9 Manfaat Tomat Untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya

Manfaat Tomat

Waktuku.comManfaat tomat untuk wajah untuk kehidupan sehari hari memang tidak bisa dielak lagi. Kandungan buah tomat juga tak banyak diketahui oleh banyak orang. Selain mengandung gizi yang baik untuk kesehatan, buah tomat juga mengandung air didalamnya. Fungsi kandungan air tersebut ialah untuk menetralisir sekaligus mencegah serangan berbagai penyakit.

Sementara kandungan nutrisi didalamnya yang berbentuk karbohidrat maupun vitamin sangat membantu meningkatkan daya tahan menjadi lebih kuat. Selain untuk kesehatan tubuh, kandungan nutrisi buah tomat juga bisa bermanfaat untuk kecantikan kulit. Inilah yang membuat buah tomat dijadikan untuk masker wajah secara alami. Manfaat tomat untuk wajah bisa anda ketahui dengan melihat beberapa penjelasan berikut ini.

Manfaat Tomat Untuk Wajah dan Cara Penggunaannya:

Melembabkan dan Mencerahkan Kulit Wajah

wajah berseri
Image by: kawaiibeautyjapan.com

Salah satu manfaat buah tomat yang bisa anda ambil ialah untuk melembabkan sekaligus mencerahkan kulit wajah secara alami. Hal ini karena adanya kandungan vitamin C & E yang sangat baik untuk kesehatan kulit wajah.

Cara menggunakannya:
– Langkah pertama sediakan 1 buah tomat segar, kemudian cuci sampai bersih
– Kemudian belah tomat tersebut menjadi beberapa potong.
– Lalu gosok pada permukaan kulit wajah secara merata
– Setelah ramuan kering, bilas dengan air hangat
– Lakukan secara rutin agar wajah terlihat cerah dan lembab.

Terdapat kandungan antiseptik dalam buah tomat ini sangat ampuh untuk menghilangkan kuman pada permukaan kulit wajah. Untuk menjaga kelembapan kulit dan mencerahkannya, anda bisa membuatnya menjadi masker alami.

Sebagai Tabir Surya Atau Pelindung Kulit Dari Panas Sinar Matahari

Sinar matahari bisa membuat kulit wajah terbakar sampai akhirnya meradang. Bila hal ini dibiarkan begitu saja, akan berakibat rusaknya kulit wajah anda. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan Manfaat tomat untuk wajah yang nutrisinya baik untuk melindungi kulit wajah terhadap sengatan matahari.

Cara menggunakannya:
– Langkah pertama siapkan buah tomat segar dan masak
– Siapkan juga yogurt untuk campurannya
– Kemudian cuci sampai bersih tomat tersebut
– Setelah itu, haluskan tomat menggunakan blander
– Campur tomat halus dengan yogurt, kemudian aduk sampai rata
– Gunakan untuk masker dan oles secara merata pada wajah
– Biarkan sampai ramuan kering kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Pada buah tomat juga mengandung antioksidan berbentuk senyawa flavonoid & zea-xanthin yang akan melindungi kulit dari serangan radikal bebas. Karena radikal bebas akan membuat sel sel kulit menjadi rusak sehingga tampak lebih tua.

Mengurangi Kandungan Minyak Pada Wajah

wajah berminyak
Image by: Popbela.com

Banyak wanita atau bahkan pria yang mengalami masalah kulit berminyak. Masalah kulit berminyak ini bisa beresiko munculnya jerawat. Jadi, jika anda mengalami masalah kulit wajah berminyak, langsung atasi dengan menggunakan masker tomat.

Cara menggunakannya:
– Langkah pertama siapkan buah tomat segar secukupnya
– Sediakan juga mentimun segar
– Cuci kedua bahan tersebut, kemudian haluskan dengan cara diblander
– Gunakan masker tomat dan mentimun untuk masker
– Setelah ramuan tersebut kering, bersihkan dengan air hangat

Kandungan vitamin C dalam buah tomat akan menjaga kulit agar tidak berminyak. Ditambah lagi dengan mentimun yang akan mengontrol produksi minyak pada wajah dengan baik.

Menyehatkan Rambut

menyehatkan rambut

Manfaat tomat untuk wajah selanjutnya ialah bisa menyehatkan rambut secara alami. adanya kandungan vitamin A pada buah tomat ini sangat bermanfaat untuk menjaga agar rambut indah dan lebih kuat. Manfaat tomat untuk kesehatan rambut hampir sama dengan manfaat lidah buaya pada rambut.

