Obat Sakit Perut

Waktuku.com – Obat sakit perut yang alami memang jarang diketahui oleh masyarakat. Jadi, sangat penting untuk mengetahui apa saja bahan alami yang bisa digunakan sebagai penyembuh sakit perut yang anda alami. Agar tidak ada efek samping yang berarti ketika menggunakannya.

Sakit perut biasanya terjadi karena adanya gangguan pada system pencernaan dalam tubuh misalnya pada lambung dan juga usus. Selain itu, perut terasa melilit biasanya karena adanya penyakit seperti sakit diare, disentri, usus buntu, sembelit maupun sakit maag.

Namun ada juga keadaan tertentu yang membuat seseorang merasa melilit, yang berhugungan dengan fungsi reproduksi wanita. Diantaranya ialah ketika wanita sedang dalam masa hamil, atau dalam masa datang bulan. Sakit perut melilit bisa juga disebabkan karena adanya masalah pada organ hati, pancreas, empedu, ginjal, limpa, dan saluran kemih.

Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa menggunakan obat sakit perut secara alami dengan menggunakan bahan bahan berikut ini.

Obat Sakit Perut Dengan Bahan Alami dan Cepat:

Kunyit

kunyit

Salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama pada perut ialah kunyit. Anda bisa menggunakan bahan alami ini untuk menyembuhkan sakit perut melilit anda. Dari jaman dahulu memang kunyit sudah banyak digunakan oleh nenek moyang sebagai obat sakit perut secara alami.

Untuk mengobati sakit perut dengan kunyit anda harus mengikuti langkah langkah dibawah ini:
– Sediakan kunyit 1 ruas
– Kupas kunyit dan cuci sampai bersih
– Haluskan kunyit bisa diblender atau diparut.
– Kemudian ambil airnya
– Tambahkan dengan madu 1 sendok makan ( untuk mengurangi rasa getir)
– Konsumsi dengan rutin agar perut anda tak lagi melilit.

Anda bisa menggunakan cara ini 2 kali sehari. Biasanya anda juga bisa menemukan jamu tradisional dengan bahan dasar kunyit sebagai Obat sakit perut secara alami.

Akar Bunga Teratai

bunga teratai

Mungkin anda tidak menyangka jika akar bunga teratai bisa digunakan sebagai obat sakit perut. Dalam akar bunga teratai ternyata mengandung bahan alami yang bisa digunakan sebagai penyembuh sakit perut melilit.

Cara menggunakannya juga sangat mudah dengan langkah langkah dibawah ini:
– Sediakan akar bunga teratai 50 gram
– Cucilah sampai bersih
– Lalu haluskan dengan cara diblender
– Peras akar bunga teratai yang halus tersebut untuk diambil airnya
– Minumlah air dari akar bunga teratai secara teratur ( 2 kali sehari)

Dengan mengkonsumsi sari akar bunga teratai, maka sakit melilit yang anda alami akan berangsur angsur berkurang. Jika dirasa sakit yang anda alami sudah reda, hentikan pengobatan ini.

Daun Iler

daun iler

Apakah anda tahu yang namanya daun iler? Jika anda sudah tahu ternyata daun ini bisa digunakan sebagai Obat sakit perut secara alami. Dari jaman dulu daun iler memang sudah dipercaya sebagai penyembuh sakit melilit pada perut.

Langkah langkah menggunakan daun iler untuk menyembuhkan sakit perut:
– Langkah pertama sediakan daun iler
– Pilih yang masih muda dan segar
– Cuci sampai bersih sebelum digunakan
– Cocolah pada garam dapur
– Lalu konsumsi daun iler dengan garam dan kunyah sampai halus
– Selanjutnya minum air hangat untuk pelarut supaya manfaat daun iler bisa meresap pada usus

Mungkin untuk anda yang belum pernah mengetahui apa itu daun iler, bisa menggunakan Obat sakit perut lainnya seperti dibawah ini.

