13 Manfaat Madu Untuk Wajah Agar Tampak Berseri

Manfaat Madu Untuk Wajah
fresh honey with lemon and orange fruits

Waktuku.comManfaat Madu untuk wajah sering dianggap sebagai cairan manis yang sering digunakan untuk campuran dalam minuman. Anda mungkin terkejut jika mengetahui bahwa madu sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kulit dan rambut Anda.

Tak hanya itu, sebenarnya madu juga bermanfaat bagi kesehatan manusia karena dapat menjaga kesehatan serta mempertahankan stamina agar tetap prima. Madu ini adalah suatu cairan yang diproduksi lebah dengan mengumpulkan nektar, serta serbuk sari dari bermacam-macam bunga yang ada.

Tak heran, madu lebah cukup mahal dipasaran, karena proses panennya juga cukup menantang. Bahkan, seorang pemanen madu lebah, juga tak jarang mendapatkan sengatan yang menyakitkan. Meskipun harganya lumayan mahal, namun harga tersebut juga sebanding dengan manfaat yang akan Anda dapatkan.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Manfaat Madu untuk wajah, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja nutrisi yang terkandung dalam madu. Salah satu nutrisi yang terkandung pada madu adalah Vitamin.

Vitamin yang ada dalam madu bermacam-macam, seperti Vitamin B9 atau asam folat, vitamin C, Vitamin B2 atau Riboflavin, Vitamin B6, serta Vitamin B6 atau yang disebut Niasin. Sedangkan dari segi mineral, madu mengandung zat besi, magnesium, fosfor, kalium serta zinc.

Meski secara kuantitas kandungan tersebut tidak terlalu banyak, namun kombinasi kesemuanya sangat baik untuk memenuhi nutrisi tubuh manusia. Apakah Anda tahu apa saja manfaat dari madu bagi kesehatan serta kecantikan manusia? Berikut manfaat tersebut.

Apa Manfaat Madu Untuk Wajah?

Masker Pelembab

masker wajah

Madu adalah suatu cairan yang penuh dengan nutrisi alami. Kandungan tersebut dapat mempertahankan kulit serta menahannya di lapisan kulit yang paling dibutuhkan untuk penetrasi. Anda tahu bagaimana membuat ramuannya? Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu ikuti langkah sebagai berikut.
– Pertama, sediakan satu sendok teh madu.
– Selanjutnya, oleskan ke kulit yang telah dibersihkan sebelumnya sambil diberi pijatan sedikit.
– Kemudian, diamkan selama 15 sampai 20 menit agar madu meresap kedalam kulit Anda. Bilaslah dengan air hangat jika sudah selesai.

Dengan cara diatas, Anda akan merasakan Manfaat Madu untuk wajah secara nyata. Jika ingin hasil yang memuaskan, lakukan tips diatas setidaknya seminggu dua kali. Cukup mudah bukan cara menerapkannya?

Perawatan Jerawat

Selain untuk masker, madu juga sangat baik untuk menghilangkan jerawat diwajah. Tak heran banyak orang yang bergegas menerapkannya di wajah. Hal tersebut dikarenakan madu mengandung khasiat antibakteri dan antijamur yang dapat menggagalkan kerja bakteri untuk menyebabkan jerawat. Sifat anti-inflamasinya akan meredakan warna kemerahan dan iritasi pada kulit Anda.

Berikut cara penggunaanya.
– Pertama, sediakan madu lebah murni sebanyak satu sendok makan.
– Kemudian, oleskan sedikit madu murni tersebut ke area yang terkena jerawat.
– Biarkan selama 10-15 menit hingga madu mengering, lalu bilaslah dengan air hangat.

Manfaat Madu untuk wajah ternyata sangat banyak, salah satunya adalah sebagai pencegah dan pembunuh bakteri penyebab jerawat. Cukup mudah bukan cara penerapan diatas? Jika menginginkan hasil yang memuaskan, terapkan cara diatas minimal seminggu sekali.

Menghilangkan Mata Panda

Tak hanya dapat mencegah jerawat, madu juga dapat diterapkan untuk menghilangkan mata panda. Nah, untuk Anda yang sedang kebingungan mencari cara bagaimana untuk cara menghilangkan mata panda, madu murni adalah solusi yang tepat.

