Macam Macam Demokrasi Sekaligus Penjelesannya Lengkap

Macam Macam Demokrasi

Waktuku.com – Macam macam Demokrasi menjadi salah satu bentuk dari pemerintahan dimana para warga di beri sebuah hal dalam mengambil keputusan yang bisa berpengaruh dalam kehidupannya.

Demokrasi ini mengharuskan semua warga negara supaya mampu memberikan partisipasinya dalam sebuah proses pemerintahan baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Kali ini kita pun akan membahas mengenai macam macam demokrasi. Sistem demokrasi ini memang berpengaruh dalam berbagai bidang baik ekonomi, sosial maupun budaya.

Jenis dari demokrasi pun juga beragam sekali. Namun secara umum sebetulnya hanya ada dua jenis yakni demokrasi langsung dan juga demokrasi tidak langsung. Demokrasi langsung ini biasanya menuntut warganya supaya mampu berpartisipasi secara langsung saat mengambil sebuah keputusan pemerintahan. Sedangkan demokrasi tidak langsung ini masih menjadi kuasaan berdaulat hanya saja kekuasaan politiknya dijalankan melalui perwakilannya.

Macam macam bentuk Negara Demokrasi

Secara garis besarnya, macam macam demokrasi yang ada pada dunia ini telah terbagi menjadi 3 faktor yakni demokrasi berdasarkan pada hubungan antar alat kelengkapan negara, demokrasi berdasarkan pada cara penyaluran kehendak dari masyarakatnya hingga demokrasi yang berdasarkan pada sebuah prinsip ideologi. Supaya lebih jelasnya lagi, mari kita perhatikan pembahasan di bawah ini:

1. Macam macam demokrasi berdasar pada penyaluran hasil kehendak rakyat

Ada dua macam demokrasi yang sudah masuk dalam kategori ini yaitu demokrasi langsung dan juga demokrasi tidak langsung.

a) Demokrasi langsung atau sering di sebut dengan direct Democracy

Pengertian dari demokrasi langsung ini adalah sebuah demokrasi yang dilakukan secara langsung dengan melibatkan semua rakyatnya saat mengambil sebuah keputusan dalam suatu negara. Di sini para rakyat akan memberikan partisipasinya secara langsung ketika masa pemilihan umum abhkan saat menyampaikan apa kehendaknya secara langsung. Di sini anda sebagai masyarakat memang lebih leluasa menyampaikan apa yang menjadi pendapat anda. Bahkan semua ide cemerlang yang anda miliki bisa tersampaikan secara langsung.

Demokrasi langsung ini seringkali dikenal dengan sebutan demokrasi bersih. Dimana para rakyat mempunyai sebuah kebebasan dalam berpendapat. Mereka mampu mengeluarkan semua aspirasi yang sudah mereka miliki dalam sebuah pertemuan. Hal ini pastinya lebih menguntungkan banyak pihak terutama bagi anda masyarakat kecil. Anda akan lebih mudah menyalurkan pendapat maupun ide yang sudah dimiliki.

Jenis demokrasi yang satu ini bisa anda praktikkan dalam komunitas yang memang belum berkembang atau bisa dikatakan kota kecil. Di situ pastinya banyak permasalahan masyarakat yang membutuhkan pendapat secara langsung untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Demokrasi langsung ini ternyata sudah berkembang di negara kecil seperti halnya Roma dan juga Yunani Kuno.

b) Demokrasi tidak langsung atau Indirect Democracy

Pengertian dari demokrasi tidak langsung ini memang salah satu demokrasi yang tidak melibatkan semua rakyatnya saat pengambilan keputusan melainkan mereka mengirimkan hanya beberapa wakil saja untuk memberikan sebuah keputusan. Wakil yang sudah dikirimkan ini tentu saja mereka yang mampu menyampaikan apa yang sudah menjadi kehendak mereka.

Disini wakil rakyat memang berperan secara langsung menjadi sebuah perantara dari semua rakyatnya guna mewujudkan sebuah kedaulatan yang berada di tangan rakyat. Di dalam demokrasi tidak langsung ini, biasanya untuk memilih para pemimpinnya sering diadakan sebuah pemilihan umum.

Sebagai contoh dari demokrasi tidak langsung ini adalah saat pemilihan presiden RI, para rakyat pun tidak akan langsung memilih namun melewati sebuah perwakilan yakni rakyat pertama kali memilih wakil di DPR baru kemudia DPR ini akan ditambah dengan sebuah utuan daerah dari MPR. Di sini MPR akan berperan untuk memilih presiden.

