Manfaat Buah Belimbing

Waktuku.comManfaat buah belimbing bisa anda gunakan untuk kesehatan tubuh ataupun kecantikan kulit. Sama halnya dengan buah lainnya, pada buah belimbing ini juga banyak mengandung nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Buah belimbing atau yang nama latinnya Averrhoa Carambola bisa digunakan dalam pengobatan sebagai zat antipiretik serta ekspektoran. Dengan begitu, secara alami bisa dijadikan sebagai salah satu obat batuk pada anak.

Selain itu, buah belimbing juga bermanfaat sebagai zat antioksidan, analgesic, anti inflamasi, serta diuretik. Dengan beberapa kandungan tersebut, buah belimbing bisa dijadikan sebagai obat batuk, luka terinfeksi, demam, sakit tenggorokan, diabetes, serta kolesterol.

Adanya kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada buah belimbing juga bisa digunakan sebagai penyembuh sakit kepala maupun nyeri sendi. Manfaat buah belimbing lainnya bisa anda lihat pada penjelasan dibawah ini.

Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan dan Kecantikan:

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi.

Buah belimbing mengandung beberapa mineral serta elektrolit berbentuk kalium, fosfor, seng maupun besi. Kandungan kalium adalah komponen penting pada sel serta cairan tubuh untuk mengendalikan denyut jantung serta tekanan darah.

Sehingga bisa menekan efek buruk sodium. Banyak penyembuha yang dilakukan bagi penderita hipertensi menggunakan terapi belimbing. Caranya dengan mengkonsumsi buah belimbing secara teratur.

Mengatasi Gangguan Ginjal.

Bila ada yang mengalami masalah pada ginjal, buah belimbing bisa dikonsumsi secara rutin. Disebabkan dalam buah belimbing ini mempunyai konsentrasi tinggi terhadap kandungan asam oksalat. Beberapa ilmuwan juga menganggapnya sebagai salah satu senyawa anti nutrisi. Yang mengganggu penyerapan serta metabolisme sejumlah mineral alami berupa kalsium, magnesium atau sebagainya.

Bermanfaat Menjaga Sistem Pencernaan

Dengan asupan serat yang cukup, maka system pencernaan dalam tubuh akan terjaga kesehatannya. Dalam hal ini, buah belimbing mempunyai kandungan serat tinggi yang mencukupi untuk kebutuhan system pencernaan dalam tubuh.

Asupan serat ini bukan Cuma bermanfaat menjaga kesehatan system pencernaan saja, melainkan juga bisa mengatasi masalah yang mungkin terjadi pada system pencernaan dalam tubuh. Beberapa masalah pada system pencernaan yang bisa diobati dengan buah belimbing ialah diare, sembelit, dan juga disentri. Untuk memperoleh manfaat buah belimbing ini, anda bisa mengkonsumsi secara langsung atau menjadikannya menjadi jus buah.

Mencegah Penyakit Kanker

Salah satu penyakit yang mematikan ialah penyakit kanker. Sehingga banyak yang mencegah penyakit ini agar tidak sampai menjangkitnya. Salah satu caranya dengan mengkonsumsi buah belimbing secara rutin. Terdapat kandungan vitamin C sangat tinggi dalam buah belimbing yang bisa menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit kanker.

Berdasarkan penelitian dari para ahli, asupan vitamin C yang ada dalam buah belimbing ini dapat memenuhi sampai 75% kebutuhan tubuh per harinya. Kadar tersebut hampir sama pada buah jeruk yang biasa disebut dengan buah paling kaya vitamin C.

Kaya Akan Kandungan Antioksidan

Meskipun vitamin C adalah antioksidan yang alami dalam buah belimbing, namun bukan hanya itu saja yang berperan sebagai antioksidan. Ada kandungan antioksidan lain yang baik sekali untuk kesehatan tubuh.

Diantaranya ialah kandungan flavonoid polifenol, epicatechin, quercetin, serta asam galat. Beberapa senyawa tersebut adalah kandungan antioksidan untuk tubuh sebagai salah satu manfaat buah belimbing yang sangat penting bagi kesehatan.

Beberapa kandungan antioksidan diatas tidak hanya bisa menangkal radikal bebas, namun juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai serangan penyakit yang mungkin datang.

