Kanker Lidah

Waktuku.comKanker lidah adalah salah satu penyakit yang banyak di alami oleh masyarakat yang berkaitan dengan mulut. Lidah juga termasuk salah satu indera pengecap yang sangat penting bagi kita. Jika lidah tidak bisa merasakan, pasti hal ini akan sangat menyiksa.

Lidah juga bisa berfungsi untuk membantu proses penelanan makanan. Kanker lidah adalah salah satu kanker yang berkembang pada sel sel lidah anda. Biasanya sel kanker tersebut berkembang pada sel-sel skuamosa di permukaan lidah. Tipe kanker jenis ini juga biasa disebut dengan karsinoma sel skuamosa.

Pada sel sel lidah tersebut, yang mulanya berkembang serta membelah diri dengan teratur akan berubah menjadi tak terkendali. Hal ini akan berakibat sel sel tersebut terus membelah diri sehingga membentuk masa jaringan secara tidak normal hal inilah yang disebut dengan tumor lidah.

Awalnya tumor ini tidak akan menyebar. Tapi lambat laun bisa menjadi lebih ganas serta menyebar dan bisa menyerang jaringan yang ada disekitarnya. Hal tersebut bisa dikatakan sebagai kanker lidah. Pada kanker lidah yang berkembang di lidah depan bisa disebut dengan kanker mulut. Sedangkan untuk kanker lidah yang tumbuh di bagian pangkal lidah adalah kanker orofaring.

Penyakit Kanker Lidah dan Penyebabnya:

Ciri Ciri Kanker Lidah Stadium Awal

Karena sulitnya diketahui gejala awal kanker lidah, anda bisa mengenalinya dari beberapa cirri Kanker lidah dibawah ini. Dengan ciri khusus kanker lidah tersebut, anda bisa mengobati kanker lidah dan menghentikan kebiasaan kebiasaan yang bisa menyebabkan kanker lidah muncul.

Rasa Kebas Dalam Mulut

Rasa kebas maupun lidah yang tak bisa merasakan sesuatu bisa membuat lidah tak mudah digerakkan. Jadi, ketika rasa kebas tersebut muncul, jangan sampai anda anggap sepele. Karena bisa jadi, rasa kebas tersebut adalah cirri cirri dari kanker lidah tahap awal. Untuk mengetahui kepastiannya, pastikan agar anda memeriksakan diri pada dokter ahli.

Rasa Sakit Saat Menelan

Bila sedang batuk biasanya menelan makanan maupun minuman akan terasa sakit. Jika hal tersebut tidak segera sembuh, anda harus lebih waspada. Karena bisa jadi ini adalah salah satu cirri dari sakit kanker lidah pada tahap awal. Oleh karena itu, periksakan diri anda pada dokter ahli supaya lebih jelas kondisinya. Apakah hal tersebut merupakan cirri kanker lidah atau bukan.

Pengaruh Human Papillomavirus (HPV)

HPV adalah salah satu virus yang kebanyakan menyerang orang yang telah melakukan hubungan seksusal dengan bebas. Hubungan seksual tersebut bisa memicu penyebaran virus masukdidalam tubuh. dengan begitu, virus HPV tersebut bisa menyebabkan kanker salah satunya ialah kanker lidah ini.

Kurangnya Higienitas Mulut

Jika mulut tidak terjaga kebersihannya, maka hal ini akan menjadi sarang sel kanker gampang sekali berkembang. Untuk itu, jagalah kebersihan mulut dengan baik agar sel kanker dalam mulut anda tidak bisa berkembang dengan baik. Khususnya sel kanker dibagian lidah anda.

Sisa Gigi Patah

Adanya gigi patah juga bisa menjadi masalah pada kesehatan mulut. Ketika ada gigi patah kemudian membusuk, disitulah tempat bersarangnya bakteri dan juga virus. Bahkan sel kanker juga bisa menjangkit pada wilayah sekitar gigi misalnya pada lidah ataupun daerah sekitar mulut.

Cara Pengobatan Kanker Lidah

Bila beberapa cirri diatas anda rasakan, ada baiknya anda segera konsultasikan pada dokter ahli untuk mengetahui secara lanjut. Tujuannya ialah untuk mendiagnosa dan memastikan penyebab gangguan mulut yang anda alami. dengan begitu, dokter akan memeriksa dan mealkukan biopsy pada jaringan yang sudah dicurigai sebagai kanker.

