6 Manfaat Masker Putih Telur Untuk Kecantikan Kulit

Masker Putih Telur

Waktuku.com – Masker putih telur banyak memiliki manfaat untuk kulit wajah. Anda bisa menggunakan masker dari putih telur dengan campuran bahan lain ataupun tanpa campuran bahan alami lainnya.

Manfaat masker dari putih telur ini sangat bermacam macam. Beberapa masalah pada kulit wajah seperti komedo, jerawat, kerutan, garis halus, kulit kering atau masalah lainnya.
Anda juga bisa membuat masker putih telur untuk cara memutihkan kulit wajah secara alami.

dengan masker putih telur wajah anda juga lebih segar, halus dan bersih. Putih telur juga merupakan sumber protein yang sangat tinggi yang diperlukan oleh tubuh sebagai pembangun otot.

Bahkan didalamnya juga mengandung beberapa mineral diantaranya Kalium, Magnesium, fosfor, Kalsium, Tembaga, Seng, & zat Besi. Kandungan asam folat pada putih telur juga sangat bermanfaat baik bagi otak. Untuk itu, anda bisa membuat masker putih telur dengan manfaat baik didalamnya.

Manfaat Masker Putih Telur Untuk Wajah:

Masker Putih Telur

masker putih telur

Pemakaian putih telur sebagai masker wajah memang karena ada alasan tertentu. Itu karena adanya zat zat yang telah terkandung dalam putih telur bisa mengatasi masalah kulit. Mulai dari masalah komedo, mengecilkan pori pori, mengencangkan kulit wajah, dan lainnya.

Bahkan masker putih telur juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga rambut agar tetap indah. Untuk menggunakan masker putih telur pada rambut caranya hampir sama dengan masker untuk wajah. Yakni anda hanya perlu mencampur putih telur dengan air dan menjadikannya sebagai hair tonic alami untuk rambut.

Selain cara tersebut, anda juga bisa membuat masker rambut dengan cara mengocok putih telur sampai mengembang. Jika sudah berbuih dan kaku, langsung oles pada rambut dan tunggu sampai mengering. Setelah itu, bilas rambut menggunakan air dingin kemudian keramas seperti biasa agar bau amis pada rambut bisa hilang.

Masker Putih Telur dan Madu Untuk Kulit Normal

madu

Meskipun kulit wajah anda termasuk kulit normal, bukan berarti tidak membutuhkan perawatan khusus. Karena bisa jadi kulit wajah anda kurang cerah, tidak lembut atau kurang segar.

Jadi, anda masih bisa melakukan perawatan untuk kulit wajah dengan masker putih telur yang dicampur dengan madu. Dalam madu terdapat kandungan vitamin C & antioksidan sangat tinggi sehingga bisa mengatasi hal tersebut.

Cara membuat masker putih telur dan madu:
– Siapkan putih telur ayam kampung
– Setelah itu, campur dengan madu secukupnya dan aduk sampai rata
– Setelah diaduk, oles pada wajah secara merata dan tunggu sampai mengering
– Setelah itu, bersihkan dengan air hangat dan lanjutkan dengan membersihkan pakai air dingin.

Cara ini sangat aman untuk membuat wajah lebih segar, cerah dan lembut. Jika dirumah tidak ditemukan madu, anda bisa mengganti dengan wortel, bengkoang ataupun tomat.

Masker Alpukat dan Putih Telur Untuk Kulit Kering

putih telur
image by: kumparan.com

Kulit yang kering pasti akan membuat anda tidak nyaman. Rasanya permukaan wajah tampak kasar ketika disentuh. Penyebab utama masalah ini ialah kurangnya jumlah minyak pada wajah.

Hal ini membuat kulit terlihat kusam, terasa gatal dan tak tampak cerah lagi. Jika masalah ini anda alami, cara paling mudah yang bisa dilakukan ialah dengan menggunakan masker putih telur yang dicampur dengan alpukat.