Mampu Meningkatkan Kinerja Enzim Dalam Tubuh

Untuk manfaat buah belimbing lainnya ialah berhubungan dengan kinerja enzim. Pada buah belimbing terdapat kandungan vitamin B kompleks. Diantara asupan vitamin B kompleks itu ialah folat, riboflavin, serta piridoksin (vitamin B-6).

Jika dikonsumsi bersama sama, maka kandungan tersebut bisa bermanfaat dalam meningkatkan system kerja enzim pada tubuh. Khususnya untuk enzim yang berkaitan dengan system metabolisme dalam tubuh.

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Tekanan darah tinggi dapat disebabkan karena mengkonsumsi kandungan sodium yang terlalu tinggi dalam tubuh. Hal ini berakibat asupan kalium dalam tubuh yang berkhasiat untuk system peredaran darah semakin menurun. Jadi, untuk meningkatkan kadar kalium tersebut, konsumsilah buah belimbing dengan rutin. Karena pada buah belimbing ini telah mengandung senyawa kalium sangat tinggi.

Bukan hanya bisa menyembuhkan tekanan darah tinggi, kandungan lain seperti magnesium, serta zat besi pada buah belimbing juga bisa mengurangi resiko terkena anemia ataupun kurangnya sel darah merah dalam tubuh. Manfaat buah belimbing ini juga banyak di gunakan oleh pasien yang mengalami tekanan darah tinggi.

Dapat Mengatasi Gangguan Ginjal

Penyakit yang sangat serius salah satunya ialah gangguan ginjal. Salah satunya ialah batu ginjal yang sangat berbahaya dan sangat serius penanganannya. Karena penyakit ini belum ada penawarnya, maka harus sangat hati hati dengan batu ginjal ini. Namun anda bisa saja melakukan pencegahan terhadap penyakit tersebut dengan cara mengkonsumsi buah belimbing secara rutin.

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan di negara jepang pada tahun 2003, didalam buah belimbing ini telah mengandung asam oksalat sangat tinggi. Asupan asam ini bisa bekerja secara maksimal dengan kandungan kalium yang ada didalam organ ginjal.

Sementara manfaat buah belimbing untuk kesehatan organ ginjal diantaranya ialah mampu melarutkan kotoran yang terdapat pada organ ginjal, mencegah munculnya oksidasi negatif yang menjadi penyebab kerusakan organ ginjal, menjaga nefron ginjal, maupun efek positif lainnya.

Mampu Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Kandungan kolesterol umumnya bisa dibagi kedalam 2 bagian diantaranya kolesterol baik dengan kolesterol jahat. Sama halnya dengan namanya, kolesterol jahat memang tidak bagus untuk kesehatan. Sementara kolesterol baik sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Nah, didalam buah belimbing ini mengandung pectin sangat tinggi. Berdasarkan pendapat para ilmuan dari hongkong, kandungan pectin yang ada didalam buah belimbing ini bisa mengikat kolesterol jahat. Sehingga kolesterol jahat didalam tubuh bisa berkurang dan membuangnya melalui proses sekresi empedu. Sehingga, sangat bagus mengkonsumsi buah belimbing ini untuk menghilangkan kolesterol jahat didalam tubuh.

Mengatasi Peradangan

Badan seseorang memang sangat rentan terhadap peradangan. Misalnya saja peradangan yang disebabkan karena rematik, asam urat, ataupun luka. Untuk mengatasi beberapa masalah peradangan yang anda alami tersebut, anda bisa mengkonsumsi buah belimbing dengan rutin.

Dikarenakan berdasarkan para ahli, dalam buah belimbing ini mengandung senyawa anti-inflamasi sangat tinggi. Jadi, senyawa tersebut bukan hanya bisa mengatasi masalah peradangan, melainkan juga bisa mengurangi sakit karena peradangan.

Baik Untuk Kesehatan Mata

Dalam buah belimbing juga mengandung banyak vitamin A. Kandungan vitamin tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Sama halnya dengan wortel, asupan vitamin A tersebut selain bisa menjaga kesehatan mata juga bisa mencegah degenerasi makula.

Ada penelitian yang menyatakan jika mengkonsumsi buah belimbing secara rutin juga bisa mempertajam penglihatan. Manfaat buah belimbing ini bisa anda ambil dengan mengkonsumsi secara langsung atau menjadikan jus buah untuk dikonsumsi.

