Pencegahan Kanker Serviks

Waktuku.com – Cara pencegahan kanker serviks yang bisa diandalkan yaitu dengan melakukan test dan screening serviks untuk mengetahui kondisi virus yang ada pada dinding rahim. Virus HPV merupakan penyebab kanker serviks yang menyebar akibat infeksi pada organ kelamin yang menular dengan cara hubungan seksual.

Saat ini kanker serviks menjadi penyakit kanker yang menempati peringkat pertama yang berbahaya yang banyak diderita wanita di dunia. Perlu diketahui bahwa kanker serviks sangat sulit dideteksi dari dini, kanker ini banyak diketahui setelah tumbuhnya tumor pada organ kewanitaan. Namun pencegahan tetap bisa dilakukan, di bawah ini merupakan beberapa langkah pencegahan kanker serviks yang bisa dilakukan.

Pencegahan Kanker Serviks:

1. Melakukan tes PAP SMEAR

Papsmear merupakan alat pendeteksi adanya kanker serviks dengan screening. Semua wanita harus tes ini sejak usia 21 tahun guna memulai pencegahan. Di usia 21-29 tahun seharusnya dilakukan tes sebanyak 3 kali. Pengujian ini juga harus dilakukan oleh pihak rumah sakit yang sudah spesialis di bidang tersebut.

Tes juga harus dilakukan oleh wanita dengan umur 30 tahun sampai 50 tahun dalam jangka waktu 5 tahun sekali, karena dalam usia tersebut sangat beresiko tinggi untuk terkena kanker serviks. Tes ini berfungsi untuk untuk memeriksa leher rahim hingga panggul rahim. Selain itu juga supaya kanker serviks tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya.

2. Melakukan Suntik Vaksin HPV

Vaksinasi untuk kanker serviks merupakan cara pencegahan kanker serviks yang harus diterapkan untuk mencegah sejak dini, karena 70-80 % kanker serviks akibat virus HPV. Vaksin ini sifatnya melindungi yang dapat bertahan lama akan tetapi tahap vaksinasi masih memerlukan screening karena belum tentu bisa melindungi semua jenis virus HPV. Virus ini di bagi menjadi 2 jenis yaitu HPV yang beresiko kanker dan HPV yang rendah resiko.

Rutinnya vaksinasi dianjurkan sekali bagi anak perempuan yang berusia 11 atau 12 tahun. Adapun yang digunakan untuk pencegahan kutil pada kelamin bagi anak perempuan adalah vaksin HPV4. Vaksin ini juga memberikan efek samping seperti:

1. Nyeri pada bagian yang injeksi
2. Demam ringan
3. Terdapat kemerahan atau lebam pada bagian yang disuntik
4. Sedikit gatal-gatal
3. Menghentikan aktivitas rokok

Merokok merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit kanker. Bahaya rokok dapat memicu tumbuhnya kanker, termasuk juga kanker serviks yang muncul akibat zat yang terkandung dalam rokok. Zat pemicunya yaitu nikotin, tar, dan karbon monoksida. Karbon monoksida akan mengikat hemoglobin darah pada tubuh yang menyebabkan darah kehilangan oksigen dan bisa memicu pertumbuhan sel kanker dan penyakit lain.

4. Tidak berganti-ganti pasangan dalam hubungan intim

Tidak berganti-ganti pasangan dalam hubungan intim merupakan cara pencegahan kanker serviks yang patut dilakukan. Dalam hasil observasi menyatakan bahwa wanita yang memiliki banyak pasangan beresiko besar untuk terkena kanker serviks.

Kegemaran berganti pasangan dalam hubungan seksual sangat beresiko pada penularan terhadap virus hpv. Penularan akan tetap terjadi meskipun menggunakan kondom karena bersentuhan pada kulit. Banyak dari ilmuan mempelajari dampak dari virus HPV yang menular lewat hubungan seksual dan menyebabkan kutil kelamin.

