Manfaat Teh Hijau
healthy green tea cup with tea leaves

Waktuku.comManfaat teh hijau banyak digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan dan menjaga kecantikan kulit. Kemampuan teh hijau memang bermacam macam. Mulai dari menjaga kesehatan tubuh sampai merawat kecantikan kulit anda.

Itu karena adanya komponen zat bioaktif yang ada dalam teh hijau ini. Sementara proses pengolahan yang dilakukan juga mampu mempertahankan zat-zat bioaktif pada daun teh sehingga manfaatnya tidak akan hilang meskipun teh hijau sudah dalam masa fermentasi. Untuk mengetahui apa saja manfaat teh hijau, anda bisa ikuti penjelasan berikut ini.

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Manusia:

Teh Hijau Membantu Menurunkan Kolesterol

lemak

Salah satu manfaat teh hijau bagi kesehatan ialah bisa menurunkan kolesterol dalam darah. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak menjadikan tubuh beresiko mengalami masalah koleterol yang tinggi. Sehingga anda bisa mengganti makanan berminyak tersebut dengan teh hijau.

Karena dengan mengkonsumsi teh hijau secara teratur akan menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap stabil. Kandungan antioksidan pada teh hijau juga bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam usus besar. Kandungan yang ada dalam teh hijau juga bisa mengurangi kolesterol jahat, sekaligus meningkatkan jumlah kolesterol baik pada tubuh anda.

Teh Hijau Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Gusi

kesehatan gigi

Banyak minuman teh yang bisa memberi efek buruk terhadap warna gigi. Hal ini karena teh tersebut adalah minuman panas dengan kandungan asam tannic didalamnya.

Kandungan tersebut juga bisa meninggalkan warna gelap untuk gigi anda. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku bagi teh hijau. Karena ada penelitian yang menemukan jika kandungan teh hijau justru berbalik dengan penyakit periodontal.

Oleh karena itu, jika anda teratur mengkonsumsi teh hijau akan mengurangi resiko penyakit periodontal. Itu karena terdapat kandungan katekin dalam teh hijau. Kandungan katekin tersebut bisa mengurangi peradangan dalam tubuh, yang bisa mengganggu respon inflamasi tubuh anda terhadap adanya bakteri pada mulut, hal ini termasuk dibagian gusi dan gigi.

Manfaat teh hijau yang bisa mengendalikan bakteri sekaligus menurunkan keasaman saliva & plak gigi juga bisa membuat teh hijau bisa mencegah timbulnya gigi berlubang. Jadi, kesehatan mulut akan terjaga jika anda mengkonsumsi teh hijau secara rutin.

Teh Hijau Dapat Meningatkan Fungsi Otak

cerdas

Mengkonsumsi teh hijau juga bisa mencerdaskan otak anda. Manfaat teh hijau ini disebabkan adanya senyawa penting yang bisa meningkatkan fungsi otak dan menjadikannya lebih cerdas.

Ada juga kandungan kafein dalam teh hijau namun hanya sedikit, jadi konsumsilah dengan jumlah yang sewajarnya. Kandungan lain seperti asam amino L-theanine juga bisa menghilangkan penyumbatan darah pada otak.

Sedangkan fungsi kafein dalam teh hijau ini juga bisa memperbaiki fungsi otak. Misalnya menjadikan suasana hati lebih tenang, lebih waspada, lebih tanggap dan memperbaiki memori otak.

Teh Hijau Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Dengan adanya kandungan antioksidan pada teh hijau, maka akan mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Penyakit ini disebabkan karena perkembangan sel dalam tubuh yang tidak bisa dikendalikan.

Sedangkan antioksidan bisa berfungsi dalam menjaga tubuh terhadap perkembangan sel yang tidak terkendali. Dengan mengkonsumsi teh hijau secara teratur, maka bisa anda jadikan sebagai antioksidan secara alami sebagai pencegah perkembangan sel kanker.

Teh Hijau Menurunkan Risiko Alzheimer dan Parkinson

Yang dinamakan penyakit Alzheimer termasuk penyakit neurodegeneratif paling banyak dialami oleh manusia sekaligus penyebab utama gejala demensia. Sedangkan penyakit Parkinson sendiri ialah penyakit neurodegeneratif yang bisa menyebabkan berhentinya produksi dari dopamin pada neuron otak.

