4 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Putih

Waktuku.com – Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang sangat terkenal, hal ini disebabkan karena manfaat bawang putih yang sangat luas. Ya selain untuk penyedap makanan, bawang putih memang dikenal sebagai sebuah bahan yang memiliki banyak khasiat.

Banyaknya manfaat dari bawang putih ini disebabkan karena di dalam bawang putih terdapat banyak sekali senyawa yang sangat bermanfaat untuk tubuh baik untuk kecantikan maupun kesehatan.

Selain karena memiliki banyak manfaat, bawang putih juga sangat mudah untuk didapatkan. Hal inilah yang menyebabkan bawang putih sering dipilih sebagai produk untuk melakukan perawatan ataupun untuk pengobatan yang alami. Lalu apa saja manfaat yang di kandung oleh bawang putih ini? Mari simak ulasan berikut ini.

Manfaat bawang putih dalam dunia kesehatan:

Memang ada banyak sekali kandungan yang ada di dalam sebuah bawang putih, hal ini menyebabkan bawang putih memiliki banyak sekali manfaat, salah satu manfaat bawang putih yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi bawang putih adalah dalam dunia kesehatan. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan oleh konsumen bawang putih? Mari simak ulasan berikut ini.

Mencegah kanker

Salah satu penyakit yang belakangan ini sangat banyak menyebabkan kematian adalah kanker. Kanker merupakan sebuah penyakit yang muncul dari dalam tubuh disebabkan karena banyak hal, biasanya adalah karena kebiasaan hidup yang kurang sehat. Dengan konsumsi bawang putih anda bisa mencegah munculnya sel-sel kanker dan tumor dalam tubuh anda.

Mengapa? Hal ini disebabkan karena kandungan Allicin tinggi yang dimiliki oleh bawang putih. Sayuran yang memiliki kandungan alium memang memiliki manfaat yang sangat besar dalam pencegahan kanker terutama di bagian perut. Selain memiliki kandungan allicin yang tinggi, manfaat bawang putih dalam pencegahan kanker juga di sebabkan karena kandungan vitamin C tinggi yang dimilikinya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyakit kanker bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah karena formasi radikal bebas yang dibentuk dalam tubuh ketika tubuh terpapar olehnya. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, bawang putih dapat memiliki sifat anti oksidan sehingga dapat melawan pertumbuhan dan perubahan sel menjadi sel kanker.

Pencegahan kanker usus besar

Bawang putih memang merupakan sebuah bahan yang dapat mencegah penyakit kanker secara umum. Selain karena kandungan allicin dan juga vitamin C yang tinggi, umbi bawang putih juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kanker di dalam usus besar.

Membantu memperbaiki mood dan juga membuat tidur berkualitas

Manfaat bawang putih yang lain yang dapat membuat hidup anda berkualitas adalah karena kemampuan dari bawang putih untuk memperbaiki mood dan juga kualitas tidur anda. Hal ini disebabkan karena dalam bawang terkandung folat yang dapat membantu mengatasi masalah dalam sistem tubuh.

Folat merupakan salah satu senyawa yang biasa ditemukan di dalam bawang yang dapat membantu tubuh mengatasi rasa depresi. Keberadaan folat akan mencegah terjadinya homosistein terbentuk dalam tubuh.

Pembentukan homosistein dalam tubuh dapat mencegah mengalirnya darah dan juga nutrisi pada otak sehingga dapat mencegah terbentuknya hormon yang menyebabkan anda menjadi gembira seperti serotonin, dopamin dan juga nerepinefrin.

Padahal hormon-hormon inilah yang akan membantu anda untuk mendapatkan mood yang baik selama sehari. Oleh karena itu ketika anda mengkonsumsi bawang secara teratur anda bisa mendapatkan hidup yang lebih berkualitas.

