8 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirsak

Waktuku.com – Manfaat daun sirsak untuk kesehatan kini mulai dikenal oleh masyarakat. Selama ini tentu kita lebih banyak memanfaatkan buah sirsak daripada daunnya. Sirsak adalah salah satu buah yang banyak ditemukan di daerah tropis, seperti di negara kita. Rasanya asam manis, sehingga buah ini termasuk salah satu favorit. Buah ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai campuran minuman, atau dibuat jus.

Tumbuhan sirsak ini sangat bermanfaat bagi manusia, tidak hanya buah yang dapat dikonsumsi. Kayu dari tumbuhan sirsak pun dapat dimanfaatkan untuk bahan kerajinan tangan atau sebagai kayu bakar. Dan kini, mulai banyak yang menyadari bahwa daun sirsak pun punya manfaat besar untuk kesehatan karena kandungan zat di dalamnya.
Kandungan Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki beberapa kandungan seperti vitamin A, vitamin B, C, kalsium oksalat, kalsium, flavonoid, tanin ,alkaloid, serta fosfor. Ditemukan juga beberapa kandungan kimia yang memiliki manfaat baik untuk tubuh. Kandungan tersebut adalah acetogenins, annocatacin, annonacin, anonol, annomuricin, annohexocin, gentisic acid, linoleic acid, gigantetronin, caclourine, dan muricapentocin. Inilah beberapa kandungan yang membuat daun sirsak dapat dijadikan sebagai obat atau vitamin yang baik untuk meningkatkan kekebalan.

Apa Manfaat Daun Sirsak Buat Kesehatan

Obat Maag

maag
Image by: hellosehat.com

Penyakit maag adalah penyakit yang sering dikeluhkan banyak orang. Gangguan ini muncul akibat tidak teraturnya waktu makan, yang sering dilalaikan karena sibuk dengan aktivitas keseharian. Selain pola makan yang tidak beraturan, maag juga bisa disebabkan karena infeksi yang terjadi pada saluran pencernaan. Meskipun ini adalah penyakit biasa, tapi penanganan yang tepat tetap harus dibutuhkan untuk mencegah semakin kronisnya gangguan maag ini.

Daun sirsak bisa menjadi salah satu obat maag karena memiliki senyawa anti ulceritis yang berperan dalam menghambat produksi asam lambung. Selain itu, senyawa ini juga akan melindungi bagian dalam lambung dan membunuh bakteri jahat yang ada di dalamnya.
Bagimana cara pengobatannya? Anda dapat merebus beberapa lembar daun sirsak, kemudian konsumsi air rebusannya selama beberapa kali hingga rasa sakit maag Anda benar-benar hilang.

Ampuh Mengobati Wasir

wasir

Manfaat kedua dari daun sirsak adalah keampuhannya dalam mengobati penyakit wasir. Wasir adalah penyakit yang menyerang anus. Untuk gejalanya terjadi pembengkakan di bagian tersebut. Dalam kondisi yang sudah parah, wasir ini bisa menyebabkan anus penderita mengeluarkan darah. Dan rasanya sangat nyeri sekali.

Dalam dauun sirsak setelah diteliti ternyata ditemukan zat yang dapat menghentikan pendarahan pada penyakit wasir. Selain itu, juga dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi karena mampu membuat otot di sekitarnya menjadi rileks. Begitulah manfaat daun sirsak dalam mengatasi wasir.

Menurukan Tekanan Darah

tekanan darah

Bagi Anda yang memiliki penyakit hipertensi, kabar gembira tentunya! Daun sirsak pun memiliki khasiat yang tinggi untuk mengontrol tekanan darah. Tentu banyak yang sudah memahami, resiko terbesar seseorang yang mengidap hipertensi adalah terserang stroke. Hal ini terjadi karena penebalan pembuluh darah sehingga aliran darah di dalam tubuh tersumbat. Inilah salah satu ketakutan paling besar yang biasanya dirasakan para penderita hipertensi.

Daun sirsak memiliki kandungan senyawa anti hypertensive yang sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah, dan khasiatnya pun baik juga untuk jantung. Karena hal inilah daun sirsak dapat dimanfaatkan untuk membantu menurunkan tekanan darah. Minum rebusan daun sirsak secara teratur adalah salah satu terapi yang dianjurkan bagi para penderita hipertensi ini.