2. Macam macam demokrasi berdasarkan pada hubungan antar alat kelengkapan negara

Dalam kategori ini sudah tersedia 3 klasifikasi demokrasi yang terkait dengan hubungan antar kelengapan negaranya. Inilah berbagai klasifikasinya yakni:

I. Demokrasi perwakilan dengan adanya system referendum

Demokrasi yang satu ini merupakan salah satu system demokrasi yang sudah melibatkan semua rakyatnya untuk memilih wakilnya pada sebuah parlemen. Hanya saja parlemen ini sudah dikontrol oleh sebuah pengaruh yang berasal dari rakyatnya dengan adanya sebuah system refrendum. Sistem ini sengaja di terapkan dalam pemungutan suara dengan alasan untuk mengetahui apa sajakah kehendak yang dimiliki rakyat secara langsung serta menyeluruh.

II. Demokrasi Perwilan dengan sebuah sistem Parlementer

Demokrasi yang satu ini menunjukkan bahwa ada sebuah hubungan yang terbilang begitu erat antara badan eksekutif ataupun pemerintah dengan badan perwakilan rakyat. Para menteri yang sudah menjalankan sebuah kekuasaan dari eksekutif ini telah diangkat berdasarkan pada suara paling banyak dalam sebuah siding legislatif. Sistem tersebut seringkali mendapatkan sebutan sebagai sistem cabinet parlementer.

Dalam demokrasi tersebut presiden pun berkedudukan sebagai kepala negara. Pemerintah pun akan menjalankan semua tugasnya setelah mendapatkan sebuah persetujuan dari badan perwakilan rakyat. Apabila pemerintah mampu menjalankan semua tugasnya berdasarkan pada kesepakatan parlemen maka kedudukan dari pemerintah pun akan menjadi stabil bahkan akan mendapatkan sebuah dukungan dari parlemennya.

III. Demokrasi perwakilan dengan sebuah sistem pemisahan pada kekuasaan

Demokrasi yang satu ini merupakan salah satu sistem demokrasi dimana bagian eksekutif dan juga legislati kedudukannya terpisah. Seperti halnya seorang menteri yang sudah diangkat oleh presiden pastinya mempunyai tanggung jawab pada presidennya. Di sini seorang presiden mempunyai kedudukan sebagai kepala negara bahkan juga kepala pemerintahan. Dimana setiap kedudukan mempunyai kekuasaan yang berbeda-beda.

3. Macam macam negara demokrasi berdasarkan prinsip ideologi

Di sini juga terbagi menjadi 3 jenis klasifikasi demokrasi menurut sebuah prinsip ideologi. Demokrasi tersebut diantaranya:

i. Demokrasi Liberal

Sistem demokrasi yang satu ini merupakan salah satu sistem politik yang sudah menganut pada sebuah kekebasan individu baik itu berdasarkan pada hak individu yang berasal dari kekuasaan pemerintahnya. Di dalam demokrasi ini, maka semua keputusan yang sudah didapatkan mayoritasnya berasal dari adanya proses langsung yang sudah diberlakukan pada kebijakan pemerintah yang sudah tunduk pada batasan agar keputusan pemerintah tidak lagi melanggar kemerdekaan.

Demokrasi liberal ini seringkali dimanfaatkan untuk memberikan penjelasan mengenai sistem politik bahkan juga demokrasi barat yang ada di Amerika Serikat. Sistem demokrasi ini seringkali menjadi pilihan bagi negara yang sudah menganut adanya sistem presidensial.

ii. Demokrasi rakyat

Demokrasi rakyat merupakan demokrasi yang sudah dilandasi dengan sebuah paham komunis ataupun sosialis dengan mengutamakan pada kepentingan negara namun tak pernah mengabaikan sebuah kepentingan perorangan. Kekuasaan yang terpusat pada penguasa tertinggi ini berada dalam negara sehingga mampu dipaksakan kepada rakyatnya.

iii. Demokrasi Pancasila

Pengertian dari demokrasi pancasila ini merupakan demokrasi yang berasal dari budaya bangsa Indonesia maupun tata nilai social berasaskan pada musyawarah demi kepentingan umum. Bangsa Indonesia merupakan bangsa dengan ideology yang berada dalam Pancasila. Oleh sebab itu setiap sila yang terkandung dalam Pancasila bisa di aplikasikan dalam kehidupan rakyatnya sehari-hari demi kemajuan negaranya.

Itulah tadi berbagai penjelasan mengenai macam macam demokrasi sekaligus penjelasannya secara lengkap. Semoga saja dengan adanya penjelasan mengenai macam macam demokrasi berdasarkan pembagiannya ini membuat anda semakin tahu tentang demokrasi. Selain itu bisa memberikan banyak ilmu dan juga wawasan kepada anda.