8 Film Perang Terbaik Mulai dari Film Lawas Hingga Modern

Film Perang Terbaik
image by: imdb.com

Waktuku.com – Rekomendasi film perang terbaik tentu menjadi salah satu yang paling dicari oleh para pecinta film yang bertema peperangan ini.

Film yang mengangkat kisah peperangan memang memiliki daya tarik tersendiri. Karena biasanya di dalamnya bercampur adegan yang menegangkan, penuh aksi, hingga drama yang menyayat hati.

Tak terhitung sudah berapa banyak film perang yang diproduksi hingga saat ini. Di antara banyaknya judul tersebut, terdapat beberapa film terbaik yang sangat sayang jika kamu lewatkan.

Beberapa judul film perang terbaik itu pun tak hanya yang merupakan film modern saja, namun ada pula film perang lawas yang patut untuk disaksikan karena menghadirkan cerita yang mendalam. Yuk, langsung saja cek sama-sama!

Film Perang Terbaik Sepanjang Masa

Film Perang Terbaik Sepanjang Masa
image by: kompas.com

1. Braveheart (1995)

Braveheart menjadi judul pertama yang menjadi rekomendasi film perang terbaik sepanjang masa. Film yang disutradarai sekaligus diperankan oleh Mel Gibson ini merupakan film perang bertema kerajaan.

Film ini sangat menarik untuk diaksikan karena diangkat dari tokoh nyata yang legendaris asal Skotlandia yang bernama William Wallace. William merupakan tokoh pahlawan Skotlandia yang berjasa membebaskan negara itu dari Inggris di abad ke-13.

William Wallace memulai perjuangannya dengan mengumpulkan pasukand ari berbagai klan yang menjadi kepercayaan raja Skotlandia. Ia juga berusaha agar seluruh rakyat Skotlandia mau bersatu untuk mengusir penjajah yang menguasai negaranya.

Film ini menunjukkan bagaimana sikap patriotik dan kecintaan seorang warga negara terhadap negeri dan Tanah Airnya. Selain itu, terlihat juga bagaimana sulitnya sebuah bangsa saat hidup di bawah cengkeraman penjajah.

2. Hacksaw Ridge (2016)

Rekomendasi selanjutnya adalah Hacksaw Ridge yang dibintangi oleh Andrew Garfield. Mengangkat kisah nyata seorang prajurit perang Amerika Serikat yang bernama Desmond Doss saat pertempuran Perang Dunia II.

Desmond Doss adalah seorang penganut agama Kristen yang sangat taat. Saat terjun ke medan pereng, ia pun tak mau membunuh, memegang senjata, atau melukai siapapun bahkan musuhnya sekalipun.

Hal itu ia lakukan karena dirinya sudah bersumpah untuk tidak menyakiti manusia manapun selama hidupnya. Akhirnya Desmond pun ditugaskan menjadi petugas medis dan bergabung dengan Angkatan Darat.

Desomnd dan teman-temannya dikirim ke Hacksaw Ridge yang terletak di Okinawa, Jepang. Misi mereka adalah harus memastikan agar Kekaisaran Jepang menyerah kepada pasukan sekutu.

3. 1917 (2019)

Film perang yang satu ini menceritakan kisah dua orang prajurit muda yaitu Schofield dan Blake yang mendapat misi sulit bahkan terkesan mustahil dari komandannya.

Mereka harus melewati wilayah musuh dan menyampaikan pesan untuk menghentikan serangan sebelum matahari terbit di keesokan harinya. Apabila misi ini gagal, maka nyawa 1.600 prajurit Inggris berada dalam bahaya.

Misi yang diberikan kepada dua prajurit muda itu dianggap mustahil karena mereka harus melintasi area teritori musuh tanpa ketahuan, ditambah lagi waktu yang diberikan juga sangat sempit.

Schofield dan Blake pun menjalankan misi itu dan terus berkejaran dnegan waktu. Penonton akan disajikan berbagai adegan menegangkan serta visual yang menakjubkan berkat teknik pengambilan gambar yang luar biasa.

Film Perang Terbaik Netflix

Film Perang Terbaik Netflix
image by: imdb.com

1. War Machine (2017)

Dengan mengusung Brad Pitt sebagai pemeran utamanya, War Machine memfokuskan cerita yang diangkat pada seorang Jenderal Angakatan Darat Amerika Serikat bernama Glen McMahon.

