Waktuku.com – Pernahkah kita menyadari bahwa kita sering keasyikan menggenggam dan memainkan smartphone kita, entah dalam keadaan apapun pasti smartphone kita selalu ada dalam genggaman kita, bahkan dari bangun tidur hingga kembali tidur sampai-sampai jari jemari kita merasa pegal-pegal.

Jika masalah tersebut sering kita alami, maka kali ini kita akan berbagi trik untuk para pecinta smartphone yang ingin terus memainkan smartphone  kesayanganya walaupun dalam keadaan jari jemari pegal.

Kita bisa memainkan smartphone tanpa menggunakan tangan kita, loh ko bisa ? di zaman sekarang semua fasilitas telah ada, tinggal bagaimana kita memanfaatkan fasilitas tersebut secara baik saja. Jika biasanya kita menggunakan menggunakan smartphone dengan tangan, maka kali ini menggunakan smartphone tanpa sentuhan tangan, yakni dengan cara menggunakan gerakan kepala.

Yuk simak cara berikut ini :

  1. Instal Aplikasi EVA Facial Mouse

Pengendalian smartphone dengan menggunakan gerak kepala dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi “Eva facial Mouse”, aplikasi ini dibuat oleh yayasan Vodafone asal negeri Spanyol. Tujuan pembuatan dan penggunaan aplikasi ini sebenarnya dikhususkan untuk mereka yang mempunyai keterbatasan, sehingga mereka dapat menggunakan smartphone layaknya orang pada umunya.

Eva Facial Mouse ini merupakan aplikasi dengan menggunakan fungsi kamera dapan sebagai media untuk melacak gerakan wajah kita. Aplikasi ini bisa dikatakan sempurna karena hanya dengan menggunakan gerakan kepala saja kita dapat menjelajahi semua menu pada smartphone, seperti menulis pesan, memilih menu tanpa menyentuh layar.

Wajah Aplikasi Eva Facial Mouse
Wajah Aplikasi Eva Facial Mouse
  1. Cara Menggunakan EVA Facial Mouse

Langkah awal dalam menggunakan aplikasi ini tentunya dengan mendownload aplikasi EVA Facial Mouse di Google Play Store lalu install aplikasi tersebut. Tata cara menginstall aplikasi tersebut dapat dilihat dari langkah-langkah berikut :

  • Instal dan buka aplikasi EVA Facial Mouse. Kemudian aktifkan EVA Facial Mouse di Accessibility (Settings –> Accessibility –> EVA Facial Mouse.
  • Langkah selanjutnya Klik OK kebijakan aplikasi dan bolehkan izin dari aplikasi Eva Facial Mouse.
  • Jika proses tersebut sudah dilalui, maka berikutnya kita hanya perlu mengklik “Next” sesuai panduan dari sistem saja.
  • berikutnya adalah kamu harus menggunakan EVA Facial Mouse untuk dijadikan keyboard utama.
    # Caranya buka Settings –> Language & input –> Current Keyboard –> Choose Keyboard –> Aktifkan EVA Keyboard. Kembali lagi, klik Current Keyboard dan pilih EVA Keyboard.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here