13 Alat Musik Melodis dalam Seni Musik Modern dan Tradisional

image by: https://i.ytimg.com/vi/1_N9rpDaIK8/maxresdefault.jpg

Waktuku.com – Dalam dunia musik, Anda akan mengenal berbagai macam instrumen musik. Salah satunya adalah alat musik melodis yang digunakan untuk mengatur melodi secara keseluruhan. Alat musik ini memiliki nada yang bermacam-macam bahkan oktaf yang berbeda.

Pola irama dalam musik menggunakan jenis alat musik ini untuk memudahkan saat pertunjukan.

Pola nada dari instrumen melodis sendiri saja sudah bisa membuat lagu. Berikut ini adalah alat musik yang masuk ke dalam kategori alat-alat musik melodis baik modern dan tradisional.

Alat Musik Melodis dan Ritmis

Pianika

Pianika
image by: inews.id

Alat musik yang satu ini cukup sederhana dan menyerupai sebuah piano. Bentuknya kecil dengan 3 level tangga nada.

Cara memainkan pianika adalah dengan cara ditiup pada bagian selangnya, sementara satu tangan akan memencet tuts pianika.

Memainkan alat musik yang satu ini tidaklah mudah. Anda harus bisa menyeimbangkan tiupan dengan gerakan jari saat memainkan tutsnya.

Tiupan yang lemah juga akan mempengaruhi suara yang dihasilkan. Untuk itu, pengaturan nafas adalah hal penting saat bermain pianika.

Piano

piano
image by: images.squarespace-cdn.com

Semua orang tahu bahwa tuts piano menghasilkan suara yang indah. Alat musik melodis ini terkesan merah dan mahal, karena biasanya ada di konser, paduan suara atau orkestra. Piano hanya dimainkan dengan cara menekan tuts yang ada dengan menggunakan kedua tangan.

Ukuran piano juga sangat besar. Anda akan melihat piano hingga lebih dari 5 oktaf dan berjejer sebagai tuts.

Piano sangat umum untuk digunakan dalam mengiringi berbagai pertunjukan dan genre musik yang berbeda. Pemainnya akan disebut sebagai pianis.

Biola

biola
image by:
https://i.ytimg.com/vi/OOluYDUCSxk/maxresdefault.jpg

Alat musik ini membutuhkan keterampilan khusus untuk bisa dimainkan. Biola adalah alat musik harmonis melodis yang dimainkan dengan cara digesek.

Sementara satu tangan lainnya akan memegang senar tertentu sehingga hasil suaranya menjadi indah.

Biola memiliki berbagai macam jenis seperti cello, alto, dan bass. Nada yang dihasilkan akan sangat berbeda.

Ukuran biola juga akan mempengaruhi posisi nadanya saat dimainkan dalam sebuah orkestra. Seorang pemain biola akan disebut sebagai violis.

Saksofon

Saksofon
image by:
upload.wikimedia.org

Saksofon terkenal sebagai sebuah alat musik yang mewah dan ada dalam pertunjukan tertentu saja.

Dulunya, saksofon merupakan alat musik yang dibuat dari kayu. Seiring dengan perkembangannya, alat musik melodis ini mengalami perubahan bahan pembuatan menjadi bahan logam.

Bentuk saksofon pun sangat unik karena mirip dengan sebuah cangklong rokok. Pada bagian batang utamanya terdapat beberapa lubang yang nantinya akan ditutup sebagian agar bisa berbunyi. Saksofon sudah ada sejak abad 19 silam dan pembuatnya adalah Adolphe Sax.

Harmonika

harmonika
image by: pyxis.nymag.com

Harmonika termasuk ke dalam alat-alat musik melodis yang banyak digunakan hingga kini. Meskipun bentuknya seperti sebuah batang dengan ukuran kecil, harmonika bisa menghasilkan melodi yang sangat indah. Harmonika adalah alat musik yang diciptakan dan berkembang di Tiongkok.

Seiring dengan perkembangannya, harmonika dibuat dengan menggunakan bahan logam yang nantinya akan bergetar saat ditiup.

Posisi tiup pada harmonika akan menentukan melodi yang dihasilkan. Kini, harmonika identik dengan yang terdiri dari 10 lubang dengan melodi berbeda.

Gitar

gitar akustik
image by: sweetwater.com

Salah satu alat musik melodis yang juga memiliki dawai adalah gitar. Gitar dapat ditemukan di mana-mana dan pemainnya yang disebut sebagai gitaris juga biasanya ada di sekitar kita dibandingkan pemain alat musik lain. Gitar cukup mudah dimainkan bahkan bagi seorang pemula.

