Manfaat Buah Apel

Waktuku.comManfaat buah apel sangat banyak sekali baik untuk kesehatan tubuh ataupun untuk kecantikan kulit. Para ahli juga mengatakan jika mengkonsumsi buah apel setiap hari bisa memperpanjang usia. Selain itu, anda juga bisa menggunakan apel untuk kesehatan kulit. Bisa dikonsumsi ataupun dijadikan sebagai masker alami untuk wajah anda.

Khasiatnya sangat banyak diantaranya ialah mampu menghilangkan jerawat, menjadikan wajah tampak cerah sekaligus menghilangkan minyak yang berlebih pada wajah.
Beberapa kandungan nutrisi yang ada dalam buah apel ini juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Dibawah ini beberapa manfaat buah apel untuk kesehatan yang bisa anda peroleh.

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan:

Menangkal Radikal Bebas

Terdapat kandungan antioksidan sangat besar pada buah apel ini yang bisa digunakan sebagai penangkal radikal bebas. Karena radikal bebas bisa mempercepat penuaan, penyakit neurodegeneratif misalnya alzheimer & demensia, kanker, katarak, dan penyempitan pembuluh darah.

Senyawa Quercetin juga paling banyak ada dibagian kulit apel. Namun untuk mengkonsumsinya, usahakan mencuci sampai bersih terlebih dahulu agar pestisida maupun bahan berbahaya lain yang ada pada kulit apel bisa hilang.

Menurunkan Risiko Kanker Paru

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan jika mengkonsumsi apel dengan rutin akan mengurangi resiko risiko timbulnya kanker paru sampai 40% hingga 50%. Bahkan pada penelitian lainnya telah menyebutkan jika risiko timbulnya kanker paru terhadap wanita bisa menurun sampai 21 persen. Untuk itu, anda bisa mengkonsumsi buah apel secara rutin untuk mengambil manfaat buah apel ini dalam mengurangi resiko terserangnya kanker paru paru.

Mengurangi Risiko Diabetes

Terdapat kandungan polifenol yang ada pada buah apel yang bisa membantu melawan kadar gula dalam darah yang meningkat. Sementara Quercetin juga bisa mencegah pembentukan enzim baik alfa-amilase maupun alfa-glukosidse yang bisa memecah kandungan karbohidrat kompleks hingga menjadi gula sederhana.

Manfaat buah apel yang mengandung Polifenol juga bisa mengurangi penyerapan glukosa pada system pencernaan, mampu menstimulasi sel-sel beta pada pankreas yang akan mensekresi insulin. Sehingga bisa meningkatkan pembuangan glukosa pada darah melalui stimulasi reseptor insulin.

Kandungan indeks glikemik yang ada dalam buah apel juga sangat rendah dengan berada pada peringkat 38. Oleh sebab itulah buah apel bisa digolongkan sebagai salah satu buah paling bagus bagi penderita diabetes.

Baik Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah apel juga sering digunakan untuk menurunkan berat badan dengan memasukkan buah apel kedalam menu harian. Dengan kandungan kalori yang sangat rendah, Cuma 50 kalori setiap 100 gramnya, buah ini terbukti sangat cocok dijadikan sebagai penurun berat badan.

Apel juga tidak mengandung asupan lemak jenuh maupun kolesterol. Buah apel bahkan telah mengandung asupan serat pangan untuk mempertahankan rasa kenyang yang lebih lama. Dengan begitu, diet yang anda lakukan bisa berjalan lancar dan tidak akan makan secara berlebihan.

Kandungan serat pada manfaat buah apel juga bisa melindungi membran mukosa terhadap paparan substansi beracun. Caranya dengan mengikat senyawa yang menjadi penyebab kanker pada usus besar.

Pada buah apel juga mengandung vitamin B sehingga bisa membantu system kerja enzim pada metabolisme tubuh. selain itu, vitamin B juga dibutuhkan dalam membantu melepaskan energi dari kandungan karbohidrat.

Mencegah Penyakit Jantung Dan Stroke

Adanya serat pangan pada buah apel juga mampu mencegah penyerapan LDL maupun kolesterol jahat pada tubuh anda. Sedangkan untuk kandungan potasium yang ada didalam buah ini bisa membantu untuk mengontrol detak jantung serta tekanan darah agar tetap normal.

