13 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Nanas

Waktuku.com – Manfaat buah nanas memang tidak diragukan lagi. Karena selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, buah nanas juga banyak bermanfaat untuk kesehatan kulit. Buah ini bisa digunakan untuk memperbaiki kesehatan pernafasan, memperbaiki pencernaan, dan lainnya.

Kandungan gizi dari buah nanas segar ini ialah sumber vitamin antioksidan terbaik. Setiap 100 g buah nanas mengandung 47,8 yakni hampir 80% vitamin C. Jenis vitamin ini sangat dibutuhkan oleh sintetis kolagen didalam tubuh.

kolagen merupakan salah satu protein structural utama yang dibutuhkan dalam menjaga kulit, organ, integritas pembuluh darah dan juga tulang. Untuk mengetahui apa saja manfaat buah nanas selanjutnya, langsung simak ulasan berikut ini.

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan dan Kecantikan:

Membantu Mengobati Radang Sendi

radang sendi

Manfaat buah nanas salah satunya ialah bisa mengobati radang pada sendi. Terutama yang berkaitan dengan arthritis. Penyakit atritis adalah sebuah penyakit yang benar-benar menjadikan penderitanya merasa tersiksa karena adanya pembengkakan, keterbatasan dalam bergerak, dan kekakuan.

Dalam buah nanas telah mengandung enzim proteolitik atau biasa disebut dengan bromelain. Kandungan ini berperan untuk reaksi pemecahan protein yang kompleks. Tidak hanya itu saja, dalam buah nanas juga mempunyai efek antiinflamasi. Sehingga, dengan mengkonsumsi buah nanas secara teratur akan membuat sendi lebih sehat.

Meningkatkan Imunitas

kekebalan tubuh

Buah nanas memang sangat terkenal dengan kandungan vitamin C didalamnya. Jadi,tak heran jika dalam buah ini terdapat hampir 130% kebutuhan manusia terhadap vitamin C perharinya. Hal ini menjadikan buah nanas sebagai sumber asam askorbat paling banyak.

Dengan kandungan vitamin C akan meningkatkan kekebalan tubuh. Caranya dengan merangsang aktivitas dari sel darah putih. Bahkan vitamin C nya juga menjadi antioksidan yang akan melindungi resiko dari radikal bebas.

Menciptakan Kolagen

vitamin c

Dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada buah nanas sangat berperan penting untuk menciptakan kolagen. Senyawa kolagen adalah protein penting pada kulit, organ, tulang, dan dinding pembuluh darah.

Selain itu, adanya kandungan vitamin C sangat tinggi dalam buah nanas juga bisa menyembuhkan luka secara cepat. Manfaat buah nanas juga bisa mempertahankan diri terhadap penyakit dan juga infeksi yang akan menyerang.

Dengan kandungan vitamin C pada buah nanas juga bisa mencegah menumpuknya plak yang terjadi pada pembuluh arteri atherosclerosis sehingga bisa beresiko mengalami penyakit jantung.

Sementara kandungan vitamin A yang sangat kecil pada buah nanas (58 IU setiap 100 g) & senyawa beta karoten, bisa dijadikan antioksidan dalam menjaga membran mukosa, menyehatkan mata dan kulit.

Mencegah Kanker

mencegah kanker

Manfaat buah nanas selanjutnya ialah mampu memerangi resiko penyakit kanker. Buah ini juga mengandung antioksidan tinggi. Diantaranya vitamin A, bromelain, beta karoten, dan juga berbagai senyawa flavonoid maupun mangan yang sangat tinggi.

Ada beberapa penelitian yang menyebutkan jika buah ini juga punya kemampuan terkait pada pencegahan kanker mulut, payudara dan juga tenggorokan. Jadi, konsumsi secara rutin buah nanas atau bisa juga dibuat menjadi jus buah.

Dalam buah nanas telah mengandung bromelain yang berperan sebagai anti kanker. Pada penelitian telah menunjukkan jika ada 2 molekul penting dalam bromelain berupa CCS & CCZ. Kandungan CCS disini bisa menahan protein ras telah ditemukan sampai 30% didalam penyakit kanker. Sementara CCZ mampu meningkatkan system imun dalam tubuh yang bisa mengenali maupun menghancurkan sel kanker didalam tubuh.