Salah satu Manfaat Madu untuk wajah untuk wajah, adalah menghilangkan lingkaran hitam yang pastinya akan mengganggu penampilan Anda. Berikut cara menggunakannya.
– Pertama, sediakan satu sendok madu murni.
– Kemudian, oleskan madu tersebut pada area kulit mata Anda sambil sedikit memijat.
– Selanjutnya, tunggu sekitar 20 menit dan bilaslah memakai air biasa jika sudah selesai.

Nah, apaila Anda ingin hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini setidaknya seminggu 2 kali secara rutin. Dengan kesabaran, dijamin lingkaran hitam di mata Anda akan hilang selamanya. Anda tertarik untuk mencobanya? Segera terapkan dirumah dan rasakan manfaatnya.

Merawat Keindahan Bibir

Manfaat Madu untuk wajah selanjutnya adalah untuk menjaga keindahan dan memerahkan bibir. Jika Anda menginginkan bibir yang indah dan bebas dari pecah-pecah, maka gunakanlah madu sebagai perawatan. Tentunya jika bibir kering serta pecah-pecah, akan membuat Anda merasa tak nyaman bukan? Untuk itu, keindahannya sangat perlu diperhatikan agar tetap sehat dan menari saat dipandang. Berikut cara penggunaan madu untuk keindahan bibir.
– Pertama, sediakan satu sendok madu murni, sesendok teh gula merah, serta air lemon sedikit saja.
– Kemudian, campurkan semua bahan tersebut dan oleskan ke bibir sambil digosok-gosok perlahan supaya sel-sel kulit mati di bibir terkelupas.
– Gosoklah selama kurang lebih 5 menit dan bilas bibir Anda dengan air jika telah selesai.

Cukup mudah bukan cara penggunaanya? Selain bahannya mudah didapat, ternyata cara tersebut juga ampuh untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Tentunya Anda tak perlu ragu dengan hasilnya, karena Anda dapat membuktikannya sendiri dirumah.

Kondisioner Rambut

merawat rambut

Tak hanya untuk perawatan kulit, Manfaat Madu untuk wajah juga dapat diterapkan untuk rambut. Enzim dan nutrisi madu murni akan memberi kilau pada rambut serta menghilangakan warna kusamnya.

Mungkin Anda khawatir, apakah memang benar madu dapat menghilangkan kekusaman pada rambut? Untuk menjawab kekhawatiran tersebut, Anda perlu mencobanya dengan menerapkan cara seperti berikut ini.
– Pertama, sediakan satu sendok makan madu murni serta dua sendok makan minyak kelapa.
– Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut lalu oleskan secara menyeluruh ke rambut Anda, mulai dari ujung hingga pangkal.
– Selanjutnya, diamkan selama 20 menit dan bilaslah dengan air bersih.

Madu adalah cairan yang sangat berguna untuk berbagai hal, salah satunya untuk cara merawat rambut. Dengan menerapkan cara diatas setidaknya seminggu sekali, maka rambut Anda akan merasakan Manfaat Madu untuk wajah secara nyata sehingga terjaga kesehatannya. Cukup mudah bukan cara penerapannya?

Menghilangkan Komedo

menghilangkan komedo

Seperti yang kita ketahui, bahwa madu sangatlah kaya akan nutrisi dan vitamin. Selain bermanfaat untuk kesehatan serta kebugaran tubuh, ternyata madu juga berguna untuk mengatasi komedo diwajah atau dihidung.

Berikut cara mengusir komedo dengan madu:
– Pertama, siapkan buah pepaya yang tidak terlalu matang, susu, serta madu.
– Kemudian, kupas dan tumbuk pepaya tersebut lalu masukkan susu serta madu kedalam pepaya yang sudah ditumbuk halus tadi secara merata.
– Selanjutnya, oleskan ramuan tersebut pada area tumbuhnya komedo dan pijatlah sedikit.
– Biarkan sekitar 9 menit atau sampai ramuan tersebut mengering, dan bilaslah wajah Anda dengan air bersih jika sudah selesai.