Yakni memberikan perlindungan terhadap rambut. Manfaat tomat tersebut tak lepas dari adanya kandungan nutrisi didalamnya seperti adanya vitamin A, C, B dan E. Banyak yang menggunakan tomat untuk mengatasi kerontokan pada rambut. Selain itu, tomat juga bisa membersihkan kotoran yang ada pada kulit kepala. Sehingga, anda bisa menggunakan jus dari tomat untuk menjaga kesehatan rambut anda.

Cara menggunakannya:
– Langkah pertama siapkan tomat segar dan masak
– Kemudian haluskan dengan cara diblander
– Gunakan tomat halus pada rambut dengan cara di oles secara langsung di kulit kepala
– Biarkan selama 20 menit atau sampai ramuan kering
– Setelah itu, bersihkan dengan air sampai bersih, dan lakukan keramas seperti biasa.

Ternyata buah tomat juga bisa menghilangkan bau pada kulit kepala anda. Jadi, dengan menggunakan Manfaat tomat untuk wajah tersebut, rambut anda akan terbebas dari bau, dan tetap kuat.

Menjaga Kesehatan Mata

kesehatan mata

Manfaat tomat untuk wajah yang paling umum ialah menjaga kesehatan mata. Buah tomat mengandung vitamin A yang bisa menjaga retina mata yang merupakan jarinagn kaya saraf, namun sangat tipis yang ada di bagian belakang mata. Vitamin A sangat dibutuhkan disini untuk siklus cahaya. Karena retina berfungsi sebagai pendeteksi cahaya kemudian mengirmkannya ke otak.

Jika anda mengalami kekurangan vitamin A, hal ini bisa mempengaruhi kesehatan mata. Bahkan resiko terburuknya ialah anda akan mengalami gangguan kesehatan mata.
Sedangkan adanya kandungan lutein & zeaxanthin yang ada dalam tomat berperan untuk menyaring cahaya, mampu menghilangkan sinar cahaya berwana biru karena bisa merusak jaringan mata. Selain itu, bisa mencegah penyakit mata, mengurangi risiko terserangnya degenerasi makula yang disebabkan karena usia seseorang yang semakin tua sekaligus mencegah rusaknya retina mata.

Mencegah Kanker & Batu Ginjal

kanker

Manfaat tomat untuk wajah ternyata juga bisa mencegah resiko batu ginjal & batu empedu. Hal ini telah dibuktikan jika ada penelitian yang menyatakan jika orang orang yang mengkonsumsi buah tomat jarang ditemukan penyakit batu ginjal & batu empedu didalamnya.

Bahkan studi terbaru juga menyatakan jika kandungan zat likopen pada buah tomat sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan ginjal. Penelitian ini mengemukakan jika mengkonsumsi buah tomat dengan rutin akan mencegah resiko kanker ginjal. Selain itu, terdapat pula kandungan antioksidan yang akan mengurangi resiko penyakit kanker lainnya.

Sebuah studi juga menemukan jika kandungan likopen bisa memberi manfaat untuk mengurangi resiko terhadap kanker ginjal. Yang mana bagi yang mengkonsumsi asupan likopen dengan kadar tinggi yang mencukupi tubuh telah mengalami penurunan sampai 45% terkena kanker ginjal daripada yang mengkonsumsi likopen dengan jumlah sedikit. Kandungan likopen yang sangat tinggi bisa anda temukan pada buah tomat.

Mencegah Diabetes Secara Alami

diabetes

Dalam buah tomat juga mengandung senyawa kromium yang sangat bermanfaat dalam menyeimbangkan jumlah gula dalam darah anda. Manfaat tomat untuk wajah juga menjadi salah satu sumber terbaik dalam mengatur kadar gula darah seseorang.

Mengontrol kadar gula memang sangat penting untuk menjaga agar diabetes tidak menghampiri anda. Bagi penderita diabetes, jumlah glukosa dalam tubuh yang kadarnya tidak berlebih bisa diraih dengan cara diet makanan. Selain itu, anda harus selalu rajin berolahraga dan menghindari stress.

Tingkat karbohidrat dalam buah tomat yang rendah bisa mengontrol jumlah gula darah anda. Mampu menjaga asupan kalori dengan tepat untuk pasien diabetes dan mengurangi berat badan.