Dengan kedua senyawa tersebut, maka bisa mencegah pertumbuhan sel sel tumor yang terdapat pada payudara, ovarium, usus besar, paru paru & melanoma. Bahkan dengan kandungan bromelain pada buah nanas dipercaya bisa mengurangi rasa sakit & efek buruk setelah melakukan kemoterapi.

Buah nanas juga bisa dijadikan sumber mangan sangat baik bagi tubuh. Karena mangan adalah co-factor enzim superoksida_dismutase, yakni penghambat radikal bebas paling kuat. Dengan mengkonsumsi buah nanas secara rutin, anda juga bisa menjadikannya sebagai antioksidan alami sebegai pencegah kanker.

Membantu Merawat Kecantikan Kulit

mencerahkan kulit wajah
Image by: Alodokter.com

Jika anda mengalami masalah pada kulit, misalnya kulit kering, maka bisa mencoba menggunakan buah nanas ini untuk mengatasinya. Biasanya kulit kering atau kusam bisa disebabkan karena cuaca panas atau polusi udara dijalan.

Cara menggunakannya:
– Siapkan buah nanas secukupnya
– Selanjutnya kupas dan cuci bersih buah nanas tersebut
– Setelah itu, haluskan atau lumatkan sampai hancur
– Ambil 3 sendok makan nanas halus
– Campur dengan kuning telur dan juga susu sedikit saja
– Aduk sampai rata dan gunakan untuk olesan pada wajah
– Setelah mengering, bersihkan dengan air hangat.

Dengan buah nanas ini akan mengurangi resiko hidrasi kulit anda. Sehingga kulit kering dan kusam akan berubah menjadi kulit yang segar dan lembab. Namun anda harus menggunakan buah nanas yang sewajarnya saja jangan sampai berlebihan.

Mencegah Rambut Rontok dan Menebalkannya

rambut rontok

Manfaat buah nanas untuk kecantikan selanjutnya ialah untuk mencegah rambut rontok. Masalah rambut rontok banyak dialami oleh masyarakat dengan factor penyebab yang berbeda. Ada yang rambutnya rontok karena kondisi kulit kepala yang kering, atau karena factor makanan.

Untuk itu, rajinlah mengkonsumsi buah nanas ini untuk mengatasi masalah rambut rontok. Adanya vitamin C sangat tinggi dalam buah nanas bisa menghilangkan rambut rontok dan membuat rambut anda lebih subur dan indah. Kandungan ini juga bisa memerangi kerusakan pada rambut yang disebabkan karena radikal bebas.

Selain mengatasi masalah rambut rontok, buah nanas juga bisa menebalkan rambut secara alami. Itu karena adanya enzim yang bisa memperkaya folikel rambut karena telah memberi nutrisi penting bagi rambut. Sehingga bisa meningkatkan elastisitas & ketebalan rambut anda.

Mempercantik dan Memperkuat Kuku

kuku wanita
Image by: muslimah.or.id

Jika kuku anda tampak kering dan rapuh, kini saatnya untuk menguatkannya dengan cara mengkonsumsi buah nanas secara rutin. Kuku kering dan rapuh disebabkan karena kurangnya asupan vitamin A & B.

Dalam manfaat buah nanas juga mengandung kedua vitamin tersebut sehingga anda bisa menggunakannya untuk mengatasi hal ini. Selain dengan mengkonsumsi secara langsung, anda juga bisa membuat lotion dari jus nanas untuk kuku agar kuku terlihat indah dan kua.

Mengatasi Gatal Pada Kulit Kepala

Masalah lain yang bisa diatasi dengan nanas ialah kulit kepala terasa gatal. Manfaat buah nanas terkait hal ini ialah adanya kandungan bromelain yang merupakan enzim antioksidan dengan kekuatan anti inflamasi didalamnya.

Mengkonsumsi buah nanas secara rutin bisa mengurangi masalah peradangan pada kulit kepala. Bahkan kandungan tersebut juga bisa mengatasi infeksi yang terdapat di kulit kepala, serta masalah rambut rontok.

Meminimalisir Penyakit Sinusitis

Apakah anda tahu apa saja yang menjadi gejala penyakit sinusitis? Salah satu gejalanya ialah hidung tersumbat lendir dan tak dapat dikeluarkan. Hal ini membuat anda merasakan pilek terus menerus yang tak kunjung sembuh. Penyakit ini memang berbeda dengan influenza.

