11 Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Air Kelapa

Waktuku.comManfaat air kelapa memang banyak di gunakan oleh masyarakat. Beberapa manfaat air kelapa muda bisa dimanfaatkan oleh ibu hamil untuk dikonsumsi. Apalagi efek samping air kelapa muda juga tidak ada.

Akan tetapi, harus diwaspadai untuk yang mengalami penyakit ginjal, jangan terlalu sering mengkonsumsi air kelapa muda. Itu karena air kelapa muda mengandung potassium yang tinggi, sehingga tidak baik untuk ginjal yang bermasalah.

Air kelapa juga bisa digunakan untuk pendamping air putih. Hal itu karena selain membutuhkan 8-10 gelas per hari air putih, ketika dalam kondisi cuaca panas tubuh anda membutuhkan lebih dari air putih yang biasa. Dengan begitu, anda bisa mengkonsumsi air kelapa muda untuk melengkapinya.

Apa Manfaat Air Kelapa Muda?

Mengandung Isotonik

Salah satu manfaat air kelapa ialah didalamnya mengandung isotonic alami untuk tubuh. Jadi bisa dikonsumsi ketika siang hari ketika cuaca sangat panas karena bisa melakukan re-hidrasi untuk tubuh yang membuat tubuh kembali segar.

Mengkonsumsi air kelapa juga sangat berguna sebagai minuman elektrolit. Itu karena adanya kandungan kalsium, kalium, natrium dan magnesium dalam air kelapa muda. Dalam air kelapa juga mengandung potassium dan antioksidan sangat tinggi. Sedangkan kalori dan juga gula dalam air kelapa juga sangat rendah.

Meskipun air kelapa muda adalah minuman olahraga, atau dibutuhkan ketika menghabiskan banyak tenaga, namun tidak bisa digunakan untuk pengganti air putih. Namun anda hanya bisa menggunakannya sebagai pendamping air putih saja. Manfaat gizi air kelapa sangat banyak sekali salah satunya sebagai sumber kalium & natrium, kalsium, magnesium maupun fosfor.

Sebuah studi mengungkapkan jika 12 ons dari air kelapa mempunyai kandungan lebih banyak asupan kalium daripada buah pisang. Bahkan dalam air kelapa juga mengandung lebih banyak kalium dibandingkan dengan minuman olahraga lainnya.

Sebanyak 11,2 ons dari air kelapa mempunyai 690 mg asupan kalium. Sementara 12 ons minuman olahraga hanya terdapat 140 mg nutrisi didalamnya. Khasiat kandungan kalium yang terdapat pada air kelapa ialah bisa menyembuhkan kram otot.

Untuk Pencernaan

Manfaat air kelapa selanjutnya ialah sangat baik untuk proses pencernaan dalam tubuh. Itu karena lemak dan kalori didalamnya sangat rendah sehingga bisa mencegah berat badan yang berlebih. Jadi, bila anda mengalami masalah pencernaan, misalnya mengalami susah buang air besar, maka bisa mengkonsumsi air kelapa muda ini.

Didalam air kelapa juga mengandung pengurai racun didalam tubuh. Dengan begitu, racun dalam tubuh akan terbuang melalui proses buang air besar dengan lancar. Dengan enzim bioaktif didalamnya, maka pencernaan dan metabolisme dalam tubuh akan terjaga kesehatannya. Bahkan jika usus anda mengalami nyeri, bisa terobati dengan air kelapa muda ini.

Mengatasi dan Mencegah Infeksi

Air kelapa sangat berperan sebagai penyembuh infeksi urin. Dengan begitu, air kelapa bisa bisa digunakan sebagai pencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih. Dengan air kelapa ini, bisa dijadikan sebagai diuretic alami yang akan menghancurkan bakteri yang ada di saluran kemih.

Penyebab terjadinya infeksi saluran kemih salah satunya ialah karena adanya Bakteri E coli. Karena bakteri ini bisa melekat di dinding saluran kemih. Dengan mengkonsumsi air kelapa muda, maka bakteri E coli bisa dihilangkan dan infeksi saluran kemih bisa teratasi.

Selain itu, air kelapa muda juga bisa membasmi bakteri sebagai penyebab infeksi ragi sehingga bisa membuat saluran kemih terinfeksi. Bila seorang wanita mengalami infeksi pada vagina, sangat disarankan untuk mengkonsumsi air kelapa sesering mungkin. Anda bisa mengkonsumsi buah dan juga air kelapa muda untuk mengobati infeksi urine yang anda alami.

