Gambar Kunci Gitar Untuk Pemula Tutorial Lengkap

cara belajar gitar

Waktuku.comGambar kunci gitar, Dunia music memang selalu memberikan warna tersendiri di kehidupan sehari-hari. tak hanya beberapa lagu saja yang enak didengar, namun alunan musik yang mengiringinya rupanya juga dapat memberikan kesan tersendiri bagi para penggemar music.

Alhasil, hal ini membuat trend untuk bermain music selalu tinggi di masyarakat. Tidak sedikit orang ragu untuk belajar bermain piaono, drum, seruling dan gitar. Ya, belajar gitar menjadi pilihan banyak orang untuk memainkan alunan music. Namun, tidak sedikit orang yang tidak mengetahui bagaimana gambar kunci gitar yang baik dan benar.

Ketidaktahuan mereka ini terkadang malah menghasilkan suara yang sumbang dari gitar yang mereka mainkan. Sebenarnya gambar kunci gitar bisa dibilang cukup muda. Anda hanya perlu mengetahui kuncinya agar dapat belajar gitar dengan baik dan benar.

Nah, untuk belajar gitar Anda juga harus membutuhkan waktu. Karena selain Anda harus menghapalkan beberapa kunci gitar, Anda juga harus mengepaskan dengan nada dari lagu yang akan Anda iringi.

Nah, dalam pembahasan kali ini akan dibahas bagaimana gambar kunci gitar dengan baik dan benar. Namun, sebelum Anda belajar gitar, alangkah baiknya jika Anda mengenal beberapa kunci dasar yang harus Anda kuasai terlebih dahulu agar lebih mudah untuk memainkan gitar nantinya.

Pada umumnya, gitar memiliki 6 kunci dasar yang wajib untuk Anda kuasai. Keenam kunci dasar tersebut dimulai dari paling bawah atau paling kecil hingga dengan yang paling tinggi atau paling atas. Pada gitar akustik ataupun gitar elektrik, sebenarnya keduanya tidak memiliki perbedaan. Gitar akustik dan gitar elektrik dua-duanya mempunyai nada yang sama pada setiap senar.

Namun, yang membedakan dari kedua gitar ini adalah tuningnya. Gitar juga memiliki 6 nada yang wajib untuk Anda ketahui. Berikut ini 6 nada yang ada pada masing-masing senar gitar.

• Nada E’ berada pada senar satu (senar yang paling bawah)
• Nada B berada pada senar 2
• Nada G berada pada senar 3
• Nada D berada pada senar 4
• Nada A berada pada senar 5
• Nada E berada pada senar 7 (senar yang paling atas)

Nah, beberapa deretan nada tersebut wajib untuk Anda ketahui karena merupakan sebuah kunci dasar agar Anda bisa belajar gitar dengan baik dan benar. Lalu, ada kunci gitar apa saja yang wajib untuk Anda ketahui dan pelajari? Berikut pembahasannya untuk Anda.

Kunci gitar C

kunci gitar CYang pertama ada kunci gitar C yang wajib untuk Anda ketahui. Kunci gitar C ini juga terbilang cukup mudah untuk anda pelajari. Anda hanya tinggal meletakan jari pada nada B kolom pertama, nada D pada kolom kedua dan nada A pada kolom ketiga. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat gambar seperti yang tertera di bawah ini.

Kunci gitar D

kunci gitar Dgambar kunci gitar selanjutnya yaitu Anda harus mengetahui kunci gitar D. Sama halnya dengan kunci gitar C, kunci gitar D juga sangat mudah untuk Anda hafalkan. Untuk bisa menghasilkan bunyi dari kunci gitar D pertama, Anda harus meletakan jari pada nada B kolom pertama, kemudian meletakan jari pada nada E’ dan G pada kolom kedua. Cara yang satu ini cukup mudah jadi Anda bisa memainkannya di secara otodidak di rumah.