Dalam buah tomat juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan bisa membantu mengembalikan kestabilan oksidatif tubuh anda. Adanya zat antioksidan tersebut bisa berfungsi mengurangi resiko komplikasi dalam tubuh yang berhubungan dengan diabetes.

Asupan Vitamin C, dan E, beta karoten, likopen, flavon, lutein & fitonutrien yang ada pada tomat juga bisa melindungi tubuh. Caranya dengan menurunkan peroksidasi lipid, yang akan mencegah kerusakan oksigen pada lemak yang terjadi dalam aliran darah ataupun membran sel.

Kandungan antioksidan akan menjaga tubuh dengan cara meningkatkan fungsi enzim. Sehingga sifat antioksidan yang ada dalam buah tomat sangat ampuh melindungi organ ginjal & aliran darah agar tidak terkena diabetes. Karena kedua organ tersebut sangat rawan terkena diabetes.

Membantu Tulang Tetap Kuat

kesehatan tulang

Manfaat tomat untuk wajah juga bisa membantu tulang agar tetap kuat. Adanya vitamin K & kalsium pada buah tomat sangat efektif untuk menguatkan tulang sekaligus memperbaiki masa tulang dalam tubuh anda. Dengan begitu, tomat sangat bermanfaat dalam mencegah osteoporosis. Sementara sumber vitamin K dalam buah tomat bisa mencegah tulang keropos.

Berdasarkan penelitian menunjukan jika kandungan lycopene pada buah tomat bisa merangsang dan melindungi osteoblas, yakni sel pembentuk tulang. Sementara penyerapan asupan lycopene paling optimal untuk tubuh ialah saat tomat dimasak bersama minyak zaitun.

Hal ini dibuktikan adanya penelitian yang menyatakan jika ada peningkatan konsentrasi lycopene plasma sesudah mengkonsumsi tomat yang dimasak bersama minyak zaitun. Ketika tomat dimasak, maka kandungan lycopene pada tomat yang masih mentah akan dirubah menjadi senyawa trans-likopen, sehingga lebih gampang diserap oleh tubuh.

Melancarkan dan Menyehatkan Sistem Pencernaan

Dalam buah tomat juga mengandung kaya serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan serat sangat bermanfaat untuk melancarkan system pencernaan dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah tomat secara teratur, maka akan mencegah terjadinya sembelit maupun susah BAB.

Kandungan Nutrisi Dalam Buah Tomat
Nutrisi dalam buah tomat sangat berguna bagi kesehatan tubuh anda. Beberapa kandungan nutrisi penting dalam buah tomat diantaranya:

Menfaat Vitamin C untuk tubuh:
– Mampu melawan sel kanker dalam tubuh.
– Bisa memperbaiki sel jaringan kulit
– Dapat meningkatkan mood seseorang
– Mampu mencegah resiko penyakit jantung
– Dapat mencegah hipertensi
– Mampu menjaga kesehatan mata dengan baik
– Dapat menjaga stamina dalam tubuh

Selain mengandung vitamin C, dalam buah tomat sudah dikenal oleh masyarakat dengan kandungan vitamin A didalamnya. Vitamin A sangat bermanfaat untuk tubuh diantaranya.
Manfaat vitamin A untuk kesehatan:
– Sebagai sumber antioksidan untuk tubuh.
– Mampu meningkatkan Antibodi.
– Bisa menjaga mata agar tetap sehat.
– Mampu mencegah kolesterol tinggi.
– Bisa mencegah darah kotor dalam tubuh
– Dan mencegah sel kanker berkembang dalam tubuh.

Tak hanya kedua vitamin diatas yang bisa anda ambil dari tomat. Karena tomat juga mengandung potassium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan seperti berikut ini.
Manfaat Potasium bagi kesehatan:
– Mampu menjaga kesehatan kulit tubuh anda.
– Sangat baik untuk menjaga kesehatan organ jantung.
– Menjaga pasien diabetes
– Mampu membentuk otot dalam tubuh.
– Bisa meningkatkan fungsi kerja otak menjadi lebih baik.
– Mampu menjaga tekanan darah agar lebih stabil.
– Bisa meningkatkan system metabolisme dalam tubuh.

Itulah beberapa Manfaat tomat untuk wajah bagi kesehatan tubuh dan kulit. Masih ada banyak manfaat lain yang bisa anda ambil dengan mengkonsumi tomat secara rutin. Tomat memang mempunyai rasa asam yang khas sehingga banyak digunakan sebagai bumbu masak. Jadi, tomat bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan, tetapi juga sebagai bumbu masak.