Dengan menerapkan cara ini setiap hari, maka masalah komedo Anda akan hilang dengan cepat. Ternyata Manfaat Madu untuk wajah sangatlah banyak. Selain rasanya manis, nutrisinya pun juga sangat berkhasiat untuk menghilangkan komedo. Anda tertarik mencobanya?

Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

flek hitam

Flek hitam di wajah memang sangat mengganngu penampilan, oleh sebab itu, Anda harus menghilangkannya agar penampilan Anda tetap menarik. Salah satu yang dapat digunakan untuk mengatasinya adalah madu.

Memang terdapat banyak faktor penyebab flek hitam di wajah, namun yang paling umum adalah sinar matahari serta bekas jerawat. Nah, Anda tak usah khawatir, cukup ikuti langkah membuat ramuan pengilang flek hitam sebagai berikut:
– Pertama, sediakan 2 sdm madu murni, serta 2 sdm air lemon segar.
– Kemudian, campurkan semua bahan lalu aduklah hingga merata.
– Selanjutnya, oleskan ramuan tersebut ke wajah Anda dan biarkan sekitar 15 menit setelah itu anda bisa membilasnya dengan air hangat.

Dengan cara diatas, Anda akan merasakan Manfaat Madu untuk wajah secara nyata. Bila Anda menginginkan hasil yang memuaskan, terapkan cara ini seminggu sekali. Selain mudah, cara ini juga sangat efektif. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Sebagai Agen Anti Penuaan

penuaan dini

Manfaat Madu untuk wajah untuk kulit wajah memanglah luar biasa, selain sangat bermanfaat dalam menghilangkan jerawat serta flek hitam pada wajah, madu ternyata juga dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas.

Madu juga sangat berguna untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan karena kandungan vitamin di dalamnya akan berperan aktif untuk melindungi kulit Anda. Berikut langkah yang harus Anda lakukan:
– Pertama, sediakan madu murni sebanyak 2 sdm.
– Kemudian, oleskan secara langsung kewajah Anda dengan menekannya secara perlahan agar meresap kedalam.
– Selanjutnya, diamkan selama 10 menit atau biarkan mengering dengan sendirinya, jika sudah mengering, bilaslah dengan air bersih dan keringkan wajah Anda.

Dengan menggunakan madu secara rutin setidaknya 2 kali dalam seminggu, Anda akan merasakan manfaat darinya. Cukup mudah bukan cara penerapan diatas? Selain mudah, cara tersebut juga sangat efektif untuk menjaga kelembaban serta kesehatan wajah Anda.

Menghilangkan Minyak Berlebih

wajah berminyak

Manfaat Madu untuk wajah selanjutnya adalah mampu mengatasi wajah berminyak. Kulit berminyak memang suatu hal yang sangat dibenci oleh sebagian besar orang, dan mungkin termasuk Anda.

Tentunya dengan kandungan minyak berlebih di wajah Anda, penampilan Anda akan terganggu dan menyebabkan Anda kurang percaya diri. Nah, jika hal tersebut tak segera Anda atasi, maka akan beresiko menimbulkan jerawat. Maka dari itu, ikuti langkah membuat ramuannya dibawah ini dengan seksama.
– Pertama, sediakan madu murni sebanyak dua sendok teh.
– Kemudian, oleskan madu tersebut langsung ke wajah Anda dan berikan pijatan agar nutrisinya meresap kedalam wajah Anda.
– Selanjutnya, diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilaslah menggunakan air bersih saat selesai.

Manfaat Madu untuk wajah ternyata sangatlah banyak. Tak hanya dapat mengatasi bibir kering atau merawat rambut, madu juga berguna untuk mengatasi kelebihan minyak pada wajah. Dengan menerapkan cara tersebut seminggu sekali, maka Anda akan menjadi pusat perhatian.

Mengatasi Rambut Rontok

rambut rontok

Manfaat Madu untuk wajah berikutnya adalah mengatasi rambut rontok. Kerontokan rambut adalah sebuah hal yang menakutkan bagi setiap orang karena akan menyebabkan kebotakan dan juga menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Nah, untuk menghindarinya, Anda harus melakukan perawatan menggunakan ramuan yang tepat dimana Anda dapat membuatnya sendiri. Berikut cara membuat ramuannya:
– Pertama, sediakan 1 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan madu serta 1 sendok teh bubuk kayu manis.
– Kemudian, campurkan semua bahan tersebut dan oleskan di kepala Anda sebelum mandi.
– Selanjutnya, diamkan selama kira-kira 15 menit setelah itu bilaslah rambut Anda dan sekalian mandi.

