Mempercepat Koneksi Internet

Waktuku.comCara Mempercepat Koneksi Internet–Internet dimasa sekarang memang menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar orang. Apalagi hadirnya smartphone serta notebook, membuat kita dipermudah untuk bertransaksi, berbelanja, mencari informasi dan lain sebagainya yang tentunya memerlukan akses internet. Namun seringkali akses internet terasa sangat lambat. Pasti ini bukanlah hal yang menyenankan dan seringkali membuat kita menjadi kesal karenanya.

Karna koneksi yang lambat, maka banyak orang mencari cara agar internet menjadi cepat. Apalagi bagi mereka yang sangat membutuhkan internet dengan akses yang cepat. Sebenarnya memang ada cara supaya internet kita lebih cepat. Caranya pun cukup sederhana dan bisa kita lakukan sendiri dengan gadget kita. Maka simaklah ulasan mengenai cara mempercepat koneksi internet untuk komputer maupun smartphone Android berikut ini.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Pada Komputer atau Laptop

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Cara Mempercepat Koneksi Internet pada komputer atau laptop tentu sangat dibutuhkan. Terutama bagi perusahaan besar serta orang-orang yang mengandalkan internet sebagai tempat untuk menghasilkan uang. Lalu bagaimana caranya? Berikut beberapa cara yang dapat kita terapkan untuk mempercepat koneksi internet:

1. Perbaikilah Posisi Antena Wi-Fi

Bila menggunakan jaringan, hal utama yang wajib Anda lakukan adalah mengecek pada bagian antena. Pastikanlah komponen tersebut tidak dalamposisi tertidur atau kurang baik posisinya. Antena haruslah tegak sehingga akan lebih mudah dalam memancarkan sinyal hotspot.Dengan posisi antena yang tegak lurus juga akan membuat arus sinyal yang lebih stabil.

2. Hilangkanlah Batas Maksimum pada Bandwith

Sistem pada Windows akan mengatur bandwith ketika memakai internet. Akibatnya, ketika Anda menggunakan internet, Anda belum dapat merasakan koneksi Internet yang maksimal sebab satu per enam koneksi internet terpakai oleh Windows untuk tujuan tertentu. Seperti contohnya saja pembaruan program. Maka lakukanlah cara berikut:

• Bukalah program Run pada komputer dengan memijat Windows serta R secara bersama-sama pada keyboard.

• Bukalah program Run pada komputer dengan memijat Windows serta R secara bersama-sama pada keyboard.

• Ketika muncul pop-up, maka ketik ‘gpedit.msc’dalam formulir yang ditampilkan. Lalu tekan tombol OK.

• Cari Computer Configuration lalu Administrative Templates. Pilih Network lalu QoS Packet Scheduler dan klik dobel Limit Reservable Bandwith.

• Centanglahpilihan ‘Enabled’ pada bagian Options. Lalu Anda akan lihat bandwith limit dengan angka 20. Ubahlah nilai tersebut jadi 0.

• Terakhir, tekanlah tombol OK untuk save pengaturan tersebut.

• Restart komputer atau laptop Anda untuk mengetahui efeknya.

3. Mengganti DNS Lama

Cara Mempercepat Koneksi Internet lainnya yaitu dengan mengganti Domain Name System atau DNS kita yang lama. DNS ini memiliki tugas menerjemahkan alamat website tertentu jadi alamat dalam bentuk Internet Protocol (IP). DNS disediakan secara otomatis oleh penyedia layanan Internet. Dengan makin banyak pelanggan, maka koneksi internet juga akan makin lambat. Untuk mengatasinya, lakukanlah cara berikut:

• Klik kanan Network pada Taskbar lalu pilihlahOpen Network & Sharing Center

• Klik kanan Network pada Taskbar lalu pilihlahOpen Network & Sharing Center

• Klik pada tautan di sisi kanan dalam menu Connections.