Cara membuat masker putih telur & alpukat:
– Siapkan putih telur ayam kampung
– Selanjutnya siapkan alpukat segar dan matang
– Ambil daging buah alpukat kemudian haluskan
– Setelah halus, campurkan dengan putih telur kemudian aduk sampai rata
– Jika ramuan tersebut sudah menjadi pasta, gunakan untuk dioles pada wajah
– Setelah ramuan mengering, bilas dengan air hangat yang selanjutnya dibasuh dengan air dingin.

Dalam buah alpukat telah mengandung zat antioksidan, minyak esensial, dan asam amino. Beberapa kandungan senyawa tersebut bisa menjaga kelembapan kulit wajah anda.

Masker Putih Telur dan Lemon Untuk Kulit Berminyak

lemon

Anda juga bisa menggunakan masker putih telur untuk mengatasi kulit berminyak. Karena kulit berminyak bisa membuat wajah tampak kusam bahkan bisa menimbulkan jerawat. Biasanya minyak akan berkumpul di area hidung, dagu, dahi maupun dibawah tulang pipi.

Untuk mengatasi masalah kulit kering, Anda membutuhkan bahan alami yang mempunyai kandungan vitamin C, magnesium, dan juga sebum. Kandungan tersebut ada pada buah lemon. Sehingga anda bisa menggunakan masker dari putih telur dengan jeruk lemon.

Cara membuat masker putih telur dan lemon:
– Sediakan putih telur secukupnya
– Kemudian siapkan 3 buah lemon segar, peras dan gunakan air perasannya
– Campur kedua bahan tersebut dan aduk sampai rata
– Gunakan masker tersebut untuk dioles pada wajah
– Tunggu sampai kering kemudian bilas dengan air sampai bersih

Bahan alami yang digunakan sebagai pengganti buah lemon ialah mangga, pepaya, serta buah apel. Bahan alami tersebut akan lebih maksimal manfaatnya jika dicampur dengan putih telur.

Masker Putih Telur untuk dan Mentimun untuk Wajah Berjerawat

mentimun

Masalah jerawat bisa disebabkan karena pori pori wajah anda yang tersumbat dengan kotoran, minyak maupun sel kulit mati. Penyumbatan tersebut jika dibiarkan saja akan menjadi sarang bakteri.
Cara membuat masker putih telur dengan mentimun:
– Siapkan putih telur terlebih dahulu
– Kemudian sediakan juga mentimun berukuran sedang,
– Cuci sebelum digunakan dan parut
– Campurkan mentimun halus dengan putih telur
– Aduk sampai rata dan gunakan campuran bahan alami tersebut untuk masker
– Setelah kering, bilas dengan air sampai bersih.

Pada buah mentimun mengandung astringen sebagai tonik wajah secara alami. Apalagi jika ditambahkan dengan putih telur, maka khasiatnya akan lebih maksimal untuk wajah yang berjerawat.

Menghilangkan Komedo Dengan Masker Putih Telur

masker putih telur

Masalah komedo adalah jerawat juga namun tidak meradang. Selain itu, ada 2 macam komedo yang harus anda ketahui. Diantaranya ialah komedo tebuka (hitam), dengan komedo putih (tertutup).

Cara menggunakan masker putih telur untuk menghilangkan komedo:
– Langkah pertama siapkan putih telur ayam kampung
– Kemudian kocoklah putih telur sampai berbusa
– Setelah itu, oleskan pada wajah yang ada komedonya
– Tempelkan juga tisu kering untuk menutupi bagian wajah yang ada komedonya
– Setelah ramuan kering, angkatlah tisu supaya komedo bisa terangkat
– Bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan membilas pakai air dingin yang bertujuan untuk menutup pori-pori.

Komedo tersebut sangat mengganggu penampilan wajah dan bisa beresiko sebagai penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Untuk menghilangkannya, gunakan masker putih telur tanpa dicampur dengan bahan alami lainnya.

Kandungan Gizi Putih Telur dan Manfaatnya

Ada banyak kandungan gizi pada putih telur sehingga bisa dijadikan sebagai masker. Kandungan gizi berikut inilah yang bermanfaat untuk kulit wajah anda.

Protein
Pada putih telur mengandung protein yang akan membantu elastisitas kulit & warnanya tetap terjaga.

