7 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Binahong

Waktuku.comManfaat daun binahong dalam pengobatan memang sudah tidak diragukan lagi. Banyak yang menggunakan daun binahong ini untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Yang dimanfaatkan untuk pengobatan sebenarnya ialah semua bagiannya, namun kebanyakan dari mereka mengambil bagian daunnya saja.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata daun binahong juga bermanfaat untuk kecantikan. Hal itu karena dalam daun binahong mempunyai kandungan protein sangat tinggi, saponis, anti mikroba, asam arkobat, serta total fenol.

Beberapa kandungan alami tersebut sangat membantu mengatasi berbagai penyakit. Sebelum memahami apa saja manfaat daun binahong, ketahui dulu kandungan yang ada dalam daun binahong ini.

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan dan Kecantikan:

Saponin

Didalam daun binahong mengandung senyawa saponin yang merupakan senyawa aktif seperti sabun yang ada di permukaan daun binahong ini. Sementara pencairan & pelarutan senyawa tersebut akan mengahsilkan zat pelindung tubuh yakni zat anti bakteri, zat anti mikroba & zat anti virus.

Selain itu, senyawa saponin juga bisa membentuk kolagen dan bermanfaat sebagai protein yang bisa menyembuhkan luka. Sementara manfaat lain pada senyawa aktif ini ialah untuk pembersih tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengurangi kolesterol dalam darah.

Minyak Atsiri

Dalam daun binahong juga mengandung minyak atsiri yang bisa dijadikan sebagai antiseptic alami yang bisa digunakan dari dalam tubuh atau dari luar tubuh. Bahkan minyak atsiri ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan hemolitik, analgesic, sedative, enzimatik & stimulant.

Sedangkan untuk peggunaan secara eksternal, anda bisa mendapatkan minyak tersebut dari penyulingan. Itu karena ini termasuk minyak eteris sehingga gampang menguap. Selain itu, minyak atsiri yang masih segar langsung dari proses penyulingan juga tidak berwarna. Namun jika terlalu lama berada di udara terbuka, bisa teroksidasi sehingga warnanya berubah. Oleh sebab itu, simpanlah dengan cepat minyak atsiri pada tempat yang sudah terlindungi supaya khasiatnya tak hilang.

Alkaloid

Senyawa selanjutnya ialah Alkaloid. Yakni sebuah zat yang memiliki sifat hipoglikemik. Senyawa tersebut sangat dibutuhkan oleh para pasien diabetes karena memiliki manfaat untuk menurunkan jumlah gula darah.

Asam Askorbat

Zat satu ini sangat bermanfaat untuk penyembuhan luka luar ataupun luka bakar. Saat mengalami luka, ada kemungkinan seseorang tersebut mengalami infeksi dibagian lukanya. Saat itulah asam askorbat berguna. Senyawa ini bisa membantu menutup luka dan mencegah munculnya infeksi.

Antioksidan

Zat alami lain yang ada pada daun binahong ialah antioksidan. Senyawa ini sangat berperan untuk memerangi zat karsinogen terhadap radikal bebas didalam tubuh sekaligus mencegah timbulnya kanker.

Asam Oleanolic

Senyawa lain yang ada dalam binahong ialah asam oleanolic. Senyawa tersebut berperan penting sebagai anti inflamasi ataupun anti peradangan secara alami. sehingga dapat mengurangi rasa sakit ketika mengalami luka.

Selain itu, masih ada kandungan alami lainnya yang sangat berguna bagi kesehatan seperti senyawa mono polisakarida, L-arabinosa, polifenol, L-rhamnose, flavonoid, D-glukosa, protein dan D-Galaktose. Karena banyaknya kandungan alami diatas, menjadikan daun binahong ini terkenal dengan salah satu daun penyembuh berbagai penyakit.

Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Banyak manfaat yang bisa diambil dari daun binahong ini untuk kesehatan. Oleh karena itu, banyak pengobatan cina yang menggunakan daun binahong ini. Beberapa manfaat daun binahong diantaranya ialah untuk menyembuhkan lemah syahwat, penyakit ambeien berdarah, muntah darah, batuk darah, kencing manis, tekanan darah rendah, menyembuhkan penyakit paru-paru, kencing manis, luka borok, diabetes, dan masih ada banyak penyakit lain yang bisa disembuhkan dengan daun binahong ini. Untuklebih jelasnya, simak beberapa penjelasan dibawah ini.

