Waktuku.comLetak Astronomis Indonesia, Indonesia negara yang besar, diapit dari dua benua dan dua samudera membuat Indonesia menjadi negara yang kaya akan iklim, keindahan alam, flora dan fauna.

Namun ada beberapa keuntungan dan pengaruh terhadap Indonesia terhadap letak astronomis indonesia, salah satunya juga adalah pembagian waktu di Indonesia dibagi menjadi 3 waktu, dimana waktu tersebut adalah WIB, WITA, WIT, hal ini juga berpengaruh dengan Letak Astronomis Indonesia.

Berikut Pengaruh dan Keuntungan Letak Astronomis Indonesia:

Penjelasan Singkat Letak Astronomis Indonesia:

Pengaruh Letak Astronomis Indonesia

Secara geografis, Indonesia terletak di antara Benua Australia dan Asia, serta di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Sedangkan secara astronomis, Indonesia terletak di 6o LU (Lintang Utara) – 11o LS (Lintang Selatan) dan 95o BT (Bujur Timur) – 141o BT (Bujur Timur).

Pengaruh Letak Astronomis Indonesia:

Apakaha Anda tahu bagaimana posisi telak astronomi indonesia? Caranya sebenarnya cukup mudah, siapkan sebuah Globe. Didalam Globe biasanya ada garis lintang dan gari bujur yang terdapat pada sebuah Globe.

Untuk mudah mencari tahu dimana letak astronomi indonesia, silakan perhatikan wilayah Indoneisa mulai dari batasa paling utara sampai ke-selatan, dan batas dari timur sampai barat. Jika berdasarkan globe tersebut, dapat kita amati, letak astromoni Indonesia berada dalam koordinat 95 derajat Bujur Timur sampai 141 derajat Bujur Timur, serta antara 6 derajat Lintang Utara sampai dengan 11 derajat Lintang Selatan.

Namun untuk mudah mengingat letak astronomi indonesia, menggunakan metode ini adalah: 5 derajat LU – 11 derajat LS dan 95 derajat BT – 141 derajat BT. Dengan letak astronomi indonesia seperti ini, membawa pengaruh unik tersendiri bagi indonesia.

Indonesia Berada di Garis Kathulistiwa:

Hal kenapa Indonesia di pengaruhi oleh iklim tropis salah satunya adalah karena Indonesia berada tepat di garis khatulistiwa, dengan lintang 5 derajat LU – 11 Derajat LS dan dilewati garis khatulistiwa.

Karena hal ini iklim tropis di Indonesia mempengaruhi curah hujan yang tinggi di beberapa daerah di Indonesia dalam sepanjang tahun. Indonesia juga memiliki suhu dan kelembapan udara yang tinggi sepanjang tahun, hal ini juga membuat Indonesia memiliki hutan terbesar di dunia setelah hutan Amazon yang berada di Amerika.

Pembagian Waktu di Indonesia:

Waktu di Indonesia terbagi atas 3 zona waktu yang berbeda-beda, yakni WIB (Wkatu Indonesia Bagian Barat), WITA (Waktu Indonesia Bagian Tengah), dan WIT (Waktu Indonesia Bagian Timur). Dalam patokan pembagian waktu indonesia ini berada di garus 0 dejarat.

Yang melewati kota Greenwich, oleh karena iu patokan zona waktu di Indonesia, dikenal denan nama Greenwich Mean Time (GMT), patokan ini mementukan pembagian waktu yang berada di wilayah Indonesia, dengan garis bujur wilayah Indonesia paling barat yakni 105 Derajat, nah dengan demikianpembagian waktu di Indonesia secara umum adalah sebagai berikut ini.

1. WIB terletak di wilayah antara 105 derajat BT – 120 derajat BT, meliputi Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Madura, dan Kalimantan Barat
2. WITA terletak di wilayah antara 120 derajat BT – 135 derajat BT, meliputi Pulau Bali, Pulau Sulawesi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, wilayah NTB, wilayah NTT.
3. WIT terletak di wilayah antara 135 derajat BT – 141 derajat BT, meliputi wilayah Maluku dan Papua.

Berbagai Keuntungan Letak Astronomis Indonesia:

1. Letak Astronomis di Indonesia memiliki iklim tropis yang mengakibatkan sebagian besar floran dan fauna dapat tumbuh dan berkembang.
2. Indonesia memiliki cuaca yang tidak terlalu ekstrim
3. Adanya perbedaan suhu pada tempat tertentu
4. Adanya 12 jam siang dan 12 jam malam sehingga dapatmembedakan waktu

Geografis

1. Devisa indonesia menjadi bertambah karena menjadi jalur lintas perdagangan dunia antara negara negara timur dengan eropa , afrika , india , dan timur tengah
2. Budaya positif dari negara luar dapat diserap
3. Indonesia juga menjadi negara yang dikenal dunia karena jalur lintas perdagaangannya
4. Berkembangnya IPTEK karena budaya luar yang masuk sudah berkembang pesat IPTEK nya

Hal Lain Keuntungan Letak Astronomis Bagi Indonesia:

– Indonesia memiliki iklim tropis
– Indonesia memiliki 3 bagian waktu (WIB,WIT,WITA)
– Indonesia menjadi negara tropis

Keuntungan Letak Geografis Bagi Indonesia:

– letak geografis indonesia sangat strategis karena menjadi jalur lalu lintas perdagangan dunia
– indonesia di lewati jalur perdagangan dari asia ke arah australia dan selandia baru
– kapal kapal dagang yang mengangkut berbagai komuditas dari china,jepang dan negar negara lainnya melewati indonesia menuju negara negara tujuan di eropa