Daun Jambu Biji

daun jambu

Nah, untuk bahan alami satu ini memang sudah sering anda temukan dimasyarakat. Pasalnya daun jambu biji ini memang sangat ampuh digunakan untuk menyembuhkan sakit perut seperti sembelit.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, hanya dengan langkah langkah dibawah ini:
– Sediakan daun jambu biji muda dan segar
– Cucilah sampai bersih
– Masukkan dalam sebuah wadah dengan air didalamnya sekitar 2 gelas
– Rebuslah hingga airnya sisa 1 gelas
– Saring ramuan ini untuk diambil airnya
– Konsumsi secara rutin ketika hangat 3 kali sehari

Jika perut anda sudah mendingan, anda bisa menghentikan pengobatan ini. Karena bila diteruskan akan membuat sulit buang air besar.

Daun Delima Putih

delima putih

Obat sakit perut secara alami lainnya dengan memanfaatkan daun delima putih. Mungkin anda masih kesulitan untuk mencari daun delima putih ini. Akan tetapi, jika anda memiliki keluhan seperti sakit sembelit, maka bisa menggunakan daun delima putih untuk mengatasinya.

Cara menggunakan daun delima putih sebagai penyembuh sakit perut ialah:
– Sediakan beberapa helai daun delima putih segar
– Cucilah terlebih dahulu sebelum digunakan
– Sediakan 2 gelas air untuk merebus daun delima putih yang sudah disiapkan
– Rebus ramuan ini sampai tersisa airnya 1 gelas
– Ambil airnya saja dan saringlah
– Minum air daun delima putih secara rutin

Sebagai bahan alami, daun delima putih sangat aman dikonsumsi sebagai Obat sakit perut yang alami. Sehingga anda bisa mengkonsumsi ramuan ini setiap waktu tanpa menimbulkan efek samping.

Akar Bunga Matahari

bunga matahari

Ternyata dalam akar bunga matahari juga menyimpan manfaat sebagai Obat sakit perut secara alami. masalah pencernaan yang anda alami bisa disembuhkan dengan ramuan ini.

Cara menggunakannya juga sangat mudah dengan beberapa langkah dibawah ini:
– Siapkan akar bunga matahari
– Cuci sampai bersih sebelum digunakan
– Lalu keringkan akar bunga matahari sampai betul betul kering
– Haluskan dengan cara ditumbuk
– Lalu masukkan akar bunga matahari yang sudah dihaluskan didalam air panas 1 gelas untuk diseduh
– Minum secara teratur 3 kali sehari

Jika anda sulit menemukan bahan alami ini untuk Obat sakit perut, bisa mencoba ramuan penyembuh sakit perut selanjutnya yang juga aman dikonsumsi.

Daun Cermai

daun ceremai

Bahan alami selanjutnya yang bisa anda pilih ialah daun cermai. Dengan menggunakan daun cermai ini maka berangsur angsur sakit perut yang anda alami akan sembuh. Untuk langkah langkah membuat ramuan dari bahan daun cermai juga hampir sama dengan akar bunga matahari.

– Siapkan daun cermai secukupnya
– Bersihkan terlebih dahulu daun cermai tersebut
– Keringkan dibawah terik matahari
– Setelah kering, tumbuklah daun cermai
– Untuk meminumnya, siapkan tumbukan daun cermai lalu masukkan didalam 1 gelas air panas
– Seduh dan minum ramuan ini secara teratur

Untuk menyembuhkan sakit perut, anda bisa mengkonsumsi ramuan ini secara teratur beserta ampasnya. Jika sakit perut sudah mereda dan sembuh, maka hentikan cara ini.

Yogurt

yogurt

Bahan alami selanjutnya sebagai Obat sakit perut ialah dengan yogurt. Tahukah anda jika sebenarnya yogurt adalah susu yang telah difermentasikan menggunakan bakteri baik. Jadi, dengan mengkonsumsi bahan alami ini, maka bakteri baik pada usus anda bisa bekerja secara maksimal untuk membasmi bakteri jahat didalamnya.

Untuk mengkonsumsi sebagai penyembuh sakit perut juga bisa secara langsung. Konsumsi 2 kali sehari agar sakit perut yang anda alami bisa berkurang. Namun jika anda kurang suka dengan yogurt, maka bisa menggunakan bahan alami selanjutnya dibawah ini.