Kolagen
Sementara untuk kandungan kolagen dalam putih telur ini sangat ampuh untuk menjaga wajah tetap awet muda. Caranya dengan mengatasi kerutan dan garis halus pada wajah.

Kalium
Selanjutnya ialah kandungan kalium yang sangat bermanfaat bagi kulit wajah dan menjaga kelembapannya.

Ribo├žavin
Kandungan alami yang selanjutnya ialah Ribo├žavin. Dengan kandungan ini, sangat ampuh untuk menghilangkan racun & radikal bebas karena bisa merusak sel kulit bahkan bisa menyebabkan kerutan pada wajah.

Magnesium
Sementara untuk kandungan magnesium pada putih telur akan menjaga kulit awet muda. Caranya dengan menghambat proses penuaan kulit wajah anda. Untuk manfaat masker putih telur lainnya, berikut ini ada beberapa ulasan tentang khasiatnya.

Mengecilkan pori-pori kulit
Ada kandungan asam amino aktif & enzim yang ada pada putih telur yang akan meremajakan kulit wajah anda. Kandungan alami tersebut juga bisa bermanfaat untuk pengisi pori pori kulit. Selain itu, kandungan tersebut juga bisa mengecilkan folikel yang bisa meningkatkan tekstur kulit dan kualitas kulit wajah tetap terjaga.

Membersihkan kulit
Tidak seperti kebanyakan produk kecantikan yang berbahan kimia, kandungan bio-enzim dalam putih telur berupa lisosim bisa membersihkan kulit dengan mendalam. Bahkan kandungan enzim ini juga berkhasiat untuk mengangkat kotoran & endapan minyak di kulit wajah.

Mengencangkan kulit
Dengan masker putih telur wajah anda akan terlihat lebih kencang dan segar. Cara kerjanya dengan mempercepat proses regenerasi pada sel kulit mati. Dengan begitu, garis halus pada wajah dan keriput bisa teratasi dengan mudah. Wajah akan tampak lebih muda.

Mengatasi Mata Panda
Mengalami mata panda ataupun lingakr hitam pada sekitar mata akan sangat mengganggu penampilan. Namun dengan menggunakan masker putih telur dan alpukat, masalah ini bisa diatasi. Anda bisa menggunakan masker ini ketika malam hari akan tidur dan membilasnya setelah bangun pagi harinya.

Efek Samping Masker Putih Telur Setiap Hari

Untuk menggunakan masker putih telur sebaiknya jangan terlalu berlebihan. Karena ada beberapa efek samping yang harus anda ketahui jika menggunakan masker putih telur secara berlebihan. Terutama untuk kulit wajah yang tidak cocok terhadap masker ini. Berikut ini beberapa efek samping jika anda menggunakan masker putih telur secara berlebihan:

Menyumbat Pori-pori Wajah & Menimbulkan Jerawat

Meskipun banyak yang menggunakan masker putih telur untuk mengangkat komedo, namun jika digunakan dengan berlebihan ternyata bisa menyumbat pori pori. Bahkan jerawat bisa muncul dengan mudah.

Itu karena adanya kandungan vitamin A dalam putih telur. Jadi, gunakan dengan takaran yang cukup jangan sampai berlebihan, agar efek samping ini tidak sampai terjadi pada wajah anda.

Menyebabkan Infeksi

Itu karena pada putih telur yang masih mentah ada bakteri yang berjenis salmonella yang membuat kulit luka lebih rawan terhadap infeksi. Apalagi jika digunakan dengan jumlah yang sangat banyak.

Menyebabkan Kulit Iritasi dan Kering

Hal ini akan terjadi jika putih telur telah dicampur bersama perasan jeruk lemon. Jika anda menggunakan ramuan ini secara berlebihan akan membuat kulit iritasi & kering. Itulah beberapa manfaat putih telur untuk kulit wajah.

Asalkan digunakan dalam jumlah yang sesuai dan kulit wajah anda cocok dengan kandungan telur, maka pemakaian ini tidak akan berefek buruk. Pastikan jika wajah anda tidak sensitive jika menambahkan dengan jeruk nipis ataupun lemon. Selamat mencoba.