Waktuku.com – Kejuaraan bergengsi sepak bola di Asia Tenggara AFF SUZUKI CUP tak lama lagi akan dihelat, tim dari negara peserta kejuaraan tersebut sedang sibuk melakukan pembenahan pemain dimasng-masing negara. Salahsatu yang menjadi sorotan di piala AFF adalah kembalinya Indonesia ke dalam kejuaraan bergengsi tersebut, pasalnya Setelah dijatuhkannya sanksi dari FIFA terhadap Indonesia, maka indonesia otomatis tidak bisa melakoni pertandingan Internasional apapun termasuk mengikuti Piala AFF. Namun dengan ditarik kembali hukuman tersebut, maka indonesia bisa mengikuti ajang Bergengsi 2 tahunan ini sekaligus debut Internasional pertamanya pasca dicabutnya pembekuan dari FIFA.

Piala AFF tersebut tergabung dalam 2 Group, dimana Indonesia tergabung dalam Group A bersama dengan Singapura, Filipina, dan Juara Bertahan Thailand. Di Grup B Tergabung Malaysia, Myanmar, Filiphina dan pemenang babak Kualifikasi.

Dari hasil Undian yang dilakukan di Yangon,Myanmar tersebut maka dipastikan Indonesia tak akan bertemu Malaysia di babak penyisihan grup. Hal tersebut langsung mendapatkan respon positif dari pelatih Timnas Malaysia, sebab tak bertemu Indonesia di babak penyisihan piala AFF merupakan suatu keuntungan bagi Timnas Malaysia sendiri.

Ong Kim Swe sebagai pelatih Timnas Malaysia mengatakan “Terhindar dari Singapura dan Indonesia patut kami syukuri, sebab kami telah merencanakan pertandingan ujicoba melawan kedua tim sebelum piala AFF dihelat”.

Selain keuntungan tidak bertemu Indonesia, Malaysia pun beruntung juga tidak bertemu lawan berat yaitu juara bertahan piala AFF Thailand. Tak diragukan lagi Thailand memang lawan berat bagi semua peserta piala AFF, sebab merekalah yang sering menjadi momok menakutkan bagi siapa saja yang bertemu dengannya.