Gempa 5,4 Landa Mukomuko

Waktuku.comBengkulu, Gempa bumi berkekuatan 5,4 pada skala Richter kembali mengguncang Bengkulu pada Minggu (2/4/2017) pukul 20.56 WIB. Kepala Stasiun Pemantau Gunung Berapi BMKG Kepahiang, Bengkulu, Litman mengatakan, pusat gempa berada di 59 kilometer arah tenggara Kabupaten Mukomuko dengan kedalaman 49 kilometer.

Gempa bumi berkekuatan 5,4 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari website resmi Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi sekitar pukul 20.55 WIB, Minggu (2/4/2017). Pusat gempa berada di 3.18 LS,101.44 BT.

Gempa tersebut terjadi pada kedalaman 49 km di bawah permukaan laut. Gempa terjadi di 59 km Tenggara Mukomuko. Pusat gempa berada di 59 km sebelah tenggara Kabupaten Mukomuko. Hingga saat ini belum ada informasi mengenai dampak dan korban jiwa akibat dari gempa tersebut.

“Terjadi pergeseran koordinat pusat gempa kerah utara dan tidak berpotensi tsunami,” ucap Litman di Bengkulu (2/4/2017).

Data BMKG juga menyebutkan bahwa pemicu gempa masih sama dengan yang terjadi pada Jumat, 31 Maret 2017, dengan kekuatan 5,2 SR. Terjadi patahan subduksi pada pertemuan lempeng Indoaustralia dan Euroasia.

Almuhkazen, warga Desa Air Bikuk, Kecamatan Pondok Suguh, Mukomuko, seperti dilansir dari Liputan6.com mengatakan, getaran gempa dirasakan cukup kencang, tapi hanya beberapa detik saja.

“Karena cuma sesaat, kami santai saja dan tidak peduli, sudah terbiasa,” ujar Almukhazen.

Warga bahkan tidak ada yang keluar rumah saat gempa bumi. Mereka hanya keluar sebatas teras dan langsung masuk kembali. Seolah-olah tidak terjadi apa apa.

“Kami mau langsung tidur saja, mudah mudahan aman,” guru madrasah tsanawiyah ini memungkasi. (ept/lptn6)