Sesungguhnya masih ada sangat banyak lagi manfaat kesehatan yang bisa kita temukan dalam bawang putih. Manfaat tersebut antara lain adalah untuk menyembuhkan penyakit yang ringan pada anak-anak seperti flu, membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi resiko masalah jantung, memperbaiki kandungan kolesterol dalam darah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Manfaat kecantikan dari bawang putih

Selain memiliki manfaat untuk memberikan tubuh yang lebih sehat, bawang putih juga memiliki manfaat dalam dunia kecantikan. Manfaat bawang putih dalam dunia kecantikan ini bisa anda dapatkan baik untuk kulit maupun untuk rambut anda. Manfaat bawang putih dalam dunia kecantikan ini disebabkan karena kandungan vitamin C yang tinggi yang terkandung dalam bawang putih.

Vitamin C tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai penangkal radikal bebas tapi juga dapat membantu pembentukan dan perawatan kolagen dalam tubuh. Kolagen merupakan salah satu komponen yang sangat penting di dalam tubuh.

Keberadaannya sangat identik dengan kulit yang sehat dan juga kenyal. Oleh karena itu dengan konsumsi bawang putih anda bisa mendapatkan struktur kulit dan juga rambut yang lebih baik.

Detoks logam berat

Selain memiliki manfaat untuk membantuk kolagen dalam tubuh, bawang putih juga memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Hal ini membuat manfaat bawang putih menjadi semakin luas.

Kandungan sulfur yang tinggi dalam bawang putih dapat membantu anda untuk menghilangkan racun-racun dalam tubuh. Hal ini tentunya dapat membuat tubuh anda menjadi semakin sehat bukan? Tapi manfaat detoksifikasi dalam bawang putih ternyata lebih dari manfaat untuk kesehatan.

Mengapa? Hal ini disebabkan karena detoksifikasi yang dilakukan oleh bawang putih tidak sekedar detoks racun-racun tapi juga detoks logam berat. Logam berat bisa saja masuk dalam tubuh melalui makanan dan juga kosmetik.

Ya, belakangan ini memang ada sangat banyak bermunculan kosmetik yang mengandung logam berat. Penggunaannya secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang akan menimbulkan efek rebound yang menyebabkan kulit menjadi menghitam karena kandungan logam berat tersebut.

Hal ini tidak hanya membuat anda terlihat kurang menarik tapi juga dapat menyebabkan bahaya dalam tubuh karena selain nampak di kulit, logam berat juga akan menumpuk pada organ tubuh dan menyebabkan kerusakan.

Dengan konsumsi bawang putih tubuh anda bisa melakukan detoksifikasi terhadap logam berat yang ada dalam tubuh anda sehingga flek hitam yang terbentuk dan tertimbun dalam tubuh dapat berkurang.

Bawang putih dan atlit

Selain untuk kecantikan wanita, manfaat bawang putih juga bisa didapatkan bagi para pria yang ingin membantuk tubuhnya. Ya, salah satu manfaat yang bisa di gunakan oleh para pria dari bawang putih adalah kemampuannya dalam meningkatkan kinerja jantung dan juga meningkatkan stamina.

Dengan manfaat bawang putih yang satu ini, para konsumen bawang putih dapat meningkatkan durasinya dalam melakukan latihan. Hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian dimana penderita penyakit jantung diminta untuk mengkonsumsi minyak bawang putih dalam waktu 6 minggu. Efeknya, para penderita masalah jantung yang mengkonsumsi bawang putih ini mengalami peningkatan kemampuan jantung hingga 12% dan memiliki kemampuan latihan yang makin tinggi.

Memang ada sangat banyak manfaat yang tersembunyi dalam bawang putih ini. Selain banyak manfaatnya, bawang putih juga sangat mudah dimasak. Bahkan anda bisa mengkonsumsi bawang putih tanpa memasaknya terlebih dahulu.

Hal ini akan lebih baik mengingat kandungan anti oksidannya akan lebih tinggi daripada setelah dimasak. Akan tetapi bersiaplah untuk memiliki bau mulut khas jika anda ingin mendapatkan manfaat bawang putih dengan cara mengkonsumsinya tanpa dimasak.