Manfaat Lantai Kayu

Waktuku.com – Masing – masing ruangan di dalam rumah memiliki fungsi dan desain masing – masing. Selain sebagai pelengkap pelaksanaan tugas sehari – hari, semua ruangan memiliki peran tersendiri yang saling berkaitan bagi kenyamanan aktifitas seluruh anggota keluarga. Untuk rumah yang memiliki lantai kayu, tentu ada cara merawat khusus yang tidak bisa disamakan dengan perawatan lantai jenis lainnya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi seseorang yang memiliki rumah dengan lantai kayu untuk menyusun rangkaian kegiatan sesuai langkah perawatan tersebut. Namun, siapa sangka, dibalik perawatan yang harus ekstra spesial, lantai kayu memiliki 9 manfaat bagi pemilik rumah klasik. Berikut ulasannya.

1. Lebih Hangat Dipijak

Tidak bisa dipungkiri bahwa lantai kayu memang jauh lebih hangat dari lantai keramik dan marmer. Hal ini disebabkan oleh struktur serat kayu yang rapat dan berasal dari bahan biotik sehingga sangat nyaman dipijak. Jadi, untuk Anda yang memiliki anak kecil, lantai kayu akan bisa mencegah anak tidak masuk angin lebih dari lantai keramik.
Lantai kayu akan lebih hangat jika dilapisi dengan karpet yang nyaman dan bertekstur lembut. Untuk anak – anak, waktu eksplorasi tidak hanya saat berada di ruang tamu, tetapi juga di kamar. Oleh karena itu, maksimalkan manfaat lantai kayu di kamar.

2. Memiliki Nilai Estetika

Nilai estetika lantai kayu diperoleh dari warna khas dan teksturnya yang padat. Dengan nilai estetika tinggi, Anda akan merasa bangga memiliki hunian klasik yang elegan. Jika digabungkan dengan furniture berbahan dasar kayu atau logam, maka rumah Anda akan terlihat lebih bold.
Untuk menciptakan kesan cheer tanpa merusak nilai estetika yang ada, Anda bisa memilih karpet atau wallpaper bermotif natural. Sehingga, nilai estetika pada lantai kayu yang terkesan seperti “pohon” akan

3. Berbagai Corak Beragam

Setiap pohon memiliki corak yang berasal dari susunan struktur xylem, floem, dan kambium. Sama halnya dengan sidik jari manusia, corak tersebut berbeda antara satu pohon dengan lainnya. Usia pohon pun akan menambah jumlah lingkaran dalam daging pohon. Jadi, penggunaan lantai kayu akan sangat menarik bagi para pecinta keindahan.

4. Unik

Meskipun keramik bisa dicetak dengan desain dan template tertentu, tetapi lantai kayu tetap unik secara alami. Bagaimanapun juga, apa yang dibuat mesin tidak akan mengalahkan sesuatu yang secara alami terbentuk.
Agar lebih memaksimalkan keunikan lantai kayu bagi rumah Anda, pastikan teksturnya sudah halus dan pengecatan dilakukan sesuai karakteristik lantai. Untuk kayu jati, biasanya akan lebih unik jika warnanya cenderung gelap. Sedangkan untuk kayu kamper atau kayu merbau, warna lebih terang bisa dipergunakan.

5. Variatif Sebagai Latar Belakang Rumah

Ruang tamu yang diberi wallpaper warna pastel akan menyatu dengan lantai kayu yang Anda pilih. Jika digabungkan dengan tangga unik dan pintu geser ala Jepang, maka aksen klasik tradisional akan semakin kuat. Tidak hanya untuk satu mode tersebut, lantai kayu juga sangat variatif jika digunakan sebagai latar belakang kegiatan fotografi.

Untuk bagian dapur, Anda bisa mengkombinasikan lantai kayu dengan keramik pada bagian tempat cuci piring dan bahan logam untuk rak piring. Selama pilihan warna senada, maka hunian Anda akan terkondisi secara rapi. Tidak hanya itu, momen memasak pun bisa jadi sangat menyenangkan sehingga inovasi atau kreasi dapat semakin berkembang.
Sebagai pelengkap rumah klasik, jangan lupa menambahkan aksen kayu di sudut – sudut ruangan. Dengan aksen kayu tersebut, maka lantai kayu bisa semakin menonjolkan keistimewaannya.

