10 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Naga

Waktuku.com – Seperti kita tahu bahwa banyak sekali buah-buahan di sekitar kita, salah satunya adalah Buah Naga. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas beberapa Manfaat Buah Naga. Buah naga adalah buah yang akhir-akhir ini menjadi terkenal di kalangan masyarakat indonesia.

Buah ini menjadi terkenal karena berbagai manfaatnya yang cukup banyak, terlebih bagi kesehatan manusia. Disamping itu, penampilan buah naga yang terkesan unik juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Bentuk yang mirip seperti ekor naga dan dilengkapi dengan duri di sekujur daun-daunnya adalah ciri khas buah ini.

Buah naga berasal dari luar Indonesia tepatnya Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Buah tersebut tak hanya berkembang di negeri Paman Sam, namun tersebar hingga ke negara-negara di Asia termasuk Indonesia.

Terdapat beberapa perbedaan di manfaat buah naga itu sendiri seperti warna daging buahnya ataupun warna kulitnya. Anda pasti penasaran dengan buah yang satu ini. Berikut sebelum kami mengulas tentang manfaat buah naga, kami akan mengulas macam-macam buah naga yang dapat kita konsumsi.

Jenis Buah Naga
bauh naga merah

1. Hylocereus costaricensis. Jenis Buah Naga ini berwarna kulit merah muda dan daging buah yang berwarna merah terang.
2. Hylocereus polyrhizus. Buah ini memiliki ciri-ciri kulit yang berwarna merah muda namun daging buahnya memiliki warna merah yang kurang terang
3. Hylocereus undatus. Berbeda dengan buah sebelumnya, buah naga jenis ini memiliki warna kulit merah tetapi daging buahnya adalah berwarna putih.
4. Selenicereus megalanthus. Buah yang terakhir merupakan buah naga yang paling unik, karena warna kulitnya adalah kuning dan daging yang berwarna putih

Nutrisi yang terdapat dalam Buah Naga:

Manfaat buah naga adalah buah yang kaya akan nutrisi. Nutrisi tersebut sangat bermanfaat bagi manusia. Beberapa nutrisi tersebutmisalnya seperti air, protein, serat, kalsium,fosfor dan juga vitamin. Tak heran jika buah yang satu ini menjadi buah yang digandrungi dan dipercaya sebagai obat ampuh untuk berbagai macam penyakit

Apa Kandungan Dari Buah Naga?

buah naga

Buah naga mempunyai kandungan nutrisi yang tidak sedikit, maka dari itu, buah naga menjadi sangat terkenal. Tak sedikit pula orang yang menjadikan buah naga sebagai alternatif pengobatan berbagai macam penyakit tertentu, dan faktanya memang terbukti dan memberikan hasil yang signifikan.

Apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari buah naga? Berikut adalah daftar dan penjelasan dari manfaat yang dapat diperoleh dari buah naga. Semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat dan berguna bagi Anda.

1. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker

Kanker termasuk dalam kategori penyakit yang berbahaya dan menjadi momok bagi sebagian besar manusia.Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena pada faktanya sampai saat ini belum ada penyembuhan bagi penyakit. Nah, tidak perlu risau, karena dengan mengkonsumsi buah ini Andadapat mencegah penyakit kanker.

Agar maksimal ikuti Langkah-langkah sebagai berikut:

– Anda dapat memilih buah naga yang berbobot 250 gram atau lebih.
– Bersihkan dari kulit luarnya dan konsumsi setiap pagi dan sore.
– Lakukan secara rutin setiap hari agar hasilnya maksimal

Buah naga mengandung antioksidan phytoalbumin yang jumlahnya sangat banyak. Senyawa ini dapat meningkatkan pertumbuhan radikal bebas karsinogenik yang dapat mencegah sel-sel kanker berkembang dalam tubuh. Disamping itu buah naga juga dapat memperlancar kerja pembuangan racun keluar dari tubuh, termasuk racun-racun yang menyebabkan kanker.