Menurunkan Tekanan Darah

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan jika seseorang yang mengkonsumsi air kelapa muda dalam 2 minggu, membuat tekanan sistolik tubuh berkurang sampai 71%. Sedangkan diastoliknya berkurang 29% daripada mengkonsumsi air putih biasa.

Itu karena adanya kandungan potassium pada air kelapa muda sebagai pengurang resiko penyakit kardiovaskular. Setelah masuk kedalam tubuh asupan potassium mampu menetralkan efek sodium dan membuat tekanan darah menjadi menurun.

Meningkatkan Performa Olahragawan/ Atlet

Manfaat air kelapa selanjutnya sangat bermanfaat bagi para olahragawan. Potassium pada air kelapa juga berperan sebagai pengganti elektrolit dalam tubuh yang hilang ketika berolah raga. Sehingga minuman air kelapa muda sangat cocok bagi para atlet dan olahragawan sebagai pendamping air putih.

Apalagi kandungan karbohidrat didalamnya juga lebih sedikit yang membuatnya lebih sehat diminum setelah melakukan aktivitas olahraga. Akan tetapi, jika latihan yang anda lakukan lebih berat, maka dibutuhkan minuman berenergi dengan kandungan sodium & karbohidrat yang lebih tinggi.

Meredakan Stres dan Otot Kaku/ Tegang

Efek yang sama seperti pijat relaksasi juga akan anda dapatkan seteleh mengkonsumsi air kelapa. Itu karena adanya kandungan kalsium & magnesium sehingga bisa meredakan otot kaku & stress. Apalagi terkadang makanan kita tidak mencukupi asupan mineral yang penting dalam tubuh. Namun dengan mengkonsumsi air kelapa muda asupan tersebut akan tercukupi.

Selain itu, ada kandungan kalsium pada air kelapa yang menurunkan resiko terserang penyakit jantung. Bahkan magnesium dalam air kelapa juga bisa merangsang produksi hormone bernama serotonin. Oleh karena itu, banyak yang memanfaatkan air kelapa muda untuk dikonsumsi ketika pikiran sedang penat.

Detoksifikasi Tubuh

Dalam tubuh manusia memang telah dilengkapi oleh kemampuan dalam melakukan detoksifikasi sendiri dengan catatan nutrisi dan jumlah cairan bisa tercukupi. Namun, jika cairan pada tubuh tidak mencukupi, hal ini akan membuat toksin menumpuk disebabkan ginjal & hati yang tak dapat berfungsi dengan baik dalam mendetoksifikasi racun dalam tubuh.

Sehingga terjadilah dehidrasi dan beresiko munculnya masalah kesehatan. Diantaranya sakit kepala, gelisah, gampang iritasi, serta rasa haus berlebihan. Akan tetapi masalah ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi air kelapa muda secara rutin.

Menjaga Kesehatan kulit

Masalah alergi kulit biasanya disebabkan karena adanya virus, jamur atau bakteri. Kandungan air kelapa hijau memiliki sifat dalam mengurai jamur, bakteri, dan virus yang bisa menyebabkan alergi kulit.

Sehingga dengan mengkonsumsi air kelapa secara rutin akan menyembuhkan alergi kulit dengan efektif. Selain alergi kulit, masalah kulit yang bisa dihilangkan dengan mengkonsumsi air kelapa ialah jerawat, kulit berminyak dan kulit kering.

Cara menggunakan air kelapa untuk kulit wajah ialah dengan merendam bola kapas pada air kelapa, kemudian menempelkan langsung pada kulit wajah yang ada jerawat atau alergi. Manfaatnya ialah untuk menyegarkan kulit dan membersihkannya. Air kelapa tidak akan menutup pori pori kulit seperti dampak krim lainnya. Sehingga air kelapa bisa dijadikan sebagai pembersih kulit secara alami.

Anda juga bisa mengkonsumsi air kelapa muda setiap hari untuk melembabkan kulit sekaligus menjaganya supaya tetap segar sepanjang hari. Bahkan setelah melakukan aktivitas yang berat akan membuat tubuh lebih segar setelah mengkonsumsi air kelapa.
Memperlambat Penuaan

Manfaat air kelapa juga bisa menjadikan kulit terlihat lebih muda & halus. Kandungan asam laurat & sitokinin pada air kelapa mampu menyeimbangkan jumlah ph, menguatkan jaringan ikat sekaligus mengurangi terserangnya penyakit yang berhubungan dengan usia yang bertambah. Oleh karena itu, rajinlah mengkonsumsi air kelapa muda namun jangan terlalu berlebihan.

