Manfaat Kunyit

Waktuku.com – Ada banyak manfaat kunyit yang bisa anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari entah itu untuk kesehatan tubuh, kecantikan dan lain sebagainya, Kunyit itu sendiri dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang seringkali digunakan sebagai obat tradisional, tanaman dengan nama latin curcuma domestica ini termasuk dalam keluarga Zingiberaceae.

Dengan kata lain kunyit termasuk dalam tanaman Zingiber seperti halnya lengkuas, jahe, atau bahkan temulawak. Sebagai tanaman herbal alami, kunyit dapat tumbuh dengan baik di kawasan negara yang beriklim tropis atau bahkan subtropis seperti halnya indonesia. Karena itulah masyarakat Asia seringkali menggunakan jenis tanaman yang satu ini sebagai salah satu bumbu dapur.

Seperti yang telah disebutkan di bagian atas tadi, sebagai jenis tanaman herbal kunyit cukup sering digunakan sebagai obat tradisional, karena itulah banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan kunyit sebagai bahan utama dalam pembuatan jamu atau minuman kesehatan lainnya.

Lebih dari itu kunyit jika dicampurkan dengan susu juga dapat anda manfaatkan untuk menyembuhkan luka dengan mudah. Namun apa hanya itu saja manfaat kunyit yang bisa digunakan oleh manusia dalam bidang kesehatan? Jelas tidak, masih terdapat banyak manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan kunyit.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan:

1. Mengatasi masalah peradangan

Peradangan atau dikenal dengan sebutan inflamasi yang terjadi pada bagian dalam tubuh dan umumnya timbul akibat reaksi tubuh akan infeksi atau bahkan gangguan yang muncul pada sel serta jaringan dalam tubuh. Dari sekian banyak bentuk peradangan yang terjadi umumnya hal tersebut muncul sebagai akibat yang ditimbulkan oleh radikal bebas serta infeksi bakteri sehingga timbul pelepasan senyawa sitoksin.

Dalam hal yang satu ini, kunyit berperan aktif dalam meningkatkan sistem kekebalan sel imun serta membantu tubuh dalam menghambat produksi dari zat sitoksin atau pun prostaglandin. Dengan demikian maka peradangan yang terjadi dalam tubuh pun dapat diatasi dan berkurangnya rasa sakit yang ditimbulkan.

2. Mencegah timbulnya penyakit kanker

Kanker dikenal sebagai salah satu penyebab kematian yang cukup banyak di indonesia. Penyakit yang satu ini muncul akibat adanya perubahan sel atau lebih dikenal dengan sebutan mutasi gen yang terjadi di dalam tubuh. Sel kanker umumnya tumbuh dengan tidak terkendali dan ia akan menyerang pada organ lain yang ada di sekitarnya.

Kanker muncul karena beberapa sebab, seperti halnya pola hidup tidak sehat, infeksi bakteri atau bahkan virus serta hadirnya radikal bebas. Dengan memanfaatkan kunyit yang dikenal memiliki kandungan dari zat antioksidan tinggi maka pengaruh radikal bebas yang masuk pun dapat diatasi dengan mudah olehnya. Lebih dari itu, sel curcumin yang terdapat dalam kunyit juga mampu membunuh sel kanker juga meningkatkan efektivitas dari obat-obatan lain untuk mengatasi penyakit kanker.

3. Mengurangi dan mencegah munculnya gejala arthritis

Arthritis dikenal sebagai masalah radang yang umumnya menyerang bagian persendirian. Jenis penyakit yang satu ini dapat memicu rasa sakit, khususnya pada bagian persendian dengan luar biasa. Dalam pengobatannya, terdapat banyak pilihan bahan herbal alami yang bisa anda gunakan, dan salah satu diantaranya adalah kunyit.

Tanaman herbal ini dikenal dengan kandungan curcumin serta minyak esensial yang dapat mengurangi produksi dari senyawa atau pun zat penyebab rasa sakit pada bagian radang persendirian tersebut. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa kinerja dari kunyit tersebut akan berjalan dengan lebih optimal apabila ia dikonsumsi sebelum rasa sakit tersebut muncul dan dirasakan oleh penderita.