Kunci gitar E

kunci gitar ESetiap kunci gitar tentunya memiliki tempat yang berbeda pada tiap nada agar bisa memberikan suara yang berbeda pula saat di mainkan. Sama halnya dengan kunci gitar lainnya yang berbeda satu sama lain, kunci gitar E juga memiliki tempat yang berbeda. Untuk bisa mengahasilkan bunyi dengan kunci gitar E pada gitar, pertama Anda bisa meletakan jari pada nada G kolom pertama dan nada D serta A pada kolom kedua. Untuk lebih jelas, Anda bisa melihat gambar kunci gitar E di bawah ini.

Kunci gitar F

kunci gitar F

Kunci gitar selanjutnya yang harus Anda pelajari yaitu kunci gitar F. sama halnya dengan beberapa kunci gitar yang lainnya, untuk menghapalkan kunci gitar yang satu ini juga sangatlah mudah. Pertama, letakkan jari pada nada B kolom pertama, kemudian letakkan jari pada nada G kolom kedua dan yang terakhir, letakkan jari pada nada D di kolom ketiga. Cukup mudah bukan? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat contoh gambar kunci F di bawah ini.

Kunci gitar G

kunci Gitar G

Kunci gitar selanjutnya yang harus Anda kuasai pada saat belajar gitar adalah kunci gitar G. pada kunci gitar yang satu ini Anda harus memulainya pada kolom kedua. Dimana pada kolom kedua, Anda harus meletakan jari pada nada A dan meletakan jari pada nada E’ serta E pada kolom yang ketiga. Untuk lebih memudahkan Anda saat gambar kunci gitar, Anda bisa melihat contoh gambar kunci gitar F di bawah ini.

Kunci gitar A

kunci gitar A

Selanjutnya ada kunci gitar A. Kunci gitar A yang satu ini juga terbilang cukup mudah untuk Anda pelajari sendiri di rumah secara otodidak. Sama halnya dengan kunci gitar G, kunci gitar A juga dimulai dari kolom kedua dimana Anda harus meletakan jari Anda secara sejajar pada nada B, G dan juga D. untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat gambar kunci gitar A seperti contoh gambar di bawah ini.

Kunci gitar DM

kunci gitar DMSelain harus menguasai beberapa kunci gitar di atas, rupanya Anda juga harus menguasai kunci gitar Dm. untuk dapat membunyikan gitar dengan menggunakan kunci Dm, pertama-tama Anda harus meletakan jari pada nada E’ di kolom pertama, setelah itu letakkan jari pada nada G kolom kedua dan yang terakhir letakkan jari pada nada B di kolom yang ketiga. Cukup mudah bukan? Anda bisa melihat contohnya pada gambar di bawah ini.

Kunci gitar Em

kunci gitar emgambar kunci gitar selanjutnya yaitu Anda juga harus mengetahui kunci gitar Em. Dimana kunci gitar yang satu ini bisa dibilang cukup mudah untuk dimainkan. Kunci gitar Em hanya menggunakan dua jari saja yang diletakkan secara sejajar pada kolom kedau yaitu tepat pada nada D dan A. untuk lebih detailnya, Anda bisa melihat contoh gambar kunci Em seperti contoh di bawah ini.

Kunci gitar Am

kunci gitar amKunci gitar selanjutnya yang wajib Ana ketahui dan Anda kuasai adalah kunci gitar Am. Ya, kunci gitar yang satu ini juga sangat mudah untuk dihafalkan dimana Anda hanya memanfaatkan dua kolom untuk bisa membunyikan bunyi gitar Am.

Pada kolom pertama, letakan jari di nada B sedangkan pada kolom kedua, letakkan jari nada G dan juga D secara sejajar. Agar lebih jelas dan lebih paham tentang bagaimana posisi jari yang harus Anda letakkan, berikut ini contoh kunci gitar Am yang bisa Anda pelajari secara otodidak.

