Letak Geografis Indonesia: Dampak dan Pengaruhnya

Letak Geografis Indonesia

Waktuku.com – Letak geografis Indonesia ini menjadi salah satu negara yang letaknya berada pada daerah Asia Tenggara. Karena posisinya berada diantara dua benua besar dan dua samudra yang luas. Diapitnya Indonesia tersebut tentu saja menimbulkan beberapa dampak positif dan negatif bagi wilayah negara makmur yang kaya sumber daya alam tersebut.

Jika dihitung luas wilayah negara Indonesia memang mencapai 2 juta KM. Apalagi Indonesia juga dibagi oleh puluhan ribu pulau yang mana lima pulau terbesar merupakan wilayah yang padat penduduk. 5 pulau tersebut yaitu Sumatera, Papua, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Sedangkan untuk daerah yang terluas lainnya di Indonesia lebih dominan dengan perairan jadi wajar saja jika disebut negara maritim. Jika dilihat dari letak astronomis, wilayah Indonesia letaknya pada 6o LU – 11o LS dan 95o BT – 141o . Sedangkan berdasarkan pada letak geografis Indonesia memang begitu dekat dengan kawasan Oseania dan juga Benua Australia. Bukan hanya itu saja Indonesia secara geografis terletak diantara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Untuk memperdalam mengenai letak geografis Indonesia berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai hal tersebut beserta pengaruh dan dampak yang ditimbulkan dari letak geografis itu.

Penjelasan Tentang Letak Geografis Indonesia

Letak geografis Indonesia yang ada di antara dua benua dan dua samudra tentu saja membuat negara yang luas tersebut mendapatkan beberapa pengaruh dan dampak di beberapa sektor. Berikut ini adalah penjelasannya.

Indonesia Ada Diantara Dua Benua

Wilayah Indonesia yang terletak antara dua benua yakni benua Asia dan Australia menjadikan negara republik tersebut menjadi salah satu negara yang sangat ramai dikunjungi wisatawan asing. Pada sisi utara serta barat laut, Indonesia langsung berbatasan dengan benua Asia. Karena persilangan dua benua tersebut membuat jalur perdagangan menjadi ramai serta perekonomian wilayah yang dilalui menjadi semakin terkondisikan. Hal tersebut tentu saja membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang mampu menyuplai banyak sekali hal di sektor perdagangan internasional.

Apalagi dalam pandangan geopolitik, dimana Indonesia ada di wilayah Benua Asia tetapi geografisnya sangat berdekatan dengan Benua Australia mengakibatkan keanekaragaman hayati menjadi bervariasi. Maka dari itu untuk wilayah di sekitaran perbatasan, fauna dan flora juga mengalami perkembangan yang baik. Percampuran tersebut juga membuat keanekaragaman hewan dan tumbuhan di sekitar wilayah Indonesia menjadi lebih bervariasi.

Indonesia Ada Diantara Dua Samudra

Wilayah Indonesia yang terletak diantara dua samudra yaitu samudra Hindia dan Pasifik juga membuat indonesia mendapatkan beberapa dampak pada wilayah negara cara yang padat penduduk tersebut. Samudra Hindia berada di di sebelah barat daya dan selatan di wilayah Indonesia. Sedangkan Samudra Pasifik berada di sektor timur laut Indonesia.

Pengaruh yang timbul dari diapitnya Indonesia diantara 2 samudra tersebut membuat pembagian iklim di Indonesia menjadi terpengaruh. Sampai saat ini Indonesia hanya memiliki dua iklim yaitu kemarau dan penghujan. Tentu saja pengaruh ini membuat kesuburan tanah di wilayah Indonesia tergolong makmur dan bisa ditumbuhi beberapa jenis tumbuhan potensial yang memiliki nilai jual tinggi.

Pengaruh dan Dampak Letak Geografis Indonesia

Letak geografis Indonesia tentu saja memiliki dampak dan pengaruh secara langsung kepada wilayah negara cara maritim tersebut. Tentu saja dampak yang terjadi berupa dampak positif serta dampak negatif. Apalagi menyebabkan beberapa pengaruh yang mencakup permasalahan cuaca, ekonomi, politik, sosial budaya, pariwisata peta iklim yang terdapat di Indonesia. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai beberapa dampak dan pengaruh tersebut.

