Pecahan Uang Baru

Waktuku.comUang pecahan baru rupiah akan diprediksi beredar secara merata pada bulan April 2017, didaerah Kabupaten Bulungan, namun saja uang baru, baru saja diperkenalkan di kalangan Masyarakat.

Dikatakan Muhammad Saparuddin, pejabat pengganti sementara pimpinan Bankaltim Cabang Tanjung Selor, uang desain baru ini sudah dipublikasikan ke masyarakat November tahun lalu. “Tahun lalu kami dapat pecahan uang rupiah baru sebesar Rp 345 juta untuk diperkenalkan ke masyarakat,” ujarnya.

Ia mengakui, animo Masyarakat cukup tinggi untuk menukar uang keluaran baru ini, karena menurutnya, uang pecahan baru ini lebih menarik dari segi tampilan, jadi masyarakat punya rasa ingin tau seperti apa uang baru ini.

“Masyarakat banyak yang menukar saat uang baru sudah tersedia. Mungkin karena bentuk uang baru ini sangat menarik,” katanya.

Saparudding, menyampaikan, untuk saat ini, uang baru belum beredar di ATM (Anjungan Tunai Mandiri), namun ia belum mendapatkan informasi kapan uang baru ini akan beredar di ATM.

Dengan peredaran uang baru yang memiliki desain menarik ini, Saparuddin berharap masyarakat bisa menyimpan banyak mata uang rupiah dari pada mata uang asing. Hal tersebut juga dinilainya untuk menaikkan nilai mata uang rupiah. Ia juga mengharapkan masyarakat bisa menjaga uang rupiah dengan tidak merusak. Seperti tidak melipat, meremas, membasahi, dan mencoret-coret uang.

Ia juga menambahkan, untuk para pedagang atau penjual kebutuhan sehari-hari, diingatkan tidak lagi menggunakan benda-benda atau permen sebagai pengganti kembalian, karena uang baru sudah lengkap pecahannya.