Waktuku.com – Objek Wisata di Bali yang berhubungan dengan air terjun lebih didominasi oleh kawasan Bali Utara atau Kabupaten Buleleng, sejumlah air terjun terkenal ada di sini seperti Gitgit, Yeh Mampeh, Aling-aling dan Sekumpul dengan keberadaannya cukup tinggi dengan tebing-tebingnya yang curam.

Namun tidak demikian halnya dengan sebuah air terjun yang terletak di Kabupaten Gianyar, yang bernama Air Terjun Kanto Lampo, walaupun tidak begitu tinggi , ingginya hanya sekitar 15 meter, namun tampilannya cukup unik dan indah, membuat setiap orang yang baru pertama kali mendengar dan melihat keindahannya melalui internet ataupun media sosial akan tertarik untuk mengenal lebih dekat.

Mendengar nama air terjun Kanto Lampo, untuk sementara ini anda pasti penasaran, seperti apakah penampakannya, apalagi tempat ini tergolong cukup baru dibandingkan dengan air terjun Goa Rang Reng dan Rumah pohon Karangasem yang tergolong tempat wisata baru yang dikenalkan oleh pengunjung melalui melalui media sosial. Tempat anti mainstream Air Terjun Kanto Lampo yang belum begitu dikenal banyak orang, yang akan menjadi sebuah objek wisata baru di Bali, karena keindahan serta tampilannya yang unik sehingga tampil beda.

Objek Wisata Air Terjun Kanto Lampo Di Kabupaten Gianyar

Kabupaten Gianyar memiliki sejumlah air terjun yang cukup menyedot perhatian warga bahkan juga wisatawan untuk berkunjung lebih dekat, satu diantaranya yang cukup terkenal adalah air terjun Tegenungan dan bebrapa lainnya seperti Goa Rang Reng dan air terjun Kanto Lampo, termasuk sejumlah air terjun yang anda nikmati pada saat ikut rafting di sungai Ayung, anak-anak sungai yang mengalir ke tebing sungai juga menciptakan sensasi indah.

Objek wisata air terjun Kanto Lampo terletak di Br. Kelod Kangin, Desa Beng, Kecamatan/ Kabupaten Gianyar – Bali, jarak dari pusat kota Denpasar cukup dekat hanya sekitar 30 km. Sedangkan dari pusat kota Gianyar hanya 3 km saja terletak di sebelah utaranya. Jika anda mau berkunjung ke sini, carilah desa Beng, objek wisata baru di Bali ini bagi kalangan warga lokal sudah disana sangat terkenal, memasuki desa tersebut sudah ada petunjuk yang mengarahkan anda ke lokasi asir terjun, atau tanya orang sekitar, merekka akan senang hati memberikan anda petunjuk.

Sesampai di areal parkir, sejumlah pemuda desa siap memberikan anda memberikan informasi sebelum sampai di lokasi. Air terjun Kanto Lampo dikelola oleh warga setempat dengan peran para pemuda desa termasuk dalam pembuatan tangga jalan menuju ke lokasi wisata, agar perjalanan lebih nyaman. Di areal ini juga ada makanan dan minuman, tidak dikenakan retribusi parkir, hanya dikenanakan biaya tiket masuk, biaya tiket masuk terakhir yang kami update Rp 5.000/orang baik desawa maupun anak-anak.

Untuk menuju ke tempat air terjun anda harus menuruni puluhan anak tangga, sepanjang perjalanan ada beberapa tempat peristirahatan dan juga pedagang, bisa anda gunakan sebagai tempat bersantai, sambil menikmati alam asri sekitarnya yang belum terjamah. Mungkin ada baiknya anda berkunjung tidak saat musim penghujan, karena jalannya akan sedikit licin. Sebelumnya jalan setapak untuk menuju air terjun Kanto Lampo sudah ada, akses jalan menuju lokasi digunakan warga setempat untuk mengambil air suci kepentingan upacara keagamaan, namun setelah menjadi objek wisata, akses jalan ditata lebih baik agar memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Setelah melewati anak tangga anda melewati tangga bebatuan alami, maka anda akan disuguhi pemandangan indah air terjun Kanto Lampo, memiliki daya tarik tersendiri dan berbeda dengan objek wisata air terjun lainnya, air terjun ini tidak menampilkan tebing-tebing curam, tapi bebatuan yang berhimpitan tersusun acak, beberapa bagian bebatuan datar, sehingga anda bisa berada dan duduk bersantai di bawah atau bagian tengah tebing sambil mandi menikmati segarnya dan jernihnya air terjun tersebut.

Aliran air terjun Kanto Lampo menerpa bebatuan-bebatuan tebing sehingga mengalir perlahan, tidak menciptakan suara gemuruh seperti air terjun lainnya yang menimpa langsung objek di bawahnya dari tebing tinggi. Aliran air di sini menimbulkan cipratan-cipratan air karena menimpa undakan-undakan acak dari tebing. Tempat ini memang menyuguhkan pesona yang sanggup memberikan kenyamanan dan membuat pikiran anda fresh kembali dengan suasana alam yang sejuk dikelilingi semak dan hutan tropis yang hijau.

Aliran air terjun Kanto Lampo cukup jernih untuk mandi, anda bisa mandi dan bercengkrama, bahkan di tengah-tengah tebing sambil duduk bersila seolah seorang pertapa, tentu akan menciptakan efek gambar yang sensasional. Kawasan ini akan ramai pengunjung saat liburan hari raya. Tempat ini selain sebagai tempat rekreasi juga sebagai ajang photo-photo yang keren, sehingga anda selalu eksis di media sosial.

Cara Berkunjung Ke Objek Wisata Air Terjun Kanto Lampo Gianyar

Berkunjung ke sini, bisa dengan kendaraan sendiri, sepeda motor ataupun mobil. Jika anda wisatawan bisa menggunakan jasa sewa mobil di Bali ataupun ikut tour yang disediakan oleh agen perjalanan setempat dan mengunjungi sejumlah obejk wisata di Kabupaten Gianyar lainnya seperti Ubud, Taman Bali Safari and Marine Park, Tampaksiring, Tegalalang dan juga Goa Gajah.

Mayoritas pengunjung masih warga lokal, apalagi saat liburan tempat ini selalu ramai dikunjungi, jika anda ingin lebih tenang menyaksikan keindahan air terjun Kanto Lampo dan suasana lebih sepi datanglah pada hari-hari biasa.