5 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis

Waktuku.com – Ada banyak sekali manfaat jeruk nipis yang bisa kita dapatkan untuk tubuh kita termasuk untuk kesehatan wajah. Hal ini menjadikan jeruk nipis sebagai buah yang sangat populer sebagai home remidies belakangan ini.

Manfaat yang terkandung di dalam jeruk nipis ini pastinya disebabkan karena dalam jeruk nipis terkandung banyak sekali komponen yang memiliki manfaat untuk tubuh. Untuk mendapatkan dan mengkonsumsi jeruk nipis juga tidak sulit untuk dilakukan. Hal inilah yang menjadikan jeruk nipis sebagai salah satu bahan alam yang sangat populer di dunia kesehatan.

Bukan hanya masalah kesehatan, manfaat jeruk nipis juga sering kali mendapatan perhatian dalam dunia kecantikan karena manfaatnya yang sangat besar. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari jeruk nipis ini adalah untuk memutihkan kulit. Jeruk nipis memang merupakan buah yang berasal dari golongan tanaman citrus. Buah dari tanaman-tanaman ini memang dikenal memiliki kandungan vitamin C tinggi sehingga dipercaya dapat membuat kulit menjadi lebih putih.

Selain manfaat memutihkan, ternyata masih ada banyak lagi manfaat tersembunyi yang dikandung oleh buah yang memiliki bentuk yang mungil ini. Lalu apa saja manfaat tersembunyi yang dimiliki oleh jeruk nipis ini? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Menurunkan Panas

demam panas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jeruk nipis merupakan buah yang terkenal dengan kandungan vitamin C nya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan kulit. Ternyata, kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk nipis ini tidak hanya memiliki manfaat untuk kecantikan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Vitamin C yang terkandung di dalam jeruk nipis ini ternyata juga memiliki manfaat yang besar dalam dunia kesehatan, salah satunya adalah untuk menurunkan panas. Sesungguhnya manfaat jeruk nipis ini juga bisa didapatkan dari buah jeruk yang lainnya, akan tetapi jeruk nipis ini memiliki kandungan Vitamin C yang sangat pekat di dalamnya sehingga dapat lebih efektif jika digunakan untuk menurunkan panas tubuh.

Menyehatkan Sendi

Nyeri Sendi

Vitamin C identik dengan kecantikan kulit, selain untuk menjaga kecantikan kulit, vitamin C dalam jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai anti oksidan. Dengan adanya kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk nipis ini, maka fungsi penangkalan radikal bebas dalam tubuh menjadi lebih baik.

Efek keberadaan antioksidan dalam tubuh yang tinggi sangat banyak salah satunya adalah dapat mencegah terjadinya penyakit sendi. Satu penyakit sendi yang sangat berbahaya untuk tubuh adalah arthritis. Arthitis merupakan sebuah penyakit sendi yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada tulang.

Penyakit ini bisa disebabkan karena 2 hal yaitu karena akumulasi radikal bebas yang ada dalam tubuh dan juga karena berkumpulnya racun dalam tubuh terutama asam uric. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis ini memiliki efek penangkal radikal bebas dan juga memiliki kemampuan detoks yang sangat baik.

Hal ini menyebabkan jeruk nipis bisa menjadi senjata paling ampuh untuk melawan panyakit sendi ini. Manfaat jeruk nipis sebagai antioksidan akan melawan penumpukan radikal bebas sekaligus meluruhkan racun-racun yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Memperbaiki Penyerapan Gula Dalam Tubuh

kadar gula dalam tubuh

Satu lagi manfaat jeruk nipis yang tersembunyi, ia adalah kemampuan jeruk nipis untuk membantu memperbaiki penyerapan gula dalam darah. Ya, jeruk nipis memiliki kandungan yang dapat meningkatkan penyerapan gula dalam darah.

Hal ini menyebabkan jeruk nipis menjadi buah yang sangat baik untuk mereka yang memiliki masalah diabetes. Selain membantu masalah diabetes, jeruk nipis juga memiliki manfaat yang baik untuk para penderita masalah jantung. Hal ini juga disebabkan karena efektifitas penyerapan gula yang dapat diperbaiki dengan konsumsi jeruk nipis.

