Letak Astronomis Indonesia: Dampak, Pengaruh dan Keuntungannya

Letak Astronomis Indonesia

Waktuku.com – Letak Astronomis Indonesia – Halo rekan baca semuanya, apakah Anda semuanya sudah memahami tentang letak astronomi Indonesia? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang letak astronomis wilayah Indonesia. Bagi kalian yang belum mengetahui, silahkan membaca secara lengkap beberapa pendapat di dalam artikel ini sampai selesai ya.

Letak astronomis merupakan letak sebuah tempat yang didasari oleh posisi garis lintang dan letak garis bujur. Garis lintang adalah sebuah garis imajiner Di mana letaknya membentang searah horizontal dan mengikuti lingkar bumi. Sedangkan pengertian dari garis bujur adalah ah ah sebuah garis imajiner yang membentang melingkari bumi searah vertikal.

Sedangkan garis lintang dibagi menjadi dua bagian yaitu garis lintang selatan dan garis lintang utara yang mana kedua garis ini dibatasi oleh garis khatulistiwa. Garis bujur juga dibagi menjadi dua bagian yaitu garis bujur timur serta garis bujur barat yang mana garis tersebut dibatasi wilayah Greenwich Mean Time.

Letak Astronomis Indonesia Secara Detail

Menurut perhitungan letak astronomis Indonesia secara total yaitu 60 LU–110 LS dan 95 BT–141 BT. Jika dilihat dari posisi serta letak astronomis, wilayah Indonesia letaknya ada di kawasan bumi belahan timur yang berada di wilayah iklim tropis. Karena ada di wilayah tropis tentu saja negara Indonesia sepanjang tahun di sinari matahari secara penuh. Makan dari pengaruh tersebut Indonesia mengalami dua pergantian musim, yaitu musim kemarau dan penghujan. Selama satu tahun penuh dua musim selalu bergantian mengikuti perputaran matahari.

Dampak dari adanya iklim tropis pada umumnya akan membuat negara yang mengalami akan memiliki beragam kekayaan alam yang jumlahnya sangat melimpah. Karena Hal ini disebabkan daerah iklim tropis memang memiliki curah hujan yang sangat tinggi dan tanah yang ada di wilayah tersebut akan menjadi subur untuk ditanami.

Sedangkan pada wilayah tropis jenis fauna dan flora jumlahnya sangat banyak serta beraneka ragam. Garis bujur juga mempengaruhi perbedaan waktu yang ada di Indonesia. Perlu anda ketahui bahwa di Indonesia ini sudah mengalami tiga pembagian wilayah. Ada Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Timur (WIT).

Dengan pengaruh letak astronomis Indonesia tersebut, tentu saja terdapat beberapa keuntungan yang bisa diambil oleh masyarakat sekitar yang tinggal di dalamnya. Berikut ini ada beberapa keuntungan yang terjadi akibat pengaruh letak astronomis yang ada di Indonesia.

Beberapa Keuntungan Letak Astronomis Indonesia

Letak astronomis memberikan banyak sekali dampak positif maupun negatif bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Indonesia dibawah ini ada beberapa keuntungan yang bisa anda pelajari.

Hanya Memiliki Dua Iklim

iklim indonesia
Image by: radioidola.com

Karena dilewati garis khatulistiwa tentu saja Indonesia merupakan salah satu negara yang sepanjang tahun terus disinari matahari. Hanya terdapat dua iklim, yaitu kemarau dan penghujan karena pengaruh dari sinar matahari membuat sebagian besar wilayahnya mengalami cuaca panas yang tinggi. Sehingga musim dingin tidak akan terjadi di wilayah Indonesia.

Menjadi Paru-Paru Dunia

paru paru dunia

Dari letak astronomis membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang mengalami iklim tropis. Sehingga sebagian wilayah hutan memang mendapatkan curah hujan yang sangat tinggi. Potensi menghadirkan wilayah hutan hujan tropis dan membuat perkembangan tanaman di wilayah hutan menjadi lebih baik. Karena luasnya hutan di wilayah Indonesia membuat banyak negara menganggap jika Indonesia merupakan salah satu negara yang layak mendapat julukan paru-paru dunia.