Cara memainkan gitar cukup hanya dengan dipetik. Ada berbagai ukuran gitar dan yang terkecil hampir mirip dengan sebuah ukulele.

Gitar memiliki lubang pada bagian tengahnya sebagai sumber bunyi. Kini sudah banyak gitar elektrik yang membutuhkan sambungan listrik untuk dimainkan.

Akordeon

Akordeon
image by: encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

Akordeon merupakan salah satu alat musik yang sangat klasik dan sudah jarang sekali orang memainkannya.

Namun karena unik, beberapa orkestra masih menggunakan akordeon sebagai salah satu komponen musiknya. Akordeon dimainkan dengan cara memencet tombol akornya.

Tombol akor akan dipencet dengan satu tangan sementara tangan yang lain akan mendorong dan menarik dua bagian akordeon di udara. Panjang tarikan dan dorongan akan mempengaruhi suara yang akan dihasilkan oleh akordeon.

Recorder

alat musik Recorder
iamge by: bukalapak.com

Alat musik recorder tak banyak dikenal di berbagai negara karena bentuk yang hadir akan berbeda. Fungsi recorder adalah menghasilkan melodi yang berbeda saat ditiup. Alat musik ini memang mirip seperti sebuah suling namun tampil dengan bentuk yang modern.

Sebagian besar recorder sudah tampil dengan bentuk plastik. Recorded tidak digunakan dalam pertunjukan skala besar karena melodi ritmis yang dihasilkan sangat terbatas. Lubang di bagian recorder memiliki posisi berbeda dan juga diameter yang berbeda.

Terompet

terompet
image by: ubuy.co.id

Meski banyak dikenal sebagai perangkat mainan saat tahun baru, namun terompet adalah sebuah alat musik klasik yang umumnya terbuat dari logam. Bentuknya mirip dengan sebuah saksofon, namun terompet memiliki tingkat kerumitan melodi yang lebih kompleks.

Meski hanya memiliki tiga tombol, seorang pemain terompet harus bisa memainkannya untuk menghasilkan melodi yang harmonis. Terompet memiliki beragam jenis mulai dari bariton, saksofon, dan French horn dengan teknik bermain yang berbeda pula.

Sasando

Indonesia memiliki alat musik melodis tradisional bernama sasando. Sasando merupakan alat musik yang berasal dari NTT, tepatnya Rote. Cara memainkan sasando adalah dengan cara dipetik karena memiliki dawai yang jumlahnya cukup banyak.

Sasando memiliki tabung dengan ukuran besar dan dibuat melingkar. Di bagian tengah tabung inilah diletakkan dawai dengan jumlah yang lumayan banyak. Pemain harus piawai memetik dawai yang ada sehingga menghasilkan harmoni melodi yang indah.

Kecapi

kecapi
image by: wikimedia.or

Tak hanya sebagai nama buah, kecapi juga merupakan sebuah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari tanah Indonesia.

Kecapi memiliki banyak dawai yang nantinya akan dimainkan dengan cara dipetik. Kecapi mirip dengan ukulele hanya saja memiliki bagian badan yang berbeda.

Satu tangan pemain akan memetik dawai, sementara tangan lainnya akan menekan string yang ada pada leher kecapi. Hingga kini, hanya ada kecapi dalam bentuk klasik dan bahan pembuatannya adalah kayu.

Angklung

angklung
image by: kompas

Alat musik angklung sangat melegenda di tanah Sunda. Alat musik melodis ini terbuat dari bambu yang ukurannya berbeda.

Semakin banyak jejeran tabungnya, maka semakin kompleks pula melodi yang dihasilkannya. Cara memainkan angklung adalah dengan cara digoyang.

Ada banyak sekali jenis angklung yang ada di Indonesia seperti padaeng, kanekes, reyog, dan gubrag. Masing-masing angklung biasanya menghasilkan suara yang berbeda saat digoyang. Saat ini angklung masih sering digunakan untuk berbagai acara dengan tema tradisional Sunda.

Seruling

alat musik suling melintang
gambar diambil dari : nesabamedia

Alat musik yang satu ini tidak diketahui asal mulanya karena tersebar di berbagai negara. Seruling sudah ada sebelum abad pertengahan dan digunakan sebagai alat musik tradisional. Cara memainkan seruling adalah dengan cara ditiup dan menutup beberapa lubang di tabungnya.

Alat musik melodis memegang peran yang penting. Dalam pertunjukan musik, kelas alat musik ini digunakan untuk mengatur pola lagu sehingga menghasilkan melodi yang indah dan bisa diikuti oleh alat musik pengiring lainnya.