9 Film Indonesia Terbaik yang Tak Kalah dari Film Luar Negeri

Film Indonesia Terbaik
image by: mubi.com

Waktuku.com – Industri perfilman Tanah Air kian hari kian berkembang semakin baik dan inovatif dengan menghadirkan deretan film Indonesia terbaik dalam berbagai genre.

Hal itu terlihat dari beberapa waktu ke belakang di mana cukup banyak film Indonesia yang berhasil meraih jumlah penonton fantastis yang tak kalah dari film luar negeri.

Ini menandakan sinema Indonesia semakin diapresiasi oleh penikmat film Tanah Air. Tak hanya itu, beberapa film Indonesia bahkan mampu bersaing secara internasional dan ditayangkan di berbagai festival film bergengsi dunia.

Seperti deretan judul film Indonesia terbaik berikut ini yang memiliki jalan cerita menarik dan kualitasnya dapat bersaing dengan film mancanegara.

Film Indonesia Terbaik 2022

1. KKN di Desa Penari

Film Indonesia Terbaik KKN di Desa Penari
image by: ultratimes.pikiran-rakyat.com

Rekomendasi film Indonesia terbaik yang pertama adalah KKN di Desa Penari. Film horror fenomenal yang diangkat dari sebuah utas populer di platform Twitter ini disebut-sebut berhasil membangkitkan perfilman Indonesia yang sempat lesu akibat pandemi.

Dalam film ini, Nur, Widya, Ayu, Bima, Anton, dan Wahyu berangkat untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata atau KKN di sebuah desa terpencil. Mereka tak menyangka jika desa yang mereka datangi itu adalah desa tempat tinggal sosok makhluk gaib dengan kekuatan besar.

Pak Prabu selaku kepala desa telah memperingatkan mereka untuk jangan melewati sebuah gapura terlarang. Namun larangan itu tak dipatuhi dan akhirnya teror dari sosok penari misterius mulai mengganggu mereka.

Teror tersebut sangat kuat hingga membuat kelimanya terancam tak dapat keluar dari desa tersebut dengan selamat.

2. Gara-Gara Warisan

Film Indonesia Terbaik Gara Gara Warisan
image by: viva.co.id

Seperti judulnya, cerita yang diangkat oleh film bergenre drama komedi ini adalah seputar perebutan warisan dalam sebuah keluarga.

Adam, Laras, dan Dicky merupakan tiga orang bersaudara. Mereka bertiga masing-masing berusaha mendapatkan warisan peninggalan sang ayah berupa sebuah wisma tamu. Berbagai kejadian di masa lampau pun terungkap akibat perebutan tersebut.

Dibalik perseteruan yang terjadi itu, muncul berbagai adegan dan kisah yang mampu membuat penotnon tertawa, sedih, hingga terharu.

Gara-Gara Warisan diperankan oleh Oka Antara, Indah Permatasari, Ge Pamungkas, dan Yayu Unru sebagai deretan pemeran utamanya.

3. Cinta Subuh

Film Indonesia Terbaik Cinta Subuh
image by: liputan6.com

Cinta Subuh merupakan film drama romantis yang diangkat dari sebuah novel berjudul sama karya Ali Farighi. Mengisahkan tentang Angga, merupakan seorang mahasiswa yang kerap menunda-nunda dalam melakukan salat lima waktu.

Ia kemudian jatuh cinta dengan seorang wanita bernama Ratih yang cerdas dan religius. Selain itu, Ratih juga memiliki sifat yang ceria, unik, dan hati yang tulus. Semua sifat tersebut semakin membuat Angga jatuh hati pada Ratih.

Sayangnya, Ratih mencari sosok pria yang religius, cerdas, dan selalu menjalankan kewajiban agama, di mana sifat tersebut berkebalikan dengan yang dimiliki oleh Angga.

Ditambah lagi, semua kriteria yang dicari oleh Ratih itu ternyata ada pada pria lain, yaitu Arya Satria Negara. Lalu, mampukah Angga mendapatkan hati Ratih?

Film Indonesia Terbaik Netflix

1. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (2013)

Film Indonesia Terbaik Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
image by: cirebon.pikiran-rakyat.com

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck dibintangi oleh Pevita Pearce, Herjunot Ali, dan Reza Rahadian sebagai pemeran utamanya. Film ini diangkat dari novel karya Buya Hamka dengan judul yang sama.

Kisah yang ditampilkan terinspirasi dari kejadian nyata yang melibatkan tenggelamnya sebuah kapal Belanda yang bernama Van Der Wijck. Kapal tersebut diketahui tenggelam di Perairan Brondong Lamongan, Jawa Timur, pada tahun 1936 silam.

Dalam film ini, diceritakan kehidupan seorang pemuda bernama Zainuddin (Herjunot Ali) yang jatuh cinta kepada seorang kembang desa bernama Hayati (Pevita Pearce).