Karena pada sinusitis lendir telah tersumbat dihidung terperangkap pada sebuah rongga yang sulit sekali dikeluarkan. Hal ini juga membuat pasien sinusitis harus menjalani operasi agar lendir bisa keluar.

Tetapi, tidak perlu melakukan operasi, karena anda bisa mengambil manfaat buah nanas untuk menyembuhkan sinusitis ini. Salah satu manfaat buah nanas ialah bisa mengurangi lendir & peradangan sinus yang anda alami. Jadi, konsumsi buah nanas dengan teratur dan tidak berlebihan agar bisa mengurangi sinusitis yang anda alami. +

Mencegah Penyakit Degenerasi Makula (AMD)

Kondisi degenerasi makula atau yang biasa disebut dengan (Age-related Macular Degeneration/ AMD) termasuk keadaan seseorang dengan penglihatan yang menurun. Hal ini bisa disebabkan karena usia yang bertambah.

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan jika mengkonsumsi buah nanas secara rutin bisa mengurangi resiko terserangnya AMD sampai 36 %. Buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi ialah buah dengan kandungan vitamin C, A & E misalnya buah nanas.

Menguatkan Tulang

Bukan hanya susu yang didalamnya terdapat kandungan kalsium yang berguna untuk menyehatkan tulang. Tetapi juga buah nanas telah mengandung zat yang bisa menguatkan tulang & jaringan ikat karena terdapat asupan mangan yang sangat tinggi.

Mengkonsumsi jus nanas 1 cangkir berarti telah mencukupi kebutuhan mangan sampai 73% per harinya. Terdapat penelitian yang menyebutkan jika zat mangan dengan mineral jenis lain bisa mencegah munculnya osteoporosis bagi wanita terutama setelah mengalami menopause.

Kandungan Nutrisi Nanas (100 G)

Manfaat buah nanas memang banyak sekali karena banyaknya kandungan gizi didalamnya yang sangat dominan seperti kandungan vitamin C & mangan. The World’s Healthiest_Foods telah menyatakan jika terdapat kandungan vitamin C dari 165 gram buah nanas yang mencapai 105,1% zat yang dibutuhkan oleh tubuh per harinya. Sementara untuk kandungan mangan dalam buah nanas mencapai 76,5 % kebutuhan setiap harinya.

Ada ekstrak inti dari buah & batang buah nanas juga banyak mengandung zat enzim proteolitik bromelain sehingga bisa membantu memecah protein. Dalam buah nanas juga mengandung tembaga, kaya akan vitamin B1 & B6, folat, serat pangan, serta asam pantotenik. Sementara vitamin A yang ada dalam buah nanas ini jumlahnya sangat sedikit.

Diet Buah Nanas

diet

Banyaknya kandungan nutrisi dalam buah nanas seperti adanya vitamin A, C, senyawa tiamin, tembaga & serat memang sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Akan tetapi yang paling dominan dari buah nanas ini ialah kandungan enzim bromelain.

Karena enzim tersebut bisa mengurangi lemak berlebih yang ada disekitar perut maupun pinggul. Inilah yang membuat banyak wanita memanfaatkan buah nanas ini untuk diet sehatnya.

Dengan bantuan enzim tersebut, maka pencernaan pada usus akan lebih lancar. Ada penelitian baru yang menyatakan jika buah nanas ini bisa membakar lemak. Itu karena kerja sama antara enzim bromelain dengan enzim lainnya diperut seperti enzim lipase. Dengan begitu akan mencerna lemak yang masuk didalam tubuh melalui makanan yang anda konsumsi.

Sehingga dengan kedua enzim tersebut, nafsu makan anda juga akan berkurang namun proses sekresi lemak bisa lebih optimal. Lemak lemak dalam tubuh bisa dikeluarkan dengan baik terutama lemak yang ada diperut. Dengan begitu diet yang anda lakukan bisa sukses.

Itulah manfaat buah nanas yang banyak mengandung vitamin & mineral untuk kesehatan. Namun mengkonsumsi nanas tidak disarankan secara berlebihan. Itu karena buah ini bisa memicu penyebab alergi pada tubuh anda. Jadi, konsumsi dengan jumlah yang cukup jika ingin mengambil manfaatnya.