Tanah Luas dan Subur

tanah subur indonesia
Image by: telegram.co.id

Karena terdapat yang begitu tinggi dan intensitas cahaya matahari yang juga cukup baik, tentu saja membuat tanah yang berada di wilayah Indonesia sangat subur. Sehingga tumbuhan yang berkembang di wilayah tersebut menjadi sangat subur. Banyak sekali wilayah perkebunan serta pertanian dapat menghasilkan produk yang maksimal. Sehingga negara Indonesia sampai saat ini dikenal sebagai salah satu negara agraris. Selain bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, indonesia juga salah satu negara pemasok bahan pangan dunia.

Memiliki Curah Hujan Tinggi

hujan
Image by: thoughtco.com

Dengan memiliki curah hujan tinggi di wilayah Indonesia tentu saja membuat negara republik ini sama sekali tidak pernah mengalami krisis air atau kekeringan. Tetapi memiliki dampak negatif yaitu sering terjadi tanah longsor dan banjir di beberapa wilayah.

Memiliki keanekaragaman fauna dan flora

komodo

Banyaknya kekayaan hayati dan melimpahnya hasil yang terdapat di beberapa wilayah, membuat pertumbuhan fauna dan flora juga berjalan dengan baik. Bahkan keanekaragamannya sudah dikenal oleh masyarakat dunia.

Beberapa Pengaruh letak astronomi Indonesia

Letak astronomi Indonesia ternyata menyebabkan beberapa pengaruh pada sebagian besar wilayah yang ada di sekitaran tanah air. Di bawah ini merupakan beberapa pengaruh yang berdampak ke wilayah Indonesia:

– Temperatur cuaca di Indonesia tergolong sangat tinggi, yaitu diantara 26-28 derajat Celcius. Pada jam 15.00 bahkan temperatur bisa mencapai 34°C dan hal ini masuk dalam kategori sangat panas sekali. Dan suhu paling rendah terjadi sekitar jam 06.00 yang mencapai 230 diwilayah Bogor dan sekitar puncak.
– Curah hujan sangat tinggi hingga mencapai 200 mm/tahun. Curah hujan merupakan total volume air hujan yang turun pada sebuah daerah tertentu. Pada perhitungan ternyata curah hujan di wilayah Indonesia sangatlah tinggi. Sampai saat ini di dalam penelitian curah hujan tinggi sering terjadi di wilayah Bogor, Sibolga, dan Wonosobo.
– Karena memiliki temperatur tinggi seringkali terjadi hujan equator atau hujan zenital. Hujan Zenital terjadi karena adanya udara yang naik sebagai pengaruh temperatur udara yang tinggi. Hal itu sebagai dampak dari pemanasan air laut yang terjadi secara terus-menerus. Bahkan di dalam satu tahun akan terdapat dua kali hujan zenital secara lama.
– Bebatuan di wilayah Indonesia sangat cepat mengalami pelapukan.
– Terjadinya perpaduan keanekaragaman hayati sehingga jumlahnya sangat banyak dibanding daerah lain.

Batas Wilayah Indonesia Jika Dilihat Secara Astronomis

Dari penelitian yang sudah banyak di lakukan, ternyata letak astronomis juga memiliki batasan wilayah yang harus anda ketahui. Berikut ini adalah batasan negara Indonesia dari letak astronomisnya.

– Batas Bagian Timur
Batas wilayah negara Indonesia bagian timur langsung berbatasan dengan papua Nugini dan Samudra Pasifik. Terjadi hubungan bilateral yang masih berjalan baik sampai saat ini, antara dua negara berdekatan mengenai batas wilayah.
– Batas Bagian Barat
Pada sisi bagian barat Indonesia langsung berbatasan dengan Samudra Hindia dan juga perairan negara lain khususnya India. Sama sekali tidak negara lain yang berbatasan langsung pada sisi barat dari kepulauan Indonesia.
– Batas Bagian Utara
Pada bagian utara negara Indonesia langsung berbatasan dengan Malaysia. Sedangkan pada batas wilayah laut di sisi Utara langsung berbatasan dengan Vietnam, thailand, filipina, malaysia, dan Singapura.
– Batas Bagian Selatan
Pada sisi bagian Selatan Indonesia berbatasan wilayah darat dengan negara Timor Leste, Samudra Hindia dan Perairan Australia.

Demikianlah ulasan mengenai letak astronomis Indonesia dengan berbagai dampak serta keuntungannya. Semoga dengan membaca ulasan tersebut, mereka anda baca semakin memahami negara Indonesia secara menyeluruh.