6. Mendukung Perabot Klasik

Jika Anda suka memadupadankan alat – alat di rumah dengan konsep klasik, maka lantai kayu adalah pendukung paling utama. Di ruang tamu, perabot klasik yang bisa dipilih adalah kursi dan bantal klasik. Jika Anda termasuk pecinta sofa, jenis sofa berbahan kulit warna cokelat atau kuning gading bisa dipilih agar tetap elegan namun nyaman. Lampu gantung dari bahan kayu atau bambu juga bisa meningkatkan estetika.

Di ruang kamar, gunakan lampu berkap yang bisa memancarkan cahaya redup hingga ke lantai kayu. Dengan lampu temaram, lantai kayu yang bercorak unik akan tampak semakin hangat. Sehingga, Anda bisa lebih lelap tidur. Selain lampu berkap yang redup, perabot klasik yang bisa didukung oleh lantai kayu adalah ranjang bertirai kain tile.

Jenis kain ini bisa melindungi Anda dari nyamuk. Selain itu, ranjang sebagai perabot paling dominan yang berkaloborasi dengan lantai kayu akan memaksimalkan kesan klasik dalam ruangan kamar.

Pada bagian dapur, lantai kayu juga memberikan manfaat yang cukup banyak. Perabot klasik yang bisa dipilih agar tampilan dapur menjadi lebih elegan adalah barang – barang tembikar atau alat masak berbahan kayu dan batu. Dengan harga yang relative terjangkau, Anda bisa lebih memaksimalkan hunian terutama dapur secara integral dengan lantai kayu tersebut.

7. Berkesan Elit

Karena lebih banyak orang yang memilih kepraktisan lantai keramik, maka pemilihan lantai kayu akan meningkatkan kesan elit dan elegan bagi pemilik rumah. Pasalnya kebanyakan orang mengira bahwa harga lantai kayu lebih tinggi dibandingkan dengan keramik.
Agar kesan elit pada lantai kayu lebih tampak, lakukan pengecatan ulang secara rutin dan jangan sampai lantai terkena kotoran. Kotoran pada lantai kayu tidak bisa hilang dengan mudah. Oleh karena itu, menjaga kebersihan lantai kayu sangatlah penting.

8. Terintegrasi Dengan Budaya Indonesia

Budaya Indonesia seperti ukiran, batik dan kain tenunan sangat cocok jika dipadupadankan dengan lantai kayu. Misalnya saja jika Anda memilih gorden dengan motif batik atau kursi berkonsep ukiran khas Bali. Maka rumah tersebut akan sangat menarik karena mampu mengintegrasikan budaya Indonesia dalam desain hunian.

9. Multifungsi

Jika Anda termasuk orang yang suka berinovasi dalam mendesain rumah, pastikan lantai kayu memberikan manfaat yang cukup dan dipergunakan secara optimal. Lantai kayu dapat digunakan sebagai pintu horizontal yang mengarah ke gudang bawah tanah.

Dengan perbandingan yang sesuai, maka rumah Anda akan tampak seperti rumah – rumah di Eropa.
Selain sebagai pintu horizontal, lantai kayu juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan rahasia. Lantai kayu berbeda dari lantai keramik yang berat. Oleh karena itu, Anda bisa menyimpan sesuatu dengan membentuk kotak kecil di bawah lantai dan membukanya jika dibutuhkan saja.

Dengan demikian, lantai kayu akan memberikan manfaat ganda. Selain keindahan dan kepraktisan, penggunaannya juga bisa memperkecil kelebihan benda di rumah.

Dengan menggunakan lantai kayu, Anda akan memiliki lebih banyak desain yang aplikatif. Bagaimana tidak, saat ini banyak jenis desain aplikatif untuk rumah klasik yang minimalis gaya perkotaan. Contohnya saja jika seseorang ingin menciptakan rumah bergaya Eropa klasik. Maka, lantai kayu dapat dipadupadankan dengan dinding berlapis dari kayu juga.

Dewabet