Masalah kanker lidah yang ada pada bagian depan lebih gampang dideteksi daripada kanker yang ada dibagian pangkal lidah. Sehingga kanker dibagian depan lidah bisa lebih cepat penangannya dan bisa meningkatkan resiko kesembuhan juga.

Sementara untuk kanker lidah yang terdapat pada pangkal lidah cenderung lebih sulit dideteksi sehingga penanganannya baru bisa dilakukan pada stadium lanjut ketika sudah menyebar pada jaringan lainnya.

Sesudah pasien telah di vonis mengalami kanker lidah, maka bisa melakukan jalan pengobatan baik secara alami maupun secara medis. Untuk pengobatan secara medis akan dilakukan sesuai dengan ukuran, stadium maupun keberadaan kanker lidah tersebut. Berikut ini ada beberapa ramuan yang bisa dijadikan sebagai obat alami kanker lidah.

Kunyit Putih

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat kanker lidah secara alami ialah kunyit putih. Hal itu karena dalam Curcuma Zedoaria ini mempunyai efektifitas sangat tinggi dalam mengatasi masalahkanker maupun tumor. Banyak penelitian yang menyatakan jika dalam kunyit putih ini telah mengandung berbagai kandungan untuk mengatasi masalah kanker.

Untuk menggunakan ramuan ini, anda bisa memilih salah satu dosis yang ada dibawah ini:
Kunyit non gula:
– Sediakan kunyit secukupnya
– Kemudian cuci sampai bersih dan haluskan
– Ambil 1 sendok teh kunyit halus dan seduh dengan air panas ½ gelas saja
– Endapkan dan konsumsi airnya saja

Untuk pencegahan, anda bisa mengkonsumsi 1 kali sehari, yang bisa diminum saat akan tidur. Sementara untuk pengobatan, anda bisa mengkonsumsi 3 kali sehari.

Keladi Tikus

Ramuan alami selanjutnya ialah keladi tikus yang bisa menyembuhkan kanker lidah yang anda alami. Dalam sebuah penelitian telah menyatakan jika ramuan ini bisa digunakan untuk menghentikans ekaligus mengobati penyakit kanker yang ada.

Untuk menggunakannya, lakukan langkah langkah dibawah ini:
– Siapkan keladi tikus 3 batang beserta daunnya (setara dengan 50 gram)
– Kemudian rendam dalam waktu 30 menit
– Setelah itu, haluskan dengan cara ditumbuk lalu peras airnya
– Minum airnya secara rutin

Didalam daun keladi tikus ini, telah mengandung senyawa yang sangat aman untuk menyembuhkan kanker lidah. Sehingga, anda bisa menggunakannya untuk mengobati kanker lidah tanpa sefek samping didalamnya.

Tapak Dara

Selain bisa menyembuhkan kanker payudara, daun tapak dara juga bisa digunakan untuk mengobati kanker lidah. Dari hasil riset menunjukkan jika terdapat kandungan 2 senyawa alkaloid vinka, berupa vinkristin dan vinblastin.

Yang sangat berperan aktif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker yang ada di dalam tubuh. bahkan kedua senyawa tersebut tidak akan merusak sel normal lain yang ada disekitar tumbuhnya sel kanker. Oleh karena itu, sangat aman digunakan untuk mengobati kanker payudara ataupun kanker lidah.

Cara membuat ramuan daun tapak dara untuk menyembuhkan kanker lidah:
– Siapkan 22 helai tapak dara
– Siapkan juga kulit kayu pulasari dan buah adas
– Setelah semua bahan dicuci, rebuslah dengan air 3 gelas
– Tambahkan gula merah supaya rasanya tidak terlalu pahit
– Setelah airnya sisa 1 ½ gelas, angkat dan saring
– Setelah dingin, minum secara rutin air rebusannya.

Di wilayah Sumatra, jenis daun tapak dara lebih dikenal sebagai rumput alang. Beberapa jenis kanker juga bisa diobati dengan daun tapak dara ini seperti kanker bronkial maupun tumor ganas lain yang dapat menyerang tubuh siapa saja.