Mengatasi Gangguan Maag

Penyakit maag adalah salah satu penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat. Aktivitas yang anda lakukan setiap hari memang membutuhkan tubuh yang fit. Untuk memiliki tubuh yang fit, anda harus bisa menjaga kantong nasi agar tetap sehat. Dengan begitu, makanan apa saja bisa anda makan tanpa harus ada masalah setelah memakannya.

Namun ternyata, ketika seseorang mengalami masalah maag, berbagai makanan yang masuk justru membuat tubuh anda terasa sakit sehingga mengganggu aktivitas yang akan anda lakukan.

Bahkan jika sakit maag yang dialami sangat parah, akan berakibat fatal dan harus di opname untuk mendapat perawatan yang maksimal. Untuk itu, salah satu manfaat daun binahong ialah untuk menyembuhkan sakit maag yang anda alami.

Cara melakukannya:
– Langkah pertama sediakan daun binahong secukupnya
– Setelah itu, cuci bersih dan rebus sampai mendidih
– Tunggulah sampai air rebusan menjadi dingin kemudian minum secara rutin

Ada kandungan senyawa pada daun binahong yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan sakit maag secara alami. Sehingga aman digunakan tanpa efek samping.

Mengobati Luka

Dalam daun binahong telah mempunyai kandungan minyak atsiri & asam karbonat. Manfaat daun binahong ini sangat berkhasiat untuk penutup luka sekaligus sebagai antiseptic secara alami.

Cara menggunakannya:
– Sediakan daun binahong secukupnya
– Kemudian cuci sampai bersih dan tumbuklah
– Setelah halus, oles pada bagian luka maupun bagian tubuh yang bengkak
– Tunggulah sampai kering kemudian bersihkan dengan air sampai bersih
– Setelah luka sembuh, hentikan pengobatan

Pengobatan ini juga bisa dilakukan untuk menyembuhkan luka memar karena pukulan, luka bakar, rematik, pegel linu, nyeri sendi, dan lain lain. Namun jika luka yang ada pada tubuh kamu termasuk luka berat.

Misalnya karena benda tajam maupun terbakar, jangan lupa setelah mengoles dengan binahong tutuplah luka tersebut. Gunakan penutup berupa perban ataupun kain bersih supaya tidak terkena bakteri yang berasal dari luar.

Meredakan Kolesterol

Penyakit kolesterol adalah salah satu penyakit mematikan yang ada di dunia. Kolesterol dalam darah yang sangat tinggi bisa mengganggu kelancaran peredaran darah. Dengan terhambatnya peredaran darah tersebut, maka akan berakibat adanya penumpukan kolesterol.

Kondisi ini juga akan membuat banyak penyakit datang dan bersarang dalam tubuh. Dengan memanfaatkan daun binahong ini, maka akan mengurangi jumlah kolesterol dalam darah.

Untuk mengambil manfaat daun binahong, anda harus merebus daun binahong menggunakan air secukupnya. Setelah air tinggal setengahnya, anda bisa mengkonsumsi air rebusannya secara rutin setelah airnya dingin.

Mengurangi Asam Urat

Kadar asam urat yang ada dalam tubuh ternyata juga dapat menumpuk sehingga membuat sendi bermasalah. Jika kandungan asam urat tersebut menumpuk pada sendi, hal tersebut akan mengganggu aktivitas yang anda lakukan. Bahkan jika dibiarkan begitu saja bisa membentuk Kristal sehingga membuat kelumpuhan yang berlangsung lama.

Oleh karena itu, jangan biarkan hal ini terjadi. Anda bisa menggunakan manfaat daun binahong untuk menghindari hal ini. Caranya sangat mudah anda hanya perlu merebus daun binahong ini dan mengkonsumsi rebusannya secara rutin. Caranya hampir sama dengan cara diatas. Yakni merebus daun binahong dan menunggu sampai air rebusannya tinggal separuh, kemudian minum air rebusannya secara rutin sampai asam urat berkurang.