Kandungan Potasium ini juga bisa menghilangkan pengaruh buruk dari sodium karena bisa meningkatkan tekanan darah ataupun hipertensi. Kombinasi dari serat pangan dengan nutrisi lainnya yang ada pada buah apel juga bisa menurunkan risiko timbulnya penyakit jantung maupun stroke. Untuk mengambil manfaat buah apel tersebut, anda bisa mengkonsumsi buah apel secara rutin.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Anda juga bisa mengkonsumsi buah apel secara rutin untuk menjaga kesehatan system pencernaan. Manfaat buah apel ini bisa terjadi karena bisa merubah jumlah bakteri Clostridiales serta Bacteriodes yang ada pada usus besar dengan cepat.

Dengan berubahnya jumlah yang ada, maka bisa membuat metabolisme pada tubuh bisa berubah dan membuat bahan bakarnya juga lebih banyak tersedia didalam sel usus besar. Selain itu, apel juga bisa membantu penyerapan air yang dilakukan dalam usus besar sehingga bisa melancarkan system kerja organ pencernaan dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi buah apel secara rutin, juga bisa mencegah penyakit yang biasa dialami pada system pencernaan. Misalnya penyakit diare maupun penyakit kontipasi. Ini karena adanya serat pada buah apel yang akan membantu penyerapan air dibagian usus sekaligus melancarkan sistem pencernaan tubuh.

Meningkatkan Daya Ingat

Pada penelitian yang dilakukan di University of Massachusetts_Lowell telah menunjukkan jika buah apel bisa meningkatkan produksi acetylcholine sebagai penghubung antara sel otak.

Dengan begitu, daya ingat otak bisa bertambah sekaligus mampu mengurangi resiko timbulnya penyakit neudegeneratif khususnya bagi yang sudah berusia lanjut. Hal tersebut telah didukung oleh adanya kandungan antioksidan dalam buah apel sehingga bisa melindungi kerusakan yang terjadi pada sel sel otak.

Membantu Mengatasi Asma

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan jika mengkonsumsi jus apel dengan rutin bisa mengurangi resiko mengi yang dialami oleh anak anak yang mengalami penyakit asma daripada anak anak yang hanya mengkonsumsi jus apel satu bulan sekali.

Bagi ibu hamil yang rutin mengkonsumsi buah apel juga mengurangi resiko melahirkan anak dengan sakit asma bawaan. Hal ini juga berlaku pada penyakit kanker paru. Sehingga manfaat buah apel tersebut tidak di sia siakan oleh beberapa ibu hamil.

Kandungan Nutrisi Buah Apel

Walaupun buah apel ini manis rasanya, namun apel adalah salah satu buah yang mengandung rendah kalori. Dalam 100 gram buah apel ini Cuma mengandung 50 kalori saja didalamnya. Buah apel juga tak mengandung lemak jenuh serta kolesterol. Akan tetapi dalam buah apel ini mengandung banyak serat sehingga bisa mencegah penyerapan dari kolesterol LDL yang terjadi didalam usus manusia.

Asupan serat ini juga bisa melindungi selaput lendir usus yang berasal dari berbagai bahan beracun dari makanan yang sudah dikonsumsi sebagai penyebab penyakit kanker usus besar. Dalam buah apel juga kaya akan kandungan antioksidan flavonoid serta polifenol.

Kandungan senyawa flavonoid yang ada dalam buah apel diantaranya quercetin, epikatekin, & procyanidin B2. Seluruh senyawa antioksidan tersebut sangat bermanfaat dalam melindungi tubuh terhadap efek buruk radikal bebas. Selain itu, ada juga kandungan vitamin C dalam buah apel & beta karoten sangat tinggi didalamnya.

Flavonoid juga bisa berfungsi sebagai antioksidan. Fungsi antioksidan tersebut bisa berperan untuk melawan LDL karena bisa beresiko terhadap adanya penyumbatan pembuluh darah. Secara bersamaan, kandungan flavonoid tersebut juga bisa meningkatkan HDL sehingga bisa mencegah timbulnya penyakit jantung maupun penyumbatan pada pembuluh darah. Selain itu, flavonoid juga diyakini bisa mencegah adanya kerusakan sel sel maupun jaringan pembuluh darah.