Itulah kesembilan kunci gitar yang bisa Anda pelajari secara otodidak di rumah. Belajar gitar memang membutuhkan waktu untuk bisa menghafalkannya. Pada artikel kali ini gambar kunci gitar akan menjadi lebih mudah karena telah disertai gambar yang akan membuat Anda bisa langsung mempraktekkannya tanpa harus merasa kebingungan.

Tentunya, setiap senar memiliki nada yang berbeda seperti yang telah dijelaskan diatas dan hal ini tergantung pada letak fret yang akan Anda tekan untuk bisa menghasilkan sebuah bunyi dari kunci gitar yang akan Anda bunyikan. Fret merupakan kolom-kolom yang terdapat pada gitar dan yang dipisahkan besi pada lengan gitar.

Dalam belajar gitar, Anda juga harus mengetahui bagaimana posisi jari yang tepat yang untuk bisa menghasilkan suara gitar yang indah. Untuk mengetahui posisi jari yang baik dan benar, Anda bisa melihat video tutorial bagaimana posisi jari yang tepat pada saat belajar gitar di YouTube.

Agar bisa belajar menguasai gitar dengan mudah dan cepat, langkah yang harus Anda lakukan ialah dengan terus latihan. Karena beberapa kunci gitar di atas akan sangat sulit untuk dihafalkan apabila Anda jarang belajar gitar. Berlatih belajar gitar di waktu senggang merupakan cara yang tepat yang bisa Anda lakukan untuk mengasah kepiawaian belajar gitar secara otodidak.

Nah, setelah Anda benar-benar memahami gambar kunci gitar dengan mengetahui dan menghafalkan kuncinya. Setelah itu, Anda juga akan diminta untuk dapat menyetem chord gitar.

Nah untuk menyetem chord gitar juga bukan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Sebelum beranjak pada cara menyetem chord gitar, alangkah baiknya Anda memahami apa yang dimaksud dengan menyetem chord gitar.

Untuk menyetem kunci atau chord gitar ini sebenarnya dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara. Pertama, Anda bisa menyetem kunci gitar dengan menggunakan standar.

Kemudian Anda juga bisa menyetem chord atau kunci gitar dengan menggunakan cara tuner. Yang terakhir, Anda bisa menyetem chord atau kunci gitar dengan cara mencocokkan instrument serta juga dapat menggunakan teknik harmonic.

Beberapa cara atau teknik menyetem gitar tersebut, sebenarnya bisa Anda lakukan pada instrumen gitar elektrik maupun pada instrument gitar akustik. Tak hanya itu, rupanya cara menyetem gitar tersebut juga bisa Anda lakukan untuk menyetem alat music yang lainnya seperti pada alat music ukulele, bass maupun kencerung.

Nah, setelah Anda mengetahui bagaimana cara menyetem gitar, berikut ini beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk bisa menyetem gitar dengan baik dan benar.

Menyetem gitar dengan cara manual:

1. Tekan senar ke-6 pada kolom ke 5 lalu samakan nadanya dengan senar 5 yang harus Anda bunyikan tanpa harus menekan kolom atau fret manapun
2. Langkah kedua, tekan kolom ke 5 pada kolom ke 5 lalu samakan nadanya dengan senar ke 4 yang dibunyikan tanpa harus menekan fret manapun
3. Selanjutnya, tekan senar 4 pada kolom ke 5 yang kemudian samakan nadanya dengan senar yang ke 3 tanpa harus menekan kolom manapun
4. Langkah selanjutnya, tekan senar 3 pada kolom atau fret ke 4 lalu sesuaikan nadanya dengan senar ke 2 tanpa harus menekan pada kolom manapun
5. Langkah terakhir, tekan senar 2 pada kolom ke 5 kemudian sesuaikan nadanya pada dengan senar 1 tanpa harus menekan pada kolom atau fret manapun.

Menyetem gitar dengan cara tuning standar

Menyetem gitar dengan cara tuning standar biasanya dilakukan oleh para gitaris. Cara menyetem gitar yang satu ini biasanya akan Anda temukan pada lagu-lagu yang umumnya beredar di pasaran.

