HARBOLNAS: Hari Belanja Online Nasional 2016

0
belanja online

Waktuku.comHarbolnas merupakan Hari Belanja Online Nasional yang diperingati pada tanggal 12 hingga 14 Desember 2016.

Semenjak era teknologi di dunia website makin berkembang, pada awal tahun 2016 lalu banyak sekali bermunculan website baru yang berdedikasi di bidang e-commerce atau toko online, sebut saja mereka ,toko online besar seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan

lainnya menjadikan HARBOLNAS ini ladang untuk meraup pendapatan yang lebih baik lagi.
Dalam HARBOLNAS ini banyak sekali situs toko online lainnya seperti yang di atas memperingati HARBOLNAS yang jatuh dua hari lagi.

Banyak sekali promo dan diskon menarik yang menjadi daya tarik minat pembeli belanja online untuk mendapatkan diskon dan promo yang sebesar-besarnya. Hal ini merupakan salah satu data yang diambil dari Shopback seperti yang di kutip dari techinasia.com, sebanyak 77,1% konsumen belanja online di Indonesia pada HARBOLNAS 2016.

harbolnas

Lantas apa yang suka di nanti oleh mereka user HARBOLNAS: Hari Belanja Online Nasional 2016, Harbolnas merupakan Hari Belanja Online Nasional yang diperingati pada tanggal 12 hingga 14 Desember 2016., berdasarkan salah satu survei ternyata potongan harga hingga mencapai 43,4%, harga spesial hingga 57,5%, promo pemasaran 18,1%, undian 0,3% dan juga barang edisi terbatas 0,4% adalah jenis promo favorit.

Namun menjelang HARBOLNAS ini banyak sekali kendala yang di alami mereka para pelaku e-commerce atau toko online dalam menghadapi para pembeli yang sangat meningkat ini, seperti urusan logistik adalah menjadi kendala terbesar bagi mereka para pelaku.

Didalam survei dari shopback mengatakan bahwa “Dalam survei kami ditemukan fakta bahwa sebanyak 59 persen konsumen masih menjadikan lamanya pengiriman barang sebagai masalah utama mereka. Ada baiknya pelaku e-commerce Indonesia memperhatikan lebih serius faktor logistik, karena ini berpotensi pengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan.”

Rata-rata nilai belanja online saat HARBOLNAS

Mereka yang memanfaatkan HARBOLNAS ini banyak dari mereka menghabiskan uang senilai Rp. 250.000 hingga Rp. 1.000.000 hanya demi kepentingan HARBOLNAS 2016 ini. Namun ada fakta menarik dari mereka para konsumen, dengan mengeluarkan budget hingga Rp. 250.000 ini ketika pertama kali mencoba belanja online. Bisa dikatakan HARBOLNAS ini bisa meningkatkan pengeluaran belanja online 4x lipatnya dari mereka belanja online.

Dari HARBOLNAS ini, banyak sekali mereka para peminat banyak membeli Gadget dan Aksesoris hingga mencapai 63,3%, fashion (52 persen) dan keperluan rumah tangga (50,7 persen).kategori lainnya adalah makanan dan minuman (28,3 persen), kecantikan dan kesehatan (26,7 persen), tiket dan travel (17,6 persen), serta otomotif (10,3 persen).

“Munculnya gadget dan aksesori sebagai kategori produk yang paling diincar tidak terlalu mengejutkan jika melihat karakteristik calon konsumen yang berada di kisaran usia sembilan belas tahun sampai dengan 35 tahun. Begitu pula dengan munculnya keperluan rumah tangga yang didorong oleh suara 52 persen responden berusia 26 tahun hingga 35 tahun yang beberapa di antara mereka merupakan pasangan muda,” ungkap Indra dari Shopback.