Sayangnya, cinta yang dirasakan oleh Zainuddin kepada Hayati tak lantas membuat keduanya dapat bersatu. Aturan adat yang berlaku saat itu membuat keduanya harus menderita karena terpisah satu sama lain.

2. Ada Apa dengan Cinta 2 (2016)

Film Indonesia Terbaik Ada Apa dengan Cinta 2
image by: thejakartapost.com

Siapa yang tak pernah mendengar tentang salah satu film legendaris Indonesia yaitu Ada Apa dengan Cinta? Kepopuleran film tersebut membuat Miles Productions menghadirkan sekuel keduanya yang bertajuk Ada Apa dengan Cinta 2.

Dalam film kedua ini, karakter Cinta telah menjadi pemilik sebuah kafe bernama Kafe Seni Pop Mini yang terletak di Jakarta. Teman-teman satu gengnya pun sudah memiliki kehidupan mereka masing-masing.

Sementara itu, Rangga yang kembali ke Jakarta dan berusaha mencari Cinta ternyata tak berhasil menemukannya karena Cinta tak tinggal di rumahnya yang sebelumnya.

Saat sedang berlibur di Jogja, Karmen dan Milly tak sengaja melihat Rangga. Mereka pun langsung memberitahukan Cinta akan keberadaan Rangga. Namun tak disangka, Cinta ternyata tak ingin bertemu dengan Rangga.

3. Kuntilanak (2018)

Film Indonesia Terbaik Kuntilanak
image by: kincir.com

Film Kuntilanak adalah salah satu film bergenre horor Indonesia yang banyak direkomendasikan oleh para pecinta horor Tanah Air. film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini menceritakan 5 orang anak yang tiggal di panti asuhan.

Suatu hari, anak-anak tersebut menemukan sebuah cermin yang ada di salah satu ruangan panti asuhan tersebut. Ternyata cermin itu bukanlah cermin biasa, karena di dalamnya tinggal sesosok hantu kuntilanak yang senang menculik anak-anak kecil.

Film yang tayang pada tahun 2018 lalu ini diketahui berhasil meraih jumlah penonton layar lebar sebesar 1.236.000. Film terbaik Indonesia yang satu ini pun dapat kamu saksikan di plaform Netflix.

Film Indonesia Terbaik Komedi

1. Srimulat: Hil Yang Mustahal – Babak Pertama (2022)

Film Indonesia Terbaik Srimulat Hil yang Mustahal
image by: bacaterus.com

Disutradarai oleh Fajar Nugros, film ini bermaksud untuk memperkenalkan grup lawak legendaris Srimulat kepada generasi muda Indonesia. Cerita yang dihadirkan pun mengenai perjalanan karir para anggota Srimulat hingga bisa merambah Ibu Kota.

Akan tetapi, ketika sampai di Ibu Kota, perjalanan mereka tak semulus yang diharapkan. Beberapa kendala terutama terkait budaya dan bahasa menjadi penghalang mereka untuk dapat sukses di dunia hiburan Tanah Air.

2. Cek Toko Sebelah (2016)

Film Indonesia Terbaik Cek Toko Sebelah
image by: suara.com

Film yang disutradarai oleh komedian Ernest Prakasa ini menceritakan tentang bagaimana perjuangan seorang remaja lulusan universitas luar negeri yang pulang ke Tanah Air.

Sesampainya di rumah, ia diamanahkan untuk mengambil alih dan meneruskan usaha keluarganya yang sudah berjalan selama bertahun-tahun.

Meski bergenre komedi, namun kisah di film ini juga menghadirkan unsur drama keluarga yang dapat membuat penonton merasakan haru.

Cek Toko Sebelah dibintangi oleh Gisella Anastasia, Ernest Prakasa, Dion Wiyoko, hingga Kaesang Pangarep yang merupakan anak dari Presiden Joko Widodo.

3. My Stupid Boss (2016)

Film Indonesia Terbaik Cek Toko Sebelah
image by: beritagar.id

Seperti apa jadinya jika Bunga citra Lestari dan Reza Rahadian disatukan dalam sebuah film bergenre komedi tentang seorang bos yang sangat menjengkelkan? Tentu menarik untuk disimak seperti apa kelucuan yang akan dihadirkan.

My Stupid Boss merupakan film komedi yang diangkat dari sebuah novel dengan judul yang sama. Berkisah mengenai Bossman yang diperankan Reza Rahadian, seorang pemilik perusahaan yang membawahi begitu banyak karyawan.

Bunga Citra Lestari memerankan tokoh Kerani yang sedang mencari pekerjaan, dan kebetulan diterima di perusahaan milik Bossman. Bossman sendiri ternyata adalah teman dari suami Kerani.