Selain itu, ini juga menyebabkan pertumbuhan sel yang abnormal sehingga memicu tumbuhnya kanker serviks. Dengan penelitian yang di lakukan, ilmuan menyimpulkan terdapat faktor lain yang mempengaruhi kanker serviks. Namun ada wanita yang bisa terinfeksi kanker serviks bukan karena virus HPV melainkan adanya tumor. Jadi, melakukan hubungan intim dengan banyak pasangan sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kanker service dan hal tersebut harus di hindari sebagai pencegahannya.

5. Hidup Sehat

Gaya hidup sehat adalah salah satu langkah konkrit yang wajib dilakukan untuk proses pencegahan berbagai penyakit. Mempunyai pola hidup yang sehat juga bisa menghidari beberapa penyakit yang akan menyerang tubuh, baik itu penyakit ringan maupun penyakit terberat sekalipun.

Kita bisa melakukannya dengan dengan mengkonsumsi makanan sehat kaya akan serat, gizi, dan vitamin serta dengan berolahraga secara teratur akan dapat meningkatkan kualitas kekebalan pada tubuh dengan memenuhi nutrisi untuk tubuh dengan seimbang sehingga mengurangi resiko terserang dari segala penyakit. Ini merupakan hal yang sudah memberikan fakta bahwa cara mencegah kanker serviks yang cukup penting adalah menjaga kesehatan agar kondisi fisik tidak lemah.

6. Menggunakan Alat Kontrasepsi

Meskipun resiko penularan masih ada, setidaknya dengan memakai alat kontrasepsi meminimalisir penularan virus HPV yang bisa dikatakan sangat berbahaya dan menyebabkan terjadinya kanker serviks.

7. Cara Mencegah Kanker Serviks Dengan Pendekatan Agama

Dengan melakukan pendekatan agama dan pengetahuan tentang bahaya dan berdosanya suka berganti pasangan. Ini merupakan cara dengan pendekatan agama yang sangat berpotensi dalam menjaga dan menghindari penyebab terjadinya kanker serviks.

Selain itu agama selalu mengajarkan pola hidup dan bermasyarakat yang sehat untuk menciptakan kesehatan di dunia ini. Jadi bisa dikatakan bahwa agama merupakan tiang penghalang sekaligus penerang bagi umat manusia.

Cara Mencegah Kanker Serviks Yang Beredar di Masyarakat:

Di masyarakat tentunya tidak bisa dipungkiri bahwa segala penyakit ada di sekitar kita termasuk kanker serviks. Untuk itu kita perlu melakukan pencegahan kanker serviks dengan:

1. Hindari membersihkan organ vital di toilet umum, karena air belum tentu terjamin kebersihannya.
2. Jangan menggunakan sabun di area vital jika itu tidak khusus sabun vital. Hal ini dikarenakan perbedaan PH kulit.
3. Hindari menggunakan tisu di toilet umum. Soalnya kemungkinan sudah tercemar berbagai penyakit.
4. Rutin dalam mengganti celana dalam 2 kali sehari.
5. Di waktu menstruasi, sering gantilah pembalut tiga jam sekali.
6. Gunakan pembalut dengan bahan yang baik, halus dan tidak berbau.
7. Hindari hobi minum minuman dingin ketika menstruasi tiba
8. Hindari berhubungan seksual saat haid belum bersih
9. Sering lakukan tes screening virus HPV
10. Jangan menyentuh area intim jika tangan kalian kotor.
11. Hindari mengkonsumsi makanan yang menyebabkan lender keputihan.

Itulah uraian tentang cara pencegahan kanker serviks baik secara medis, kebiasaan dan juga dalam keseharian bermasyarakat. Dapat disimpulkan bahwa kanker serviks dapat dihindari dengan pola hidup pola yang sehat dan rutin melakukan cek medis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua sebagai pedoman pola hidup yang sehat anti kanker serviks.

Dewabet