Cerita yang disajikan diadaptasi dari sebuah buku bergenre nonfiksi berjudul The Operators: The Wild and Terrifying Inside Story of America’s War in Afghanistan. Buku tersebut ditulis oleh Michael Hastings.

Brad Pitt memerankan tokoh Jenderal McMahon yang menuai kesuksesan misi perang di Irak. Usai dari Irak, ia pun dikirim untuk misi selanjutnya yaitu di negara Afghanistan. Misinya adalah untuk mengakhiri perang yang terjadi di negara itu.

McMahon yang memiliki sifat sombong dan angkuh terkejut karena tabiatnya tersebut justru membawa masalah saat menyelesaikan misi di Afghanistan. Berbagai insiden tak terduga pun terjadi selama ia menangani dan menyelesaikan perang.

2. Sand Castle (2017)

Sand Castle juga merupakan film perang yang diangkat dari kisah nyata. Film ini memiliki latar cerita di Iraq tahun 2003, dan menceritakan tentang Matt Ocre yang menjadi salah satu prajurit Amerika Serikat.

Matt Ocre sebenarnya tak ingin menjadi seorang prajurit. Namun saat mendapat panggilan untuk bertugas di Irak, ia tetap melaksanakannya dengan sebaik mungkin.

Tak disangka, dirinya ternyata dikirim untuk memperbaiki sistem air yang rusak di sebuah desa berbahaya di Irak. Hal itu karena desa tempatnya ditugaskan justru diserang oleh pemberontak yang tak segan-segan merenggut nyawa siapapun.

Matt Ocre pun mau tak mau terpaksa menghadapi para pemberontak tersebut demi menyelamatkan nyawa dan menyelesaikan misi yang diberikan kepadanya.

3. Saving Private Ryan (1998)

Tak diragukan lagi jika Saving Private Ryan dapat dikatakan sebagai salah satu film perang terbaik. Film ini berhasil dinominasikan dalam 11 nominasi di Academy Awards dan menyabet 5 penghargaan.

Pada film ini dikisahkan tentara Amerika mendarat di Pantai Omaha saat Invansi Normandia pada 6 Juni 1944. Tentara Amerika yang dipimpin oleh John H. Miller yang diperankan Tom Hanks berperang melawan Jerman.

Di antara semua tentara Amerika itu, terdapat seorang anak bungsu dari keluarga Ryan yang bernama James Francis Ryan. Semua kakaknya telah tewas di medan perang, dan hanya dirinya sebagai anak bungsu yang tersisa.

Karena itulah pimpinan militer tertinggi Amerika pun memerintahkan untuk menyelamatkan Ryan terakhir yang saat itu masih terjebak di medan perang. Apakah Ryan akan berhasil diselamatkan?

Film Perang Terbaik dan Terbaru

Film Perang Terbaik dan Terbaru
image by: kompas.com

1. Dune (2021)

Judul film ini diangkat dari nama sebuah planet fiktif bernama Arrakis. Arrakis sendiri dikenal sebagai planet gurun yang berbahaya. Namun, hanya di planet inilah tersedia satu-satuna zat paling berharga di alam semesta.

Zat tersebut diketahui merupakan sejenis rempah yang bisa dijadikan obat untuk memperpanjang hidup manusia dan mampu membuat manusia memiliki pemikiran yang super.

Letto Atraides yang merupakan anggota keluarga Atraides mengajak anggota keluarga yang lain untuk pergi ke planet Arrakis. Namun, keluarga tersebut harus menerima pengkhianatan dan membuat anggota keluarga yang lain tercerai berai.

Lantas, bagaimana nasib keluarga Atraides di planet berbahaya tersebut? Mampukah mereka selamat dari berbagai bahaya yang mengancam?

2. The Tomorrow War (2021)

Mengisahkan tentang sekelompok tentara yang tiba dari masa depan dan datang kembali ke tahun 2022. Mereka bertujuan untuk mengajak umat manusia berjuang bersama untuk memerangi alien yang akan mendominasi bumi di tahun 2048.

Dengan ajakan tersebut, seorang veteran perang Irak bertekad untuk bergabung dan rela meninggalkan keluarganya demi bisa ikut menyelamatkan umat manusia di masa depan.

Film ini cocok untuk kamu yang menyukai film perang yang dilengkapi dengan efek spesial dan grafis yang memukau. Selain itu, akting dan performa Chris Pratt yang didapuk sebagai pemeran utama dalam film ini pun dapat dikatakan sangat apik.