Dengan begitu, anda bisa mengambil manfaat teh hijau dengan mengkonsumsinya secara rutin untuk mencegah hal ini. Senyawa bioaktif dalam teh hijau mampu memberi efek perlindungan terhadap neuron sehingga bisa mengurangi risiko terhadap kedua penyakit neurodegenerative diatas.

Teh Hijau Sebagai Obat Herpes

Penyakit herpes adalah salah satu penyakit kuli yang bisa menimbulkan rasa gatal pada kulit. Namun bila anda mengalami sakit ini, sekarang bisa mengatasinya dengan menggunakan teh hijau.

Cara memanfaatkan teh hijau untuk menyembuhkan herpes:
– Langkah pertama siapkan daun teh hijau secukupnya
– Selanjutnya campurkan daun tersebut dengan air hangat
– Lalu gunakan untuk mengompres bagian kulit yang terkena herpes dengan membungkus ramuan dengan kain
– Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan secara rutin setiap hari

Banyaknya nutrisi dalam teh hijau membuatnya bisa digunakan untuk menyembuhkan herpes. Rasa perih atau meradang yang ditimbulkan oleh sakit herpes ini bisa diatasi dengan the hijau karena didalamnya mengandung zat aktif sebagai penghilang peradangan kulit.

Dapat Mengatasi Flu

flu dan batuk

Biasanya orang yang mengalami sakit flu ialah orang yang system kekebalan tubuhnya mulai menurun. Jika anda mengalami hal yang sama, maka jangan khawatir karena manfaat teh hijau dalam hal ini karena memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi.

Sehingga dengan menyeduh teh hijau yang hangat, masalah flu yang menyerang akan segera teratasi. Teh hijau akan membantu proses mekanisme dari pertahanan tubuh seseorang yang telah menurun.

Dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin, maka vitamin C yang ada didalamnya akan turut larut untuk membangun sistem imun dalam tubuh yang baik. Jadi, flu yang anda alami akan segera mereda.

Menetralisir Racun Dalam Tubuh

Terkadang kita mengkonsumsi makanan sembarangan yang didalamnya mengandung racun yang tidak kita sadari. Ketika mengalami keracunan, biasanya disebabkan oleh bakteri berbahaya yang tak diperlukan oleh proses pencernaan.

Sedangkan dalam teh hijau ini mengandung sebuah senyawa yang disebut dengan katekin. Pada senyawa ini bermanfaat untuk menghilangkan zat beracun yang sudah masuk didalam tubuh melalui makanan yang dikonsumsi.

Teh Hijau Mampu Mencegah Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes merupakan sebuah penyakit yang bisa dialami karena kelebihan asupan zat glukosa pada tubuh. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa mengkonsumsi teh hijau tanpa gula.

Dengan mengkonsumsi ramuan ini, kadar gula akan menurun sehingga resiko diabetes bisa diatasi. Dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin, maka akan menetralisir glukosa darah sekaligus menyeimbangkan proses metabolisme dalam tubuh.

Manfaat Green Tea Bagi Kulit Wajah

masker teh hijau

Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, akan tetapi teh hijau juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Untuk membuat wajah lebih kencang, anda bisa menggunakan masker dari teh hijau ini secara rutin. Dengan ramuan ini kulit wajah anda juga terlihat lebih cerah dan sehat.

Cara menggunakan green tea untuk kesehatan wajah:
– Siapkan 2 kantong dari teh hijau kemudian ambil isinya saja
– Tuangkan madu 2 sendok teh
– Tambahkan dengan sedikit perasan jeruk nipis.
– Kemudian oleskan pada muka dan biarkan selama 5 menit atau sampai mengering
– Selanjutnya bilas menggunakan air hangat

Anda bisa menggunakan cara ini secara rutin selama 2 kali dalam satu minggu. Beberapa manfaat teh hijau untuk kulit wajah seperti menyembuhkan noda hitam bekas luka, flek hitam, dan juga mengurangi peradangan karena jerawat atau karena luka.

Bisa juga menjaga elastisitas kulit wajah sehingga wajah tetap tampak lebih muda. Anda juga bisa menggunakan teh hijau untuk menyembuhkan luka pada kulit wajah.

