Kalkulator Kehamilan dan Kelahiran Menurut Dokter

Kalkulator Kehamilan

Waktuku.com – Hamil dan memiliki buah hati adalah impian dari semua pasangan, oleh karena itu kalkulator kehamilan sangat diperlukan untuk melakukan kontrol terhadap kondisi bayi dalam kandungan.

Kalkulator kehamilan dan kelahiran merupakan sebuah alat yang bisa digunakan untuk mengetahui usia kandungan secara lebih jelas. Alat ini biasanya merupakan perangkat lunak yang akan membantu anda melakukan penghitungan usia janin sesuai dengan waktu terakhir anda mengalami haid.

Kalkulator ini merupakan kalkulator yang dibuat berdasarkan cara dokter kandungan dalam menghitung usia kandungan anda sehingga sama akuratnya dengan perhitungan para dokter. Bahkan pengitungan yang dilakukan oleh alat ini bisa dianggap lebih presisi karena dilakukan oleh sistem yang sudah di buat dengan kondisi-kondisi sesuai dengan kenyataan seperti berbedaan jumlah hari pada kalender dan masih banyak yang lainnya.

Tujuan dari keberadaan kalkulator kehamilan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk mengetahui usia janin dalam kandungan memang bisa dilakukan oleh dokter kandungan yang menangani anda. Lalu untuk apa dibuat kalkulator ini?

Salah satu tujuan dari keberadaan kalkulator ini adalah untuk memberikan edukasi bagi para calon ibu mengenai kondisi sewajarnya kandungan yang dimilikinya. Biasanya, kalkulator untuk mengecek usia kehamilan ini akan di sertai dengan kondisi-kondisi bayi pada usia janin tertentu.

Hal ini merupakan salah satu hal yang sangat menguntungkan bagi para ibu yang sedang hamil. Mengapa? Hal ini disebabkan karena mengetahui kondisi janin dalam kandungan merupakan salah satu hal yang wajib untuk para ibu.

Dokter mungkin akan memberi tahu mengenai kondisi kehamilan anda pada saat melakukan pemeriksaan, akan tetapi untuk mengetahui kondisi umum janin anda bisa menggunakan deskripsi usia bayi yang dimiliki oleh kalkulator ini.

Dengan mengetahui kondisi normal janin dalam kandungan mungkin akan lebih baik bagi anda. Mengapa? Hal ini disebabkan karena ketika anda mengalami atau melihat tanda-tanda yang tidak normal pada perkembangan bayi, anda bisa langsung menghubungi dokter untuk memastikan kesehatan bayi anda.

Dari panjelasan diatas kita bisa tahu bahwa tujuan utama dari keberadaan aplikasi kalkulator kehamilan ini adalah untuk mengedukasi. Edukasi untuk hal-hal seperti kehamilan apalagi kehamilan pertama merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Ketika anda mengalami kehamilan tapi tidak mengetahui bagaimana kondisi janin anda seharusnya, akan sulit bagi anda untuk mengetahui jika terjadi sesuatu yang salah pada janin anda. Hal inilah yang membuat aplikasi ini menjadi penting untuk digunakan.

Selain untuk mengedukasi, penghitungan usia kehamilan yang tepat adalah sesuatu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Mengapa? Hal ini disebabkan karena penghitungan usia kehamilan yang salah dapat menyebabkan janin mengalami masalah pada hari kelahirannya. Janin yang sehat tapi mengalami kesalahan penghitungan usia dapat lahir terlambat sehingga membahayakan nyawanya.

Bayi yang terlalu lama didalam kandungan atau melebihi usia seharusnya memiliki kemungkinan besar mengalami keracunan air ketuban sehingga akan berdampak sangat buruk bagi kesehatannya.

Jika anda memeriksakan diri pada dokter anda juga bisa melakukan cross check dengan menggunakan perangkat kalkulator kehamilan untuk memastikan bahwa penghitungan dokter kandungan anda dilakukan secara tepat. Hal ini semata-mata untuk menjaga kesehatan dan keselataman bayi yang ada di dalam kandungan anda.

Cara kerja dari kalkulator kehamilan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalkulator untuk menghitung usia kehamilan dibuat dengan menggunakan ilmu kedokteran untuk melakukan penghitungan usia kehamilan.