Pembagian Musim di Wilayah Indonesia

Dampak letak geografis Indonesia yang pertama yaitu mengenai pembagian musim yang terjadi sepanjang tahun di wilayah Indonesia. Dimana terjadi dua iklim yaitu kemarau dan penghujan yang bergantian sepanjang tahun. Penyebab utama terjadinya pergantian iklim di wilayah Indonesia yaitu disebabkan oleh angin muson yang bertiup sepanjang tahun. Karena Indonesia memang diapit dua samudra yang mempengaruhi tingkat intensitas udara di wilayah perairan.

Kondisi Iklim Wilayah Indonesia

Selain itu pengaruh letak geografis yang terdapat di Indonesia juga mempengaruhi iklim laut yang meningkat di setiap tahunnya. Hal ini memberikan dampak jika sebagian besar wilayah yang ada di Indonesia banyak memiliki curah hujan yang tinggi. Sedangkan sebagian wilayah lain banyak didominasi iklim kemarau yang membuat beberapa pulau jarang sekali mendapatkan curah hujan yang teratur.

Sektor Pada Hubungan Politik

politik indonesia

Ternyata pengaruh dari letak geografis Indonesia ini juga membawa pengaruh besar pada hubungan politik yang terjalin dengan negara tetangga. Apalagi di wilayah Asia memang merupakan jalur perdagangan yang baik dan memiliki potensi menghasilkan banyak peluang menambah devisa negara. Sejak bergabungnya Indonesia di dalam organisasi ASEAN, hubungan politik bersama negara lain menjadi lebih mudah. Sehingga beberapa hasil bumi bisa dijual untuk memenuhi kebutuhan rakyat.

Aspek Sosial Budaya di Indonesia

sosial budaya
Image by: klatenkab.go.id

Pengaruh dari letak geografis yaitu diantara dua benua juga sangat mempengaruhi pada sektor sosial budaya yang ada di Indonesia. Kemudahan jalur transportasi dan juga hubungan baik dengan negara yang ada di wilayah terdekat, membuat banyak sekali kebudayaan asing yang masuk.

Sehingga terjadi percampuran dan peleburan budaya asing serta dapat diterima oleh sebagian besar penduduk di Indonesia. Hal ini memberikan dampak baik karena adanya perpaduan kebudayaan yang sama serta diterimanya kebudayaan lain yang dapat membuat keanekaragaman budaya menjadi lebih bervariasi. Sektor musik, film, dan pakaian juga terdampak dengan adanya hal tersebut.

Kondisi Perekonomian Indonesia

kapal kargo
Image by: spectrum.ieee.org

Selain itu letak geografis Indonesia juga membuat banyak sekali keuntungan lain pada sektor ekonomi. Semakin mudahnya jalur perdagangan antar negara dan sekaligus Indonesia menjadi salah satu jalur paling ramai, membuat tingkat perdagangan mendapatkan respon positif. Dengan hal tersebut tentu saja pada sektor perekonomian Indonesia semakin meningkat dan bahkan bisa membuat beberapa wilayah menjadi lebih berkembang secara pesat.

Pariwisata di Indonesia

raja ampat

Keuntungan yang hadir dari letak geografis Indonesia juga memberikan dampak baik pada sektor pariwisata. Karena iklim tropis serta cuaca yang sangat cerah membuat Indonesia banyak dikunjungi wisatawan asing. Pakan pada wilayah kelautan yang menyediakan berbagai tempat wisata terbaik di dunia, membuat Indonesia ramai menjadi tujuan para turis untuk menikmati keindahan alam yang ada di dalamnya.

Hasil Kekayaan Alam

hutan indonesia
Image by: grid.id

Dari letak geografis sempurna yang dimiliki Indonesia, tentu saja memberikan dampak positif terhadap keanekaragaman alam pada wilayah Indonesia. Apalagi flora dan fauna mengalami persebaran yang merata sehingga membuatnya semakin beraneka ragam. Variasi flora dan fauna juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin menikmatinya.

Kaya Sumber Daya Tambang

tambang indonesia
Image by: kitacerdas.com

Selain itu letak geografis Indonesia juga memberikan dampak bagus kepada sumber daya alam yang bisa dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia. Sehingga banyak sekali bahan tambang yang bisa ditemukan di wilayah Indonesia serta memiliki daya jual yang sangat mahal. Beberapa bahan tambang mudah sekali ditemukan dan dapat menambah pemasukan negara. Sehingga perkembangan wilayah Indonesia menjadi lebih terjamin dari beberapa hasil tambang tersebut.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai letak geografis Indonesia sekaligus dengan beragam dampak dan juga pengaruhnya. Semoga dengan mempelajari beberapa penjelasan di atas, pengetahuan dan juga wawasan dapat bertambah semakin luas.