Kisah Umar Bin Khattab Bertemu Iblis

Waktuku.comKisah Umar Bin Khattab Bertemu Iblis: Umar bin Khatab adalah salah satu dari khulafa rasyidin dan juga salah satu sahabat dari Rasulullah SAW. Umar bin Khatab adalah sosok yang memiliki watak keras tetapi juga tegas, bijaksana dan ditakuti oleh kaum Quraisy pada saat itu.

Sebelum menerima islam, Umar bin Khatab adalah orang yang sangat keras dalam menentang ajaran Islam dan ia juga sering melakukan perbuatan kasar pada kaum muslim sebelum ia diberikan hidayah menerima islam.

Seperti yang kita ketahui setan tidak akan pernah takut kepada manusia, bahkan yang paling takut dengan setan adalah manusia itu sendiri.

Namun, perlu kalian ketahui ternyata ada satu orang yang paling ditakuti setan, ia adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yakni Abu Hafsh Umar al-Faruq bin Khattab atau yang sering kita kenal dengan nama Umar bin Khattab.

Suatu ketika, pada saat itu terdapat sebuah Kisah Umar Bin Khattab Bertemu Iblis dimana setan takut akan Umar bin Khattab. Sebagaimana yang terjadi pada ‘Umar bin Khattab. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berkata pada ‘Umar bin Khattab,

إِنَّ الشَّيْطَانَ لَيَخَافُ مِنْكَ يَا عُمَرُ إِنِّى كُنْتُ جَالِسًا وَهِىَ تَضْرِبُ فَدَخَلَ أَبُو بَكْرٍ وَهِىَ تَضْرِبُ ثُمَّ دَخَلَ عَلِىٌّ وَهِىَ تَضْرِبُ ثُمَّ دَخَلَ عُثْمَانُ وَهِىَ تَضْرِبُ فَلَمَّا دَخَلْتَ أَنْتَ يَا عُمَرُ أَلْقَتِ الدُّفَّ
“Sesungguhnya setan benar-benar takut padamu wahai Umar. Tatkala aku duduk budak wanita itu memukul rebana, lalu masuk Abu Bakar, ‘Ali dan Utsman, dia masih memukul rebana, tatkala dirimu yang datang budak wanita itu melemparkan rebananya.” (HR. Tirmidzi no. 3690. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

إِنِّى لأَنْظُرُ إِلَى شَيَاطِينِ الإِنْسِ وَالْجِنِّ قَدْ فَرُّوا مِنْ عُمَرَ
“Sungguh aku melihat setan dari kalangan manusia dan jin lari dari ‘Umar.” (HR. Tirmidzi no. 3691. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Kisah Umar Bin Khattab Bertemu Iblis

Pada suatu hari sat Umar bin Khatab sedang berjalan di kota Madinah, Umar bin Khatab bertemu dengan salah satu bangsa jin yang dimana jin tersebut adalah Jin yang memiliki sifat sombong. Dan berlagak seperti mahkluk paling kuat.

Tak lama kemudian, terjadi perkelahian antara Jin tersebut dengan Umar. Dengan perlawanan yang singkat, Jin tersebut dapat dengan mudah dikalahkan oleh Umar.

Meskpun sudah kelah, Jin sombong tersebut tidak menerima kekalahannya dan ia juga masih belum berputus asa untuk mengalahkan Umar ditangannya. Dia juga sempat mengaku bahwa ia adalah jin yang terkuat di antara kawan – kawannya.

Ketika bertemu kembali dengan Umar, Jin tersebut ditanya oleh Umar bin Khatab,” Kenapa lengan jin itu kurus seperti lengan anjing?”. Kemudian jin menjawab,”Aku adalah jin yang paling kuat diantara jin sebangsaku,”.

Dalam sebuah riwayat, Umar bin Khattab sangat geram dengan ulah jin ini. Sehingga Umar bin Khattab berkata,”Aku tidak akan melepaskanmu kecuali kalian memberitahukan kepadaku sesuatu yang bisa melindungi dari kalian.”

Dengan sangat ketakutan, jin menjawab dengan tegas dan pasti,”Ayat Kursi.”