BMKG: Gempa 12 Juni 2017, Gempa Hari Ini Landa Sukabumi, Kekuatan 6,4 SR

Gempa Hari Ini

Waktuku.comSuakabumi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebut belum ada laporan kerusakan akibat gempa berkekuatan 6,3 Skala Ritcher (SR) yang berpusat di Sukabumi, Jawa Barat, pada Senin (12/6/2017) pagi tadi.

“Belum ada laporan dari Tim Reaksi Cepat (TRC) di kecamatan, namun begitu kami terus mencari informasi apakah ada bangunan yang rusak akibat getaran gempa bumi yang terjadi pagi tadi,” Kepala Pusat Pengendalian dan Operasi BPBD Kabupaten Sukabumi Yana Rusyana di Sukabumi, sekitar pukul 08.15 WIB.

Meski begitu BPBD telah menyiagakan seluruh anggotanya yang berada di tiap kecamatan untuk melakukan pemantauan di wilyahnya masing-masing.

Yana menghimbau, warga yang tinggal di daerah pesisir pantai seperti Palabuhanratu, Ujung Genteng, Cisolok dan beberapa lokasi lainnya untuk tidak khawatir karena gempa yang terjadi dipastikan tidak berpotensi tsunami.

“Dinding gemeretak, lampu gantung juga goyang tetangga semua teriak gempa. Panik semua berhamburan keluar rumah, sempat takut juga ada tsunami karena tadi dengar titik lokasi gempanya di Sukabumi,” kata Adang Suhendi (49) warga Perum Taman Sari, Palabuhanratu.

Gempa 6,3 SR Guncang Sukabumi, Getaran Terasa di Jakarta dan Depok

Gempa bumi terjadi di laut selatan Jawa atau sekitar 179 km barat daya Kota Sukabumi, Jawa Barat. Gempa tersebut terjadi sekitar pukul 06.15 WIB dengan kedalaman 10 km.

Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Gempa ini terjadi pada pukul 06.15 WIB, Senin (12/6/2017).

“Gempa ini tidak berpotensi tsunami,” ucap Sutopo, dalam pesan singkatnya.

Gempa tersebut berkekuatan 6,3 SR. Sejumlah warga di Jakarta turut merasakan guncangan akibat gempa tersebut.

“Barusan Jakarta diguncang gempa. Lumayan terasa di Gedung Menara Bank BTN Jl Gajah Mada,” ujar akun Twitter @Yfais.

Gempa juga dirasakan warga Depok, Jawa Barat. Retno, warga Limo, Depok, mengatakan guncangan gempa terasa cukup kencang. Guncangan gempa itu membangunkan keluarganya.

“Terasa beberapa menit,” ucap Retno.