Kondisi darah yang memiliki gula yang berlebih merupakan salah satu kabar buruk untuk kesehatan organ dalam kita. Hal ini disebabkan karena organ dalam seperti mata dan juga jantung yang dilalui oleh darah yang memiliki gula berlebih akan lebih mudah rusak.

Hal inilah yang menyebabkan penderita diabetes sering kali memiliki komplikasi masalah jantung dan juga masalah penglihatan. Oleh karena itu jika anda memiliki riwayat keluarga yang memiliki masalah diabetes, ada baiknya anda membekali diri anda dengan terapi konsumsi jeruk nipis untuk pencegahan.

Manfaat jeruk nipis dalam mengatur penyerapan gula ini juga akan sangat cocok untuk anda yang ingin mengurangi berat badan. Dengan pengaturan penyerapan gula yang baik, maka tubuh akan mengirimkan sinyal rasa lapar lebih jarang sehingga anda tidak perlu banyak makan.

Selain membuat tubuh berreaksi lebih lambat terhadap rasa lapar, jeruk nipis juga dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh karena kandungan asam citric yang dimilikinya. Untuk mendapatkan manfaat pembakaran lemak dari jeruk nipis ini anda bisa mengkonsumsi jeruk nipis dengan segelas air hangat sebanyak 2 gelas setiap harinya selama seminggu. Dengan kebiasaan ini anda bisa melihat perbedaan yang signifikan pada tubuh anda.

Konstipasi

konstipasi
Stomach illness of young woman

Konstipasi merupakan salah satu hal yang sangat menyiksa. Sayangnya hal ini sering kali terjadi pada masyarakat modern karena gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Konsumsi rendah serat bisa menjadi penyebab dari konstipasi ini.

Ternyata dengan mengkonsumsi jeruk nipis secara teratur anda bisa membantu tubuh melawan masalah konstipasi ini. Hal ini disebabkan karena dalam jeruk nipis terkandung tingkat asam yang tinggi. Asam dalam jeruk nipis ini memiliki manfaat untuk membersihkan saluran pencernaan sehingga dapat mencegah terjadinya konstipasi.

Mencegah Anemia

Anemia

Satu manfaat jeruk nipis yang lain yang tidak mendapatkan banyak perhatian adalah kemampuannya dalam mengcegah anemia. Anemia merupakan sebuah penyakit yang disebabkan karena tubuh kekurangan darah. Efek dari penyakit ini adalah mata yang berkunang-kunang hingga hilangnya kesadaran.

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit anemia, konsumsi jeruk nipis secara rutin akan membantu memperbaiki masalah anda tersebut. Mengapa? Hal ini disebabkan karena anemia merupakan sebuah penyakit yang muncul karena produksi darah yang kurang. Produksi darah yang tidak cukup ini bisa disebabkan karena banyak hal.

Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini adalah karena konsumsi zat besi yang kurang atau karena lemahnya penyerapan zat besi yang dilakukan oleh tubuh. Untuk menyerap zat besi, tubuh memerlukan vitamin C yang cukup. Di Dalam Jeruk nipis ada kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi yang buruk dalam tubuh.

Hal inilah yang menyebabkan jeruk nipis memiliki manfaat yang besar dalam mencegah terjadinya anemia. Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis dalam memerangi anemia ini anda bisa mengkonsumsi air perasan jeruk nipis secara langsung atau menggunakannya untuk salad dressing anda. Anda juga bisa menambahkan bayam dan juga kacang-kacangan dalam salad anda tersebut untuk tambahan zat besi bagi tubuh anda.

Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis tidak sulit untuk dilakukan selain karena buah ini mudah untuk didapatkan, buah ini juga mudah diolah. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara diminum, dijadikan bumbu atau bahkan dapat digunakan sebagai dressing seperti yang telah disebutkan sebelumnya untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis secara sempurna.