Mengobati Disentri

Ternyata daun binahong juga bisa digunakan untuk menyembuhkan disentri yang anda alami. Terdapat kandungan alami dalam daun binahong yang bisa anda gunakan untuk mengobati disentri. Untuk menyembuhkan disentri, anda bisa menggunakan cara dibawah ini.

– Sediakan daun binahong 10 helai
– Kemudian cuci sampai bersih,
– Rebuslah daun binahong menggunakan 2 gelas air
– Setelah airnya tinggal 1 gelas, angkat dan minum setelah dingin

Setelah disentri yang anda alami sembuh, anda bisa menghentikan cara ini. Selain untuk kesehatan, ternyata binahong juga bisa digunakan untuk menyembuhkan masalah kulit wajah yang anda alami.

Mengobati Jerawat Dan Perawatan Kulit

Adanya kandungan alami dalam binahong yang bisa menyembuhkan luka, maka daun ini juga bisa anda gunakan untuk menyembuhkan jerawat. Daun binahong juga bisa memberi kolagen sehingga bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah.

Cara melakukannya:
– Langkah pertama siapkan daun binahong secukupnya
– Kemudian cuci sampai bersih dan haluskan dengan cara ditumbuk
– Setelah halus, oles daun binahong yang sudah halus pada kulit wajah yang ditumbuhi jerawat
– Lakukan cara ini sebelum tidur dan bersihkan setelah bangun tidur pagi harinya

Untuk memperoleh manfaat daun binahong untuk kesehatan wajah, anda bisa mengoleskan pada seluruh wajah menjadi masker. Adanya kandungan Anti oksidan dalam daun binohang mampu mencegah timbulnya masalah penuaan seperti keriput di wajah.
Ambeien berdarah

Untuk para penderita ambeien, tentu harus bisa menyembuhkannya dengan cepat. Apalagi untuk penderita ambeien yang sudah dalam tahap pendarahan, anda juga bisa menggunakan daun binahong untuk menyembuhkannya.

Cara menggunakannya:
– Sediakan daun binahong 16 helai
– Kemudian cuci sampai bersih
– Rebuslah daun binahong menggunakan 3 gelas air
– Setelah mendidih, dan air hanya sisa 1 gelas, angkatlah
– Minum rebusannya secara rutin

Dengan mengkonsumsi ramuan binahong ini, maka ambeien yang anda alami berangsur angsur akan menghilang. Adanya beberapa kandungan penting seperti saponin pada daun binahong sangat efektif untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan yang anda alami.

Menambah Stamina Dan Vitalitas

Selain bisa digunakan untuk beberapa manfaat kesehatan diatas, daun binahong juga sangat efektif untuk menambah stamina serta vitalitas pria. Tenaga dan stamina tubuh juga akan kembali seperti semula setelah terkuras karena bekerja keras yang anda lakukan.

Cara menggunakannya:
– Langkah pertama siapkan daun binahong secukupnya
– Kemudian cucilah sampai bersih dan rebus menggunakan 2 gelas air
– Setelah rebusannya mendidih dan air hanya sisa 1 gelas saja, angkatlah
– Minumlah ramuan ini setelah dingin secara rutin

Untuk laki laki yang mengalami lemah sahwat, bisa menggunakan manfaat daun binahong ini untuk menyembuhkannya. Dengan mengambil manfaat daun binahong ini, maka vitalitas pria bisa kembali lagi.

Cara membuatnya:
– Sediakan daun binahong secukupnya
– Setelah dicuci sampai bersih, rebuslah dengan air 2 gelas air
– Tunggulah sampai air rebusan sisa 1 gelas saja
– Minum secara rutin dan hentikan setelah sembuh.

Selain beberapa manfaat daun binahong diatas, ternyata daun binahong juga bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit lainnya. Diantaranya ialah patah tulang, eksim kulit, gatal gatal, radang ginjal, gagar otak berat maupun ringan. Bahkan anda juga bisa menggunakannya untuk menjaga kesehatan kulit wajah secara alami. Caranya dengan menggunakannya sebagai masker yang bisa menghaluskan kulit, menjaga tetap sehat dan lainnya.