Jahe

jahe

Tanaman obat satu ini memang dikenal bisa menghangatkan tubuh. Akan tetapi, tahukah anda jika jahe juga bisa dimanfaatkan sebagai Obat sakit perut secara alami. anda bisa mengkonsumsi ramuan dari jahe sebagai pengurang sakit perut yang anda alami.
Untuk melakukannya, anda bisa mengikuti langkah dibawah ini:

– Sediakan jahe 1 ruas saja
– Cucilah sampai bersih jahe sebelum digunakan
– Geprek jahe agar aroma didalamnya bisa keluar
– Masukkan air panas pada segelas air dan jahe serta gula sesuai selera
– Minum saat hangat 2 kali sehari

Agar hasil yang anda dapat lebih maksimal, konsumsi secara teratur. Bukan Cuma perlu mengkonsumsi beberapa bahan alami diatas sebagai Obat sakit perut. Anda juga perlu melakukan pencegahan agar sakit perut tidak kembali lagi atau anda alami.

Pisang

pisang

Obat sakit perut paling manjur selanjutnya ialah buah pisang. Banyak yang menggunakan buah pisang ini sebagai penglancar buang air besar. Jadi sembelit yang anda alami bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah pisang ini.

Terdapat kandungan potasium, elektrolit tinggi, dan kalium yang senantiasa menjaga proses pencernaan dalam tubuh anda. Selain itu, kandungan alami tersebut juga bisa mengatasi dehidrasi, sekaligus bisa menghilangkan racun berbahaya dari dalam tubuh anda.

Cara menyembuhkannya juga bisa anda konsumsi buah pisang ini secara langsung. Jenis buah pisang yang anda konsumsi juga sesuka anda. Apabila bosan mengkonsumsi secara langsung, konsumsilah dalam bentuk jus.

– Sediakan buah pisang matang
– Tambahkan air dan gula secukupnya
– Kemudian haluskan buah pisang menggunakan blender
– Minumlah jus buah pisang ini 2 kali sehari

Selain bisa dijadikan sebagai penyembuh sembelit, dengan mengkonsumsi jus buah pisang ini juga menjaga kesehatan tubuh maupun organ lainnya.

Air Kelapa

air kelapa

Pasti anda suka dengan air kelapa. Ternyata bahan alami satu ini bisa juga digunakan sebagai penyembuh sakit perut. Kandungan banyak mineral maupun elektrolit yang ada dalam air kelapa sangat berkhasiat untuk menyembuhkan sakit perut yang anda alami.

Selain itu, dengan kandungan kalium yang terdapat dalam air kelapa juga mampu mengeluarkan zat racun sebagai penyebab sakit perut yang anda alami. Biasanya air kelapa banyak digunakan oleh masyarakat sebagai penyembuh sakit perut karena keracunan makanan.

Jika anda mengalami sakit perut, bisa langsung mengkonsumsi air kelapa ini setiap hari. Agar racun penyebab sakit perut bisa dikeluarkan oleh kandungan alami pada air kelapa ini.

Buah Salak

salak

Manfaat buah salak ternyata juga hampir sama dengan manfaat daun jambu biji. Jika anda mengalami sakit perut karena karena diare, maka sangat cocok jika mengkonsumsi buah salak ini.

Diare yang anda alami akan berkurang dengan mengkonsumsi buah salak ini. Namun jika anda bosan mengkonsumsi buah salak secara langsung, juga bisa membuatnya menjadi jus untuk dikonsumsi.

Caranya dengan:
– Sediakan buah salah secukupnya
– Masukkan didalam blender
– Tambahkan dengan air dan gula pasir
– Haluskan dan konsumsi buah salah yang berbentuk jus ini secara teratur

Jika anda ingin menambahkan rasa yang lebih lezat, bisa juga mencampurnya dengan buah lain yang bermanfaat sama sebagai obat sakit perut karena diare.

Pepaya

pepaya

Kandungan serat tinggi yang terdapat pada pepaya sangat ampuh untuk melancarkan proses pencernaan dalam tubuh. Jadi, jika anda mengalami sakit perut karena susah buang air besar bisa mengkonsumsi buah pepaya ini untuk melancarkannya.

Akan tetapi, untuk sakit perut yang disebabkan karena kembung memang tidak cocok jika anda mengkonsumsi buah pepaya ini. Karena serat tinggi dalam pepaya bisa meningkatkan produksi angin pada tubuh anda.