2. Mendukung Program Diet

diet

Buah naga adalah salah satu buah yang tinggi protein, namun mengandung lemak dan karbohidrat yang rendah. Sehingga buah naga menjadi pilihan buah yang sangat tepat jika dikonsumsi untuk program diet. Kandungan proteinnya dapat memenuhi kebutuhan tubuh Anda dan kandungan lemak serta karbohidratnya tidak akan mengganggu program diet Anda. Nah, berikut Langkah- langkahnya:

-Anda harus memilih buah naga yang sudah masak, usahakan masih segar.
-Kupas dan iris sesuai selera Anda.
-Konsumsilah minimal dua buah di pagi hari setelah bangun tidur, satu di sore hari, dan satu di malam har.
– Lakukan setiap hari agar program diet Anda mendapat hasil yang maksimal.

Disamping itu, kandungan serat pada buah naga juga dapat membantu untuk memperlancar pencernaan.

3. Mencegah Diabetes Melitus (DM)

diabetes melitus

Diabetes Melitus (DM) merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang manusia saat ini, karena pola hidup yang kurang sehat. AndaTidak perlu khawatir karena Buah naga mampu membunuh sel-sel jahat yang diproduksi akibat dari pola hidup kurang sehat. Sehingga penyakit DM pun dapat dicegah. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

-Anda dapat membeli 2 buah naga yang sudah masak dengan berat 200 gram. Usahakan yang berwarna merah.
-Kupas dan ambil dagingnya.
-Konsumsilah secara langsung di pagi setelah sarapan sebanyak satu buah dan satu buah di malam hari sebelum tidur
-Lakukan secara rutin setiap hari.

Kadar serat dalam buah naga cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk mencegah serta mengatasi diabetes. Seperti yang kita ketahui bahwa serat berfungsi untuk mengatur dan mengontrol kadar gula darah. Kandungan vitamin B3 yang cukup banyak juga mampu untuk mencegah dan mengatasi penyakit diabetes.

4. Membantu meringankan Batuk dan Asma

Batuk

Salah satu manfaat buah naga juga dapat mengobati batuk. Batuk mungkin termasuk penyakit yang terlihat sepele bagi sebagian orang, namun bagi sebagian orang batuk dapat menyebabkan sesak nafas yang sangat menyiksa. Khususnya bagi para penderita penyakit asma.

Jika Anda ingin batuk Anda reda, ikuti Langkah-langkahnya berikut ini:

-Ambilah satu buah naga putih segar yang sudah masak
-Kupas dan potong menjadi dua bagian dan konsumsi secara langsung di siang setelah makan dan malam menjelang tidur
-Lakukan secara rutin setiap hari jika batuk Anda parah

Ternyata buah naga mampu membantu penyembuhan batuk dan asma yang acapkali mengganggu pernafasan dengan meringankan akibat dari batuk dan asma tersebut. Maka dari itu, penderita asma sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini.

5. Bermanfaat untuk menjaga Kesehatan Tulang

kesehatan tulang

Buah naga memiliki kandungan nutrisicukup tinggi misal seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Kandungan ini menempatkan buah naga sebagai makanan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tulang untuk dapat tetap sehat, bugar dan kuat. Mengapa demikian? Karena kalsium yang terdapat dalam buah naga dapat menjaga peran otot tubuh dan meningkatkan transmisi saraf. Berikut tata caranya:

-Pilihlah buah naga merah yang sudah matang satu buah dengan berat 250 gram
-Selanjutnya Anda harus mengupas dan memotong menjadi dua bagian
-Anda dapat mengkonsumsi setiap bangun tidur sebelum melakukan aktifitas dan malam menjelang tidur malam

Kandungan vitamin C nya pun mampu meningkatkan kemampuan kerja tubuh dalam menyerap zat besi agar lebih optimal.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

kolesterol

Manfaat Buah Naga selanjutnya adalah mampu menurunkan kadar kolesterol. Berikut cara penggunaannya:

-Anda dapat membeli tiga buah merah naga yang sudah matang dengan bobot sekitar 200 gram atau lebih.
-Pisahkan kulit dan daging buahnya.
-Konsumsi satu buah pada pagi hari setelah bangun tidur dan perut dalam keadaan kosong sebelum beraktivitas, satu buah pada siang hari setelah makan siang dan malam hari menjelang tidur.
-Lakukanlah secara rutin untuk menurunkan kolesterol dengan waktu yang singkat.