Manfaat Green Tea, Mengurangi Kantung Mata dan Mata Panda

Adanya kandungan antioksidan serta zat tannin dalam teh hijau ini juga bermanfaat cara menghilangkan mata panda. Ramuan ini akan membantu dalam mengecilkan pembuluh darah yang ada di bawah kulit halus sekitar mata. Sehingga pembengkakan akan segera hilang.

Cara menggunakan teh hijau untuk mengurangi kantung mata:
– Sediakan 2 kantong teh selanjutnya masukkan kedalam lemari es dalam waktu 30 menit.
– Selanjutnya kompreskan secara langsung kantong teh dari lemari es di kelopak mata dan tutuplah mata anda
– Biarkan selama 15 menit
– Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih.

Lakukan cara ini secara rutin setiap hari agar hasilnya lebih maksimal. Sementara adanya kandungan vitamin K pada teh hijau ini juga bisa mengurangi lingakaran hitam sekitar mata. Sehingga wajah terlihat lebih bersinar dan segar.

Melawan Tanda-Tanda Penuaan

penuaan dini

Dalam teh hijau juga terdapat sifat anti penuaan serta zat antioksidan yang bisa memperlambat penuaan kulit wajah. Biasanya tanda penuaan kulit bisa anda lihat dari kulit wajah yang kendur, rusaknya kulit wajah karena sinar matahari, kerutan wajah, bintik hitam, atau garis halus pada wajah.

Cara menggunakannya:
– Siapkan terlebih dahulu 3 sendok yogurt, daun teh hijau 1 sendok makan serta sedikit bubuk kunyit.
– Kemudian campur semua bahan dan aduk
– Gunakan untuk olesan pada wajah sampai leher
– Biarkan selama 20 menit
– Setelah itu bilas menggunakan air hangat sampai bersih
– Pakailah masker ini secara rutin 2kali dalam seminggu.
Cara lain ialah:
– Campur 1 sendok teh hijau dengan air sampai berbentuk pasta
– Bila kulit anda termasuk kulit kering, masukkan minyak kelapa ½ sendok teh dengan air hangat.
– Setelah itu campurkan seluruh bahan
– Gunakan untuk olesan pada wajah, tunggulah sampai ramuan kering
– Selanjutnya bilas dengan air hangat
– Lakukan cara ini minimal 1 kali dalam seminggu.

Adanya zat polifenol yang ada pada teh hijau akan membantu menetralisir serangan radikal bebas yang sangat berbahaya bagi kulit. Karena bisa menyebabkan kerusakan terhadap kulit sekaligus mempercepat proses penuaan pada kulit wajah.

Manfaat Teh Hijau Mengobati Jerawat

Kandungan alami pada teh hijau memang banyak sekali manfaatnya. Salah satunya ialah adanya zat katekin sebagai agen antibakteri sebagai pembasmi bakteri sebagai penyebab timbulnya jerawat.

Zat katekin bahkan bisa mengatur hormon dalam tubuh agar lebih seimbang agar tidak timbul jerawat pada wajah. Karena salah satu penyebab jerawat muncul ialah hormon yang tidak seimbang pada tubuh.

Cara menggunakannya:
– Siapkan teh hijau secukupnya
– Kemudian campur air dengan ¼ cangkir teh hijau yang masih baru diseduh.
– Pakailah bola kapas untuk mengoleskan pada area wajah
– Tunggu selamat 10 menit
– Kemudian bilas menggunakan air dingin.

Adanya kandungan anti inflamasi yang terdapat pada teh hijau ini bisa mengurangi wajah yang kemerah merahan maupun peradangan yang diakibatkan oleh jerawat yang muncul.
Selain itu, ada sebuah komponen penting dalam teh hijau yang bisa membantu menyembuhkan jerawat dengan cara memodulasi target dari molekul intraseluler sekaligus akan menghambat bakteri sebagai penyebab timbulnya jerawat.

Itulah beberapa manfaat teh hijau yang bisa anda gunakan untuk kesehatan kulit dan badan. Banyak sekali kandungan nutrisi yang ada dalam teh hijau ini sehingga menjadikan ramuan ini banyak digunakan untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan tubuh dan kulit. Kandungan tersebut seperti tannin (katekin),vitamin B, C, dan E, dan juga saponin. Apalagi bahan alami ini sangat aman tanpa efek samping. Selamat mencoba.