Manfaat Lidah Buaya

Waktuku.comManfaat lidah buaya bagi kesehatan memang banyak sekali. Sehingga masyarakat menggunakan bahan alami ini untuk mengobati berbagai masalah kesehatan yang dialaminya.

Bagian yang diambil manfaatnya ialah bagian gel lidah buaya ini. Untuk menemukan kandungan nutrisi lidah buaya, anda bisa langsung mengupas lidah buaya dan mengambil daging yang berbentuk gel.

Selain bagian gelnya, bagian lateks pada lidah buaya juga banyak dimanfaatkan untuk pengobatan. Jika anda ingin menggunakan kandungan lateksnya, bisa anda peroleh tepat berada di bawah kulit lidah buaya ini yang berwarna kekuningan.

Cara menggunakannya bisa bermacam macam, bisa dikonsumsi secara langsung atau bisa dijadikan obat oles. Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan kesehatan.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan:

Mengobati Jerawat

jerawat batu

Manfaat lidah buaya yang pertama ialah untuk mengobati jerawat. Dalam lidah buaya mengandung sebuah senyawa aktif bernama polifenol yang menjadi agen anti bakteri. Senyawa tersebut bisa menghilangkan jerawat dengan cara mencegah tumbuhnya bakteri sebagai penyebab jerawat.

Dalam gel lidah buaya juga memiliki kandungan 2 hormon yakni Auksin dan juga Gibberellin. Dengan kedua hormon tersebut, bisa mengatasi masalah jerawat dikarenakan sifat anti-inflamasi didalamnya. Kandungan tersebut bisa mengurangi peradangan yang disebabkan karena jerawat.

Sedangkan senyawa bernama Giberelin dalam lidah buaya bermanfaat juga sebagai hormone pertumbuhan. Jadi, bisa bertugas untuk mendorong pertumbuhan sel kulit yang baru sekaligus bisa mempercepat penyembuhan jerawat.

Cara menggunakannya juga sangat mudah hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya dibagian wajah yang ada jerawatnya. Untuk menggunakannya, jangan lupa bersihkan muka terlebih dahulu. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air sampai bersih.

Memperlambat Proses Penuaan

penuaan dini

Manfaat lidah buaya selanjutnya ialah bisa menghambat penuaan dini. Hal ini karena adanya kandungan anti oksidan yang sangat tinggi dalam lidah buaya seperti beta karoten, dan juga vitamin C & E. Dengan kandungan nutrisi tersebut, elastisitas kulit secara alami akan terjaga dan menjaga kulit supaya tetap lembab. Jadi, dengan menggunakan masker dari lidah buaya ini akan menjadikan wajah terhindar dari kerutan sebagai tanda penuaan dini.

Melembabkan Kulit Secara Alami

Dengan sifatnya sebagai pelembab kulit secara alami, menjadikan lidah buaya bisa mengatasi masalah kulit kering terutama pada wajah. Sehingga lidah buaya akan menjadikan kulit lebih kenyal dan lembab secara alami.

Ketika diaplikasikan pada wajah, gel lidah buaya akan melepaskan vitamin penting dan enzim alami pada kulit. Sehingga menghasilkan efek pelembab dan mampu mengembalikan keseimbangan Ph kulit wajah anda. Selain itu, khasiat lidah buaya lainnya ialah sebagai pemasok oksigen pada kulit. Dengan begitu, jaringan kulit semakin kuat serta kesehatan kulit wajah lebih terjaga.

Membuat Kulit Wajah Lebih Bersinar

Anda juga bisa memanfaatkan lidah buaya untuk mencerahkan kulit wajah secara alami. Caranya dengan menghilangkan sel kulit yang telah mati kemudian menggantinya menjadi kulit yang baru.

Hal ini akan membuat kulit wajah terlihat lebih segar dan cerah. Anda bisa mengambil manfaat lidah buaya dengan cara mengoleskan secara langsung atau mengkonsumsinya menjadi jus.

Cara memanfaatkan lidah buaya untuk mencerahkan kulit wajah:
– Siapkan lidah buaya secukupnya
– Kemudian ambil bagian gek nya dan haluskan
– Campurkan dengan madu 1 sendok teh serta beberapa tetes dari minyak mawar
– Aduk sampai tercampur rata
– Selanjutnya oleskan pada kulit wajah secara merata dan biarkan selama 20 menit
– Kemudian cucilah wajah sampai bersih
– Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Dengan begitu, anda tidak perlu menggunakan produk kecantikan dalam kemasan jika ingin wajah cerah alami. Karena lidah buaya jauh lebih aman dan tanpa efek samping.