Kandungan vitamin C tersebut juga berperan sebagai antioksidan dalam tubuh yang sangat kuat. Vitamin C dapat membantu tubuh mengembangkan sistem kekebalan terhadap berbagai serangan seperti radikal bebas yang bisa menyebabkan inflamasi, dan agen infeksi. Kandungan vitamin B kompleks berupa riboflavin, thiamin, maupun piridoksin atau ( vitamin B – 6 ) juga sangat tinggi didalam buah apel ini.

Kandungan vitamin B tersebut bermanfaat untuk membantu enzim pada proses metabolisme dalam tubuh dan masih banyak fungsi penting yang lainnya. Sementara kandungan mineral yang ada pada buah apel ini berupa kalium, fosfor, maupun kalsium.

Kandungan kalium pada buah apel adalah unsur penting untuk menjaga tekanan darah dan juga detak jantung supaya tetap normal. Kandungan kalium juga kebalikan dari kandungan natrium sehingga bisa menangkal seluruh efek buruk dari natrium salah satunya ialah tekanan darah tinggi.

Berdasarkan studi preklinis, di Universitas Cornell, negara Amerika Serikat telah menyimpulkan jika mengkonsumsi buah apel secara rutin setiap hari 1 buah bisa mengurangi resiko penyakit kanker payudara sampai 17%. Sementara jika mengkonsumsi buah apel 3 buah setiap hari bisa mengurangi resiko timbulnya kanker payudara sampai 35%. Sedangkan jika mengkonsumsi 6 buah setiap harinya, akan mengurangi resiko terserang penyakit kanker payudara sampai 64,4%.

Bukan hanya kanker paru-paru dengan kanker payudara, adanya kandungan quercetin juga bisa mencegah munculnya beberapa jenis kanker seperti kanker pancreas, penykit kanker kolon, kanker hati, penyakit kanker prostat, serta kanker usus.

Kandungan quercetin adalah jenis flavonoid dalam buah apel. Fungsi senyawa tersebut sangat dibutuhkan oleh otak yakni bisa melindungi sel otak terhadap kerusakan yang disebabkan karena radikal bebas sehingga bisa mengakibatkan munculnya penyakit Alzheimer. Untuk itu, dengan mengkonsumsi buah apel secara rutin bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk menjaga kecerdasan otak dan kesehatannya.

Buah apel juga salah satu buah yang banyak mengandung karoten. Senyawa ini sangat baik untuk mencegah munculnya berbagai penyakit. Senyawa ini juga mempunyai aktivitas sebagai antioksidan dan vitamin A yang bisa menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab beberapa penyakit degenerative misalnya penyakit kanker serta diabetes. Jadi, dengan mengkonsumsi buah apel secara rutin bisa menjaga tubuh tetap sehat sekaligus melindunginya terhadap berbagai kerusakan karena penyakit tertentu.

Buah apel mengandung banyak pectin yang dikenal sebagai antikolesterol. Hal itu karena senyawa ini bisa mengikat asam empedu yakni hasil akhir dari proses metabolisme kolesterol.

Pectin juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. sementara kandungan serat dan juga kandungan pectin ini juga terbukti sangat berguna untuk mengurangi resiko yang bisa menyebabkan penyakit jantung, kelebihan berat badan, meningkatnya tekanan darah, serta kolesterol dalam tubuh yang meningkat.

Apel juga termasuk salah satu buah klimaterik yang berarti jika apel tetap mengalami proses untuk pematangan buah sesudah dipanen. Bagian daging dan juga buah apel juga banyak mengandung zat gizi sehingga bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan gizi buah apel di antaranya ialah mengandung air, energi, karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin A, C, E, K, kalsium, natrium, besi, magnesium, fosfor, dan juga zinc. Disebabkan banyak gizi yang ada didalamnya, buah apel termasuk didalam buah dengan sebutan bergizi komplit. Anda bisa mengambil manfaat buah apel ini untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Selamat mencoba.