Sehingga akan membuat perut kembung yang anda alami semakin parah. Cara menggunakan buah pepaya sebagai obat sakit perut juga bisa dikonsumsi secara langsung. Atau dengan menjadikan jus seperti langkah berikut ini.

– Siapkan buah pepaya secukupnya
– Tambakan dengan air sedikit dan gula pasir
– Untuk menambah nikmat, campurkan dengan buah lain yang manfaatnya sama
– Setelah itu, blender dan konsumsi secara teratur 2 kali sehari

Jika sakit perut yang anda alami sudah mereda, maka anda bisa menghentikan cara ini.
Cuka Sari Apel

Anda pasti tahu kandungan yang ada dalam sari cuka apel. Dengan kandungan zat antioksidan yang sangat tinggi dalam sari cuka apel mampu menyembuhkan berbagai penyakit, seperti sakit perut. Akan tetapi jika anda mengalami sakit perut karena maag, tidak dianjurkan untuk menggunakan cuka sari apel.

Itu karena sifat asam yang dimiliki oleh bahan alami ini sangat tinggi. Jadi tidak cocok untuk sakit maag yang dialami. Bahkan bisa memperparah kondisi maag anda jika menggunakan bahan alami ini.

Sementara cara menggunakan sari cuka apel untuk sakit perut adalah:
– Sediakan sari cuka apel secukupynya
– Untuk sari cuka apel sediakan 1 sendok makan, dan tambahkan dengan madu 3 sendok makan.
– Minum dengan 1 gelas air hangat
– Konsumsi 1 kali sehari

Jika anda mengalami sakit perut karena maag, sebaiknya gunakan bahan alami lain yang lebih aman. Sedangkan untuk sakit perut karena lainnya bisa menggunakan sari cuka apel ini untuk menyembuhkannya.

Jambu Biji

jambu biji

Jika anda mengalami sakit perut karena diare, maka bahan alami yang bisa digunakan sebagai Obat sakit perut ialah buah jambu biji. Bukan Cuma jambu biji yang bisa anda gunakan tetapi juga daunnya juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan sakit perut karena diare.

Buah jambu mampu meningkatkan proses penyerapan air dalam usus anda. Hal inilah yang menyebabkan buah ini bisa menyembuhkan sakit perut karena diare. Untuk menggunakan sebagai obat, konsumsilah secara langsung atau dengan cara di jadikan jus buah.

Cara menggunakan jambu biji untuk menyembuhkan sakit perut:
– Sediakan jambu biji secukupnya
– Bersihkan sebelum dihaluskan
– Potong potong dan masukkan dalam blender,
– Tambahkan gula pasir secukupnya dan sedikit air
– Minum secara rutin pagi dan sore

Jika sakit perut yang dialami sudah berkurang, anda bisa menghentikan cara ini agar proses pencernaan dalam tubuh anda tetap lancar dan perut tidak melilit lagi.

Jus Wortel

wortel

Terdapat kandungan kalium yang sangat tinggi pada wortel yang membuatnya sangat ampuh dijadikan sebagai Obat sakit perut. Dengan kandungan alami tersebut, wortel juga berperan dalam melancarkan proses pencernaan pada tubuh anda. Salah satunya ialah ketika pembentukan tinja.

Untuk menyembuhkan sakit perut yang anda alami, gunakan wortel dengan ditambahkan daun mint agar hasilnya lebih maksimal. Bukan Cuma bisa menyembuhkan sakit perut saja, mineral alami dalam wortel serta daun mint bisa juga digunakan sebagai pengurang rasa nyeri karena peradangan lambung.

Cara menggunakan wortel dan daun mint untuk menyembuhkan sakit perut:
– Sediakan wortel secukupnya
– Siapkan juga daun mint jika ada
– Bersihkan keduanya terlebih dahulu
– Untuk wortel, potong potong terlebih dahulu
– Campur kedua bahan tersebut dan masukkan pada blender, tambahkan dengan air sedikit dan gula pasir secukupnya
– Blender sampai halus dan saring
– Konsumsi ramuan ini satu kali sehari

Untuk mendapat hasil yang maksimal lakukan cara ini secara rutin. jika anda mengalami sakit perut yang tak kunjung sembuh, maka bisa jadi sakit perut yang anda alami lebih serius dan membutuhkan penanganan secara khusus.