Membantu Mengatasi Sengatan Matahari

Berada dibawah paparan sinar matahari dalam waktu yang lama bisa merusak kesehatan kulit anda. Sehingga muncul flek hitam dibagian wajah atau masalah kulit wajah lainnya. Namun anda takperlu khawatir, karena sekarang ini anda bisa menggunakan manfaat lidah buaya untuk mengatasi masalah ini.

Adanya kandungan anti inflamasi dalam lidah buaya bisa mengurangi efek buruk karena terkena sinar matahari yang berlebihan. Rasa sakit dan peradangan yang diakibatkan oleh sengatan matahari bisa dikurangi dengan mengoleskan gel lidah buaya ini pada kulit anda. Selain tugasnya sebagai penjaga kelembapan kulit, lidah buaya juga bermanfaat sebagai pelindung kulit yang rusak karena terkena sengatan sinar UV.

Membantu Sistem Pencernaan

Memiliki system pencernaan yang lancar sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini dibutuhkan untuk menentukan apakah tubuh dapat menyerap semua asupan gizi yang masuk atau tidak. Bukan hanya bermanfaat sebagai detoksifikasi secara alami, ternyata jus lidah buaya juga berkhasiat meningkatkan penyerapan terhadap asupan protein sekaligua menjaga kinerja usus dengan baik.

Sehingga menjadikan pencernaan dalam tubuh lebih lancar. Dengan lidah buaya juga bisa menemukan bakteri pada usus dan menghambat pertumbuhannya. Caranya dengan mengurangi gangguan pencernaa seperti rasa mulas pada perut.

Kesehatan Kardiovaskular

Menjaga kesehatan kardiovaskular tak bisa lepas dengan masalah jantung & siklus darah pada tubuh. Sejumlah penelitian telah menunjukkan jika ketika dokter memasukkan ekstrak lidah buaya melalui suntikan didalam darah, maka secara drastis bisa meningkatkan kemampuan difusi dari sel darah merah dalam transportasi oksigen.

Selain itu, lidah buaya juga memiliki vitamin penting yang berfungsi dalam mengatur tekanan darah seseorang, mengatur oksidasi darah sekaligus membuat aliran darah supaya lebih lancar. Bahkan lidah buaya juga bisa menyusun kolesterol & menjadikan darah lebih encer.

Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Jika anda mengalami masalah diwajah yakni adanya flek hitam, jangan khawatir. Karena bahan alami satu ini bisa mengatasi masalah tersebut. Manfaat lidah buaya salah satunya ialah menghilangkan flek hitam dan mengatasi masalah warna kulit wajah yang tidak merata.

Bekas jerawat juga bisa dihilangkan dengan lidah buaya ini. Jadi, masalah kulit wajah seperti bekas luka, dan permasalah kulit lainnya, bisa teratasi dengan lidah buaya ini. Untuk menerapkan lidah buaya pada wajah caranya sangat mudah.

Anda hanya perlu mencampurnya dengan ekstrak air mawar kemudian langsung mengoleskan pada wajah. Dengan begitu, flek hitam dan bekas jerawat bisa teratasi dengan mudah.

Untuk Perawatan Kaki

Anda juga bisa memanfaatkan lidah buaya untuk menjaga kesehatan kaki. Caranya dengan menjadikannya sebagai scrub alami dan menjadikan kaki lebih halus dan lembut.
Cara menggunakannya:
– Langkah pertama siapkan lidah buaya secukupnya
– Kemudian sediakan tepung beras 2 sendok teh
– Siapkan pula gula 2 sendoh teh
– Haluskan gel lidah buaya dan campurkan dengan ketiga bahan diatas
– Setelah itu, aduk sampai semuanya rata
– Rendam kaki anda dalam air hangat sekitar 10 menit
– Selanjutnya gosokkan dengan scrub yang telah dibuat selama 10 menit
– Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih

Dengan bantuan bubuk gula maupun beras, maka akan mengelupaskan sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru. Sehingga kulit kaki tetap halus dan mencegah kulit keriput. Kulit kaki akan tetap sehat dan terjaga keremajaanya.