4. Meredakan sakit maag

Maag dikenal sebagai salah satu penyakit yang menyerang saluran cerna, lebih tepatnya ia menyerang bagian tukak lambung dan kemudian dikenal sebagai radang lambung. Ada banyak faktor yang menimbulkan munculnya penyakit maag, seperti halnya pola makan tidak teratur, kemudian terjadinya infeksi bakteri dan melukai bagian dinding lambung hingga infeksi, atau beragam faktor penyebab lainnya.

Kunyit dengan kandungan utama curcumin dikenal mampu dan sangat aktif dalam merangsang sekresi mukus, yaitu bentuk lendir pelindung yang berguna untuk menjaga dinding lambung. Karena itulah dengan fungsinya tersebut maka kunyit pun dapat anda manfaatkan untuk mengatasi atau meredakan sakit maag.

5. Meredakan stress atau bahkan depresi

Stress atau depresi muncul sebagai salah satu hal yang sangat mengganggu, ada banyak sekali faktor yang menimbulkan munculnya masalah yang satu ini dimulai dari beban hidup, kemudian masalah psikis, atau bahkan tekanan batin dan beragam masalah kehidupan lainnya.

Permasalahan yang satu ini kerap kali dialami oleh masyarakat perkotaan, utamanya mereka yang terlalu sibuk dengan aktivitas hariannya. Untuk mengatasi masalah tersebut kunyit dapat anda jadikan solusi tepat, entah itu kunyit yang telah dikemas dalam bentuk jamu, suplemen, kapsul atau bahkan kunyit yang anda buat sendiri dan dicampur menggunakan susu. Selain dapat menenangkan urat saraf, ia juga dapat meredakan stress dengan lebih mudah.

6. Turunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Kolesterol dikenal sebagai salah satu lemak dalam tubuh. Kolesterol itu sendiri dapat dibagi menjadi dua golongan berbeda, yaitu jenis kolesterol jahat yang lebih dikenal dengan sebutan Low Density Lipoprotein (LDL) serta golongan kolesterol baik dan dikenal dengan nama High Density Lipoprotein (HDL).

Munculnya kadar LDL yang cukup tinggi dalam tubuh jelas lebih beresiko, pasalnya kolesterol tersebut dapat memicu munculnya beragam jenis penyakit berbahaya, termasuk jantung serta penyempitan pada pembuluh darah (atherosklerosis).

Dengan bantuan dari tanaman kunyit yang dikenal memiliki kandungan curcumin, ternyata kadar LDL tersebut pun dapat diturunkan dengan lebih mudah. Pasalnya curcumin tersebut akan membantu tubuh anda untuk menurunkan LDL pada plasma darah serta meningkatkan kadar dari kolesterol baik yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh.

7. Meningkatkan fungsi dari otak manusia

Otak dikenal sebagai organ penting dalam tubuh manusia, karena dengan organ yang satu ini maka seluruh bagian tubuh pun dapat dikendalikan dengan lebih mudah, entah itu dalam melakukan beragam aktivitas atau bahkan ketika tengah berpikir sebagai bagian dari memori seseorang.

Dengan kandungan yang terdapat dalam kunyit, tanaman tersebut dinyatakan mampu meningkatkan fungsi dari otak yang lebih baik. Hal ini dilakukannya dengan cara meningkatkan aliran dari nutrisi serta oksigen pada bagian otak. Dengan demikian otak pun akan berfungsi dengan lebih maksimal. Karena itulah tidak perlu heran apabila ia dapat menghasilkan jenis hormon melatonin serta serotonin yang juga sangat baik dalam menjaga daya ingat.

8. Menjaga kesehatan kulit

Jika pada bagian di atas kunyit dikenal dengan manfaat yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh, untuk manfaat kunyit yang satu ini justru berhubungan dengan kesehatan kulit. Seperti yang anda ketahui, masalah kulit dapat dialami oleh siapa saja, baik itu jerawat hingga masalah penuaan dini pada kulit.

Dengan mengkonsumsi kunyit, maka masalah jerawat itu pun dapat diatasi dengan mudah, bahkan hingga menghilangkan bekas jerawat itu sendiri. Selain itu kandungan antioksidan yang dimilikinya juga dapat menunda penuaan dini yang terdapat pada kulit anda.
Demikianlah kiranya beberapa manfaat kunyit yang bisa anda nikmati dengan mengkonsumsi atau pun menggunakan tanaman herbal alami yang satu ini.