Gambar Kanker serviks
Image by: https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/kanker-serviks/mengenal-3-gejala-utama-kanker-serviks/

Waktuku.com – Gambar Kanker serviks adalah kanker yang disebabkan dari virus human papilloma virus (HPD) yang menyerang organ reproduksi milik wanita, tepatnya menyerang leher rahim yang berada di antara kemaluan dan rahim wanita.

Setiap tahun ada wanita meninggal karena kanker serviks. Penyakit kanker serviks adalah penyakit yang paling ditakuti oleh kebanyakan kaum wanita saat ini.

Kanker Serviks memiliki 4 stadium, yang paling tinggi atau yang paling parah adalah stadium 4B. Dimana sel kanker sudah menjalar dibagian leher rahim wanita. Dan peluang untuk bertahan hidup sangat kecil.

Untuk mengindetifikasi kanker ini, diperlukan gambar mengenai serviks per stadium. dan bisa dilihat perkembangan kanker dari stadium terendah sampai stadium tertinggi.

Gambar Kanker Serviks Beserta Ciri-Cirinya

  1. Stadium 1Astadium 1 A

Pada tahap 1A pertumbuhan sangat kecil hanya dapat dilihat dengan mikroskop (atau colposcope). Tahap 1A1 berarti kanker telah tumbuh kurang dari 3 milimeter (mm) ke dalam jaringan leher rahim, dan kurang dari 7mm lebar.

Tahap 1A2 berarti kanker telah tumbuh antara 3 dan 5 mm ke dalam jaringan serviks, tetapi masih kurang dari 7mm lebar.

2. Stadium 1B

Kanker serviks stadium 1B

Pada tahap 1B daerah kanker mulai meluas, kanker masih hanya dalam jaringan serviks dan belum menyebar. Pada tahap 1B1 kanker tidak lebih besar dari 4 cm (cm). Pada tahap 1B2 kanker lebih besar dari 4 cm.

3. Stadium 2A

kanker serviks stadium 2

Pada tahap 2A kanker telah menyebar ke dalam bagian atas vagina.

4. Stadium 2B

kanker serviks stadium 2B

Pada tahap 2B kanker tersebar sampai ke jaringan di sekitar leher rahim.

5. Stadium 3A

kanker serviks stadium 3A

Stadium 3A apabila sel kanker telah menyebar ke sepertiga bagian bawah vagina namun belum sampai ke dinding panggul.

6. Stadium 3B

kanker serviks stadium 3b

Sedangkan stadium 3B, sel kanker telah menyebar ke dinding panggul bahkan sudah bisa memblokir ureter karena ukurannya yang sudah membesar. Sumbatan ini bisa menyebabkan ginjal berhenti bekerja.

7. Stadium 4A

Kanker serviks stadium 4A

Stadium 4A telah menyebar ke kandung kemih, rectum serta kelenjar getah bening. Stadium 4B, kanker telah menyebar keluar panggul dan kelenjar getah bening lain selain panggul seperti hati, perut, paru-paru, saluran pencernaan, tulang.

Baca juga: Gambar Kanker Payudara

8. Stadium 4B

Kanker serviks stadium 4b

Kanker telah menyebar ke organ jauh, seperti paru-paru, dokter Anda mungkin menyebutnya tahap 4B.