Aplikasi ini juga bisa digunakan oleh para dokter untuk mempermudah penghitungan usia janin dan juga perkiraan kelahiran bayi yang anda kandung. Aplikasi ini akan bekerja dengan menghitung usia janin anda dengan mengecek tanggal pertama menstruasi terakhir anda.

Contohnya, bulan ini adalah bulan Agustus, maka anda perlu mengingat bulan apa anda terakhir menstruasi, apakah bukan Agustus atau bulan Juli. Jika terakhir anda mengalami menstruasi bulan Juli lalu ingat kembali tanggal berapa anda mengalami menstruasi di bulan Juli tersebut. Dari tanggal pertama menstruasi terakhir yang anda alami, akan dihitung siklus menstruasi anda selama beberapa bulan belakangan ini.

Tanggal dan juga periode ini akan digunakan oleh sistem untuk menentukan tanggal berapa anda mengalami ovulasi. Ovulasi inilah yang menentukan hari pertama janin anda terbentuk dan merupakan hari pertama penghitungan usia janin yang anda kandung. Dari situ anda juga bisa mengetahui kapan janin anda berusia 3 bulan atau 7 bulan. HPL atau Hari Perkiraan Lahir janin anda juga akan diperlihatkan pada aplikasi tersebut.

Melihat cara kerja dari kalkulator kehamilan ini, maka akan sangat penting bagi anda untuk mengetahui secara tepat tanggal hari pertama anda mengalami haid. Selain itu anda juga perlu mengetahui siklus menstruasi yang anda miliki untuk melakukan penghitungan hari ovulasi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Hal ini disebabkan karena waktu ovulasi setiap orang berbeda-beda. Selain untuk mengetahui usia kehamilan dengan menggunakan kalkulator kehamilan, mengetahui siklus menstruasi juga sangat penting bagi anda yang sedang mengupayakan buah hati dalam keluarga anda. Mengetahui siklus menstruasi berarti anda mengetahui kapan sel telur anda siap dibuahi sehingga potensi kehamilan akan semakin besar. Sayangnya siklus menstruasi setiap bulan memang bisa berubah.

Hal ini disebabakan karena menstruasi bisa tertunda atau bahkan diperpendek karena banyak faktor. Faktor stress dan juga lingkungan yang kurang sehat bisa menjadi faktor yang sangat mengganggu bagi siklus menstruasi.

Oleh karena itu ada baiknya anda juga memiliki aplikasi untuk mencatat siklus menstruasi anda. Pilihlah aplikasi yang bisa memberikan rata-rata siklus menstruasi yang anda alami sehingga anda bisa mendapatkan periode menstruasi yang tepat.

Mendapatkan kalkulator kehamilan

Bagaimana cukup banyak bukan manfaat dari kalkulator kehamilan untuk anda yang sudah berkeluarga apalagi yang sudah memiliki janin didalamnya. Bagi anda yang ingin mendapatkan informasi mengenai kehamilan secara normal dan juga menghitung usia janin yang ada di rahim anda, anda bisa mendapatkan kalkulator kehamilan ini dengan cara yang sangat mudah.

Anda bisa mencari aplikasi ini secara online di website-website kehamilan atau bahkan mendapatkannya di ponsel android anda. Dengan mudahnya akses untuk aplikasi kalkulator kehamilan ini, maka tidak ada alasan bagi anda untuk tidak mengetahui usia kehamilan anda dalam upaya menjaga kesehatan janin anda.

Kehamilan merupakan sebuah keajaiban. Hal ini disebabkan karena waktu ovum siap dibuahi di tempat yang seharusnya memang tidak lama, oleh karena itu tidak semua pasangan bisa mendapatkan anugerah ini.

Jadi bagi anda yang sudah mendapatkan berkah kehamilan ini ada baiknya anda menjaganya dengan sungguh-sungguh karena anak merupakan titipan dari Tuhan yang sudah seharusnya dicintai dan juga disayangi.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga anugerah tersebut dengan baik adalah dengan mengontrol kesehatan dan kondisi bayi dengan menggunakan kalkulator kehamilan ini.