Gejala Andropause, Menopause Pada Pria

Waktuku.comYuk kenali gejala andropause, menopause pada pria. Para ahli kesehatan lebih sering menggunakan istilah andropause, defisiensi testosteron, defisiensi androgen, atau hypognadisme.

Seluruh sebutan ini mengacu pada berkurangnya hormon-hormon yang berperan terutama pada fungsi seksual. Penggunaan kata “menopause” dinilai dapat menimbulkan kesalahpahaman, karena menopause pada pria tidak selalu diakibatkan oleh penurunan jumlah hormon tertentu, seperti halnya yang terjadi menopause pada wanita.

Menopause pada pria (andropause) sebenarnya tidak sama dengan menopause pada wanita, jika wanita menopause disebabkan oleh menurunnya hormon estrogen. Namun tidak dengan menopause pada pria, menopause pria tidak selalu disebabkan oleh menurunnya hormon testoteron.

Meskipun hormon testoteron akan menurun seiring bertambahnya usia, namun penurunannya cenderung stabil dari tahun ke tahun yakni hanya 1-2 persen per tahunnya ketika usia pria berkisar antara 30-40 tahun.

Hal mendasar yang membedakan menopause pada wanita dengan menopause pria, adalah tidak semua pria akan mengalaminya. Sedangkan wanita, ketika mencapai usia tertentu pasti akan mengalami menopause.

Yuk Kenali Gejala Andropause, Menopause Pada Pria

1. Penurunan gairah dan fungsi seksual.
2. Disfungsi ereksi, impotensi, dan kesulitan mempertahankan ereksi
3. Perubahan mood yang tiba-tiba dan mudah tersinggung
4. Berkurangnya masa otot dan menurunnya kemampuan untuk melakukan aktifitas fisik atau olahraga
5. Kulit kering dan keringat berlebih
6. Pendistribusian lemak yang lebih mengarah ke perut dan dada, sehingga menyebabkan perut buncit atau munculnya “payudara pria”
7. Kehilangan energi dan antusiasme
8. Kesulitan tidur seperti insomnia
9. Berkurangnya kemampuan untuk berkonsentrasi serta menurunnya kemampuan mengingat jangka pendek.

Perlu diingat, bahwa andropause atau menopause pada pria ini tidak sama seperti menopause pada wanita. Jika setiap wanita pasti akan mengalami masa menopause pada usia tertentu. Berbeda halnya dengan pria, karena tidak semua pria akan mengalami masa andropause (menopause pada pria) pada usia tertentu. (inh/hellosehat)

Dewabet