Daun Dewa

Jenis tanaman daun dewa memang sudah dikenal dari dulu jauh sebelum adanya pengobatan modern untuk menyembuhkan kanker secara alami dan aman. Untuk mengambil khasiat yang ada pada daun dewa, anda bisa menggunakan beberapa cara. Kedua cara dibawah ini bisa anda pilih untuk menyembuhkan kanker lidah yang anda alami.

Cara membuat ramuannya:
– Langkah pertama siapkan daun dewa 30 gram
– Kemudian siapkan juga temulawak putih 20 gram
– Kemudian sediakan 30 gram jombang
– Selanjutnya cuci semua bahan diatas dan rebus dengan 600 cc air
– Setelah air rebusan sisa separuh, angkat dan dinginkan
– Saringlah air rebusannya dan minum secara rutin.

Anda juga bisa menambahkan madu didalam ramuan tersebut agar rasanya lebih enak dan rasa pahitnya sedikit berkurang. Daun dewa memang telah terbukti ampuh menyembuhkan beberapa jenis kanker. Sehingga banyak yang menggunakan ramuan ini untuk pengobatan alami selain pengobatan medis.

Benalu

Meskipun benalu adalah tanaman pengganggu, namun sebenarnya tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan kanker lidah dan jenis kanker lainnya. Didalam benalu terdapat kandungan yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker didalam tubuh.

Sehingga, tumbuhan ini bisa menghambat keganasan dari sel kanker dalam tubuh.
Untuk membuatnya, anda tinggal merebus benalu yang sudah dicuci sampai bersih. Kemudian jadikan air rebusan tersebut menjadi teh sebagai penyembuh kanker lidah. Ramuan ini juga bisa digunakan sebagai pendukung pengobatan setelah melakukan kemoterapi.

Daun Sirih Merah

Tanaman selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai obat kanker lidah ialah daun sirih merah. Dalam daun sirih merah ini telah mengandung bahan alami berupa senyawa fotokomia berbentuk tanin, saponin, flavonoid serta alkoloid. Seluruh kandungan alami tersebut bisa melawan kanker didalam tubuh.

Kandungan zat tersebut juga aman dikonnsumsi sehingga tidak menimbulkan efek samping selama penggunaanya tidak berlebihan. Terdapat penelitian yang menyatakan jika manfaat daun sirih merah terhadap kanker berasal dari beberapa mekanisme yang berbeda. Contohnya saja ialah dapat memberi perlindungan sel supaya DNA tubuh tak rusak.

Kulit Manggis

Bagi pasien yang didalam tubuhnya terdapat sel kanker, sangat disarankan untuk menggunakan ramuan dari kulit manggis ini untuk mengatasinya. Anda yang rentan terhadap kanker juga disarankan untuk mengkonsumsi kulit manggis untuk mencegah berkembangnya sel kanker didalam tubuh.

Kandungan antioksidan yang sangat tinggi dalam kulit manggis bisa melawan radikal bebas sebagai penyebab timbulnya kanker dalam tubuh. Didalam kulit manggis juga mengandung xanthone sebagai salah satu antioksidan paling tinggi yang dapat mencegah proliferasi dari sel kanker. Dengan kandungan senyawa tersebut, maka proses penyembuhan kanker akan lebih cepat. Sehingga anda bisa menggunakan ramuan ini untuk menyembuhkan kanker lidah yang anda alami.

Selain beberapa cara alami diatas, biasanya ada yang memilih jalur medis untuk menyembuhkan kanker lidah yang dialaminya. Diantara penyembuhan yang bisa dilakukan untuk mengobati kanker lidah seperti melakukan operasi, kemoterapi atau radioterapi.

Namun ketiga metode tersebut umumnya memberi efek samping pada tubuh seperti rambut rontok, matinya sel saraf atau lainnya. Akan tetapi, bagi anda yang memilih jalan medis tersebut, masih bisa menggunakan bahan alami diatas untuk membentu penyembuhan agar lebih cepat. Karena bahayanya kanker lidah, maka anda bisa menggunakan cara cara yang paling aman dan tidak menimbulkan efek samping.