Menangkal Kutu

rambut gatal

Khasiat ini juga dimiliki daun sirsak. Kandungan senyawa aktif dalam daun sirsak ini dapat menangkal kutu-kutu yang kadang bersarang di rambut . Kandungan vitamin daun sirsak ini juga efektif untuk mengurangi ketombe yang tentunya mengganggu. Bagaimana cara daun sirsak menangkal kutu? Jadi, rebuslah beberapa lembar daun sirsak kemudian ambil air rebusannya itu dan gunakan sebagai pembasuh rambut setelah Anda selesai keramas. Tunggu hingga dingin dulu ya!

Dapat Mengatasi Asam Urat

asam urat

Biasanya penyakit ini menyerang mereka yang sudah berusia lanjut. Tetapi sebenarnya, hal ini dipengaruhi karena pola makan. Mereka yang terkena asam urat dikarenakan sering mengonsumsi dengan kandungan purin. Salah satu yang memiliki kandungan purin adalah melinjo. Bagaimana kalau kita sudah kelebihan purin? Tenang, daun sirsak ternyata bisa dijadikan obatnya. Caranya adalah rebus beberapa lembar daun terlebih dahulu. Tunggu hingga volume airnya sedikit mengurang, kemudian minum air rebusan tersebut selagi hangat.

Penurun Kolesterol

kolestrol
Image by: okezone.com

Selain asam urat, para orang tua ini biasanya juga mengidap penyakit kolesterol. Jadi, jika Anda mengidap dua penyakit ini, obatnya cukup satu, yakni daun sirsak. Daun sirsak akan membantu mengusir kolesterol jahat dari dalam tubuh Anda. Kandungan anti hyperlipidemia yang ada di dalamnya membantu mengusir lemak jahat sehingga dapat menetralisirnya. Kolesterol yang mempunyai kandungan lemak jahat ini sangat berbahaya.

Mereka dapat menimbulkan terjadi penyumbatan dalam pembuluh darah sehingga membuat penebalan dinding arteri yang nantinya akan berimbas ke tekanan darah tinggi dan jantung koroner.

Biasanya kolesterol jahat muncul karena Anda tidak terlalu selektif dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Contoh makanan yang beresiko demikian adalah berbagai macam gorengan. Apalagi jika saat menggoreng, minyak tersebut sudah dipakai berkali-kali hingga warnanya mulai menghitam. Ini sangat tidak baik untuk kesehatan. Itu adalah sumber kolesterol jahat yang bisa masuk ke dalam tubuh kemudian menimbulkan gangguan berbahaya.

Mengatasi Jerawat

jerawat

Tidak hanya untuk kesehatan, seperti obat dari berbagai macam penyakit. Selain bisa untuk kesehatan rambut yang tadi disampaikan, kesehatan kulit wajah pun tak lepas dari manfaat daun sirsak ini. Daun sirsak terbukti merupakan obat alami untuk mencegah timbulnya jerawat. Jerawat yang muncul karena berbagai hal itu tentunya akan mengganggu kepercayaan diri Anda bukan? Mari kita simak cara daun sirsak mengatasi jerawat ini!

Tumbuk beberapa lembar daun sirsak. Jika dirasa sudah halus, beri sedikit tambahan air, kemudian letakkan di area wajah yang berpotensi untuk timbul jerawat. Tunggu sebentar hingga meresap, kemudian Anda bia membilasnya dengan menggunakan air hangat.

Untuk Vitamin Kekebalan Tubuh

vitamin
Image by: meetdoctor.com

Sebagai langkah yang baik dalam kesehatan tentunya mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?Siapa yang menyangka, daun sirsak ini ternyata tidak hanya bisa bermanfaat sebagai obat, melainkan vitamin juga. Kandungan zink yang dimiliki daun sirsak dapat membantu peningkatan imun tubuh.

Selain itu, antioksidan yang ada mampu menangkal mikroorganisme pengganggu yang bisa menyebabkan penyakit flu atau demam. Bagaimana caranya? Jika Anda merasa tidak fit, segera konsumsi rebusan daun sirsak supaya sistem imun di dalam tubuh Anda kembali prima. Begitulah manfaat daun sirsak yang bisa digunakan sebagai vitamin kekebalan tubuh. Selamat mencoba!

Semoga artikel manfaat daun sirsak untuk kesehatan ini bermanfaat untuk Anda semua demi menjaga kesehatan yang merupakan harta paling berharga.