Manfaat Olahraga Angkat Beban

Waktuku.comManfaat Olahraga Angkat BebanAngkat beban merupakan salah satu olahraga yang bisa kita pilih untuk menurunkan berat badan. Tapi, sebenarnya latihan kekuatan ini tak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, membangun otot, dan mencegah penyakit saja. Berikut ini manfaat lainnya dari angkat beban:

Manfaat Olahraga Angkat Beban:

1. Memperpanjang usia

Ketika beranjak tua, semakin besar massa otot yang kita miliki, semakin kecil kemungkinannya terjadi kematian dini.
“Semakin besar massa otot kita, semakin rendah risiko kematian dini,” ujar Arun Karlamangla, M.D, salah satu peneliti dari UCLA.
Oleh karena itu, kita perlu berusaha untuk memaksimalkan dan menjaga massa otot kita. Angkat bebanlah cara terbaik untuk memaksimalkan massa otot kita.

2. Tidur lebih baik

Senam memang bisa membantu kita untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Tapi, angkat beban juga bisa menghasilkan manfaat demikian.
Angkat beban yang dilakukan secara rutin, bisa mengurangi kemungkinan terjaga di malam hari. Alhasil, tidur akan lebih nyenyak.

3. Melindungi tulang

Angkat beban bisa kita pilih sebagai menu latihan bila ingin meningkatkan kepadatan tulang. Olahraga ini bisa melindungi kita dari osteoporosis.
Penelitian menunjukkan, angkat beban yang dilakukan rutin oleh orang tua, bisa mengurangi risiko terjatuh sekitar 30 persen. Biasanya, terjatuh ini disebabkan karena kemampuan dan kepadatan tulang yang telah menurun.

4. Lebih bahagia

Seperti bentuk aktivitas fisik lainnya, angkat beban bisa menghasilkan keajaiban bagi kesehatan mental kita.
Olahraga ini bisa mengurangi kecemasan dan depresi. Bahkan, bisa meningkatkan kekuatan otot kita. Dengan menjauhnya kecemasan dan depresi, tentunya kita dapat lebih bahagia.

5. Jantung makin sehat

Kardio bukanlah satu-satunya bentuk latihan yang bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular, seperti dikutip dari health.kompas.com. Angkat beban yang dilakukan secara rutin, bisa menurunkan tekanan darah kita secara efektif.
The American Heart Association menyarankan, lakukanlah sesi latihan kekuatan ini setidaknya dua kali dalam seminggu.

6. Menunjang Program Diet

Angkat beban terbukti ampuh dua kali lebih efektif untuk membakar lemak serta kalori di tubuh. Tidak heran angkat beban menjadi menu latihan orang-orang yang ingin mendapatkan berat badan idealnya di berbagai pusat kebugaran.

7. Membentuk Tubuh

Olah raga angkat beban juga dapat membentuk tubuh menjadi lebih indah meski di usia tua. Penelitian mengemukakan semakin tua usia seseorang semakin kecil massa ototnya. Otot-otot itu akan terganti dengan lemak yang membuat bagian tubuh seperti pinggul menjadi besar. Oleh karena itu latihan rutin pembentukan otot diperlukan untuk tetap menjaga bentuk tubuh yang ideal di usia lanjut.

8. Menstabilkan Gula Darah

Sebuah penelitian di Australia menyebutkan bahwa penderita diabetes tipe-2 yang melakukan olah raga angkat beban secara rutin selama 4 bulan, kadar gula darahnya dapat menurun dan tetap stabil. Hal tersebut dikarenakan olahraga ini dapat membuat tubuh menjadi lebih sensitif terhadap hormon insulin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here