjaga agar tanaman selalu bersih adalah bagian dari cara merawat tanaman yang baik. Kebersihan tanaman menjadi salah satu hal yang sering luput dari perhatian banyak orang.

Kebanyakan dari mereka menganggap bahwa selama tanaman tersebut masih enak dipandang maka tidak jadi masalah. Padahal, tanaman juga butuh dibersihkan terutama untuk tanaman hias.

Pastikan tidak ada kotoran yang menumpuk di sekitar tanah tempat tanaman tumbuh. Sedangkan untuk tanaman hias, jangan lupa untuk rutin mengelap daun-daun yang tertutup debu agar proses fotosintesisnya tidak terganggu.

8. Memastikan Tanaman Bebas dari Hama dan Penyakit

Seperti makhluk hidup lainnya, tanaman juga bisa terkena penyakit. Selain itu, ada juga potensi tanaman kita terserang hama yang dapat merusaknya.

Oleh karena itu kita sebaiknya rutin memeriksa keadaan tanaman dan memperhatikan apakah ada perbedaan yang terjadi.

Untuk menjaga kesehatan tanaman dan menghindarkannya dari hama dan penyakit, kamu bisa melakukannya dengan memastikan nutrisi tanaman terpenuhi, menjaga kualitas media tanam, dan memindahkan tanaman secara rutin.

9. Memangkas Tanaman dengan Rutin

Selama tanaman terus-menerus tumbuh, lama-kelamaan pasti akan terlihat beberapa bagian tanaman yang sudah rusak dan tidak berfungsi lagi. Contohnya seperti daun-daun yang sudah kering, hingga bagian batang yang menguning atau mengeras.

Nah, jika ada bagian tanaman yang menunjukkan keadaan seperti itu, maka sudah waktunya bagian tersebut untuk dipangkas.

Hal ini perlu dilakukan secara rutin. Bukan hanya agar tanaman selalu enak dipandang, namun juga agar kesehatan tanaman tersebut senantiasa terjaga kesehatannya.

Selain itu, kestabilan pertumbuhan tanaman akan tetap terjaga apabila bagian-bagian yang rusak itu sudah disingkirkan.

10. Mengganti Pot Secara Berkala

Cara merawat tanaman yang satu ini mungkin masih belum banyak yang melakukannya. Meski terdengar sepele, akan tetapi hal ini juga penting.

Semakin lama sebuah tanaman akan tumbuh membesar dan akar-akarnya juga akan semakin memanjang. Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, maka pot yang digunakan harus sesuai dengan ukuran tanaman tersebut.

Oleh karena itulah mengganti pot yang digunakan secara berkala jangan sampai disepelekan. Karena sebuah tanaman membutuhkan ruang yang cukup agar dapat tumbuh sebagaimana mestinya.

Nah, seperti itulah cara merawat tanaman yang baik agar dapat tumbuh subur dan sehat. Selamat mencoba, ya!