Lidah Buaya Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Dalam bidang kesehatan, ada banyak manfaat lidah buaya didalamnya. Salah satunya ialah bisa menyembuhkan diabetes. Hal itu karena terdapat salah satu kandungan penting bernama aloe emodi. Yakni sebuah senyawa organik yang ebrasal dari golongan antrokuinon yang dapat mengaktivasi sinyal insulin.

Diantaranya penyerap asupan insulin beta & substrat1. Bahkan sebagai penyerap fosfatidil inositol-3 kinase sekaligus meningkatkan kecepatan sintesis glikogen. Caranya ialah dengan memperlambat glikogen sintase kinase 3beta. Hal ini akan sangat berguna dalam mengurangi resiko gula darah yang tinggi.

Dalam lidah buaya juga mengandung banyak vitamin bahkan seluruh jenis vitamin ada disini kecuali vitamin D & mineral sekaligus mengandung 20 dari 22 tipe asam amino paling penting dan diperlukan tubuh.

Adanya asupan enzim saponin juga berfungsi untuk anti mikroba alami. Untuk perawatan kulit alami dengan lidah buaya ialah bisa menghilangkan jerawat, menjaga kelembapan kulit, sebagai detoksifikasi kulit, mengurangi peradangan, menghilangkan bekas luka sekaligus sebagai peremajaan kulit. Anda juga bisa menghilangkan komedo dengan lidah buaya.

Selain komedo, masalah jerawat juga bisa dihilangkan dengan lidah buaya ini. Terdapat kandungan saponin pada lidah buaya yang sangat bermanfaat sebagai anti bakteri dan bisa menghilangkan jerawat pada wajah.

Efek pembengkakan pada jerawat juga bisa dihilangkan dengan menerapkan lidah buaya ini. Gel lidah buaya juga bisa anda gunakan sebagai pencegah masuknya bakteri didalam jerawat yang telah terkelupas kemudian mempercepat proses penyembuhannya.

Dalam lidah buaya terdapat kandungan anti-jamur dengan senyawa antrakuinon maupun kuinon. Ketiga manfaat tersebut sangat berfungsi menjadi antibiotik sekaligus menghilangkan rasa sakit karena jerawat, Anda juga bisa menyembuhkan pembengkakan misalnya pada bisul dan kista.

Alkalisasi Tubuh

Manfaat lidah buaya juga bisa digunakan sebagai pelindung keasaman tubuh anda. Ada banyak makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan asam didalamnya. Dengan begitu, konsumsi jus dari lidah buaya secara rutin, karena didalamnya mengandung asupan senyawa alkali. Dengan mengkonsumsi jus lidah buaya, hal ini berarti menunjang alkalisasi tubuh maupun menyeimbangkan keasaman makanan dari beberapa makanan asam yang anda konsumsi.

Membantu Mengatasi Peradangan

Jika kulit anda mengalami peradangan karena luka bakar atau karena jerawat, anda juga bisa menggunakan lidah buaya ini. Hal tersebut dikarenakan dalamlidah buaya juga mempunyai 12 zat berbeda.

Anda juga bisa mengambil manfaat lidah buaya untuk membantu mengatasi bengkak, kaku ataupun nyeri sendi. Cara mudahnya dengan mengkonsumsi lidah buaya yang telah di blander.

Manfaat lidah buaya bagi kecantikan kulit memang sudah tidak diragukan lagi. Karena bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit dari mulai kulit kaki sampai kulit kepala. Itu karena adanya kandungan nutrisi lidah buaya yang sangat banyak dan berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit.

Bahkan banyak tenaga kesehatan juga menggunakan lidah buaya ini untuk menyembuhkan masalah kulit yang dialami oleh pasien. Beberapa masalah kulit yang bisa disembuhkan dengan lidah buaya ialah luka ringan, dermariitis dan juga kulit terbakar.

Itulah beberapa manfaat lidah buaya yang sangat banyak macamnya. Jika anda ingin menggunakan lidah buaya untuk masalah kulit yang anda alami, hal ini tentu sangat benar. Pasalnya cara ini termasuk cara aman yang bisa anda tempuh. Selamat mencoba.