Dengan menerapkan cara diatas setiap Anda hendak mandi, maka rambut Anda akan tetap kuat dan subur. Selain caranya mudah untuk diterapkan, cara tersebut juga sangat efektif untuk mengatasi rontok. Ternyata Manfaat Madu untuk wajah memang sangat hebat.

Pembersih Wajah

pembersih wajah

Setiap hari, tentu Anda akan beraktivitas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Nah, disaat beraktivitas tersebut, seringkali wajah Anda tercemar polusi, apalagi jika profesi Anda menuntut Anda berada di luar ruangan, bahkan di jalan raya.

Berbagai ancaman seperti kotoran, debu dan sebagainya selalu mengintai Anda dan akan membuat kulit wajah anda kotor serta kusam. Maka dari itu, sangat penting untuk merasakan manfaat madu. Berikut cara yang harus Anda lakukan.
– Pertama, sediakan satu sendok makan madu murni, satu sendok makan putih telur, serta satu sendok makan gliserin.
– Selanjutnya, campurkan semua bahan tersebut dan aduk hingga merata.
– Kemudian, oleskan pada wajah Anda dengan dipijat selama 10 – 15 menit. Lalu bilas dengan air hangat jika sudah selesai.

Manfaat Madu untuk wajah akan Anda rasakan secara nyata jika menerapkan cara diatas setidaknya seminggu dua kali. Dengan menerapkan cara diatas, maka kotoran diwajah Anda akan hilang dan wajah Anda akan bersih serta segar kembali. Cukup mudah bukan cara penerapannya?

Mengecilkan Pori–Pori

pori pori wajah

Pori–pori besar adalah sebuah ancaman tersendiri bagi kulit karena akan membuat penampilan kurang menarik. Seringkali, pori–pori yang besar juga lebih mudah tersumbat debu dan kotoran sehingga membuat wajah kotor.

Nah, madu adalah solusi alami untuk mengecilkan pori diwajah anda. Berikut langkah yang harus Anda lakukan.
– Pertama, siapkan 5 sendok makan madu, 2 sendok makan susu bubuk serta 2 sendok makan oatmeal.
– Kemudian, campurkan semua bahan tersebut dengan merata, lalu oleskan pada wajah Anda sambil dipijat ringan.
– Diamkan hingga mengering dan bilas wajah Anda dengan air hangat.

Lakukan cara tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Dengan menerapkan cara diatas seminggu dua kali, maka manfaat madu akan dapat Anda rasakan secara nyata. Selain mudah, cara tersebut juga sangat ampuh mengecilkan pori diwajah.

Madu Sebagai Pelindung Kulit

madu untuk wajah

Tak hanya dapat membersihkan, ternyata madu juga mampu melindungi kulit dari luar maupun dalam. Hal tersebut dikarenakan madu memiliki kandungan antioksidan, anti jamur, serta anti bakteri yang berfungsi untuk menyembuhkan infeksi kulit, bintik merah serta dapat menyembuhkan luka pada wajah anda. Untuk merasakan manfaat madu tersebut, berikut cara yang harus Anda lakukan.
– Pertama, siapkan madu murni sebanyak dua sendok teh.
– Kemudian, oleskan ke wajah Anda secara merata dan berikan pijatan ringan agar nutrisinya mereap ke kulit Anda.
– Selanjutnya, biarkan selama 10 atau 16 menit agar madu tersebut mengering dan bilaslah menggunakan air hangat.

Dengan cara diatas, maka wajah Anda akan terlindung dan bekas luka di wajah akan hilang. Selain mudah, cara diatas juga efektif. Anda tertarik mencobanya?

Nah, sebenarnya disekitar kita sangat banyak bahan yang dapat digunakan untuk perawatan wajah atau rambut. Madu adalah salah satunya. Manfaat Madu untuk wajah sungguh hebat jika digunakan secara rutin dan tlaten, maka dari itu jika Anda menginginkan hasil yang memuaskan, Anda harus sabar dalam menerapkan tips diatas.