Menjaga Tekanan Darah Agar Tetap Stabil

Kandungan magnesium dan kelium pada air kelapa muda turut membantu agar tekanan darah stabil secara alami. Sehingga ini sangat bagus dikonsumsi untuk penderita pasien darah tinggi. Karena sudah ada penelitian yang menunjukkan bila air kelapa bisa memperbaiki sirkulasi darah serta menurunkan resiko terserang penyakit jantung, maupun stroke.

Manfaat air kelapa juga bisa diambil untuk meningkatkan HDL atau kolesterol baikdalam tubuh. Mampu mengurangi pembentukan plak, meningkatkan sensivitas insulin dan juga menjaga penyerapan gula dalam tubuh.

Kebanyakan pasien yang mengalami resiko tekanan darah yang tinggi & penyakit stroke memerlukan kandungan kalium dan natrium lebih banyak. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi air kelapa muda akan membuat resiko penyakit tersebut bisa dihilangkan.

Tinggi Kalium

Pada air kelapa juga mengandung asam amino & juga berbagai vitamin penting bagi tubuh. selain itu, juga mengandung komponen fitokimia yang berupa tanin. Senyawa Tanin bersifat antibakteri sehingga bisa menghambat pertumbuhan bakteri dalam tubuh anda.

Kandungan mineral terbanyak pada air kelapa ialah kalium karena mengandung 730 mg setiap 100 gramnya. Selain itu, kandungan yang cukup banyak lainnya ialah kandungan magnesium, dengan klorida. Akan tetapi kandungan natriumnya hanya sedikit jumlahnya. Jadi, dengan mengkonsumsi minuman yang mengandung kalium & natrium sangat tinggi sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Komposisi air kelapa terkait zat gizinya juga mendekati cairan isotonic sangat sesuai terhadap cairan dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi minuman isotonic tersebut akan menggantikan mineral dalam tubuh yang telah hilang lewat keluarnya keringat. Hal ini biasa terjadi setelah melakukan olahraga atau aktivitas lainnya.

Akan tetapi, bagi olahragawan, perlu hati hatidalam mengkonsumsi air kelapa. Karena jika olahraga yang dilakukan tergolong berat, dan membuat tubuh kehilangan banyak sodium, mengkonsumsi air kelapa saja tidaklah cukup. Karena jumlah sodium pada air kelapa sangat sedikit. Sehingga tidak bisa mencukupi kebutuhan sodium pada tubuh.

Jika tubuh mengalami kekurangan sodium, akan membuat otot tak dapat berkontraksi secara baik. Bahkan fungsi organ dalam tubuh dan detak jantung akan terganggu. Hal ini bisa beresiko mengalami pingsan.

Kandungan Zat Gizi Dalam Air Kelapa Muda

Setiap 240 gram air kelapa ada sekitar 46 kalori, 2 gr protein, 6 gr gula, 252 mg sodium, 3 gram serat, 9 gr karbohidrat, dan 0 gram lemak. Sedangkan kandungan nutrisi utama yang berperan penting ialah kandungan potassium yang mencapai 600 mg.

Dengan begitu, air kelapa bisa dijadikan sebagai minuman elektrolit alami untuk tubuh. Kandungan mineral lainnya ialah magnesium, kalsium, zat besi, fosfor, zinc, tembaga, selenium, dan mangan.

Ada juga berbagai kandungan vitamin dalam air kelapa seperti vitamin A, B12, B6, C, D, E, dan vitamin K, tiamin, riboflavin, folat, niacin, kolin, asam pantotenat, dan betaine. Terdapat beberapa penelitian yang menduga bila kandungan hormone sitokinin pada air kelapa muda bisa berkhasiat sebagai anti kanker dalam tubuh. Sementara untuk manfaat air kelapa lainnya ialah bisa meningkatkan energy, dan mengurangi masalah selulit.

Itulah artikel tentang manfaat air kelapa yang bisa dijadikan referensi. Meskipun air kelapa hanya mengandung lemak yang sedikit, jangan menggunakannya sebagai penurun berat badan dengan mengkonsumsi secara berlebih. Karena hal ini justru berakibat timbulnya diare. Semoga bermanfaat.