Meningkatkan Vitalitas

Salah satu manfaat buah belimbing yang banyak digunakan oleh pasangan suami istri ialah bisa meningkatkan vitalitas. Berbagai kandungan nutrisi penting pada buah belimbing ini berguna untuk pria maupun wanita dewasa.

Namun bukan hanya bisa berkhasiat untuk menambah vitalitas pasangan suami istri saja. Beberapa kandungan nutrisi mineral berupa magnesium, zat besi, kalium, fosfor kalsium, atau lainnya juga bisa menjaga organ reproduksi.

Mampu Menghaluskan Kulit

Adanya kandungan alami berupa asam oksalat yang ada pada buah belimbing ini juga bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Kandungan tersebut bisa melarutkan sel kulit yang telah mati pada wajah anda dan menggantinya dengan yang baru.

Salah satu hal yang menyebabkan kulit wajah kasar ialah sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Jadi, untuk bisa mengelupaskan sel kulit mati tersebut, anda bisa menggunakan manfaat buah belimbing. Caranya dengan menjadikan masker buah belimbing ini pada wajah.

Menghilangkan Bekas Luka

Buah belimbing ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka yang ada pada kulit anda. Misalnya adanya flek hitam pada wajah yang diakibatkan karena sel kulit mati pada wajah yang menumpuk.

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada buah belimbing ini bisa memaksimalkan regenerasi sel-sel kulit yang baru terutama pada bekas luka. Sehingga, anda bisa menggunakan masker dari buah belimbing ini untuk menghilangkan bekas luka secara alami.

Anti-Inflamasi dan Antimikroba.

Adanya fungsi aktivitas anti-inflamasi yang berasal dari sakit peradangan, akan sangat mengganggu. Namun kandungan etanol yang terdapat pada buah belimbing akan meringankan keadaan tersebut sama halnya dengan eksim.

Sedangkan kandungan lainnya yang bisa menghambat perkembangan bakteri Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, Escherichia coli, maupun Bacillus cereus pada buah belimbing tentu masih ada. Bukan hanya dianggap sebagai salah satu sumber makanan, belimbing ternyata juga dijadikan sebagai salah satu tumbuhan herbal yang terdapat di area Brazil, Tiongkok, Malaysia, India, dan di Taiwan.

Belimbing juga banyak digunakan untuk pengobatan ayurvedic serta pengobatan tradisional Tiongkok menjadi obat demam, batuk, tenggorokan, asma, radang kulit, dan juga sakit kepala kronis.

Anti-Ulkus Atau Tukak

Manfaat buah belimbing juga bisa dipakai untuk menjaga kesehatan perut yakni menyembuhkan penyakit maag. Ekstrak dari daun ataupun buah belimbing telah diketahui mempunyai sifat anti-ulkus disebabkan karena adanya kandungan terpenoid, flavonoid serta lendir. Adanya kandungan lendir pada buah belimbing tersebut mampu menyediakan lapisan dalam mukosa gastrointestinal, yang bisa membantu menghindari adanya kerusakan karena gastritis.

Mengatasi Gangguan Pencernaan.

Belimbing juga bisa bermanfaat untuk menambah nafsu makan, antidiare, bersifat diuretic, maupun sebagai penurun panas. Selai itu, ekstrak daun belimbing juga turut serta bisa digunakan sebagai pengobatan penyakit diabetes.

Sementara kandungan ekstrak yang berasal dari buah belimbing mempunyai kandungan alami yang bisa mencegah serangan kanker hati.

Itulah penjelasan tentang manfaat buah belimbing. Untuk mengkonsumsi buah belimbing, jangan sampai berlebih. Terutama bagi penderita masalah ginjal kronis karena bisa menyebabkan status epilepticus yakni kondisi gawat darurat yang dialami oleh seseorang ketika ia harus kejang yang menetap dalam waktu sekitar 5 menit.

Bahkan tidak bisa berhenti meskipun setelah melakukan pengobatan. Keadaan yang terpicu karena mengkonsumsi buah belimbing secara berlebih juga perlu penyelidikan secara lebih lanjut untuk mengetahui secara jelas mengenai dampak yang sesungguhnya.