Kandungan vitamin B3 yang sangat tinggi menjadi senjata ampuh buah naga dalam menurunkan LDL (kolesterol jahat). Sehingga bagi seseorang yang memiliki kolesterol tinggi sangatlah tepat untuk mengonsumsi buah ini.

7. Meningkatkan Pembentukan Sel Darah Merah (Hemoglobin)

sel darah

Sel darah merah atau yang biasa disebut hemoglobin sangatlah diperlukan dalam tubuh.Buah naga dapat membantu meningkatkan pembentukan sel darah merah. Agar hasilnya maksimal Anda hanya perlu mengikuti cara berikut:

-Ambilah satu buah naga merah yang sudah matang dengan berat minimal 200 gram.
-Potong dan ambil daging buahnya
-Letakan dalam blender bersama satu sachet susu kentaldan air secukupnya sesuai selera Andauntuk dibuat jus, minumlah sampai habis
-Lakukan kegiatan tersebut minimal dua kali dalam satu minggu untuk menjaga sel darah merah Anda.

Kandungan buah naga yang berupa vitamin B12 atau riboflavin dapat membantu pembentukan sel darah merah. Sehingga mengkonsumsi buah naga sangat dianjurkan bagi siapapun.

8. Bermanfaat untuk Kesehatan Usus

kesehatan usus

Jika Anda adalah termasuk orang suka makan, tentu kerja usus akan semakin berat. Sehingga untuk membantu meringankan kinerja usus Anda perlu bantuan serat. Berikut langkah yang dapat Anda ikuti agar usus Anda tetap terjaga:

-Anda hanya perlu membeli satu buah naga yang sudah matang
-Pisahkan antara kulit dan daging buahnya. Andadapat langsung mengkonsumsinya.
-Lakukan setiap kali Anda selesai makan agar usus Anda tetap terjaga.

Nah, buah naga ini termasuk buah dengan kandungan serat yang lumayan tinggi. Maka dari itu, sangat disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi buah naga agar Anda tetap sehat.

9. Mencegah Serangan Jantung

kesehatan jantung

Kandungan serat dalam buah naga sangat tinggi dan dapat mencegah inflamasi dan juga menurunkan tekanan darah tinggi. Sehingga resiko serangan jantung yang biasa terjadi pada manusia yang terbiasa mengonsumsi buah naga bisa dibilang kecil. Untuk menghindari Anda hanya perlu mengikuti tips berikut:

-Anda hanya perlu menyiapkan tiga buah naga yang sudah matang dengan berat sekitar 200 gram, boleh jenis putih atau merah.
-Pisahkan kulit dan buahnya dan Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung.
-Konsumsi pada waktu Anda selesai sarapan, makan siang, atau makan malam.
-Lakukan setiap minggu minimal dua kali atau setiap hari agar hasil yang didapat maksimal.

10. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh merupakan hal yang sangat penting bagi manusia, karena jika sistem kekebalan tubuh memburuk berbagai macam penyakit dapat dengan sangat mudah menyerang tubuh. Entah itu penyakit yang bersifat tidak terlalu berat sepertiflu, batuk, pilek, demam, ataupun penyakit yang berbahaya seperti HIV/AIDS. Jika Anda ingin kekebalan tubuh Anda terjaga, berikut caranya:

-Anda hanya perlu mempersiapkan satu buah naga dengan berat 250 gram, boleh buah naga putih atau merah (bebas).
-Kemudian pisahkan kulit dan dagingnya, potong menjadi dua bagian.
-Konsumsi setiap siang setelah makan siang dan malam sebelum tidur. Dengan begitu

Buah naga mengandung senyawa yang bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin C, protein, dan potassium yang cukup tinggi. Kandungan-kandungan inilah yang berguna bagi sistem imun/kekebalan tubuh. Demikian ulasan tentang manfaat buah naga yang dapat kami sampaikan kepada Anda semuanya semoga bermanfaat.