Nah, langkah yang paling mudah untuk dapat menyetem lagu dengan cara yang satu uini ialah dengan mencocokan secara langsung dengan lagu yang sedang atau telah Anda dengarkan.

Seperti contoh, dengarkanlah sebuah lagu yang pada intro atau awalnya dimulai dengan menggunakan chord E. nah, dengan mendengarkan nada tersebut Anda dapat mengetahui nada E tanpa dipetik atau malah nada tanpa open string.

Cukup mudah bukan? Tak hanya menggunakan sebuah lagu dengan nada E saja pada waktu intro, namun Ana juga bisa menggunakan nada lainnya dengan menggunakan lagu yang berbeda pula. Mudah bukan?

Cara menyetem gitar dengan menggunakan instrument lainnya

Cara menyetem gitar yang satu ini sebenarnya bisa Anda lakukan ketika Anda berada di dalam studio. Anda bisa mencocokannya dengan suara instrument lainnya seperti bass ataupun keyboard. Untuk menyetem gitar dengan cara yang satu ini memang membutuhkan perasaan agar bisa menghasilkan sebuah bunyi gitar yang tepat.

Itulah beberapa cara menyetem gitar yang tepat yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah atau dimanapun. Sebagai pemula, tentunya untuk belajar gitar Anda memerlukan sebuah tips agar bisa menguasai gitar dengan cepat dan mudah. Nah, berikut ini akan di sajikan apa saja tips gambar kunci gitar bagi para pemula agar dapat menguasainya dalam waktu yang singkat.

1. Carilah instruksi yang berasal dari buku ataupun internet

gambar kunci gitar sebenarnya bisa Anda lakukan dengan cara otodidak. Anda bisa memulai dengan cara menghafal kunci-kunci gitar melalui internet ataupun buku cara belajar gitar dengan baik dan benar. Dewasa ini, sudah tersedia banyak tutorial cara belajar gitar yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di internet.

Selain itu, durasi latihan yang cukup sering juga dapat membantu Anda agar bisa lebih lincah dan mahir dalam menguasai gitar.

2. Belajar dari musisi professional

Setelah Anda benar-benar menguasai kunci dasar dari gitar, mulailah belajar dari para musisi terkenal yang piawai belajar gitar. Anda bisa melihat video saat mereka sedang pentas di panggung. Hal ini sangat mempengaruhi Anda untuk bisa mahir dalam belajar gitar.

3. Pelajari bagian-bagian gitar

Pelajari setiap bagian dari gitar, selain dapat membuat Anda menjadi semakin piawai, mempelajari setiap bagian dari gitar rupanya juga dapat memberikan pengetahuan yang luas bagi Anda.

4. Rutin latihan

Durasi latihan yang sering akan membuat Anda menjadi semakin piawai dalam belajar gitar.

5. Latih memori otot tangan

Ketika Anda sudah piawai bermain chord gitar, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah belajar gitar tanpa harus melihat senarnya. Berlatihlah terus sembari melirik senar gitar jika Anda belum yakin mampu mengingatnya dengan baik.

6. Bangun kekuatan fret tangan

Anda bisa menggunakan sebuah objek seperti bola misalnya, genggam bola selama kurang lebih 5 menit hal ini bertujuan agar Anda tidak kaku saat belajar gitar. Anda juga bsia memanfaatkan squishy ataupun spons.

7. Mulailah berani untuk memainkan sebuah lagu

Setelah melakukan beberapa tahapan gambar kunci gitar, mulailah untuk mencoba sebuah lagu. Hal ini sangat penting untuk melatih kepiawaian Anda pada sata belajar gitar. Bermainlah pada satu buah lagu sampai Anda benar-benar bisa memainkannya.

Bagaimana? Cukup mudah kan gambar kunci gitar bagi para pemula. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.