• Setelah terbuka jendela status koneksi Internet, kemudian klik tombol Properties.• Pilih ‘TCP/IPv4″ dan pilih tombol Properties.

• Dalam tab General, centanglah ‘Use the following DNS server addresses’. Kemudian isilahdengan “Prefered DNS Server: 208.67.222.222”dan “Alternate DNS server: 208.67.220.220”

• Terakhir, klik OK kemudian restart komputer.

4. Pilihlah Provider yang Kompeten

Sebaiknya pilihlah provider yang kompeten. Yang dimaksud dengan kompeten disini adalah yang dapat menyediakan Internet yang cepat dan tidak terkendala masalah apapun. Lalu bagaimana mengetahui provider yang kompeten? Cara yang terbaik tentunya dengan searching via internet. Telusurilah tanggapan para pengguna terhadap pelayanan Internet provider tersebut.

5. Pilihlah Paket Internet yang Handal

Kecepatan internet juga bergantung pada paket yang kita pilih. Bila Anda memiliki cukup dana, maka tidak ada salahnya untuk mencoba paket Internet untuk kelas atas. Meskipun paket tersebut lebih mahal, tapi setara dengan performanya. Maka, aktivitas di dunia maya Anda pun menjadi lebih cepat serta nyaman.

Cara Mempercepat Koneksi Internet untuk Android

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Cara Mempercepat Koneksi Internet dapat menjadi salah satu menjadi solusi bagi Anda yang merasa koneksi pada ponsel Android Anda terasa sangat lambat. Memang internet sendiri tidak bisa dipisahkan dengan ponsel berbasis Android. Internet sudah seperti nyawa bagi ponsel Android. Apalagi bila Anda sering aktif di sosial media, youtube, atau suka game online, pasti akan sangat membutuhkan koneksi internet yang cepat.

Indonesia sendiri menempati peringkat ke 8 dengan koneksi internet terlambat di dunia. Bila untuk sekedar browsing saja sangat lambat, itu berarti koneksi internet Anda memang berada di kondisi sangat lambat. Oleh karenanya, banyak orang yang memasang aplikasi yang dipercaya dapat mempercepat koneksi internet. Tapi inijuga tak banyak membantu.Oleh karenanya, berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mempercepat koneksi internet.

1. Pakai Browser Tercepat

Cara Mempercepat Koneksi Internet yang pertama yaitu dengan memakai browser tercepat. Pilih browser yang cepat serta ringan karena ini dapat berpengaruh terhadap kecepatan koneksi internet pada android Anda. Pilihlah browser yang dapat mengompres ukuran file menjadi kecil. Hal ini akan mempercepat kiriman data dan pasti kan bis mempercapat koneksi internet.

2. Non Aktifkan Program Auto Sync serta Data Latar Belakang

Pada Android ada banyak aplikasi yang akan terus mengakses internet pada latar belakang yang akhirnya dapat membuat koneksi internet menjadi lambat.Aplikasi yang terus berjalan di latar belakang ini dapat mengurangi kecepatan browsing serta download. Pastinya hal ini tidak kita inginkan, apalagi data selular akan terus berjalan tanpa kita gunakan secara aktif.

Lalu bagaimana caranya? Caranya dapat dilakukan masuk ke pengaturan kemudian pilih jaringan data, setelah itu pilih “Batasi Data Latar Belakang”. Pengaturan pada setiap ponsel Android dapat berbeda, maka Anda dapat mencari sendiri pengaturanya pada Android Anda. Non aktifkan pula Auto Sync masuk ke Pengaturan pilih Akun kemudian non aktifkan Auto Sync.

Demikianlah ulasan mengenai Cara Mempercepat Koneksi Internet. Coba cek pula mode jaringan pada ponsel Anda. Bila telah menggunakan 4G LTE, hal tersebut tentu juga dapat membantu Anda dalam mempercepat koneksi internet Android Anda. Semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk dapat mengakses internet dengan lebih cepat.

Dewabet