Gempa 5,4 Landa Mukomuko

Waktuku.comGempa 10 Februari 2017Gempa bumi berkekuatan 4,5 skala Richter (SR) terjadi di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Kedalaman gempa berada di 10 km di bawah permukaan laut.

Berdasarkan informasi dari situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, gempa terjadi pada Jumat (10/2/2017) pukul 01.00 WIB.

Pusat gempa berada di darat pada jarak 24 kilometer arah Barat Daya dari Kabupaten Deli Serdang. Titik gempa ada di 3,34 LU dan 98,5 BT.

Gempa tersebut dirasakan dalam skala Modified Mercalli Intensity (MMI) II-III di Medan, Tutungan dan Bijai. Belum ada laporan atas kerusakan dari gempa tersebut termasuk apakah gempa berpotensi tsunami atau tidak.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berpusat sekitar 24 kilometer (Km) arah Barat Daya, Medan. Gempa berada di kedalaman 10 km, dan tidak jauh dari kawasan Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo. Getaran gempa juga dirasakan warga di Brastagi, Medan dan Tuntungan dengan skala intensitas Mercalli (MMI) di level II-III-IV.

Pusat gempa tersebut terjadi di titik koordinat 3,34 derajat Lintang Utara (LU) dan 98,5 derajat Bujur Timur (BT). Belum ada laporan korban jiwa atas gempa itu.

Sebelumnya, masyarakat di Kabupaten Deli Serdang, Medan, Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Sumut), berhamburan keluar rumah menyusul gempa yang melanda daerah tersebut, Senin (16/1) malam.

Berdasarkan data BMKG, gempa terjadi sebanyak dua kali. Gempa pertama pukul 19.13 WIB dengan kekuatan 3,9 Skala Richter (SR). Kemudian, gempa kedua dirasakan lebih kuat sekitar pukul 19.42 WIB dengan kekuatan sekitar 5,6 SR. Pusat gempa berada di 3.24 Lintang Utara (LU) dan 98.59 Bujur Timur (BT).

Lokasi itu persisnya berada pada 23 kilometer (Km) di Barat Daya Kabupaten Deli Serdang, dengan kedalaman 10 km. Gempa dirasakan di Medan I-II MMI (I SIG).

Menurut Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, gempa yang terjadi di Deli Serdang dan dirasakan masyarakat di Medan, tidak berpotensi tsunami.