Gejala Penyakit Hepatitis B

0
97
Gejala Penyakit Hepatitis B

Waktuku.com – Penyakit hepatitis terdiri dari beberapa jenis, diantaranya hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, dan hepatitis E. Pada artikel ini saya akan mengulas gejala penyakit hepatitis B

Gejala penyakit hepatitis B sering kali tidak langsung terasa dan bahkan ada yang tidak muncul selama sistem kekebalan seseorang si penderita tersebut berjuang melawan virus.

Oleh karena itu, banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi. Penularan masih dapat terjadi, selama virus hepatitis berada dalam tubuh penderita hepatitis tersebut.

Jika pun ada gejala, masa inkubasi hepatitis B berkisar antara 2 sampai 5 bulan sejak terpapar virus. Yang dimaksud dengan inkubasi adalah jarak antara masuknya virus ke dalan tubuh sampai terjadinya gejala. Gejala tersebut biasanya akan hilang dalam waktu 30-90 hari.

Berikut, Gejala Penyakit Hepatitis B antara lain:

Kehilangan nafsu makan

Mual dan muntah

Diare

Penirunan berat badan

Gejala yang menyerupai flu, seperti: lelah, byeri pada tubuh, sakit kepala, dan demam tinggi (sekitar 38° Celcius atau lebih)

Nyeri pada perut

Lemas dan lelah

Sakit kuning (kulit dan bagian putih mata yang menguning)

Penyebab munculnya sakit kuning adalah bilirubin, yaitu senyawa hasil limbah sel darah merah, yang tidak dapat dilenyapkan oleh hati yang mengalami kerusakan. Senyawa ini juga bisa membuat urine menjadi kuning pekat dan tinja yang berwarna pucat.

Hepatitis B Kronis, hepatitis B kronis terjadi ketika virus hepatitis berada dalam tubuh selama lebih dari 6 bulan. Gejalanya cenderung lebih ringan, dan tidak konstan. Sebagian penderita penyakit ini, tidak mengalami gejala yang signifikan.

Namun penderita harus tetap berhati-hati, karena penderita penyakit hepatitis B kronis terutama yang tidak menjalani pengobatan, dapat mengalami komplikasi serius. Misalnya sirosis atau inflamasi hati. (inh/alodokter)